Fanny Wiriaatmadja

Story Behind The Tummy (3)

Posted on: January 3, 2016

vector-of-a-cartoon-pregnant-woman-holding-her-belly-coloring-page-outline-by-ron-leishman-14422

Gambar dari Vecto.rs

This is a late post of the latest series of my pregnancy period yang dituliskan dengan paksa demi menyimpan dan mengabadikan memori trimester kehamilan ketiga or terakhir sebelum benak hilang kemampuan untuk mengingat.

Di trimester ketiga, segalanya berlangsung lebih baik, selain sesak dan napas yang tersengal di setiap aktivitas, sekecil apapun itu, termasuk bicara atau ngobrol. Ga ada rasa eneg lagi dan selera makan beneran seperti normal. Juga ga ada rasa gatel-gatel yang selalu konsisten mendera di trimester sebelumnya. Rasa ingin buang air kecil sih masih terus ada, tapi silih berganti, sepertinya tergantung posisi janin. Di 5 menit pertama bisa pingin kencing banget, dan di 5 menit berikutnya rasa tersebut bisa hilang. Jadi semuanya masih ter-manage banget.

Yang ga enak palingan rasa gerah yang makin menggila. Di ruang ber-AC pun saya bisa keringetan, sampe’ saya setting ulang ruangan kerja saya di kantor supaya AC nya nyemprot gila-gilaan dan semua yang masuk complain kedinginan. Apa boleh buat.. Selain itu, badan juga lebih bau daripada biasanya. Maaf ya buat yang sering nyium or ngerasain bau badan saya, ha-ha, itu beneran karena hormon loh. Biasanya sehari-hari saya ga bau-bau dan ga jorok-jorok banget. Memang ngebetein sih, tapi diapain juga ga ngefek, tetep badan ada bau ga enaknya, gatau kenapa. Terima aja deh.

Asma juga masih ada terus. Masih sering batuk-batuk dan harus sering pake’ semprotan, tapi at least sekarang nemu bahwa kalo’ saya pake’ parfum ternyata asma saya makin sering kumat. Jadi sekarang no more parfum, or mungkin harus ganti parfum lain (tapi belum sempet).

Balik dikit soal makanan, saya sekarang bener-bener udah sembarangan makannya. Beneran kayak orang normal aja, walaupun pantangan dasar orang hamil tentu saja masih diikutin kayak no makanan mentah dan bakar-bakaran. Eh eh eh tapi selain makan sembarangan, kontradiktifnya saya makin banyak makan asupan vitamin and makanan bergizi lainnya loh, misal sarang burung (bener-bener nguras kantong saya untuk beliin sarang burung tiap minggu di 3 bulan terakhir), yoghurt, kacang ijo, susu kacang, jus buah, susu hamil, dll. Sampe’ tiap hari bingung, ini mau mulai makannya gimana ya dan urutan makannya yang bener gimana supaya semua makanan bergizi tadi itu efektif ke tubuh. Yang ada pola makan jadi agak berantakan dan ngasal. Pokoknya pagi begitu bangun biasanya saya konsumsi sarang burung dulu. Tunggu beberapa menit, terus minum jus. Kadang kalo’ lagi males minum jus, saya langsung makan roti and minum susu hamil. Malem biasanya jatahnya susu kacang, dan siang hari pas weekend biasanya saya makan yoghurt, kacang ijo, dll. Kacau-balau deh.

Hal lain di trimester ketiga ini adalah badan yang makin menggendut dan dagu yang berlipit tiga, dengan masing-masing bagian ngotot ingin eksis sebisa mungkin. Asli physically saya bener-bener buruk rupa banget. Lipatan mata juga makin bengkak, jadi bikin kayak orang ngantuk. Asli ga ada cakep-cakepnya acan. Orang semua ngira saya hamil anak cowok saking kumel dan jeleknya plus bentuk perut yang mancung ke depan, padahal saya hamil anak cewek. Jadi malu, tidak representative sebagai ibu bercalon anak cewek.

Di trimester ketiga ini, pas beberapa kali kontrol kehamilan, ada sedikit masalah dengan janinnya. Jadi pas diukur, panjang tulang pahanya itu ‘tekor’ beberapa minggu. Misal mestinya usia kandungan saya udah 28 minggu, panjang tulang paha si baby itu masih panjang untuk janin usia 25 minggu. Tekornya cukup konsisten, sekitar 3 mingguan, jadi akhirnya demi ngegenjot panjang tulang pahanya itu, vitamin D dan kalsium saya digandain dan saya harus jemur sinar matahari tiap pagi.

Karena terkendala kerja di tempat yang cukup jauh akhirnya jemur pagi hanya bisa dilakukan di Sabtu Minggu aja. Itu pun kadang mataharinya suka ngumpet. Di kontrol berikutnnya sampai di minggu terakhir, ukuran tulang pahanya masih ga ngejar. Akhirnya saya masih usahain jemur di kantor. Sampe kantor, saya langsung turun ke lobby dan cari posisi yang kena sinar matahari. Beneran kayak orang bego banget dan satpam semua pada kebingungan, ngapain ni ibu berdiri bengong di bawah terik matahari. Biasanya sebagai kamuflase, saya belaga main HP atau nelepon orang, or makan roti, sambil membunuh waktu juga.

Aaaaand terbukti masih ga ngefek juga. Akhirnya ya udah pasrah aja, palingan nanti kekurangan ukuran panjang pahanya harus ngejar pas si baby udah lahir.

Nah-nah, terus untuk 4D, saking bodohnya saya, saya pikir 4D itu pure cuma untuk ngeliat muka si baby doang. Jadi saya pikir nanti aja 4D-nya tunggu deket-deket lahiran biar muka babynya makin aktual, ciyeh.. Bodoh banget ya, ternyata pas mau 4D, usia kandungan saya udah mencapaai 35-36 mingguan yang notabene udah telat banget karena air ketuban udah sedikit dan muka si baby belum tentu bisa sejelas 4D yang dilakukan di usia kandungan yang lebih muda. Huhuhu nyesel banget karena ga nanya-nanya juga sama dokter kandungannya.

Pas 4D itu juga sekalian dicek mengenai issue ukuran panjang si baby. Dokter 4D nya juga bingung sih kenapa tulang pahanya doang yang ‘pendek’ sementara tulang punggung dll. semua bagus-bagus aja. Akhirnya dia menduga saya kekurangan kalsium (padahal kalsium udah digandain double) dan saya disuruh cek lab untuk ngukur kadar kalsium saya. Hari itu juga saya langsung cek ke Prodia. Hasilnya keluar beberapa hari kemudian, dan ternyata kadar kalsium saya memang rendah. Ga jelas kenapa, apakah saya memang kurang asupan kalsium atau memang badan saya yang problem dan metabolisme kalsiumnya ga bagus, itu mesti go for further check dan saya beneran ga ada waktu lagi. Jadi akhirnya ya udah sementara terima aja bahwa memang kadar kalsium saya rendah sehingga ga nyampe ke babynya dan efeknya tulang paha babynya pendek. Gatau juga kenapa larinya ke tulang paha dan bukan tulang yang lain, tapi apapun itu ya sudah terima aja. Untungnya itu bukan semacam kelainan atau ‘cacat’, hanya aja nanti babynya bisa pendek or bogel. Semoga saja nanti pas lahir bisa dikejar lewat jemur di bawah sinar matahari dll.

Berdasarkan hasil kontrol juga, kata dokternya lambung my baby ukurannya gede banget, means dia sepertinya kuat makan (seperti emak-bapaknya, hihih).

Di trimester ketiga ini karena makin engap kalo’ jalan, akhirnya selain pulang kerja dijemput, perginya sekarang saya dianterin juga, yang notabene sangat ngebantu banget. Emang sih jadi abis bensin, nambah biaya dll., tapi asli saya ga kebayang harus naik busway tiap pagi dan jalan cukup jauh dengan kondisi engap dan perut yang udah segede gentong. Thanks to suami yang cukup pengertian, ga usah diminta, langsung inisiatif mau nganterin pergi kerja di minggu-minggu terakhir.

Duduk juga ga bisa duduk lama-lama karena setelahnya pas bangun pasti tulang pantatnya jadi sakit. Mungkin karena ada beban berat si baby. Susahnya saya kan (di awal-awal trimester 3) masih naik busway dan duduknya lumayan lama, sekitar 2 jaman. Di kantor juga selalu duduk terus. Jadi memang rasa sakit di pantatnya lumayan sering kerasa.

Di minggu-minggu terakhir menjelang hamil, tau-tau saya juga kena batuk pilek yang cukup parah, dan ga sembuh sampe sebulan. Lumayan bikin parno karena takut efek ke babynya, apalagi batuknya lumayan parah dan sampe’ perut keguncang-guncang. Kasian banget deh babynya. Udah ke berbagai dokter dan minum various obat, sampe udah abis obat batuk 2 botol dengan jenis berbeda,tetep aja ga bae. Dokter akhirnya cuma bilang, obatnya ya harus istirahat, yang bikin saya agak worry karena urusan kantor lagi hectic-hectinya menjelang saya mau cuti hamil, plus saya lagi sibuk urusin pindah rumah terkait kehamilan saya. Mana bisa istirahat? Itu pun udah ijin sick leave berhari-hari untuk rest di rumah, dan yang ada akhirnya sedikit dipertanyakan karena ini HRD kok sering banget ga masuk hihihi.. Abis sakitnya ga baek-baek. Sampe’ ga enak banget sama boss (tapi ga ngerasa bersalah sih, abis emang kondisinya batuk pilek ga baek-baek, mau diapain dong).

Sampe’ hari lahiran, saya masih officially batuk pilek huhuh.. abis lahiran sih langsung sembuh untungnya.

Di trimester ketiga ini juga somehow posisi tidur saya malah lebih nyaman terlentang, walaupun saya tahu mestinya yang bagus kan tidur miring. Soalnya tiap kali saya miring, entah kenapa si baby selalu nendang dan lumayan sakit, gatau kenapa. Akhirnya saya harus balik terlentang lagi dan lama-lama malah lebih enak tidur terlentang.

Si baby juga udah sering diajak ngobrol walaupun cuma pas malem aja sih karena pas kerja ga sempet. Malem juga jujur kadang udah teler sih abis kerja, jadinya suami yang lebih sering ngajak ngomong si baby. Kadang worry juga loh, since seharian tiap kali di kantor sering banget ketemu boss dan meeting, jangan-jangan si baby lebih ngenalin suara si boss daripada suara suami saya yang cuma didenger malam hari, huhuhh.. Jangan sampe’ deh.

Untuk berat badan, total kenaikannya adalah 17 kg, hiiiiy.. banyak juga ya. Baju-baju akhirnya cuma pake yang itu-itu aja saking baju lain semua udah ga muat dan saya ga banyak beli baju hamil. Pelit.com.

Kira-kira naik-turun trimester ketiga seperti itu deh. Postingan terkait lahiran akan diupdate ASAP.

 

 

Advertisements

2 Responses to "Story Behind The Tummy (3)"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,713 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Yes, another tempat enak di bilangan Selatan lagi. This time the famous Dough Darlings came up with their (literally) kitchen . Quite surprised of their dishes taste quality on 2nd opening day. Tried Donut Burger Chicken, Nasi Kecombrang and Crispy Chicken, their Hash Brown and of course their signature donuts and all is super good 😍 . Improvement need on their time of serving (acceptable lah ya since baru 2 hari buka). They have also done serving all the food to our table but beverages was still not ready at all that time and we had to remind them . Their internal communication is also one thing. They have blasted everywhere on their social media channel of 10% discount but their waiter/cashier didn't know it . Overall will be back for sure for their food ❤ enak pisan! @kitchenbydoughdarlings . #kitchen #doughdarling #food #restaurant
Medan - best food besides Pontianak, Bali and Bandung ❤❤❤ . What we ate : . * Ondo - Babi Batak Korea. Kudu, harus, wajib. Ga sah kalo ke Medan ga ke sini * Asan Babi Grill - sama harus dan wajibnya. Gila judulnya enak banget * Chasiu Asan (or bisa juga saingannya, Afoek 88) - menurut gw biasa aja sih. Tapi emang chasiunya garing renyah parah * Soto Sinar Pagi - selalu enak sih ya menurut gw. Mantap! Prefer ini ketimbang Soto Kesawan * RM Pondok Gurih - gokil sop kepala ikannya. Yang lain I have no comment karena memang ga terlalu doyan Padang * Kwetiau Ateng - biasa aja sih menurut gw. Kami juga cobain kwetiau sejenis, PekCha dan lebih biasa lagi. So far kwetiau paling enak sih menurut gw di Penang ya (lupa namanya. Kayaknya Kwetiau Nyonya) * Mie Pangsit Akhun - lumayan enak and super murah * Bakmi TiongSim - nothing special sih ya. Malah malam itu kurang enak. Enakan Jakarta punya * Bakmi HockSeng - juga biasa aja si. Mahal doang 😘 di Jakarta juga ada * Bihun Bebek Kumango - Mantab!! Tapi kurang asin dikit * Bakpao Huang Bao di Kompleks Cemara - wajib kudu beli. Enak!!! Favorite : Obak Komplit. * Bacang Cemara (bacang mini). Selalu enak tapi ud mulai agak bosen nih * Yang lain2 ga usah disebut spesifik ya, ga terlalu spesial - Lontong Kak Lin, TipTop, Mie Balap Wahidin, Macehat, Es Campur Amo, Kopitiam Kok Tong, Ucok Durian . Sekian makanannnya. Banyak juga yang belum kesampean, misal Nasi Simangunsong. Kalo Jala-Jala or Nelayan emang ga mau cobain lagi biarpun rasanya lumayan karena saya and cici pernah gatel-gatel abis makan di situ. Kapok . Kalo objek wisata kami cuma ke Gereja Anna Maria Velangkani yang bentuknya cantik sekali, kemudian ke Rumah Tjong A Fie. . Nginepnya di Arya Duta Hotel. Tipikal hotel 'konservatif' ya. Designnya ga modern tapi lumayanlah. Lokasi juga strategis. Hotel lain yang boleh dicoba kalo ke Medan : Adimulia, Grand Aston City Hall, Cambridge and of course JW Marriott . Sekian dan terima kasih . #medan #culinary #food
#wheninjohor sempet stay 2 nights at this hotel-apartment. Not too bad sih kalau kamu butuh masak, nyuci, dll. Designnya modern, kamarnya simple. Pas masuk kamar agak sedikit bau apek sih tapi the rest is OK. No bathtub . Lokasi deket banget dari Hello Kitty Town. Jalan kaki maybe around 5 minutes. Ada shuttle juga sehari 2x ke Legoland dan Hello Kitty Town dan sebaliknya. Karena dia di kompleks gede gitu, bakal susah cari makan di sekeliling. . Facility jangan expect banyak. Ada outdoor gym, library buat anak-anak and adult (nyaman banget), and no kids club . Breakfast gabung di apartment sebelah (Fraser) dan rame banget kayak pasar. Makanan so-so. . Overall boljug tapi ga bakal balik 😉 . #pinetreemarinaresort #johor #hotel #hotelreview
Aimee and Angelina the Ballerina . #aimee #aimeelynn #hellokittytown
Hua Mui - yang swear biasa banget 😆 . #huamui #johor #hainanesechickenchop #lunch
❤❤ . #aimee #aimeelynn #lego #legoland
Hello again and again, Kitty! This time I bring one lil' girl to meet you ❤ . #hellokitty #aimee #hellokittytown
Tjong A Fie tour always reminds me of this . As for man, his days are as grass: as a flower of the field, so he flourisheth. For the wind passeth over it, and it is gone; and the place thereof shall know it no more. But the mercy of the Lord is from everlasting to everlasting upon them that fear him, and his righteousness unto children's children . To remind myself - Power and pride are not everything 🙂 do not let it take control of your life. Humility is a never ending lesson of life. Be friend with it . #tjongafie #tjongafiemansion #medan #psalm #family
❤ . #medan #family #annavelangkani #church
Let's enjoy these 2 weeks, shall we? 🥰 . #aimee #aimeelynn #holiday
Zen time 🙏 . #royaltulip #gununggeulis #bogor #staycation #hotel
Definitely the absolute winner over the hotel competition in Bogor/Puncak area. Here I'm talking about ambience, service, and interior. Facility they might not be the best, but still overall super love.. Bali is here.. . #pullman #pullmanvimalahills #hotel #staycation
My everything-partner 🥰 . #gendutgoal #couplegendutgoal #bavarianhouse #lunch #fanfanhanhan
August bday 🎂 . #family #bigfamily #bday #pondokkemangi
Don't understand why you always say I'm a caring person. It's obviously an overstatement compared to YOUR caring level. Look what you've done! It's literally more than total of the presents I've received during my 35 times birthday in my life 🤣🤣 and look how personalized, customized and thoughtful all of it. I felt so loved but on the other side so sad as I felt I didn't deserve to be treated this nice. Thanks for all your kindness. I love you gopeceng ❤ . #alfalaval #farewell #colleagues #gift
See you when I see you.. Best wishes for all of you, my kesayangan always ❤❤❤❤ . #farewell #alfalaval #iloveyousapegoceng #colleagues
Off we go! . #yogyakarta #jogja #merapi #merapilavatour #alfalaval #alfalavalouting #companyouting
Hello again, Hottie 🥰 . #borobudur #yogyakarta #alfalaval #alfalavalouting #company #borobudurtemple
What we did today to celebrate Independence Day and yes sorry we know that what we did doesn't justify any nationalism spirit whatsoever . * Potluck as usual and afternoon donut stealing with doubtful reason by @devina_reny * Taking thousand of pictures and videos everwhere in office premises and try to make every lil' corner instagramable, utilizing @ottotanton as a freelance photographer/choreographer * A bit sexual harassment by posing inappropriately in front of @adrian.tanjung whose eyes instantly popped out and fingers shaking on top of the shutter, resulting a failed picture * Ruin HR room and contaminate the holy aura inside by impolite 'raising leg' pose by @shellasoo * A total boobs-show-off pose . . Yeah we're really that fun! . #independenceday #alfalaval #colleagues #potluck
Alfa Laval Virtual World ☻ . #sandboxvr #love #lotte #alfalaval #event

Blog Stats

  • 556,717 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

January 2016
M T W T F S S
« Oct   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Advertisements
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Akar Pikiran Besar Mengawali dan Mengawal Evolusi Besar

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Sastra Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain's Personal Blog

Introducing the Monster Inside My Mind

Sindy is My Name

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

Pemintal rindu yang handal pemendam rasa yang payah

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

amrazing007 tumblr post

Introducing the Monster Inside My Mind

The Naked Traveler

Journey Redefined

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: