Fanny Wiriaatmadja

Story Behind The Tummy (2)

Posted on: October 12, 2015

Pregnant

Hi-hi..

Kembali lagi bersama akuh dalam cerita trimester kedua.. ta-daaa..

Beberapa point (tidak) penting :

1. Masuk trimester tiga, seperti teori kehamilan pada umumnya dan kenyataan yang diderita ibu hamil pada khususnya, rasa eneg dan segala macam jenisnya sudah raib tanpa jejak. Eh sebenernya ada sih jejaknya karena saya masih inget hari di mana rasa eneg itu hilang yaitu di sebuah hari di sore hari yang indah dengan langit senja yang menawan, sepulang kerja yang melelahkan di mana makanan sudah tersaji di meja makan di bawah tatapan nanar seperti biasa dan tau-tau saya berasa ‘sehat’ banget, dan tercetus ucapan ke suami, “eh kok tumben ya ga berasa eneg sama sekali..” terus saya makan dengan lahap dan bahagia. Besok-besoknya, rasa enegnya hilang sempurna tanpa noda dan hidup kembali normal.

2. Gara-gara udah ga eneg, tau dong apa impactnya. Yup, makan jadi gila-gilaan. Bayangin aja, dalam keadaan normal aja saya makannya emang banyak dan memang doyan makan. Apalagi ini ada makhluk di dalam tubuh, tentunya nafsu makannya berganda. Plus rasa eneg sudah hilang. Tuh liat parameternya banyak banget kan.. Kalau biasanya orang hamil akan ngerasa laper terus menerus secara berkala, saya hampir ga pernah ngerasain lapar sejenis itu karena biasanya sekali makan saya pasti makan sampe’ kenyang dan begah, dan sampe’ perut tidak bisa lagi merasa dan mengenal rasa lapar. Sebenernya ini bukan disengaja sih, tapi gatau kenapa setiap makan, selalu porsinya itu tersedia dengan banyak, sampe’ saya selalu kekenyangan setiap kali makan. Kalo’ lagi parah misalnya ada acara bday dimana kita semua makan buffet, saya bisa makan sampe’ bener-bener engap dan harus napas pake’ mulut sampe’ diafragma di dada terasa sakit banget selama 1-2 hari. Parah kan. Ke depannya saya berusaha sih ngurangin makan supaya jangan sampe’ kekenyangan and instead ngikutin teori yang benar yakni makan dikit-dikit tapi sering, ketimbang makan sekaligus banyak. Tapi memang ga gampang kalo’ ketemu makanan enak, bawaannya kan pengennya makan sampe’ puas dan kenyang biarpun perut begah, atas nama alasan mulia yang diada-ada, “kan si baby juga butuh makan”.

Kemudian kalo’ 3 bulan pertama itu makan dijaga sesehat mungkin (sampe’ ke Bakmi GM aja bela-belain makan nasi capcay biar sehat), selepas 3 bulan entah kenapa makannya jadi ga gitu terjaga lagi. Saya inget breakthrough ‘kejatuhannya’ adalah pas libur Lebaran dimana kami sekeluarga ke Bandung. Wah di sana ga ada deh yang namanya makanan sehat. Setiap hari makan seenak udel dan yang penting ‘ENAK’. Sepulang dari Bandung, jadi berlanjut deh kebiasaan makan tidak sehatnya. Erm masih sih makan sehat karena kan masih dibawain bekal terus buat lunch tiap hari oleh sang ibu, tapi maksudnya kalo’ makan di luar saya udah ga mikir panjang untuk pesen makanan sehat, tapi langsung makanan yang saya suka, no matter what.

3. Berat badan so far masih terkontrol di trimester 2, tapi begitu menginjak bulan 5 ke bulan ke 6, saya kaget banget pas ditimbang di dokter dan angka timbangan menunjukkan kenaikan berat 10 kg. Hoaaa super kaget, tapi berusaha menerima dengan rendah dan pedih hati sih bahwa saya makannya emang agak gila dan ga terkontrol.

4. Tentang si baby nya sendiri, setiap hari pasti dia bergerak, either nendang, ngulet atau apapun deh, dan pingin banget ke depannya someday kita masing-masing punya 1 mesin USG sendiri biar bisa tau si baby lagi ngapain. Ngomong-ngomong soal gerakan bayi, sebenernya awal-awal di bulan kedua or ketiga saya udah bisa ngerasain ada gerakan samar di dalam perut, cuma ada ga terlalu yakin apakah itu bener gerakan si bayi atau hanya sensasi kembung-ingin-kentut, bunyi efek kekenyangan, atau maag yang lagi bermasalah. Tapi bulan demi bulan baru bisa yakin bahwai sensasi rasa waktu itu adalah bener gerakan si bayi. Aku jadi merasa bangga sekali karena 2 bulanan sudah bisa merasakan gerakan si bayi (sombong yang sebenarnya sangat tidak perlu).

Di bulan kelima dan keenam, suami baru bisa ngerasain gerakan si bayi, terutama pas nendang, tapi harus dengan kulit telanjang dan biasanya dalam keadaan diam. Kalau berlapis baju atau sedang di jalan biasanya dia ga terlalu bisa ngerasain gerakannya. Always remember muka amazing si suami pas pertama ngerasain tendangan si bayiπŸ™‚

5. Mengenai kebiasaan denger musik klasik yang katanya bisa bikin anak lebih pintar, saya juga ikutan sih awalnya, download musik-musik klasik dll. Apalagi saya sendiri lumayan demen lagu klasik. Tapi asli lama–lama kok eneg juga ya dengerin lagu klasik mulu. Akhirnya asli sekarang saya udah ga pernah lagi dengerin musik klasik. Malah lebih sering puter lagu rohani. Rasanya lebih penting ‘memperkenalkan’ our amazing God lewat lagu rohani ketimbang bikin pinter anak pake’ lagu klasik, sekalian memperkenalkan konsep saat teduh saat kita dengerin lagu rohani, kepada si baby. Gatau ya menurut saya kalo’ memang sudah ditakdirkan anaknya kaga pinter, mau diperdengarkan lagu klasik 24 jam x 9 bulan juga ga bakal ngefek, jadi kayaknya pasrah aja deh. Semoga anaknya nurunin otak pinter mamanya bwa-ha-ha.. Amin-amin-amin-amin..

6. Karena bawaannya stress tiap pake celana hamil yang bentuknya kaga ada yang bagus dan bikin badan jadi seolah melembung tanpa bentuk, akhirnya bawaannya saya jadi pingin belanja mulu, walaupun pas baju/celana barunya dipake, tetep aja jatuhnya jelek karena emang bentuk badannya gendut aneh ajaib gitu. Huhuhuhuh pengeluaran makin bertambah, tapi kepercayaan diri tetap nyungsep. Baju juga banyak yang udah ga muat dan harus dipulangkan kembali ke rumah nyokap. Pokoknya persediaan bajuku jadi sedikit dan memprihatinkan banget. Untung dapat subsidi juga dari kakak ipar. Siapapun yang lain yang juga tertarik dan terketuk untuk memberikan baju hamilnya, silahkan dan monggo.

7. Jenis kelamin -> diduga cewek selama beberapa kali USG. Kemungkinan besar deh. Saya sih hepi-hepi aja. Tiap orang nanya jenis kelamin dan saya bilang “cewek”, hampir semua dengan muka penuh belas kasihan selalu bilang, “Ya udah ga apaapa ya, yang penting kan anaknya sehat..” Hah? Emang gpp kok, saya mah malah seneng kalo’ anaknya cewek, bwa-ha-ha. Mungkin mereka kira saya ngarepnya punya anak cowok kali sepertinya kebanyakan keluarga Cina konservatif lainnya. Padahal saya dan suami mah asyik-asyik aja. Suami sebenernya ada rasa lebih kepingin punya anak cowok, tapi untuk logical reason aja sih : dia ngerasa ngeri kalo’ punya anak cewek, karena takut terjerumus dalam pergaulan, lebih susah dijagain, dll. Yah semoga apapun jenis kelaminnya kami berdua bisa mendidik si anak dengan baik yaπŸ™‚

8. Secara sering baca tentang bahaya radiasi handphone, saya berusaha juga untuk ngurangin penggunaan HP. Tapi tetep sih games jalan terus. Abis mana tahan melewati sehari tanpa main Battle Camp dan HayDay. Aku bisa gila total dalam sekejap. Maksudnya mengurangi adalah, setiap malam sekarang HP saya matiin/ pasang airplane mode aja. Kemudian pagi hari HP masih terus saya matiin karena di busway pas duduk kan tasnya saya peluk. Kalo’ HP nyala, takutnya ada radiasi gitu sih, jadi atas nama keparanoidan, saya memutuskan untuk leave the handphone off sampe’ saya tiba di kantor. Semoga bisa sedikit berefek positif dengan mematikan HP di saat-saat tertentu itu.

9. Terkait gejala kehamilan lain, saya juga ga imun dari gejala kaki bengkak. Saya inget suatu pagi saya bangun dan jalan ke WC dan kakinya rasanya kok agak ga enak dan agak sakit. Tadinya saya cuekkin aja, karena memang aslinya cuek dan ga care. Ga lama pas pergi sama cici saya, mereka bilang, “Eh kaki lo kok kayaknya gede banget ya..” dan bikin saya sakit ati dikit dan sontak menolak mengakuinya. Saya tatap-tatap kaki saya dan tetep ngerasa tuh kaki indah apa adanya, tapi mereka ngotot katanya biasanya kaki saya ga segede itu. Mereka langsung bilang, “Wah kaki lo udah bengkak tuh..” Dan akhirnya sebagai seorang amatir dalam bidang kehamilan, melawan dua orang yang sudah pro akhirnya saya menerima dengan akal sehat dan terbuka bahwa kaki saya memang bengkak. Sampe’ sekarang sepertinya masih agak bengkak sih, dan kadang agak nyeri sedikit tapi ga mengganggu sama sekali.

Selain kaki, orang juga bilang hidung saya jadi megar, yang bikin saya 100 x lebih sedih dengernya ketimbang kaki yang bengkak, karena hidung yang megar kesannya jadi jelek banget dan terbayang muka babi (beneran). Pas ngaca, saya sih ga berasa idung saya megar. Kayaknya mancung-mancung langsing aja kayak biasa, tapi karena udah lebih dari 3 orang yang ngomong, akhirnya saya ngalah lagi. Kalo’ hamil saya jadi lebih rendah hati, pengalah dan pengertian.

10. Kemudian ngomong-ngomong kaki, sebelnya kaki saya sekarang jadi keringetan mulu. Berasa geli banget deh, dan kebayang film animasi berjudul makhluk berkaki keringat, atau makhluk kaki basah. Sandal jepit saya hampir selalu basah, dan rasanya ga kebayang udah seberapa baunya. Semoga setelah hamil kaki ini kembali kering normal tak bercela.

11. Karena Pak Dokter bilang saya harus sering cuci tangan apalagi ketika mau makan, maka saya pun menurut seperti anak baik pada umumnya. Selapar dan senapsu makan apapun, saya selalu mendisiplinkan diri untuk cuci tangan dulu biarpun dengan terpaksa dan sambil ngawasin makanan diambilin orang laiin dari jauh sementara saya sedang mencuci tangan. Cuma belakangan karena udah bandel, sering juga sih saya makan tanpa cuci tangan lagi. Semoga disiplin saya bisa kembali ke tingkatan yang semula, sesegera mungkin.

12. Karena baca di internet bahwa posisi tidur bagi ibu hamil lebih baik miring, dan miring ke kiri lebih dianjurkan (ada alasan medisnya tapi intinya lebih bagus buat si bayi, buat peredaran darah dan lain sebagainya) maka lagi-lagi saya menurut, sampe’ setiap bangun rambut bagian kiri pasti lebih lepek dari bagian kanan karena ditindihin terus.

13. Ngomong-ngomong soal pantangan makanan, untunglah saya ga ngopi dan ngeteh, karena selama hamil kan kedua minuman itu tidak dianjurkan. Bayangkan kalau saya penggila kopi dan teh, gimana bisa menahan diri selama 9 bulan untuk tidak mengonsumi kedua minuman itu. Intinya makanan yang saya bener-bener hindari selama kehamilan (dan so far cukup berhasil) adalah : makanan mentah seperti sashimi dan sebangsanya; termasuk telur setengah matang (yang ini bikin sakit hati banget karena telur adalah makanan favorite saya); makanan panggang-panggang atau bakar-bakar, selada-selada dan buah yang mentah; makanan pinggir jalan apapun itu, kerang-kerang karena takut kotor, minuman soda-soda dan makanan ringan model Taro, Chitato dll., Indomie (tidaaaaaaakkkk!!!), dan lain-lain. Make-up juga saya hampir ga touch sama sekali untuk minimalisir segala resiko. Makanya muka selalu pucat dan kumal. Eh tapi kalo’ dandan juga tetep jelek aja sih, jadi terima aja deh. Sisanya yang lain selain hal-hal di atas, saya hajar terus.

Demikian sekilas info mengenai 3 bulan kedua, segera dilanjutkan ke postingan berikutnya bila sedang tidak ada kerjaan dan bila sedang tidak malas mengetik.

Tags:

6 Responses to "Story Behind The Tummy (2)"

Moga kehamilannya lancar ya sampai lahiran nanti.

semoga lancar ya mbaπŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,697 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Refreshing morning view
.
#view
#morning
#bandung
#mercure
#nature
#familyholiday I must get it!!
.
#aimee
#minnie
#baby
#mercure
#bandung
#holiday
#family Christmas is everywhere 🌲
.
.
#christmas #christmastree #bandung #bandungtrip #aimee #transluxuryhotel #instatravel #instababy FAMILY πŸ‘¦πŸ‘§πŸ‘¨πŸ‘©πŸ‘΄πŸ‘΅πŸ‘ΆπŸ‘±
.
.
#family #bandung #bandungtrip #transluxuryhotel #familyportrait Tempatnya loetjoe. That's it.
.
.
#dinner #bandung #missbeeprovidore #chicken #instafood #food Aimee and Koko Kael at the kids club

#aimee #baby #kidsclub #transluxuryhotel #bandung #holiday #family #kids Swimming!! 🏊🏊🏊
.
.
#aimee #baby #swimming #bandung #bandungtrip #holiday #family #transluxuryhotel Get ready for Aimee 1st traveling experience. We tried the easy one first, Bandung :) #aimee #baby #traveling #jalan2 #longweekend #bandung #family <<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplustehpajakdll70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘ 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah πŸŽ‚

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❀πŸ‘ͺ❀ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue πŸ˜—

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan πŸ“· : @lieta73 πŸ˜€ Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake πŸŽ‚ by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? πŸ˜€

#aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella

Blog Stats

  • 405,732 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

October 2015
M T W T F S S
« Sep   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: