Fanny Wiriaatmadja

Archive for the ‘Music’ Category

music-notes-1

Source

 

Anak yang dibesarkan bersama tiga genre musik yang berbeda, that’s me. Tumbuh besar dalam lingkungan keluarga besar membuat ketiga genre tersebut beradu kuat untuk mempengaruhi my music sense, and I choose to make a peace with all of them.

Pertama, slow rock music. Waktu kecil, hampir semua sepupu lelaki saya adalah slow rock maniac, dan dicekokkin musik ini selama bertahun-tahun, it turns out that I found myself loving the same things as them too. Just name it, Guns n’ Roses, Firehouse, Europe, Stryper, Eagle, Bon Jovi, I’m absolutely their fans. Bahkan sampai jaman sekarang, saya masih bisa nangis tiap kali denger Honestly-nya Stryper, or masih ngerasain ‘butterfly effect’ setiap kali denger paduan gitarnya Slash plus suara melengking Axl Rose, combined dengan gaya cool mereka. Slow rock never dies, it’s more than true. Mereka jugalah, para pemusik rock itu, yang membuat saya belajar gitar di usia SMU (one of my best decision ever in my life) dan bermimpi punya calon suami pemusik.

Kedua, lagu mandarin jaman baheula yang selalu di-stel bokap dan nyokap, mulai dari Teresa Teng sampai lagu Konghu, Hokkian, lagu mandarin model seriosa, lagu Mandarin model Tibetan yang berbau religious dan sangat sakral gitu atmosfer musiknya, sampe’ lagu mandarin normal model Nicky Wu, Emil Chow, Aaron Kwok, dll., dan lagi-lagi emosi kurang stabil saya bisa diporakporandain dengerin lagu-lagu Mandarin yang enak-enak banget itu. Sampe’ sekarang kaset-kaset mandarin bonyok masih lengkap tersimpan rapi di lemari. Sayang model laser-disc dll. itu udah ga ketahuan ada di mana. Sebenernya saya sendiri ga bisa nyebutin dengan pasti sih, apa nilai plus lagu-lagu mandarin. It’s just mungkin model nada mereka cocok dengan orang melankolis (macam saya). Saya inget jaman dulu, tiap bokap nyokap stel lagu Mandarin model seriosa, saya bisa ikut nyanyi dengan nada melengking dan berasa bangga diri banget karena bisa niruin suara penyanyi seriosa itu, sampe’ suatu pagi ketika saya sedang show-off di depan bokap, sepenuh hati menyanyi dengan nada melengking, my dad nengok bentar ke saya dengan wajah prihatin, terus bilang, “Jangan nyanyi lagi ya.. pusing..” Dan saya langsung diam membeku. Ternyata nyanyianku selama ini dianggap distraction dan selama ini bokap berusaha survive dengan suara dan nyanyianku. Ahhhh sedihnya. Tapi peristiwa itu ga mengurangi sedikit pun kecintaan saya pada lagu Mandarin. Bahkan saking cintanya sama lagu Mandarin, saya bela-belain mati-matian belajar Mandarin otodidak dari bokap. Bokap beliin saya beberapa buku, dan saya belajar sendiri plus nanya bokap kalo’ ada yang ngerti. Jaman dulu, kaset Mandarin itu ada lembaran teksnya, dan saya sampe’ terjemahin satu-satu huruf-hurufnya, dan tanya bokap apa arti syair lagu itu. That’s why sampe’ sekarang saya bisa ngerti sepotong-sepotong lagu Mandarin. Jaman lebih modern, muncul Jay Chou, yang saya cinta mati karena selain lagunya bernada super enak dan unik, liriknya asli high-class banget, dan klip-nya bikin hati meleleh. Beneran bisa (dan selalu) nangis tiap denger Qing Hua Chi-nya Jay Chou dan lagu dia yang lainnya. Oh tentu saja juga lagu non-Jay-Chou lain seperti Ta Hai-nya Chang Yi Shen, atau Sien Che-nya Lim Che Siang sama Sally Yip yang super romantis. Ngeliatin videonya Teresa Teng yang anggun banget itu dengan suaranya yang ga ada cela juga merupakan kesenangan tersendiri. Dan sekarang, tambahan tiap denger lagu Mandarin selalu muncul bayangan bokap, memori indah yang ga bakal tergores waktu. Pengalaman dengerin lagu bareng tiap di rumah atau pun di mobil waktu bokap nganterin kuliah, pengalaman barengan nonton Celestial pas artis-artis Mandarin itu nyanyi or show, pengalaman pas bokap ikutan aware dan jadi demen sama yang namanya Jay Chou, pengalaman Bahas bareng lirik lagu Mandarin, pengalaman baca bareng koran Mandarin di bagian gosip artis Mandarin, dan masih banyak lagi. So jelas genre yang satu ini adalah harga mati buat saya. Cinta sampe’ ke akar-akarnya, selalu dan akan selalu, sepanjang era.

Ketiga, lagu barat jaman 90-an yang selalu distel kedua cici saya. Model lagu Story Book Children sampe’ lagu-lagu Richard Marx, Kenny G, Starship, semua juga jadi makanan sehari-hari yang refleks nempel lekat di otak dan telinga. Sampe’ sekarang, saya masih selalu ngerasain euforia tiap denger Nothing’s Gonna Step Us Now yang megah dan nge-beat, or If Ever You’re In My Arms Again, or I Love How You Love Me-nya Bobby Vinton yang mendayu. Dengerin semua lagu itu selalu brings back the childhood memory.

Overall, I’m that oldies. I prefer lagu-lagu di atas ketimbang lagu modern model Bruno Mars, Maroon 5 atau sejenisnya, apalagi lagu Indonesia model Raisa (nulisnya aja gatau bener atau nggak), Afghan (yang katanya mukanya mirip koko saya) dan teman-temannya. I’m just not that into Indonesian songs. Bukan berarti mereka jelek or ga bagus ya, tentu saja. Cuma definitely beda selera aja. Waktu nonton Guardians of the Galaxy, saya langsung super hepi dengerin soundtrack-nya yang oldies banget. Rasanya seluruh indera langsung bereaksi dengerin lagu-lagu mereka, baik yang nge-beat maupun yang slow. Kenapa ya, selalu ada sesuatu dengan lagu-lagu jaman baheula itu yang nenangin ati banget dengan cara yang berbeda-beda. Bener-bener bersyukur banget bisa lahir di jaman dan di keluarga yang ngegedein saya beriringan dengan tiga genre oldies music itu.

Advertisements

Akhir-akhir ini lagi suka banget :

Avocado Cocoa Rock Salt and Cheese – Share Tea. Rasanya unik banget.. Don’t think it’s just ordinary avocado. First sip, you’ll see how different it is.. Share Tea punya counter cukup banyak, misal di Lotte Avenue, Emporium Mall, Baywalk Pluit, Taman Anggrek. Minuman yang lain saya juga sempet cobain beberapa tapi rasanya so-so. Harga Avocado Cocoa Rock Salt and Cheese ini Rp 25,000 yang large. Yang lebih kecil lupa harganya berapa. Biasanya ga semua Share Tea mencantumkan minuman ini di menunya. Tinggal tanya aja, biasanya mereka ada kok.

Gambar dari Openrice

Gambar dari Openrice

Vibe-Z Lenovo phone + Garskin. Maklum deh, baru beli dan masih sayang-sayangnya JPertama-tama beli, saya memang ngincernya Samsung seperti orang-orang kebanyakan (I don’t really like IPhone). Tapi setelah lihat-lihat bahwa Lenovo punya spec yang ga kalah dari Samsung dengan harga lebih murah, akhirnya saya confirm ambil ni hape. Dari awal liat bentuknya, saya udah suka.. Iteeeem banget, jadi elegannya berasa banget. Layarnya juga gede, jadi ngebantu buat orang dengan mata siwer kayak saya, apalagi buat main game. Fitur lain juga semua so far so good. Ada beberapa Android application yang sudah diset default dalam HP ini, misalnya Voice Search, dimana kita bisa instruct apapun dengan ngomong langsung (via voice). Awal-awal karena masih norak, saya selalu pake aplikasi ini, mulai untuk nelepon orang, nyari sesuatu di Google, sampe’ kirim message dll. Enak kan jadi ga usah ngetik. Tinggal ngomong dan perintah sana-sini, this handphone will do all for you. It’s really fun! Aplikasi lain yang saya suka adalah CamCard dimana ni aplikasi bisa langsung transfer foto name card ke contact list di HP. I’ve tried few times dan so far semuanya tertransfer dengan mulusnya. Hal kedua yang saya suka adalah my Garskin cover untuk hape ini. Saya pesan di counter Garskin di Grand Indonesia (ada juga di Lotte Avenue) dengan harga around Rp 120 ribuan dan menurut saya worth it banget. Setelah nunggu 3 hari kerja, begitu si mbak bantu tempelin stickernya ke hape saya, saya langsung takjub ngeliat jadinya.. Cakep banget.. Plus untuk hape bagian depannya pun dapat bonus sticker lagi, jadi bener-bener full skin complete dari depan sampe’ belakang. Akurasinya juga keren, stickernya bisa dibolongin sedemikian rupa sampe’ huruf Lenovo di badan belakang hape-nya bisa tetep kelihatan. Trus kata si Mbak kalo dicabut sih stickernya ga nyisain bekas. Kemarin dia sempet praktikkin dan bener sih so far badan hapenya tetep mulus. Semoga di realita beneran kayak gitu.

 IMG-20140620-00353 IMG-20140620-00354

Hayday.. Beberapa bulan terakhir ini saya lagi getol banget main nih game. Gamenya tentang farm gitu loh, dimana kita harus panen-panen dll. Intinya sih time management. Awalnya sih cuma iseng-iseng aja, lama-lama jadi kecanduan. Hampir tiap hari saya bisa tidur sampe’ jam 12 malem cuma demi main game ini : penuhin pesenan boat, truck, dll. Bener-bener addictive deh ni game. Sebenernya sih banyak game semacam ini, cuma yang bikin Haday cukup menarik adalah (menurut saya) sistem yang cukup fair dalam game ini. Misal, cukup mudah dapetin berlian. Plus kalo’ ga sengaja kepencet berlian untuk digunakan, kita bisa setting supaya ada confirmation lagi. Jadi berlian kita ga abis kepake’ tanpa sengaja. Selain fair, tentu saja interfacenya cukup menarik, challengenya juga sangat ‘pas’, ga terlalu sulit, ga terlalu gampang. Pokoknya beneran menarik deh.. Dare to try?

 hay-day-4  nexusae0_HayDay1

‘All I Am’, lagunya John Legend. Ih bagus bener ni lagu. Nadanya juga enak lagi. Seneng karena liriknya ga pasaran dan ‘murahan’, dan ‘dapet’ banget pesan yang tersirat dari lagu ini dan kita sebagai pendengar bisa ngerasain rasa cintanya si penyanyi terhadap pasangannya. Nice!

Ramen Sumoboo, di PIK (akan segera buka di Kota Casablanca). Awal makan di Sumoboo, karena cuma cobain esnya, saya ga terlalu gimana-gimana, malah cenderung kurang suka. Tapi pas cobain ramennya, saya langsung suka banget. Ramennya ini ga kayak ramen kuah biasa. Justru bentuknya ramen goreng dengan mie berukuran kecil dan agak sedikit berminyak. Topping bisa pilih, ayam, babi, dll. Saya selalu pilihnya babi sih. Babinya dicincang kecil-kecil, kayak samchan gitu. Rasanya unik dan pedasnya bisa diatur sampe’ 25. Makan dengan standard 10 aja biasanya udah mulai berasa pedesnya dikit. Yuk monggo dicoba. Harganya saya lupa, kalo’ ga salah 30-40 ribuan.

Gambar dari thisgirleattheworld.blogspot.com

Gambar dari thisgirleattheworld.blogspot.com

Lagu-lagu soundtrack jaman jebot. Akhir-akhir ini selain main Hayday, kerjaan saya cuma downloadin lagu-lagu lama seperti OST Ksatria Baja Hitam, Saint Seiya, Pendekar Harum, Putri Huan Zhu, dll. Everlasting song yang keren banget buat saya 🙂

Refleksi – belakangan kok jadi nagih banget ya sama refleksi. Seminggu sekali biasanya saya selalu refleksi. Kebanyakan saya cobainnya di daerah Pluit. Nanti referensi tempat-tempatnya akan dishare later ya di postingan terpisah. Kadang refleksi emang sakit sih, tapi setelah selesai biasanya badan lumayan enak. Tinggal bilang ‘pelan-pelan ya Mbak’ biasanya si pemijat cukup tau diri kok untuk ga mijat kaki kita kenceng-kenceng. Rata-rata harga refleksi sekitar 50-100 ribuan per 90 menit. Nulis gini, jadi kepingin refleksi lagi J

Diambil dari MyArtTracker.com

Diambil dari MyArtTracker.com

Naik taxi paling damai kalau ketemu supir taxi yang silent dan ga banyak ngoceh. Ah, surga banget saat menikmati macet Jakarta, ketimbang harus haha-hehe merespons pembicaraan. It’s a big pressure.

Sayangnya kadang surga itu bisa rusak kala sang supir menyetel radio, di channel spesial lagu dangdut.. Duh.. Hari itu jiwa saya serasa dirajam melodi berwujud aneh itu, dan telinga serasa dihajar membabi-buta tanpa tedeng aling-aling.

Tadinya nyaris saya mau minta Pak Supir ngecilin sedikit volumenya, tapi jelas ga mungkin juga sih karena saya orangnya lumayan ga enakkan. Pas lagi mau mencoba berdamai dengan musik dari antah-berantah itu, saya jadi mikir aja sih (kebetulan, sambil ngisi waktu pas macet), kenapa sih saya (dan banyak orang normal lainnya) ga suka musik dangdut?

Jawabannya banyak sih, tapi intinya : kami semua ga familiar dan ga dibesarkan dengan cinta dan akrab terhadap genre musik yang satu ini.

Saya jadi ingat pas kecil, karena rumah nyatu sama sepupu-sepupu pecinta musik slow rock, saya jadi ikutan cinta mati sama Guns n’ Roses, Firehouse, Stryper, Def Leppard, Damn Yankees, Europe, dan lain sebagainya. Satu sisi lain, dibesarkan bersama cici saya yang lahir tahun 70-an, saya juga jadi familiar sama lagu-lagu ballad kayak Love-Story Book Children, Nothing’s Gonna Step Us Now, dan lain-lain. Jangan lupakan juga pengaruh Papa Mama saya yang doyan lagu Mandarin jaman Theresa Teng yang multitalented itu dan segala lagu cina seriosa lainnya. Entah kenapa, saya jadi suka tuh semuanya. Yang memekik-mekik bikin lubang telinga makin gede aja, saya masih bisa nikmatin.

Intinya, pengaruh musik seseorang depends on ‘dengan musik apa dia dibesarkan’.

Kembali ke dangdut, dalam upaya perdamaian, saya jadi mikir lagi dan lagi, kenapa sih saya ga bisa bertoleransi menghargai lagu itu. Dibilang ga enak juga sebenernya nggak juga. Masalah selera aja. Dibilang jelek, nggak sama sekali, malahan setelah saya pikir-pikir, ni lagu lebih berkualitas dibanding lagu-lagu Indo jaman sekarang. Masalah cengkok-cengkokan itu loh. Ga semua orang bisa nyanyi dangdut. You need to learn the very specific skill untuk bisa nyanyiin lagu dangdut dengan mantap. Dilihat dari sisi histori dan budaya pun, jelas musik dangdut menang total melawan segala macam lagu komersil era sekarang ini, yang bertebaran menjamur sana-sini tanpa ada filternya. Ditambah dengan goyangan aduhai, musik dangdut jadi makin kaya.

Jadi sebenarnya, mengapa meng-underestimate genre satu ini? Mengapa tidak mengindahkannya dan malah mengkastakannya ke tingkat terendah? Ih, asli saya tertohok juga karena sudah merendahkan martabat musik dangdut dan harkat para penikmatnya; tanpa sadar mengkelaskan saya pada tingkat lebih tinggi dengan tidak menyukai musik rakyat yang satu ini. Malu sekejap menowel hati.

Ya sudah, setelah itu dalam perenungan saya, saya memutuskan untuk cengar-cengir dan menikmati kemacetan Jakarta malam itu dengan dendangan seksi lagu dangdut, ditambah sesekali senandung si Bapak. Sampai rumah, sumpah saya masih ga suka lagu dangdut, tapi at least sikap hati saya sudah memutuskan untuk berubah keyakinan. Semoga mulut dan lidah bisa bekerjasama untuk tidak melecutkan kata-kata hinaan pada budaya bangsa sendiri, bukti kepongahan dalam diri.

-Ditulis masih dalam rangka sok bijak di penghujung 2013, berharap di 2014 wisdom bisa menjadi sikap utama yang bertakhta di hati, pembimbing jalan hidup.

Tags:

untitledgjgjgfhgf

Preambule

Wahai Gitar..

Aku sangat, sangat bersyukur karena pernah punya secuil kegigihan untuk mempelajarimu saat SMU, mengukuhkan tekad dengan bulat untuk membiarkan buku-buku jariku kepalan dan kesakitan selama beberapa waktu demi mengenali setiap jengkal dan inci senar-senarmu yang eksotis itu.

Aku masih ingat, buku tua yang sudah lusuh itu, yang tiap hari kubuka dan kupandangi lekat dengan tatapan super serius, kupelajari mati-matian demi menghafal posisi jari di masing-masing kunci.

Oh intinya sekali lagi terima kasih diriku, atas ketekunan-tanpa-akhirmu yang kini berbuah manis.

___

Memetik maupun menggenjreng gitar adalah salah satu aktivitas nikmat tiada banding untukku. Sama seperti menulis, memainkan alat musik yang satu itu merupakan suatu candu dan kenikmatan; suatu pelampiasan dan suatu kendaraan untuk mendarat di dunia lain. Indahnya suara sang gitar saat berpadu membentuk gita adalah merdu yang tak terlukis, yang kadang bisa menghantar air mata keluar maupun menyorakkan kegembiraan muncul dari hati. Ajaib, sungguh ajaib, hanya itu kata yang tepat untuk melukiskannya mungkin.

Memejamkan mata saat memainkan dan mengolahkannya, sungguh bak surga pribadi yang tak ingin dihentikan atau dilepaskan. Sebuah moment dan waktu yang ingin dibekukan sesaat sebab indah nuansa dan atmosfernya. Aku pikir mereka yang bermusik dan menanamkan cintanya pada hal yang satu itu akan merasakan hal yang sama; suatu rasa yang sulit kaujabarkan karena sungguh harus dialami pribadi dulu baru mengerti.

Aku sungguh mencintaimu wahai musik, dan lagi sebuah terima kasih pasti layak didedikasikan pada gitar yang telah memfasilitasi dan menjadi medium sempurna bagiku, untuk tidak hanya menjadi penikmat musik, tapi menjadi pembawa musik walau hanya bagi diri seorang

Salah satu saat paling nikmat di dunia yang tidak ingin ditukar adalah saat bergelut dengan sang gitar dan mulut berdendang, menyenandungkan lagu itu bersama dengannya. Kita pun menjadi partner sempurna di panggung kita sendiri, menikmati applause dari dan bagi diri kita sendiri. Kita lupa waktu dan menghirup indahnya berdua bersama sampai puas.

Selamat bermusik..

Tags: ,

So far dalam hidup ini ada 3 konser yang gw bermimpi untuk menghadirinya dan menjadi bagian dari haru-biru dan riuh-rendahnya :

1. David Foster

511tk9ui29L

Masternya composer di atas segala composer ini punya hasil karya yang adorable banget, belum lagi kolaborasi manis dengan para penyanyi kelas atas seperti Peter Cetera, Celine Dion, Michael Buble, dan masih banyak lagi. So far mimpi nonton konsernya mentok tersampaikan lewat DVD Hit Man nya yang keren banget. The way he communicate with the audience yang sangat classy, ekspresinya waktu main piano, music arrangement dahsyat yang dia buat, semuanya bener-bener awesome banget. Sayang kemarin itu pas dia konser di Jakarta, gw terlalu sayang untuk ngeluarin sekian juta untuk tiketnya. Tetep masih lebih prefer keluar duit untuk jalan-jalan sih 🙂

2. Jay Chou

jay-chou-blazer

Selama berpuluh-puluh tahun, belum pernah ada dalam histori, Jay Chou manggung di Jakarta. Baru tahun ini nih kesampean dalam World Tour nya, dalam rangka promo-in album barunya. Jay Chou adalah salah satu penyanyi mandarin yang hampir semua lagunya gw tahu. He’s typical of perfectionist singer, yang mulai dari lirik, instrumen, sampai video klipnya, selalu excellent dan “di atas rata-rata”. Coba perhatiin liriknya yang selalu rumit dengan kata-kata yang ga pasaran dan ga biasa, yang bikin kita harus muter otak dulu untuk mengertinya. Coba lihat nada lagunya yang selalu unik dan punya ciri khas tertentu. Coba dengerin lagu-lagunya yang selalu kaya instrumen, contohnya di lagu Qing Hua Chi, dengan alat musik tradisional entah apa, yang bikin nuansa klasiknya dapet banget. Coba liat video klipnya yang selalu bikin hati meleleh dengan jalan cerita yang manis dan keren banget (Wo Bu Pei danTui Hou contohnya). Dan coba liat video konsernya yang perfect dan megah banget. Belum lagi talentanya dengan suara tinggi ngeden khas dia dan kemampuannya main piano serta gitar dan alat musik lain, plus plus kecintaannya sama mamanya, terbukti dengan album Ye Hui Mei yang menggunakan nama ibunya. Well buat gw Jay Chou is simply-a-must. Dan terkait dengan konsernya, pingin banget bisa nonton Oktober ini. Mari galakkan gemar menabung!

3. Guns n Roses 

Guns-n-Roses-guns-n-roses-589484_655_475

I love Axl Rose dan Slash. Gw rasa gw akan terbawa euforia slow rock mereka if I were in their concert. Semua lagu-lagu mereka is an epic, right? Name it, Sweet Child, Don’t Cry, November Rain dll. Mendengarkan raungan gitar listrik Slash definitely bakal bikin histeris sampe’ pol.

Sungguh betapa menyenangkan profesi seorang pemusik itu. Number 1 sexiest job ever in my opinion 😀

imagesCAIRRUKH

Kalau diminta bikin kompilasi lagu mellow ala gw, mungkin kira-kira inilah list yang akan dihasilkan :

Wherever You Will Go

The Calling

OMG ini adalah salah satu lagu terenak sepanjang masa.. Begitu dentingan gitarnya di awal membuka, hati sudah diobrak-abrik dengan atmosfer sendunya, belum lagi liriknya yang sangat menyentuh, plus suara si vokalis yang masuk banget sama lagunya. Bener-bener lagu yang bisa buat orang pingin mengangguk-anggukkan kepala mengikuti ritmenya sekaligus menitikkan air mata (*at least untuk orang hiper-emosi kayak gw). Desperatenya sekaligus romantisnya bisa terasa sekaligus.

So lately, been wondering
Who will be there to take my place (*aaaaaaaaaarghhhhh…. -> have you ever think about that as well?? I mean, that’s an extremely valid question!!!)
When I’m gone, you’ll need love (*betul, betul, lagu ini bicara logika!)
To light the shadows on your face

If a great wave shall fall
It’d fall upon us all
And between the sand and stone
Could you make it on your own?

Always Be My Baby

David Cook

Is there any other song sweetest than this? David Cook bring the best out from this song and no one can ever do that better than this American Idol guy. Really love the lyrics. I’m sure girls outside there will definitely come back to his man, listening this song dedicated for her!

You’ll always be a part of me
I’m a part of you indefinitely (*OMG! Histeris!! Can’t control myself!! Help!!!)
Girl don’t you know you can’t escape me (*Superpede, tapi bikin hati kebat-kebit ga karuan buat yang dengerin)
Ooh darling cause you’ll always be my baby
And we’ll linger on
Time can’t erase a feeling this strong (*Yes! Yes!!)
No way you’re never gonna shake me (*OMG, histeris lagi!!)
Ooh darling cause you’ll always be my baby


I ain’t gonna cry no
And I won’t beg you to stay
If you’re determined to leave girl
I will not stand in your way
But inevitably you’ll be back again
(*Oh siapa sih pembuat lagu ini? Terbuat apa dari jiwanya, Tuhan, sampai bisa membuat lirik secantik ini? Amazing.. *ngiri total)
Cause ya know in your heart babe
Our love will never end no

I know that you’ll be back girl
When your days and your nights get a little bit colder (*logika lagi)
I know that, you’ll be right back, babe
Ooooh! baby believe me it’s only a matter of time

Apologize

One Republic

This is one of the sexiest song ever! Coba dengerin beatnya, seretan suaranya, serta background ‘krecekan’ yang sesekali muncul. ‘Pahitnya’ telatnya permohonan maafnya ‘dapet’ banget.

I’m holding on your rope,
Got me ten feet off the ground
I’m hearin what you say but I just can’t make a sound
You tell me that you need me
Then you go and cut me down, but wait
You tell me that you’re sorry
Didn’t think I’d turn around, and say…

It’s too late to apologize, it’s too late
I said it’s too late to apologize, it’s too late

(*denger lirik di atas langsung kebayang dalam visualisasi otak, skenario yang terjadi.. remang, dalam kegelapan malam, sepasang pria wanita saling membelakangi… Si wanita pegang tali.. dan seterusnya.. *lanjutkan sendiri, lagi males ngetik..)

It’s Not Easy to be Me (Superman)

Five for Fighting

Ini adalah lagu ringan yang easy listening tapi punya makna dalam di samping nada yang enak, dan definitely memang designated for Superman movie, ekspresiin betapa frustrasinya jadi superhero yang sebenernya masih punya sisi manusia begitu kental dalam dirinya. How can even people try to understand? Kita aja yang sama-sama manusia biasa bisa susah banget ngertiin dan dingertiin orang, apalagi superhero seperti dia ya.. or our Jesus.. Ga kebayang..

I wish that I could cry (*yeah, yeah, aku mengerti..)
Fall upon my knees (*ngerti banget..)
Find a way to lie
About a home I’ll never see (*Yeah Superman, I got your point.. understand.. *Hug)

It may sound absurd… but don’t be naive
Even heroes have the right to bleed (*bener, bener, darling..)
I may be disturbed… but won’t you concede
Even heroes have the right to dream (*iya, gpp, bermimpilah sepuasmu Nak..)
And it’s not easy to be me (*yeah untuk ke sekian kalinya.. agree)

Honesty

Harem Scarem

Mungkin ga banyak yang tau lagu slow rock era tahun 90-an ini. Please try to listen if you’re free. Dibesarkan bareng sepupu-sepupu penggemar slow rock, gw sontak jadi slow rock biggest fans juga, dan lagu ini beneran TOP banget. Inget pas ketemu Kak Paul gitaris gereja beberapa tahun lalu dan ternyata sama-sama tau (dan ngefans) lagu ini, itu rasanya kayak orang Indonesia yang misal sekolah perkutuban di Antartik dan ketemu sesama orang Indo juga lagi ngasih makan Salmon ke Pinguin. Intinya berasa kayak nemuin makhluk sejenis yang ngerti kita banget, yang tau enaknya dan dahsyatnya lagu miris ini. Coba deh dengerin petikan gitarnya yang menyayat. Siapa sih yang ga ngerasain sakit dan pedihnya si pendendang lagu? Kalo nggak berasa juga, eksistansi hatimu perlu dipertanyakan (*menuduh).

I stand before you accused of many crimes (*inget masa2 lalu jaman brantem sama pacar, saling nuduh, saling blaming one each other..)
But I want to believe that love can still survive (*Yeah, in your opinion – kompor mode on)
You don’t have to say it, I don’t have to read your mind
To know that emptiness has finally arrived (*OMG, gw banget!)
How was I to know right from wrong
Words were hardly spoken, so where did I go wrong

Tell me honestly, if you’re still loving me
Looking into my eyes honestly

Words have more meaning, if they’re said at certain times
I need you now so I can feel alive
How would you know if you won’t give me some time
To see if everything could work out you’ll be mine
I’ll be lost forever or someday I may find
The words that I’ve been searching for or just some peace of mind (*ribet deh tapi aku ngerti maksudmu sepertinya.. kayaknya loh..)

With or Without You

U2

Everlasting song this is, isn’t it?? Kebayang scene saat Rachel baru broke up dengan Ross di serial legendaris Friends, sitting near the window dalam gelapnya malam. Kesan hancurnya berasa banget. Lagu ini sebenernya lebih banyak berisi repetisi nada dan lirik, tapi tetep ga pernah bosen dengerin lagu dalem yang kalem ini. Suara dalamnya Bono (bener ga sih) pas banget untuk nyanyiin lagu ini.

See the stone set in your eyes
See the thorn twist in your side
I
wait for you

Sleight of hand and twist of fate
On a bed of nails she makes me wait
And I wait without you

With or without you
With or without you

Through the storm we reach the shore
You give it all but I want more (*keren ya lirik ini.. memang dasar manusia ga pernah puas, always want more and more)
And I’m waiting for you

Home

Michael Buble

I’m not Buble biggest fans or even his ordinary fans, tapi lagu ini beneran epic! Gaya swingnya Buble yang khas fulfill this song so much, lirik yang keren dan nada yang mendayu bikin kita kebawa banget dengan nuansa santai tapi agak syahdu dari lagu ini. Ga mungkin banget ga kerasa rindunya dia sama ‘rumah’ dan sama his love one.. Love it!

Another summer day,
Has come and gone away,
In Paris and Rome,
But I wanna go home. (*hmmm kalo aku sih pinginnya tetep di Paris dan Roma, kalo bisa London juga, tapi dengan kamu.. Win-Win kan? HA-HA.. *merasa sangat pintar)
Mmmmmmmm…

Maybe surrounded by
A million people, I
Still feel all alone.
I just wanna go home (*yeah, agree.. apa artinya bersama banyak orang, kalau denganmu saja berdua lebih dari cukup?)
Oh I miss you, you know.

And I’ve been keeping all the letters that I wrote to you.
Each one a line or two,
“I’m fine baby, how are you?”.
Well I would send them but I know that it’s just not enough.
My words were cold and flat,
And you deserve more than that
.

(*3 lirik terakhir are my favorites. “You deserve more than that..” *start kleper-kleper)

Easy (Like a Sunday Morning)

Lionel Richie

One of my favorite song, yang bener-bener pas dinikmatin di suatu Sunday morning yang santai, rileks dan tenang, walaupun isinya beneran ga ada ‘rileks-rileksnya’. Yang ada malah nada getir dan pahit yang diungkapkan dengan ‘sok santai’. Keren!

Know it sounds funny but I just can’t stand the pain
Girl, I’m leaving you tomorrow
Seems to me girl, you know I’ve done all I can
You see I begged, stole and I borrowed, yeah

Ooh, that’s why I’m easy
I’m easy like Sunday morning
That’s why I’m easy
I’m easy like Sunday morning

If You’re Gone

Matchbox 20

Matchbox adalah salah satu ahlinya nyanyiin lagu-lagu love tapi tetap mengusung tema half-metal. Lagu sedih yang agak menyayat ini adalah salah satu masterpiecenya yang sukses abis.

I think I’ve already lost you
I think you’re already gone
I think I’m finally scared now
You think I’m weak – I think you’re wrong
I think you’re already leaving
Feels like your hand is on the door
I thought this place was an empire
Now I’m relaxed – I can’t be sure

And I think you’re so mean – I think we should try
I think I could need – this in my life
I think I’m scared – I think too much
I know it’s wrong it’s a problem I’m dealing

(*banyak sekali “I Think” nya, tapi gpp, biasanya seorang pemikir otaknya pintar, jiwanya sehat dan orangnya romantis.. *kepo)

Sacrifice

Creed

Siapa yang tahan untuk ga goyang dengerin Creed dengan raungan gitar listriknya yang superkeren membahana? Siapa yang ga pingin ikutan teriak, ngutaraiin isi hati kenceng-kenceng , nyanyiin lirik lagu keren ini? Lagu cinta yang dibawain dengan gaya berandalan, hanya Creed yang bisa!

Hello my friend, we meet again (*cool banget ya.. gayanya slenge’an banget gitu..)
It’s been awhile, where should we begin?
Feels like forever
Within my heart are memories
Of perfect love that you gave to me
Oh, I remember

When you are with me, I’m free
I’m careless, I believe
Above all the others we’ll fly
This brings tears to my eyes
My sacrifice

We’ve seen our share of ups and downs
Oh how quickly life can turn around
In an instant
It feels so good to reunite
Within yourself and within your mind
Let’s find peace there

Bad Day

Daniel Powter
Ini sih sebenernya nadanya ga sedih, cuma tetep aja gw pingin masukkin ke list mellow 🙂 Baik dinyanyiin sama penyanyi asli maupun sama si Chipmunks, ni lagu tetep enak buat dinikmatin 🙂 Gw sih ga gitu ngerti sebenernya inti lagunya nyeritain apa (bahasa Inggrisnya ga nyampe hihihi), tapi who cares.. kerennya tetep nampol..

Where is the moment when we bleeded the most
You kick up the leaves and the magic is lost
They tell me your blue guys fade to gray
They tell me your passion’s gone away
And I don’t need no carryin’ on

You stand in the line just to hit a new low
You’re faking a smile with the coffee to go
You tell me your life’s been way off line
You’re falling to pieces every time
And I don’t need no carryin’ on

Have I Told You Lately

Rod Stewart

Iiiiih siapa yang tahan sama lagu abadi ini??? Soooo romantic, so light.. Belum lagi petikan gitarnya yang ga kalah kerennya.. Mellow ga harus bicara soal yang sedih-sedih kan? My favorite part (in terms of nada) adalah di bagian Fill my heart with gladness, Take away all my sadness, Ease my troubles that’s what you do..” Kerasaaa banget gregetnya..

 
Yup, that’s the end. Semuanya ga harus lagu yang slow to feel the mellow-ness, tapi beneran semua lagu di atas hampir selalu bisa bikin air mata mengalir dengan sendirinya, terutama karena nada-nada dan liriknya yang amazing. Happy-mellowing all!

Music

Saya adalah pecinta musik, alat musik dan pemusik.

Setiap mendengar lagu, saya selalu dengerin baik-baik instrumen-instrumen musiknya, menganalisa mengenai menyatu/tidaknya dengan lagu dan liriknya, dan sebagainya.

Biasanya saya dengerin lagu itu harus 2x. Pertama untuk denger nadanya, kedua untuk fokus mendengarkan backsound alat musiknya saja. Selanjutnya baru saya mulai fokus ke lirik.

Saya juga pemain gitar yang sangat memperhatikan sense of music dan feeling. Buat saya kemampuan teknikal ga ada artinya kalo kita ga punya sense of music Kamu bisa main lagu Sweet Child O Mine dengan begitu keren, tapi begitu kamu ga bisa main satu lagu dengan kunci yang tepat atau kamu ga bisa main di tangga nada berbeda dengan lancar dan langsung, buat saya kamu ga “jago”,

Jadi ukuran saya soal jago adalah orang yang bisa main lagu apa aja dengan kunci yang tepat, bukan dengan harus coba-coba dulu. Orang yang bisa main lagu di nada mana pun dengan lancar. Atau orang yang bisa menyesuaikan dengan mudah suaranya begitu kita naik/turun nada dasar.

Saya punya temen yang jago banget tekniknya, tapi pas saya minta main lagu xxx, dia harus coba-coba dulu sampe 4-5 x, baru bisa lancar. Dan begitu ud lancar, begitu saya minta dia naik ke nada dasar berikutnya, dia langsung harus coba-coba lagi cari kuncinya sana-sini dan secara suara pun pas nyanyi, dia langsung ga bisa menyesuaikan begitu kita obrak-abrik nada dasarnya.

So menurut saya it’s all about feeling. Teknik selalu bisa dpelajari, but the feeling is obviously natural talent.

Back to the topic, ditambah kesenangan observasi, saya jadi suka mengamati para pemain musik. Saya suka mengamati mereka, menganalisa, memberikan pendapat-pendapat tidak berdasar dan penuh kesoktahuan dalam hati, dan yang pasti menikmati musik mereka. Saya suka mengamati wajah mereka saat mereka bermain musik, wajah damai yang penuh dengan kecintaan, wajah sukacita yang mengungkapkan rasa dan jiwa mereka yang dipersembahkan dan didedikasikan untuk musik. Para pemusik adalah makhluk yang sangat seksi buat saya, sangat unik, sangat kontroversial dan sangat menginspirasi.

Waktu kecil saya selalu ingin jadi pemusik. Walaupun saya bisa main gitar dan ngerti dikit-dikit kunci keyboard, tetep saya ga punya waktu dan kemauan untuk bener-bener belajar musik secara serius dan akhirnya cita-cita dan impian saya itu saya ganti jadi “menikah dengan pemusik” yang rasanya sampai sekarang juga ga bisa kesampaian 🙂

Jadi, mengenai observasi para pemusik, inilah analisa ngasal saya mengenai karakter para pemusik berdasarkan mata saya yang agak lamur ini :

Keyboard/Pianist : Ini adalah orang-orang yang kalem dan lembut hatinya. Biasanya orangnya tenang dan pendiam, tidak banyak ngomong. Typical yang sangat melankolis plegmatis. Saya suka banget jari-jari para Keyboardist/Pianist yang bisa pindah dari kiri ke kanan, belum lagi kalo mereka lagi mendesirkan tutsnya dengan cepat, menghasilkan bunyi berdesing merdu dari nada tinggi ke rendah dengan kerennya.

Gitaris : Ini biasanya orang-orang yang sanguin yang easy-going, senang tampil dan diperhatikan. Tapi ada satu gitaris ter-cool di dunia menurut saya yang namanya Slash. Para pencinta Guns n Roses pasti tau mati sama ni orang. Sejak pertama liat dia main gitar waktu saya SD, saya langsung jatuh cinta pada pandangan dan pendengaran pertama. Walaupun saya ga pernah liat matanya sampe sekarang karena selalu tertutup kacamata item maupun rambut kriwilnya yang pasti saya suka juga, saya tetep aja menganggap dia sebagai idola yang tak tergantikan sepanjang masa. Dan ngomong-ngomong soal gitar, saya suka banget suara raungan gitar listrik. Itu bisa bikin saya nangis saking sukanya dan terharunya, misalnya waktu saya denger instrumen gitar Beyond, band lagu mandarin yang cukup oldies tapi tetep abadi sepanjang masa, di lagu “Ni Ce Tau Wo Te Nu Wang”.

Slash_Guns_N_Roses_Solo
Beyond

Bassis : Ini biasanya orang-orang yang cool. Tenang, tapi bukan lemah lembut seperti Keyboardist/Pianist. Lebih ke cuek dan dingin. Saya paling suka para Bassis karena mereka superduper cool dan jari-jari mereka saat memetik bass keren banget. Di gereja saya baru tahu dari kakak saya, Kak Paul, bahwa ternyata Bass itu alat musik yang harus ada juga dalam sebuah band karena fungsinya yang harus ‘ngisi’ lagu, beda dengan gitar yang ternyata opsional.

Drummer : Ini jujur saya ga bisa mendefinisikan karakternya dengan baik.

Demikianlah sekilas soal musik dan musisi.

Selesai 🙂


Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,713 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Onsen @miznohotel . #onsen #miznohotel #mizunohotel #japan #ryokan #hotel #traveling
This is the library situation. It's cozy, comfy, romantic and super convenience, not to mention the antique touch of it. I randomly pick a book and none was dusty. Really can spend hours here. . #miznohotel #mizunohotel #library #japan @miznohotel
Mizno/Mizuno Hotel ini recommended ya for me.. Bisa liat both view, Mt Fuji and Kawaguchi Lake, service is excellent (typical ryokan ya, biasanya emang their service level selalu bagus), keisaki dinnernya boljug tapi tastenya menurut gw gak outstanding sih. Onsennya bersih and rapi and bisa liat view Mt Fuji juga tapi design/interiornya biasa aja. Other thing is they have a very very very nice library. Omg keren banget d and buku-bukunya juga ga cuma japanese but also western. Terus mereka punya skybar juga and bisa rental sepeda plus offer pickup from Kawaguchi station (less than 10 minutes!). Type kamarnya ada yang tatami, ada yang western style. . Overall happy sih stay di sini 😀 next post will be sharing their library and onsen . @miznohotel #miznohotel #mizunohotel #japan #ryokan #fuji #kawaguchilake #view #hotel #traveling
Pocket wifi dari @jetfi.id ini recommended banget ya. Pure unlimited tanpa ada penurunan kecepatan. Selama #japan trip ini hampir ga pernah lemot atau ilang signal kecuali di terowongan. Harga juga kompetitif dan orangnya sangat kooperatif terkait durasi penggunaan. I will definitely use their service again in the future. . Kalo mau safe, back-up pake our provider sendiri (roaming) or kalo stay di airbnb biasanya mereka kasih pinjem portable wifi juga kok. . #pocketwifi #pocketwifiindonesia #pocketwifijapan #jetfi #jetfiid #sharing #japanportablewifi #modem
The famous tokyu plaza omotesando 😍 . #tokyuplazaomotesandoharajuku #tokyuplazaomotesando #exterior #design #architecture #tokyo #japan #traveling #bikinjadinyata #daretoshare @airasia_indo
What I love from the place is that it doesn't sell a beautiful view only, but their food quality is also excellent. I rarely order a parfait but since this is recommended, I ordered it and wow their rose parfait was very nice. It has a soft taste and smell and made you crave for more. The toast was also perfect in terms of taste, texture, and appearance. . #aoyamaflowermarket #aoyamaflowermarketteahouse #roseparfait #parfait #dessert #japan #culinary
Having a tea with flowers view and smell - that couldn't be more perfect . #aoyamaflowermarketteahouse #aoyamaflowermarket #aoyama #tokyo #japan #traveling #tea #dessert
Who wants to sip butterbeer while taking a ride to Hogwarts? 😍 . #harrypotter #hogwarts #uss #osaka #universalstudio #themepark #japan #traveling
Our hunting in Tsukiji brought us to this sushi bar restaurant and we love it 😍 the price is affordable as well . #sushizanmai #tsukijifishmarket #tsukiji #japan #osaka #sushi #culinary #food #instafood
Strolling around Dotonburi with neonlight everywhere. . #dotonburi #osaka #night #japan #ttaveling
Donkey-meat? 😁 . #bikkuridonkey #osaka #japan #traveling #food #dinner
Happy 35th anniversary for Disney! As both husband and I have been to Tokyo Disneyland before (husband > 35 years ago 😏), now it's Disneysea's turn. . Warning : all these 10 pics is all about me so don't waste time to scroll left 😅 . #disneysea #disneyland #japan #themeparklife
This place hasn't been popular when I first came to Japan, so now it's the time to pay a visit. . PS : hubby's face is like sh*t - he's been so grumpy due to weather and being dehydrated + starving (while his wife is still on fire) thus not so cooperative to be photographed 😏. . #fushimiinaritaisha #fushimiinari #kyoto #japan #traveling
The cute mascot with clear blue sky background and well-organized patterned clouds . #fushimiinaritaisha #fushimiinari #kyoto #temple #japan #traveling #bikinjadinyata #daretoshare @airasia_indo
*Tranquility* . Didn't make it to take a perfect 'centralized' pic due to the crowd. Also my leg was almost gave up to continue the trekking uphill as we walked too much these days. . In fact I wished I had more time and stamina to further explore Arashimaya. It's a very nice place with great view and landscape. In summary it's very 'kyoto-ish'. . #arashimaya #arashimayabamboogrove #arashimayabambooforest #japan #nature #landscape #bamboo
Can you see the lake is shimmering? The glow is truly stunning, I couldn't stop starring at.. . #kawaguchiko #kawaguchilake #fuji #mizunohotel #japan #view #landscape #nature
View from our room in Mizuno Hotel - enjoying every minute, the perfect combination of Mt Fuji and Kawaguchi Lake. It's been quite long since my first visit to Japan and still I'm amazed by Fuji's magnificence. . Do you realize that the outdoor onsen also has this perfect view? . #bikinjadinyata #daretoshare @airasia_indo #mizunohotel #fuji #kawaguchi #kawaguchiko #kawaguchilake #landscape #view #nature
A nice culinary experience where we're to create our own sushi. If you want to give it a try, don't forget to reserve first! . Is it good? Honestly I couldn't say that, as I wasn't aware mostly of what was served and language became barrier. I ate all of them without knowing what's that. Some is delicioso, some is WTF??? But overall it's a great culinary journey and I know their quality is the top one. . #awomb #kyoto #dinner #japan #food #culinary
We're lucky enough - no queue! . #gyukatsumotomura #gyukatsu #kabukicho #meatlover #beef #food #culinary #japan
Brown and Conie abal-abal ❤ . #line #linestore #brownconie #figure #harajuku #japan #traveling

Blog Stats

  • 508,062 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

May 2018
M T W T F S S
« Dec    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Advertisements
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain's Personal Blog

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

Pemintal rindu yang handal pemendam rasa yang payah

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: