Fanny Wiriaatmadja

Story Behind The Tummy (3)

Posted on: January 3, 2016

vector-of-a-cartoon-pregnant-woman-holding-her-belly-coloring-page-outline-by-ron-leishman-14422

Gambar dari Vecto.rs

This is a late post of the latest series of my pregnancy period yang dituliskan dengan paksa demi menyimpan dan mengabadikan memori trimester kehamilan ketiga or terakhir sebelum benak hilang kemampuan untuk mengingat.

Di trimester ketiga, segalanya berlangsung lebih baik, selain sesak dan napas yang tersengal di setiap aktivitas, sekecil apapun itu, termasuk bicara atau ngobrol. Ga ada rasa eneg lagi dan selera makan beneran seperti normal. Juga ga ada rasa gatel-gatel yang selalu konsisten mendera di trimester sebelumnya. Rasa ingin buang air kecil sih masih terus ada, tapi silih berganti, sepertinya tergantung posisi janin. Di 5 menit pertama bisa pingin kencing banget, dan di 5 menit berikutnya rasa tersebut bisa hilang. Jadi semuanya masih ter-manage banget.

Yang ga enak palingan rasa gerah yang makin menggila. Di ruang ber-AC pun saya bisa keringetan, sampe’ saya setting ulang ruangan kerja saya di kantor supaya AC nya nyemprot gila-gilaan dan semua yang masuk complain kedinginan. Apa boleh buat.. Selain itu, badan juga lebih bau daripada biasanya. Maaf ya buat yang sering nyium or ngerasain bau badan saya, ha-ha, itu beneran karena hormon loh. Biasanya sehari-hari saya ga bau-bau dan ga jorok-jorok banget. Memang ngebetein sih, tapi diapain juga ga ngefek, tetep badan ada bau ga enaknya, gatau kenapa. Terima aja deh.

Asma juga masih ada terus. Masih sering batuk-batuk dan harus sering pake’ semprotan, tapi at least sekarang nemu bahwa kalo’ saya pake’ parfum ternyata asma saya makin sering kumat. Jadi sekarang no more parfum, or mungkin harus ganti parfum lain (tapi belum sempet).

Balik dikit soal makanan, saya sekarang bener-bener udah sembarangan makannya. Beneran kayak orang normal aja, walaupun pantangan dasar orang hamil tentu saja masih diikutin kayak no makanan mentah dan bakar-bakaran. Eh eh eh tapi selain makan sembarangan, kontradiktifnya saya makin banyak makan asupan vitamin and makanan bergizi lainnya loh, misal sarang burung (bener-bener nguras kantong saya untuk beliin sarang burung tiap minggu di 3 bulan terakhir), yoghurt, kacang ijo, susu kacang, jus buah, susu hamil, dll. Sampe’ tiap hari bingung, ini mau mulai makannya gimana ya dan urutan makannya yang bener gimana supaya semua makanan bergizi tadi itu efektif ke tubuh. Yang ada pola makan jadi agak berantakan dan ngasal. Pokoknya pagi begitu bangun biasanya saya konsumsi sarang burung dulu. Tunggu beberapa menit, terus minum jus. Kadang kalo’ lagi males minum jus, saya langsung makan roti and minum susu hamil. Malem biasanya jatahnya susu kacang, dan siang hari pas weekend biasanya saya makan yoghurt, kacang ijo, dll. Kacau-balau deh.

Hal lain di trimester ketiga ini adalah badan yang makin menggendut dan dagu yang berlipit tiga, dengan masing-masing bagian ngotot ingin eksis sebisa mungkin. Asli physically saya bener-bener buruk rupa banget. Lipatan mata juga makin bengkak, jadi bikin kayak orang ngantuk. Asli ga ada cakep-cakepnya acan. Orang semua ngira saya hamil anak cowok saking kumel dan jeleknya plus bentuk perut yang mancung ke depan, padahal saya hamil anak cewek. Jadi malu, tidak representative sebagai ibu bercalon anak cewek.

Di trimester ketiga ini, pas beberapa kali kontrol kehamilan, ada sedikit masalah dengan janinnya. Jadi pas diukur, panjang tulang pahanya itu ‘tekor’ beberapa minggu. Misal mestinya usia kandungan saya udah 28 minggu, panjang tulang paha si baby itu masih panjang untuk janin usia 25 minggu. Tekornya cukup konsisten, sekitar 3 mingguan, jadi akhirnya demi ngegenjot panjang tulang pahanya itu, vitamin D dan kalsium saya digandain dan saya harus jemur sinar matahari tiap pagi.

Karena terkendala kerja di tempat yang cukup jauh akhirnya jemur pagi hanya bisa dilakukan di Sabtu Minggu aja. Itu pun kadang mataharinya suka ngumpet. Di kontrol berikutnnya sampai di minggu terakhir, ukuran tulang pahanya masih ga ngejar. Akhirnya saya masih usahain jemur di kantor. Sampe kantor, saya langsung turun ke lobby dan cari posisi yang kena sinar matahari. Beneran kayak orang bego banget dan satpam semua pada kebingungan, ngapain ni ibu berdiri bengong di bawah terik matahari. Biasanya sebagai kamuflase, saya belaga main HP atau nelepon orang, or makan roti, sambil membunuh waktu juga.

Aaaaand terbukti masih ga ngefek juga. Akhirnya ya udah pasrah aja, palingan nanti kekurangan ukuran panjang pahanya harus ngejar pas si baby udah lahir.

Nah-nah, terus untuk 4D, saking bodohnya saya, saya pikir 4D itu pure cuma untuk ngeliat muka si baby doang. Jadi saya pikir nanti aja 4D-nya tunggu deket-deket lahiran biar muka babynya makin aktual, ciyeh.. Bodoh banget ya, ternyata pas mau 4D, usia kandungan saya udah mencapaai 35-36 mingguan yang notabene udah telat banget karena air ketuban udah sedikit dan muka si baby belum tentu bisa sejelas 4D yang dilakukan di usia kandungan yang lebih muda. Huhuhu nyesel banget karena ga nanya-nanya juga sama dokter kandungannya.

Pas 4D itu juga sekalian dicek mengenai issue ukuran panjang si baby. Dokter 4D nya juga bingung sih kenapa tulang pahanya doang yang ‘pendek’ sementara tulang punggung dll. semua bagus-bagus aja. Akhirnya dia menduga saya kekurangan kalsium (padahal kalsium udah digandain double) dan saya disuruh cek lab untuk ngukur kadar kalsium saya. Hari itu juga saya langsung cek ke Prodia. Hasilnya keluar beberapa hari kemudian, dan ternyata kadar kalsium saya memang rendah. Ga jelas kenapa, apakah saya memang kurang asupan kalsium atau memang badan saya yang problem dan metabolisme kalsiumnya ga bagus, itu mesti go for further check dan saya beneran ga ada waktu lagi. Jadi akhirnya ya udah sementara terima aja bahwa memang kadar kalsium saya rendah sehingga ga nyampe ke babynya dan efeknya tulang paha babynya pendek. Gatau juga kenapa larinya ke tulang paha dan bukan tulang yang lain, tapi apapun itu ya sudah terima aja. Untungnya itu bukan semacam kelainan atau ‘cacat’, hanya aja nanti babynya bisa pendek or bogel. Semoga saja nanti pas lahir bisa dikejar lewat jemur di bawah sinar matahari dll.

Berdasarkan hasil kontrol juga, kata dokternya lambung my baby ukurannya gede banget, means dia sepertinya kuat makan (seperti emak-bapaknya, hihih).

Di trimester ketiga ini karena makin engap kalo’ jalan, akhirnya selain pulang kerja dijemput, perginya sekarang saya dianterin juga, yang notabene sangat ngebantu banget. Emang sih jadi abis bensin, nambah biaya dll., tapi asli saya ga kebayang harus naik busway tiap pagi dan jalan cukup jauh dengan kondisi engap dan perut yang udah segede gentong. Thanks to suami yang cukup pengertian, ga usah diminta, langsung inisiatif mau nganterin pergi kerja di minggu-minggu terakhir.

Duduk juga ga bisa duduk lama-lama karena setelahnya pas bangun pasti tulang pantatnya jadi sakit. Mungkin karena ada beban berat si baby. Susahnya saya kan (di awal-awal trimester 3) masih naik busway dan duduknya lumayan lama, sekitar 2 jaman. Di kantor juga selalu duduk terus. Jadi memang rasa sakit di pantatnya lumayan sering kerasa.

Di minggu-minggu terakhir menjelang hamil, tau-tau saya juga kena batuk pilek yang cukup parah, dan ga sembuh sampe sebulan. Lumayan bikin parno karena takut efek ke babynya, apalagi batuknya lumayan parah dan sampe’ perut keguncang-guncang. Kasian banget deh babynya. Udah ke berbagai dokter dan minum various obat, sampe udah abis obat batuk 2 botol dengan jenis berbeda,tetep aja ga bae. Dokter akhirnya cuma bilang, obatnya ya harus istirahat, yang bikin saya agak worry karena urusan kantor lagi hectic-hectinya menjelang saya mau cuti hamil, plus saya lagi sibuk urusin pindah rumah terkait kehamilan saya. Mana bisa istirahat? Itu pun udah ijin sick leave berhari-hari untuk rest di rumah, dan yang ada akhirnya sedikit dipertanyakan karena ini HRD kok sering banget ga masuk hihihi.. Abis sakitnya ga baek-baek. Sampe’ ga enak banget sama boss (tapi ga ngerasa bersalah sih, abis emang kondisinya batuk pilek ga baek-baek, mau diapain dong).

Sampe’ hari lahiran, saya masih officially batuk pilek huhuh.. abis lahiran sih langsung sembuh untungnya.

Di trimester ketiga ini juga somehow posisi tidur saya malah lebih nyaman terlentang, walaupun saya tahu mestinya yang bagus kan tidur miring. Soalnya tiap kali saya miring, entah kenapa si baby selalu nendang dan lumayan sakit, gatau kenapa. Akhirnya saya harus balik terlentang lagi dan lama-lama malah lebih enak tidur terlentang.

Si baby juga udah sering diajak ngobrol walaupun cuma pas malem aja sih karena pas kerja ga sempet. Malem juga jujur kadang udah teler sih abis kerja, jadinya suami yang lebih sering ngajak ngomong si baby. Kadang worry juga loh, since seharian tiap kali di kantor sering banget ketemu boss dan meeting, jangan-jangan si baby lebih ngenalin suara si boss daripada suara suami saya yang cuma didenger malam hari, huhuhh.. Jangan sampe’ deh.

Untuk berat badan, total kenaikannya adalah 17 kg, hiiiiy.. banyak juga ya. Baju-baju akhirnya cuma pake yang itu-itu aja saking baju lain semua udah ga muat dan saya ga banyak beli baju hamil. Pelit.com.

Kira-kira naik-turun trimester ketiga seperti itu deh. Postingan terkait lahiran akan diupdate ASAP.

 

 

2 Responses to "Story Behind The Tummy (3)"

Leave a Reply

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,697 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Refreshing morning view
.
#view
#morning
#bandung
#mercure
#nature
#familyholiday I must get it!!
.
#aimee
#minnie
#baby
#mercure
#bandung
#holiday
#family Christmas is everywhere 🌲
.
.
#christmas #christmastree #bandung #bandungtrip #aimee #transluxuryhotel #instatravel #instababy FAMILY 👦👧👨👩👴👵👶👱
.
.
#family #bandung #bandungtrip #transluxuryhotel #familyportrait Tempatnya loetjoe. That's it.
.
.
#dinner #bandung #missbeeprovidore #chicken #instafood #food Aimee and Koko Kael at the kids club

#aimee #baby #kidsclub #transluxuryhotel #bandung #holiday #family #kids Swimming!! 🏊🏊🏊
.
.
#aimee #baby #swimming #bandung #bandungtrip #holiday #family #transluxuryhotel Get ready for Aimee 1st traveling experience. We tried the easy one first, Bandung :) #aimee #baby #traveling #jalan2 #longweekend #bandung #family <<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplustehpajakdll70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi 😑😑😑😑😑😑😑😑😑 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah 🎂

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❤👪❤ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue 😗

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan 📷 : @lieta73 😀 Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake 🎂 by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? 😀

#aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella

Blog Stats

  • 405,732 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

January 2016
M T W T F S S
« Oct   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

