Fanny Wiriaatmadja

West Europe Trip Sept 2016 (5)

Posted on: September 27, 2016

HARI 5

Meninggalkan Perancis dan menuju Belanda yang dikenal dengan sebutan Negara Kincir Angin, tepatnya kota Amsterdam dengan melalui kota Brussel, Belgia. Di Brussels Anda akan diajak melihat Manekin Piss Statue dan Grand Palace, tidak lupa melihat Everard Serclaes momument. Di Amsterdam Anda akan diajak mengunjungi salah satu tempat pengasahan berlian yang terkenal.

Sambungan dari postingan ini.

Hari ini kami bakal jalan ke Belanda dengan mampir di Brussel (Belgia) terlebih dahulu.

Di tengah jalan kami mampir dulu di rest area, ada kompleks lumayan gede dimana terdapat supermarket dan restoran di dalamnya, tempat kami sekalian lunch. Setelah beli Aqua di supermarket, gw dan Mama pilih lunch di Paul, dengan beli sandwich raksasanya. Model sandwichnya kayak di Kempi Deli gitu deh. Rotinya kerasnya setengah mati, kombinasi isi daging dan sayurannya juga agak aneh sih rasanya, dan ada semacam rasa wine gitu. Roti mama isinya ikan dan mayonaise, dan rasanya agak amis, tapi gw doyan aja dua-duanya.

20160914_120834

Setelah itu kami lanjut perjalanan ke Belgia. Di tengah jalan ada papan penunjuk jalan bergambar Asterix gitu. Iiiih cute..

img_20160914_220918

Nyampe’ Brussel kami dibawa ke satu toko yang gw bingung sih, ngapain di bawa ke sini. Isinya cuma tas Kipling dan berbagai merk lain. Ga menarik banget, tapi tetep aja banyak peserta yang beli. Tapi waktu itu kami diminta jangan beli dulu. Jadi ke situ sebenernya cuma numpang ke toilet aja, nanti pas jalan balik / pulangnya, baru kami bakal balik lagi ke situ, karena setelah ini masih ngejar waktu untuk ke next destinationnya di kota Brussel ini. Anyway tas Kipling ini juga asalnya dari Belgia loh.

Selanjutnya, jalan kaki agak jauh dari toko itu, kami ke pusat kota / Old Town-nya, yang notabene supeeeer cantik. Namanya Grand Place / Grote Markt kalo ga salah. Jadi ada satu lapangan atau alun-alun gede yang kiri kanannya semua bangunan cantik (yang gw gatau semua namanya karena kami ga dijelasin, cuma dilepas aja) dengan gaya arsitektur klasik khas Eropa : banyak ukiran dan motif. Di belakang lapangan itu baru berjejer gang-gang dengan toko-toko di kiri-kanannya.

20160914_153621

20160914_154036

20160914_163239

20160914_163233

20160914_153951

20160914_154144

Sebelum dilepas, kami dibawa ke satu toko cokelat yang sepertinya ‘partner’ gitu sama travel agency kami. Intinya sih mereka jualan terus kasih kami discount. Menurut TL memang Belgia ini adalah salah satu surga cokelat dengan harga murah. Herannya pas beli, gw kok tetep ngerasa cokelat ini mahal ya? Anyway busway, gw pernah baca bahwa Haagen Dazs pun menggunakan cokelat dari Belgia loh.. Haagen Dazs sendiri gw kira asalnya dari Eropa (merujuk ke namanya), ternyata ni es krim dari New York.

Setelah ‘lepas’ dari toko cokelat tadi, kami muter-muter ke toko lain. Gw tentu saja mampir ke toko souvenir, beli magnet, tidak lupa beli wafel seharga 3 EUR karena Belgia merupakan negara asal wafel. Rasanya? Menurut gw biasa aja, sama aja kayak wafel di Indonesia, tapi mungkin itu karena gw milihnya cuma menu wafel nutela yang standard, tanpa es krim dan buah.

Habis itu kami juga jalan kaki dikit ke Mannekin Piss, patung anak kecil pipis yang merupakan lambang kota Brussel. Sejarah di balik patung ini ada beberapa versi sih, salah satunya yang paling sohor adalah patung ini didirikan untuk mengenang satu anak kecil yang menyelamatkan kotanya dengan cara pipisin bom yang mau meledak di situ during Perang Dunia. Patungnya bener-bener biasa sih, kecil pula. Biasanya patungnya bugil, tapi di event-event tertentu patungnya bakal dikasih kostum seperti hari itu waktu gw pergi. Sayang karena tidak ada guide, gw gatau kostum putih yang dikenakan si patung bocah itu dalam rangka apa.

Toko-toko di sekitar sini juga banyak yang menggunakan patung anak kecil sebagai icon toko mereka.

img_20160919_220514

20160914_160052

20160914_154218

Setelah keliling-keliling toko, kami balik lagi ke alun-alun gede yang sekelilingnya penuh bangunan cantik tadi untuk foto-foto. Sampe’ bingung milih angle-nya karena semua sudut terlalu instagrammable.

img_20160915_061541

img_20160914_220123

20160914_16304520160914_163117

Puas moto-moto, sambil nunggu peserta tour lain, gw mampir di toko cokelat Godiva. Kayaknya ni brand juga asal Belgia deh. Aaaakh paling suka sama chocolate milkshakenya Godiva di Plaza Indo. Sayang di sini jualannya cuma cokelat doang. Akhirnya gw beli permen cokelat di sini. Not a big fans of chocolate, tapi ini Godiva gitu loh..

Abis dari Godiva, peserta belum ngumpul juga. Eeeh gw lihat toko Tintin, menjual pernak-pernik yang berbau Tintin. TL bilang bahwa Tintin kan emang asalnya dari Belgia (gw sendiri lupa-lupa inget). Sayang di toko ini harga barangnya mahal-mahal, dan untunglah hati gw masih (mario) teguh, jadi gw bisa bertahan ga beli apa-apa walaupun barangnya lucu-lucu banget. Eh baru inget juga bahwa Hercule Poirot, detektif ciptaan Agatha Christie, juga berasal dari Belgia. Wah ternyata Belgia walaupun ga setenar Perancis atau negara lain, menyimpan banyak ‘history’ background ya, seperti merupakan tempat asal wafel, Kipling, Godiva, Tintin, Hercule Poirot dan masih banyak lagi.

Setelah kelar, kami balik ke bus, tapi mampir lagi di toko tas Kipling tadi, karena beberapa peserta (termasuk Mama) juga mau beli beberapa barang di situ. Duh, apa bagusnya sih tas monyet aneh itu?

Habis itu baru beneran balik bus dan perjalanan dilanjutkan ke Amsterdam, Belanda.

Di itinerary disebutkan kami bakal ngeliat patung Everard Serclaes tadi di Brussel, tapi sampe’ akhir gw ga aware sama sekali yang mana patung itu, karena ga dikasihtau. Di bus sempet ada peserta yang nanya, TL-nya kasitau sih, tapi tetep aja gw ga aware. Kenapa ga dikasitau di sana sih? (* sepertinya sih patung ini adalah patung prajurit berkuda yang mangkal di atas salah satu bangunan di Grote Markt tadi -> see below)

img_20160914_220651

Di itinerary juga disebutkan bahwa nyampe Amsteredam kami bakal mengunjungi tempat pengasahan berlian, tapi sepertinya ga keburu karena nyampe Belanda udah malam. Di tengah perjalanan kami mampir di rest area dan gw beli semacam roti sandwichnya. I thought rotinya bakalan keras kayak roti-roti pada umumnya di Eropa, di luar dugaan ternyata rotinya lembut banget. Rotinya gw makan di bus, buat dinner.

Tadinya malam hari mau di-arrange dinner bareng di restoran Indonesia, karena kayaknya semua peserta udah eneg makan roti, sandwich, burger dll. Tapi setelah dirinci-rinci lagi biayanya yakni 22 EUR/orang, gw langsung nolak deh. Mending cari makan sendiri, McD cuma sekitar 5 EUR aja. Akhirnya peserta lain cancel juga, dan batallah makan di restoran Indonesia. Emang sih penasaran juga pengen tau rasa makanan Indo di sini kayak apa sih? Tapi mestinya ga sampe beda banget kali ya secara yang masak banyakan orang Indonesia sendiri juga. Paling bahannya aja yang agak beda.

Nyampe hotel kami langsung mandi dan istirahat. Hotelnya sendiri bagus dan kamarnya modern style, tapi agak remang. Namanya Ramada Apollo Amsterdam Centre.

20160915_081847

20160914_210303

20160914_210249

20160914_211104

20160914_211108

Sampe’ hotel Pak Lukman katanya kehilangan 1 koper. Waduh, semua panik. Apakah ada pencuriankah? Setelah ditelusuri dan telepon sana sini, untunglah ternyata kopernya ketinggalan di hotel di Paris dan akan dititip ke rombongan Dwidaya Tour berikutnya yang akan ke Paris juga minggu depan.

Bersambung ke postingan berikutnya.

Leave a comment

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,713 other subscribers

Memories in Picture - IG @fannywa8

No Instagram images were found.

Blog Stats

  • 594,772 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

September 2016
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
Jia Effendie

Editor, Translator, Author

Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Akar Pikiran Besar Mengawali dan Mengawal Evolusi Besar

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Sastra Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain's Personal Blog

Introducing the Monster Inside My Mind

Sindy is My Name

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Maisya

My Thought in Words and Images

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

Pemintal rindu yang handal pemendam rasa yang payah

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

nurun ala

menari dalam sunyi

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

https://silly-us.tumblr.com/

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

amrazing007 tumblr post

Introducing the Monster Inside My Mind

The Naked Traveler

Journey Redefined

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind