Fanny Wiriaatmadja

Serba-Serbi Aimee

Posted on: January 29, 2016

2016125151205[1]

Aimee Lynn. Banyak orang tanya, kenapa ni anak dikasih nama kayak gitu. Ada juga yang bilang namanya aneh, ga familiar, jarang denger, dll., hihihi.. Syukurin..

Sebenernya saya memang sengaja nyari nama yang belum banyak dipake’ orang. Habis kecepatan pertumbuhan populasi bayi di semesta kayaknya melebihi kreativitas manusia dalam mencipta nama, jadinya banyak banget anak yang bernama sama.

Tadinya saya mau kasih nama Elaine or Faye ke si baby, tapi apa daya udah banyak yang pake’ juga (‘poke’ implisit ke temen saya Farica sama Eric). Maklum saya manusia sedikit sombong bin congkak, jadinya pinginnya nama anaknya belum pasaran-pasaran banget.

Terus setelah merenung setiap hari dengan teduh dan khusyuk dalam perjalanan ke kantor di busway, akhirnya saya memutuskan pingin kasih nama Renee ke nih anak. ‘e’ nya sih pengennya pake ‘e’ yang di atasnya ada garis miring tuh, kayak model Perancis punya. Maklum, namanya juga nama dari Bahasa Perancis. Sekali lagi harap diingat saya manusia sombong.

Apa daya ternyata memang ga memungkinkan, kalo’ pake’ ‘e’ yang aneh-aneh gitu di Indonesia ini, jadinya ya udah Renee aja tanpa sentuhan cantik garis seksi di atas huruf ‘e’-nya.

Sejalan waktu, saya mulai ragu sendiri karena bingung, ‘Renee’ itu diucapinnya ‘Ri-ne’ atau ‘Re-ne’ ya? Aih, si manusia congkak tertelan kesombongannya sendiri dan harus menderita sebuah kebingungan. Google sana-sini, kayaknya sih orang Perancis aslinya ngucapinnya ‘Re-ne’ sementara orang bule ngucapinnya ‘Ri-ne’. Jangan-jangan orang Indo ngucapinnya ‘Re-ne-e’. Lebih ngaco lagi. Nah lo, jadi tambah bingung kan.

Kebingungan semakin merebak karena setau saya nama Renee banyaknya dipake’ sama kaum adam deh di Perancis sana, sementara anakku kan perempuan! Kayaknya ga rela juga namanya jadi biseksual gitu. Akhirnya saya memutuskan untuk mulai menyeleweng ke nama lain.

Gatau kenapa, either gara-gara nonton Asia Next Top Model atau saya memang pinter, tau-tau saya nemu dan falling in love sama nama Aimee, salah satu kontestan di acara itu yang masuk 3 besar dan merupakan salah satu favorite saya karena kecantikan dan kekalemannya. Eh, lagi-lagi nama Perancis. Biarpun sombong nan angkuh, saya sebenernya demennya nama yang simple; ga keberatan dan merupakan nama ‘jadi’, bukan nama jadi-jadian atau dibuat-buat. Ermmm nama yang dibuat-buat itu maksud saya adalah nama hasil kreativitas para mama, misal kayak Rubenia atau Joicelyne atau semacam itu. Eh maaf ya buat yang bernama seperti itu atau yang punya anak dikasih nama seperti itu. Itu kan cuma pendapat wanita sombong ini saja. Eh (lagi), pada ngerti kan ya maksud saya.. maksudnya saya lebih suka nama yang ‘jadi’, bukan yang dirangkai-rangkai sendiri gitu.

Balik ke nama Aimee, saya baru inget juga bahwa di Indonesia ada model yang namanya Aimee Juliet. Jadi yah nama ini ga ‘asing’-‘asing’ banget lah ya..

Setelah cukup mantap dengan nama ini, iseng-iseng saya google, ni nama punya arti ga ya.. Pas dicek, eeeeh ternyata artinya (kalau ga salah inget – males google lagi) dalam bahasa Perancis adalah Yang Disayangi/ Tersayang/ Terkasih. Mirip-mirip gitu deh. Saya langsung hepi dan surprise banget, karena emang bener sih ni anak pasti banyak banget yang sayang (pe-de) secara keluarga saya keluarga besar, keluarga suami juga ga mau kalah, keluarga besar pula. Diliat dari sisi kuantitas, pasti ada banyak orang yang bakal sayang sama nih anak. Iya ga sih? Jadi saya ngerasa makna namanya kok nendang banget ya.

Dan ga berapa lama kemudian, pas mau formulain nama mandarin buat Aimee, eeeeh ternyata ada huruf ‘Ai’ dalam nama itu, yang dalam bahasa mandarin berarti Cinta. Ya ampun, kok bisa sama dengan arti dalam bahasa Perancisnya? Saya sampe’ takjub dan bener-bener ngerasa miracle banget. Agak lebay sih, tapi berasa keren aja gitu nih nama bisa punya makna yang aligned antara bahasa Perancis dan mandarinnya. Seneng banget! Jadi makin mantep untuk pake’ nama Aimee.

Eh iya satu lagi, Aimee itu juga bisa ditulis sebagai I Am Me. Aimee. Hi-hi, berasa norak banget. Kan bisa buat identitas diri gitu. I Am Me.

Mengenai nama keduanya yakni ‘Lynn’, saya gatau sih asal-muasalnya dapet darimana, pokoknya seperti yang saya bilang, saya emang demennya nama yang simple dan ga berat. Jadi ya udah pake’ Lynn aja. Beberapa orang bilang nama ‘Lynn’ ini kayak orang Bule, which is bikin saya agak bingung. Masa sih ya? Kalo’ iya ya ga apa-apa juga sih, cuma mau bingung aja. Boleh kan?

Oh ya ada juga sih yang nanya, “Ga kasian namanya berhuruf depan ‘A’? Nanti kalo’ di sekolahan, dia selalu dipanggil pertama loh..” Bener juga sih, saya juga udah lama kepikir gitu, tapi saya pikir ga apa-apa lah, ada enaknya juga. Dipanggil duluan, abis itu ‘deg-degan’nya ilang, ga ada beban lagi. Coba bayangin anak yang huruf depannya ‘Z’, pasti deg-degan nunggu dipanggil ujian praktik olahraga, nunggu pengumuman nilai (misalnya), dll. Nama depan ‘A’ bebannya cuma sebentar, habis itu bisa santai-santai.

Nah begitulah sejarah nama Aimee Lynn. Sederhana dan simple, seperti namanya.

Mengenai Aimee sendiri, setelah hampir 2 bulan kenal dia, ternyata anaknya sangat ‘mengejutkan’ terutama dari sisi emosi. Ga sabaran, cepet marah, grumpy, dll. Contoh :

  • Akan marah-marah dan ngedumel dengan bahasa bayi paling ajaib bak nge-rap, saat ada orang yang berisik/ngobrol pas dia lagi menyusu. Oh, bahkan pernah pas lagi menyusu, perut saya bunyi karena laper, dan believe It or not, matanya langsung buka, dan dia langsung nangis sambil ngeluarin bunyi aneh yang intinya marah-marah. Cukup lama untuk ngeredain nangisnya. Pokoknya kalo’ lagi nyusu, dia maunya tenang damai sentosa.
  • Kalau lagi ‘nete’ dan pasokan mulai seret (maklum ASInya masih dikit), dia juga akan marah-marah dan mulai nge-rap ‘maki-maki’ (bahasa ‘halus’) yang kedengerannya lucu dan ajaib banget, bikin kita mau ketawa. Plus badannya akan dia banting sana-sini untuk berusaha meraih, menarik, menggigit, dll. Berasa ngeliat bulldog. Takjub deh akan kelenturan gerak badan dan kepalanya.
  • Kalau lagi tidur, dia sering ngulet/menggeliat dan keluarin suara marah-marah/ teriak gitu.

Yah pokoknya ni anak ajaib deh. Ga sabaran dan agak sedikit pemarah. Semoga gedean dikit, emosinya lebih stabil ya Nak..

Biarpun dia sedikit temperamental, tentu aja kami-kami yang namanya bapak-emaknya sayang banget sama nih anak. Gatau kenapa ya, liatin tampangnya yang lucu, gendut, berdagu lipat dll. bikin ‘nagih’ banget. Kadang bisa sampe’ berlinang air mata karena terharu dan ngerasa sayang banget sama nih bocah *emak-emak lebay yang emosinya ga stabil dan hipersensitif. Rasanya emang jadi lebih sering nangis pas udah punya anak, daripada pas hamil.

Selain nangis, saya dan suami juga sering banget dibuat ngakak sama anak yang satu ini, terutama oleh tingkahnya pas mau tidur/ pas lagi tidur. Mata yang teler sehingga bagian bola mata itemnya ilang, menyisakan bagian mata yang putih saja (we call it mata Sadako), kemudian sering ngakak sendirian pas mau tidur sampe’ ranjang bergoncang-goncang dan bikin kami kaget (gatau kenapa), dan masih banyak lagi. We simply love and enjoy all the moments!

Btw juga, si Aimee ini katanya mewarisi mulut jutek mamanya (we call it mulut Gunung Fuji), dan forum muka bapaknya. Hidungnya sih tengah-tengah deh, campuran hidung mommy-daddy-nya, jadi lumayan adil.

Waktu lahir, kepala Aimee sempet benjol sebelah, tanpa sebab musebab apapun. Konsultasi ke berbagai dokter, katanya sih ga apa-apa, cuma kepentok jalan lahir or tulang vagina, dan syukurlah sampai sekarang kepalanya udah kembali ke ukuran normal. Problem kepala lainnya sekarang muncul, yakni gepeng sebelah gara-gara tiap tidur/digendong, kepalanya selalu belok ke sebeah kanan. Duh!

Aimee-dudut (panggilan sayang), kadang juga kami panggil Little-Monster karena beneran bikin kami dag-dig-dug dan agak paranoid. Setiap dia start agak pules pas kami tidurin dia dan taruh dia di boxnya, cepet-cepet kami berjingkat-jingkat tanpa suara, ngumpet dan balik ke ranjang, menatap nanar langit-langit dengan big-worry-takut-dia-bangun yang biasanya terbukti benar.

Begitu kami denger satu bunyi aneh tanpa dosa dari mulutnya di box tempatnya bertakhta itu, pertanda nih anak bangun lagi, langsung jantung kami berpacu lebih cepet dan keringet dingin ngalir keluar; tanda we’re ready untuk start dari awal lagi nimang-nimang, nyanyi-nyanyi, gendong dengan segala gaya dan usaha untuk bikin dia pules dan mau lagi ditaruh di box-nya. Arrrgh, our sweet little monster!

Buat masa depan Aimee, plan jangka pendek adalah bikinin dia email address dimana saya bakalan tulis surreal buat dia anytime, dan bakal kasih dia passwordnya pas dia udah gede. Semoga dia cukup rajin untuk mau baca surat dari Mommynya selama belasan tahun! -> rencana masa depan jangka pendek yang ga penting banget hihi.

Rencana lain adalah bukain tabungan buat dia sehingga dia punya duit sendiri, tempat dia bisa simpen hasil pemberian orang-orang pas dia lahir, pas Imlek, dan pas ulang tahun setiap tahunnya. So at least buat dia sekolah, ada sedikit dana yang bisa dipake. Kami berdua, saya dan suami, commit untuk ga touch duit itu sama sekali. Itu adalah duitnya Aimee dan kami hanya boleh pake’ untuk kepentingan dia.

Last but not least, tiap ari Mommy and Daddy selalu ngedoain biar Aimee tumbuh jadi anak yang takut dan cinta mati sama Tuhan. I don’t need anak yang pinter, cantik, dll. (ga perlulah, udah ada gen emaknya). I just want anak yang selalu pegang tangan Tuhan selama idupnya, muliain nama Tuhan dan jadi berkat buat sesama, secara saya tau, kami ga akan mungkin terus ngawasin Aimee seumur hidup. Cuma berserah sama Tuhan dan doain Aimee selalu jalanin firman Tuhan, yang bisa bikin kami hidup tenang dan yakin bahwa anak ini akan ‘baik-baik saja’. Ga akan ada gunanya kuatirin apakah dia akan terjun ke pergaulan bebas, apakah dia akan punya pacar yang ga baik, dll. Mikir dari A sampai Z, ga ada jalan lain untuk tenang selain berserah. Sepanjang Aimee hidup takut akan Tuhan, maka kami orangtuanya bisa tenang. Makanya itu yang selalu saya doain. Semoga kami dapat hikmat untuk mendidik dan merawat dia dengan baik. AMIN.

 

6 Responses to "Serba-Serbi Aimee"

ci fanny, congratz yaaa for baby Aimee.. such a sweet and nice story! jadi pgn cepet2 punya baby! hahahahaha….

Thank youuuu ha3.. buruan bikin ha3..

nama babynya bagus Fanny…
gw malah berasa namanya terkesan chinesse , krn ada Lynn yg gw baca Lin ky ny x_X :)>-

Ahahaha tengkyu Ka.. iya Lynn nya jadi kayak marga china ya.. kayak Jimmy Lin gitu *ngarep haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,697 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Refreshing morning view
.
#view
#morning
#bandung
#mercure
#nature
#familyholiday I must get it!!
.
#aimee
#minnie
#baby
#mercure
#bandung
#holiday
#family Christmas is everywhere 🌲
.
.
#christmas #christmastree #bandung #bandungtrip #aimee #transluxuryhotel #instatravel #instababy FAMILY 👦👧👨👩👴👵👶👱
.
.
#family #bandung #bandungtrip #transluxuryhotel #familyportrait Tempatnya loetjoe. That's it.
.
.
#dinner #bandung #missbeeprovidore #chicken #instafood #food Aimee and Koko Kael at the kids club

#aimee #baby #kidsclub #transluxuryhotel #bandung #holiday #family #kids Swimming!! 🏊🏊🏊
.
.
#aimee #baby #swimming #bandung #bandungtrip #holiday #family #transluxuryhotel Get ready for Aimee 1st traveling experience. We tried the easy one first, Bandung :) #aimee #baby #traveling #jalan2 #longweekend #bandung #family <<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplustehpajakdll70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi 😑😑😑😑😑😑😑😑😑 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah 🎂

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❤👪❤ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue 😗

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan 📷 : @lieta73 😀 Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake 🎂 by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? 😀

#aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella

Blog Stats

  • 405,710 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

January 2016
M T W T F S S
« Oct   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: