Fanny Wiriaatmadja

[BeraniCerita #30] Sebuah Salam Kenal

Posted on: October 8, 2013

Sebuah peron stasiun kereta. Dengan hiruk pikuk khas tempat pertemuan ribuan orang dengan keperluan dan tujuan masing-masing yang hanya diketahui kepalanya. Harumnya parfum sejuta aroma berharga puluhan ribu sampai jutaan bercampur hangat dengan peluh keringat dan asamnya rasa ketiak hasil terpaan galak Sang Surya. Sebuah paduan suara tanpa pedoman antara percakapan, tawa, pekik dan teriakan dari mereka sang pelintas, yang menghasilkan melodi aneh tapi nyandu untukku.

Setiap hari aku menjadi pengamat dan penikmat di sini. Aku adalah saksi hidup dari rindu dan cinta orang-orang yang bertemu dan bersua di sini. Aku menyaksikan derasnya air mata dan pekik tangis mereka yang berpisah di sini, sekaligus mencicipi manisnya perjumpaan sepasang insan penuh cinta ataupun sanak keluarga yang saling merindu disiksa waktu dan jarak.

Mataku juga ikut perih saat menyaksikan mereka yang penuh penantian tanpa hasil di sini, selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Getir dan pahitnya semuanya besertaku juga saat melihat rontoknya semangat mereka menanti yang dikasihi tiada datang kembali.

Aku juga saksi langsung dari bengisnya perkelahian antar preman, perebutan tempat jualan, perselisihan orang yang saling menyenggol di tengah kerumunan minim jeda atau pun spasi yang mengakibatkan ruang toleransi orang menipis dan putus bak karet diregangkan sampai maksimal. Aku pengamat dari ratusan ribu manusia yang berjalan cepat dengan ritme kesibukan mereka; menjadi observer dalam ketidakpedulian satu sama lain dari mereka yang tidak saling mengenal.

Duniaku adalah memperhatikan mereka yang bercengkrama dalam lingkaran persahabatan dan pergaulan. Hidup mati pun aku pernah bertemu dengannya, lewat mereka yang sedari subuh mangkal di tepi luar menanti para calon pembeli dengan mengharapkan secercah keberuntungan dan berkah untuk menafkahi mereka yang menunggu di rumah. Belum lagi puluhan ojek yang menunggu dengan penuh harap di gerbang luar.

Aku juga saksi sejarah saat terjadi peristiwa jatuhnya puluhan anak kecil dan pemuda dari atas gerbong kereta. Kenekatan dan ketidakpedulian mereka akan arti hidup membawa mereka dengan cepat disongsong dan disambut hangat oleh kematian. Air mataku ikut mengalir saat itu, perih dan pilu berbaur.

Sungguh pahit manisnya kehidupan kukecap di sini. Inilah hidupku, jiwa dan ragaku, tetesan darah dan tulang sumsumku. Riuh rendah suasana yang diciptakan para insan penumpang kereta berpadu manis dengan suara melengking kereta dan peluit para penjaga, semuanya menyatu sinkron seperti tercipta untuk saling melengkapi dalam suatu harmoni yang hanya aku seorang yang bisa mengerti, menurutku.

Aku mungkin buka Peron 9 ΒΎ yang tersohor di kisah Harry Potter, bukan pula sebuah peron dari Shinkanzen, kereta super cepat di negeri orang itu. Aku hanya sebuah peron kereta sederhana di pinggir kota ini, tapi betapa kucinta hidup dan duniaku ini. Sedikit pun keinginan untuk menukarnya tiadalah mampir dalam benakku. Enggan aku beranjak dari rutinitas harian yang mengisi rongga kenangan dalam tahunan hidupku.

Salam kenal wahai kalian, semoga kita bisa bersua suatu saat nanti saat kalian mampir ke kota indahku ini. Akan kubawa kalian menelusuri lorong-lorong panjang ritualku di sini sekaligus menikmati kisahku secara hidup.

Total Kata : 471

Cerita ini dibuat untuk memenuhi tantangan BeraniCerita dengan membuat Flash FictionΒ bersettingkan Peron Kereta Api.

Advertisements

8 Responses to "[BeraniCerita #30] Sebuah Salam Kenal"

Makin keren aja tulisannya, Fan!

Hoaaaaa thank you Mas πŸ˜€

Kalimatnya bagus.kata-katanya kaya puisi.jadi ngiri… hu.hu.

Haha lagi mode pengen berkata-kata lebay, jadi bikin begini deh πŸ˜€
Thankyou Dee..

yup…. bikin ngiri sama penggunaan dan permainan katanya.

http://wp.me/p3S7a-n1

Emm, awalnya aku mau komentar terlalu banyak aksesoris dalam ceritanya.
Dalam artian, terlalu banyak detail yang bisa dipangkas buat sebuah FF.
Tapi begitu tahu kalau ini si peron yang bercerita, angguk-angguk aja sih. hehe

Satu lagi, FF itu kan ga beda dengan fiksi lain. Cuma lebih pendek.
Nah, yang namanya fiksi itu kan ada alur. Di puncak alur itu ada konflik.
Sayangnya aku ga nemuin konflik tsb, aku cuma nemu plintiran/twist di akhir ceritanya aja πŸ™‚

Hoaa 1st time dpt comment dr Sulung πŸ˜€ thankyoou.. iy pas selesai nulis jg lgsung nyengir sendiri secara brasa bgt kok jadinya ga kayak ff ha3.. makasi u/ feedbacknya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,714 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

❀
.
#greenery 
#plants
#green
#airport
#latepost
#spore Botolnya cantik 😍😘
.
#tea
#spore
#milktea
#beverage 
#drink Everyday in my mind : Bintan. Lombok. NZ. UK. Greece 😣😣😣
.
#trip
#vacation
#holiday
#dream
#target
#bucketlist πŸ’œπŸ’šπŸ’™β€
.
#aimee
#ootd
#baby
#instababy
#cutenessoverload 
#cute 🍣🍣🍣🍣 all u can eat
.
* nice food, semua sushinya enak! Sashimi truffle recommended. Jenis makanan lumayan banyak dan lengkap.
.
* poor service, tampang waiter waitressnya super datar bikin kita pingin mencret. Makanan lamaaa bgt and pesen 15 macem yg dateng 10 macem. Pesen 50 slices yang dateng 25 slices. Niat bikin AYCE ga si? Triknya elegan-an dikit dong.
.
* pesen ice cream, 1 scope-nya kecil banget, miris hati ini. Minta tambah, baru dateng setelah 15 menit. Segitu lamanya ya serve 1 scope amat-sangat-kecil ice cream?
.
* selesai
.
Karena makanannya enak maka masalah service tadi sedikit (saja) termaafkan
.
Harga buffet nett 234 rb. Anak kecil di bawah 10 tahun 50 % harga. Semua sudah termasuk free flow ocha. Time duration 2.5 hours.
.
#review
#restaurantreview
#3wisemonkeys
#senopati
#buffet
#japanese Amazed with the confetti
.
#aimee
#baby
#happybdaykarliekaylee 
#instababy 
#bakmigolek 
#party
#kauskakinyaitem Happy bday Karlie and Kaylee 😎
.
@kaylee_jovanka
@di4n_agust1na
@ivan_salim
#niece
#cousins
#family
#happybdaykarliekaylee 
#birthday
#bakmigolek
#party Mi gede familia πŸ‘¦πŸ‘§πŸ‘¨πŸ‘©πŸ‘΄πŸ‘΅
.
#family 
#bigfamily
#cousins
#blessing
#happybdaykarliekaylee 😎😎😎
.
#aimee 
#baby
#instababy
#cutenessoverload Paling demen pake sepatu orang πŸ˜„
.
#aimee
#baby
#instababy
#cutenessoverload Our humble buka puasa. Ga kenyang but had a fun and lots of laugh 😁
.
#bukber
#bukapuasa
#office
#alfalaval
#dinner
#ramadhan
#puput 🀣🀣🀣🀣
.
#aimee
#instababy
#baby
#learning
#motoric
#gregetansendiri Not a big one but has unique room with stair and small living room
.
#hotel
#hotelreview
#studioMhotel 
#design
#interiordesign Met buka puasa
.
#latepost
#colettelola
#drink
#beverage Nice spot to chill out πŸ˜€
.
#greenery
#hotel 
#studioMhotel
#spore
#design 
#interior -> baru cobain #telatbanget
.
Lebih suka saingannya, si Golden Duck something itu πŸ˜€
.
#irvins
#saltedegg 
#snack
#spore
#food
#fishskin Cute!
.
#animal
#beach
#sand
#seashell 
#maldives #snorkeling
#maldives
#buffy
#beach
#sea
#turquoise 
#holidayisover 
#traveling #beach
#sand
#turquoise 
#adaaranprestigevadoo 
#adaaran 
#resort
#holiday 
#traveling 
#maldives 
#island #sandbank
#beach
#turquoise 
#sea
#view
#panoramic
#landscape
#maldives

Blog Stats

  • 441,680 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

October 2013
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

Pemintal rindu yang handal pemendam rasa yang payah

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: