Fanny Wiriaatmadja

West Europe Trip Sept 2016 (1)

Posted on: September 22, 2016

Background :

Dari sejak hamil sampe’ lahiran gw ga pernah travelling jauh lagi, padahal biasanya setaun diusahain minimal sekali travelling jarak jauh. Emang susah ya kalo’ terlahir gila jalan. Awal taun ada sih Bangkok sama family, terus ke Singapore urusan kantor sama beberapa domestic travelling, tapi kayaknya belum nampol, nendang, dan afdol kalo’ belum terlalu jauh (blagu). Plus Aimee ‘baru’ 9 bulan, I meant kayaknya masih bisa ditinggal tanpa anaknya berasa ditinggal. Kalo’ udah gedean kan dia bisa nangis bombay nyariin emaknya karena udah tau ditinggal (*emaknya pede banget bakal dicariin sama anaknya).

Mengapa ke West Europe?

Karena tour yang dimau ga jalan dan hanya tour West Europe ini yang jalan di waktu yang dimau.

Mengapa hanya 8 hari?

* Karena ga bisa cuti lama-lama. Ini aja udah minus.
* Karena kalo’ lama-lama ya harganya pasti meroket juga.
* Kalo’ lama-lama takut ga pingin balik lagi.
* Yang terakhir dan most importantly, karena ada 1 makhluk mungil bin lucu nan cute di rumah, menanti emaknya pulang.

Kenapa pergi sama Mama?

* Pengennya sih sama suami, tapi Aimee kayaknya ga mungkin ditinggal bapak-emaknya sekaligus. Bisa patah arang dia.
* Pengen yang kedua adalah pengen pergi sendiri, tapi jujur belum berani and pasti ga dikasih suami, sementara kalo ikutan tour, pergi sendiri itu jauh lebih mahal. Bisa nambah 5-7 juta (why oh why!!!)
* Akhirnya ajak Mama pergi d karena Mama adalah yang paling available tiap diajak pergi.

Kenapa ikutan tour?

Karena ajak Mama. Kalo’ jalan sendiri rasanya susah ajak Mama. Belum nyasar-nyasarnya dll. Bisa-bisa Mama langsung ngambek naik gojek balik Jakarta.

Overall tahapan tour ini :

1. Terima email iklan tour Yunani dari Chan Brothers. Tanggalnya pas pula, pas ada libur hari merah tgl. 12 Sept (Senin) sehingga cutinya ga usah terlalu banyak.
2. Kalap dong, langsung daftar and ajak Mama, sambil paralel minta ijin suami. Melas-melas, bujuk-rayu (ga mempan), sampe’ akhirnya on my birthday karena udah hopeless, langsung nodong dia, minta kado berupa ijin untuk pergi, and… BERHASIL (biarpun suami cemberutnya sempurna)!! Yeeeeay pinter ya gw!! Jadi-jadi, para bini, kalo’ mau pergi tanpa suami, pergilah deket-deket waktu ulang tahun kalian, HOAHAHHA..
3. Coba apply cuti juga. Nunggu mood Boss bagus, kemudian dengan muka polos ceria langsung ijin mau cuti 4 ari. It worked!
4. Menerima kabar dukacita bahwa Yunani ga kekumpul peserta. Sedih dan putus asa; langsung banting stir cari tour lain di periode tanggal yang sama karena spirit travelling sudah membara dan on air banget. Sehari-hari merangkap jadi HR / tour hunter di kantor, sampe’ missed lunch berkali-kali karena sibuk browsing and neleponin tour agency. Semoga tagihan telepon kantor ga bengkak.
5. Nemu 1 tour India yang pasti jalan. Eeeh Mama nolak mentah-mentah, padahal jarang-jarang loh tour India jalan di low season gini.
6. Hunting lagi, nemu 1 tour West Europe yang juga pasti jalan. The one and the only one yang tanggalnya juga pas dan harga ga mahal-mahal banget. Dwidaya Tour lagi, yang notabene lumayan lah namanya. Ya udah cepet-cepet daftar deh daripada ga ada dan ga bisa travelling. Padahal sebenernya ga terlalu napsu ke West Europe.
7. Cepet-cepet siapin dokumen karena waktu pergi tinggal 2.5 minggu lagi. Bikin pas photo, minta bank reference, dll. Untung karena udah pernah ada visa Schengen sebelumnya, proses visa yang sekarang lebih cepet. Ga usah pake’ ke kedutaan lagi u/ fingerprint dll. 3 hari dari document submission, visa udah jadi. Cepet banget! Anyway baru ngeh kalo’ sekarang bikin visa Schengen-nya ternyata via third party / agen (namanya TLS).
8. Begitu granted visa, langsung mulai browsing-browsing destinasinya, hotel, dll. Sehari-hari merangkap jadi HR / West Europe browser di kantor. Baru mulai semangat untuk jalan ke West Europe.

Sekian prosesnya.

Persiapan sendiri standard aja sih. Prepare koper seminggu sebelumnya. Pinjem banyak ini itu sama cici, mulai dari botol-botol kosong, kaus kaki, receh Euro, coat, topi, sarung tangan, dan entah apalagi. Gw adalah orang yang sangat bermodal; doyan travelling tapi sometimes ga punya essential stuff buat travelling, dan… ga berasa malu atas hal tersebut. Yippiiii..

Hari H berangkat (Jum’at 13 Sept), gw ke kantor dulu dan ijin pulang pagian jam 3-an ke rumah Mama. Jadi jalan ke airportnya langsung dari rumah Mama, barengan sama Mama. Pagi-pagi, Aimee udah ikut nganter gw ke kantor sekalian ‘perpisahan’. Ih, berasa sedih banget loh ninggalin bocah satu ini. Pas udah mau turun di lobby kantor sampe’ bercucuran air mata gendong dia, sumprit. Drama banget sih, tapi asli berasa kehilangan banget dan ngerasa jahat banget karena tega ninggalin dia. Terus di WC kantor lanjut nangis lagi sesengukan sambil menyemangati diri bahwa it’ll be only 8 days (*heran, kalo’ ninggalin suami ga sedih sama sekali yah bwahaha..)

Sore jalan ke airport diantar sama koko. Telat hampir 1 jam karena bloody traffic via Kota. Nyampe’ langsung kenalan sama tour leader, check-in, imigrasi, dan nunggu sambil baca Harry Potter yang baru dibeli. Bela-belain bawa berat-berat tuh buku karena ga tahan mau cepet baca. Jam 8-an malem boarding dan 8.30 take off. Pesawat Turkish Airlines. Anyway sebel juga, tiap x pergi jauh gini pasti dapet pesawatnya Turkish. Padahal pengen d cobain Emirates or Qatar. Hmmmh ini pasti pertanda ilahi bahwa gw harus travelling lagi, supaya bisa cobain 2 pesawat itu BWAHAHA..

Perjalanan sekian belas jam sampe’ Istanbul (subuh), terus transit bentar di sana and lanjut lagi ke Milan sekitar 2.5 – 3 jaman. Transit di Istanbul Mama langsung beli kurma dan gw langsung cuci muka + pake’ hardlense. Ga lama kemudian, kami langsung boarding and take off lagi ke Milan. Kerjaan di pesawat standard aja sih : nonton. makan. tidur. ke wc. mikirin Aimee.

20160910_083305

Sampe’ airport Milan, imigrasinya lancar dan sepi. Begitu koper keluar, Mama langsung heboh nyariin obat di koper. Sibuklah kami bongkar koper Mama demi nyariin obat. Lumayan bikin naik darah dan ga sabaran sih karena ga enak sama peserta tour lain yang nungguin. Why oh why, Mama ga bawa obatnya di tasnya ajahhh??

20160910_093045

20160910_094758

20160910_093001

Setelah itu (obatnya tetep ga ketemu) kami naik ke bus dan berangkat ke kawasan Duomo di pusat kota Milan. Pertama-tama kami lihat Le Scala Theatre. Sesuai namanya, ini adalah tempat nonton teater. Cuma lihat dari depan aja sih.Bentuk bangunannya sendiri biasa aja, ga terlalu banyak detail ini itu.

20160910_141803

Bus kami sepanjang trip West Europe ini

dscn7237

 

 

dscn7239

dscn7238

Setelah itu kami jalan dikit dan masuk ke Gallerie Vittorio Emanuelle, kayak indoor mall branded gitu di Milan dengan design kubah cantik dan arsitektur keren.

dscn7242

img_20160910_212954

20160910_110059

20160910_110337

20160910_123131

20160910_134609

Selain itu, di Kompleks Duomo ini ada juga Milan Cathedral, gereja yang ga kalah cantiknya. .

img_20160910_212657

Ngomong-ngomong soal Milan Cathedral yang merupakan gereja terbesar ke-4 (sedunia kalo’ ga salah), gw pikir kita bakalan masuk ke dalam katedralnya, kayak tour-tour biasa, and ternyata.. nggak masuk sama sekali!! Miris banget rasanya. Yah intinya kami dilepas di kompleks itu untuk foto-foto, belanja, makan siang, dan keliling-keliling. Kalo’ mau masuk ke katedralnya ya boleh aja sih, tapi bayar sendiri, antri sendiri. It’s excluded from the tour. Gw sampe’ baca ulang lagi itinerarynya, apakah wordingnya kira-kira maknanya sejenis “… kita akan memasuki Milan Cathedral..” tapi memang wordingnya ‘licik’ sih :

Hari ini Anda tiba di Milan Anda akan diajak city tour menikmati keindahan kota Milan dengan mengunjungi/melewati sebuah gereja bergaya Gothic yang dibangun pada tahun 1813, Milan Cathedral, La Scala Theatre salah satu gedung opera yang terkenal di Eropa, Galleria Vittorio Emanuele II yang sering disebut “The Living Room of Milan” atau tempat tinggal orang Milan yang letaknya berdekatan dengan Milan Cathedral. Tak ketinggalan berjalan-jalan sambil berbelanja di kawasan Duomo, tempat yang terletak di pusat kota Milan ini terkenal dengan fashionnya. Menuju Zurich untuk bermalam

KUNYUKKKKK!!!

Jadi sedikit info soal tournya, tour yang gw ikutin ini adalah tour ‘flexible’ yang notabene lunch and dinner dicover sendiri oleh peserta alias ga dapet makan. Juga ga ada local guide sama sekali (cuma tour leader dari Jakarta). Jadi beneran cuma tour jalan-jalan aja sih sebenernya. Makanya harganya murah pisan.

Jadi aktivitas gw selama di Kompleks Duomo ini :

Pas di Gallerie Vittorio Emanuelle (mall kecil) :

* Melahap puas-puas view kubah serta dinding cantik Galerie Vittorio Emanuelle. Plus foto-foto pastinya. Impressive banget!

img_20160910_202724

* Makan siang di McDonald. 1 paket burger-kentang-Coke sekitar 5 EUR (note : 1 EUR anggap aja IDR 15,000). Di McD ini juga kita bisa numpang ke toilet dengan gratis, beda dengan public toilet kebanyakan yang biasanya requires us untuk bayar 0.5 atau 1 EUR.

20160910_113403
* Gw juga baru inget bahwa di sekitar Gallerie Vittorio Emanuelle sini katanya ada satu cemilan yang terkenal yang namanya Luini. Langsung deh google-google pake’ wifi gratisan yang mati-idup-mati-idup di situ dan akhirnya berhasil nemu tempatnya. Sesuai yang ditulis di internet, antriannya panjang banget, tapi cepet. Jadi akhirnya gw ikutan ngantri. Dari sekian banyak menu, gw pilih Ham & Mozarella atau semacam itu deh, dan rasanya.. asli ga enak banget. Tapi melihat betapa populernya ni tempat, pasti lidah gw yang salah, bukan rotinya. Anggap aja ga cocok taste-nya or mungkin gw harusnya milih menu yang lain. Anyway harganya murah-murah aja, 2.7 EUR.

20160910_125311

20160910_125910

* Masuk toko-toko branded (ga banyak sih. Ada Prada, Versace, dll.), muter sekali, terus keluar lagi. Polanya gitu terus untuk semua toko.

20160910_110157

20160910_134558

* Beli es krim Savini yang sumprit enak banget. Letaknya agak nyudut jadi harus fully-aware supaya ga kelewatan. Gw beli yang rasa tiramitsu sama satu rasa lagi, asal tunjuk doang karena ga ngerti judul rasanya yang pake’ Bahasa Italy. Apapun itu, itu es krim paling enak sepanjang trip waktu itu. Es nya lembut dan ringan banget, ga bikin kenyang. Es krim 2 rasa gini harganya 4 EUR.

20160910_123520

20160910_124136

* Liat-liat orang muter di atas lantai bergambarkan banteng yang katanya dilakukan supaya kita bisa balik lagi kelak ke Milan atau untuk best luck, which I don’t believe at all. Males pula jalan-jalan muterin banteng ga jelas itu dan harus rebutan sama antrian banyak orang, jadinya gw cuma nontonin mereka muter-muter gitu. Ga menarik, tapi boleh juga untuk ngabisin waktu.

20160910_133857

Di luar Gallerie Vittorio Emanuelle :

* Ke toko souvenir, beli kaus dan beli kartu pos lucu, terus langsung ditulisin dan dikirim ke Jakarta buat Aimee pake prangko 5 EUR. NB : Sampe’ sekarang, 22 September 2016, kartu posnya belum nyampe rumah (dikirimnya tgl. 10 September 2016). Kayaknya prangko gw kedikitan.
* Nikmatin view katedral (dari luar ya, catat.. dari luar)
* Jalan ke sisi luar, masuk ke H&M, liat-liat. Ga nemu apapun yang menarik, jadi keluar lagi. Cuma ngadem doang sebenernya.

20160910_111818

20160910_111342

20160910_111836

Di Milan lagi lumayan panas dan terik. Kalo’ ga salah suhu 31 derajatan, dan seperti biasa TL udah ngingetin untuk be very careful dengan para copet di Eropa, terutama Milan dan Italy. Anyway intermezzo aja, kata TL, orang Italy anti sama Starbucks. “It’s like we drink a mineral water,” kata mereka. Pokoknya Starbucks dianggap ‘rendahan’ banget deh, beda sama kopi asli mereka.

Jadi, di Milan intinya kami cuma ke kompleks ini aja sih. Ga ada ke markas AC Milan or Intermilan. Untung gw memang not a fans jadi kayaknya biasa-biasa aja, sementara ada peserta lain yang ngarep-ngarep bisa ke situ.

Udah deh setelah 2.5 jam-an, kami ngumpul lagi, terus dikasitau bahwa kami bakal lanjutin perjalanan ke Swiss, tepatnya ke kota Zurich, kurang lebih 4,5 jam. Begitu denger gini, langsung rombongan bubar lagi karena semuanya mau ke toilet dulu dan toilet gratis adalah di McD yang notabene lumayan juga jalannya dari tempat ngumpul. Akhirnya perjalanan ngaret sekitar 20 menitan.

Ya udah abis itu naiklah kami ke bus dan jalan 4.5 jam. Lumayan cobaan dan ujian buat both pantat dan kesabaran. Macet pula. Untungnya di tengah jalan seperti biasa kami stop dulu di rest area. Rest area ini setau gw udah masuk di Swiss deh. Di rest area ini ada toilet stop sama supermarket buat belanja-belanja. Gw beli beberapa roti buat nyemil di bus sambil nunggu dinner nanti. Karena waktu itu udah sore menjelang malam, gw juga coba cek ke Tour Leader (selanjutnya akan disingkat TL), apakah nanti di sekitar hotel banyak tempat makan, karena gw curiga di sana akan gersang makanan secara hotelnya deket airport Swiss. Bener aja, kata TL ga ada sama sekali (!!!). Hix, kenapa ga dikasitau dari awal ya? Ini nanya baru dikasitau. Coba kalo’ ga nanya, bisa-bisa nanti kita harus dinner di hotel semua karena ga ada resto di sekitar situ.

Langsung deh buru-buru gw and Mama belanja sekalian buat dinner juga di supermarket itu. Untungnya ada restoran juga. Cuma karena waktunya terbatas, akhirnya kami cuma take away aja. Take awaynya simple aja : 1 lasagna sama 1 nasi-ayam-kentang. Dua item. Harganya 31.9 EUR alias hampir IDR 450,000. Duh nyeseknya itu sampe’ bertahan konsisten mangkal terus di ati sampe’ beberapa malam. Ga worth it banget, tapi memang we didn’t have any choice sih. Gw kayaknya ga bisa deh dinner cuma roti-roti doang. Mesti makan berat gitu, dan resikonya yah seperti ini. IDR 450,000. Nangis darah deh, secara siangnya gw baru seneng-seneng karena bisa nahan diri ga belanja aneh-aneh dan duit masih lumayan utuh. Dua porsi makan siang ini bener-bener menguras kantong sekaligus air mata.

Abis itu perjalanan lanjut lagi, dan pemandangan mulai berubah jadi cantik banget dengan danau raksasa yang selalu terpampang di setiap belokan yang kami lalui. Menghibur banget setelah pengalaman beli makanan yang bikin eneg tadi. Gw sempet tanya ini danau apa sih ke TL, tapi gw lupa namanya. Sikokon kalo’ ga salah deh. Cantiiiik banget danaunya. Bener-bener represent Swiss banget.

img_20160910_212255

20160910_191701

View cantik during our way to Swiss

20160910_191524

Danau cantik during our way to Swiss (*lupa namanya)

Sampe’ hotel di Zurich (Dorint Airport Hotel), jam udah sekitar 9 an malam. Langsung deh check-in kamar dan beres-beres. Baru mau buka koper, TL telepon dari receptionist, meminta gw tuker kamar sama 1 peserta tour yang lagi honeymoon karena ranjang di kamar gw itu queen, bukan twin. Ya sudah beberes koper lagi terus pindah kamar. Kamar gw and Mama sekarang ranjangnya jadinya twin. Gw dan Mama dipisahkan secara kejam, bwahahah.. *halah..

20160910_203404

20160910_203433

20160910_203432

Kamarnya sendiri OK sih menurut gw. Hotelnya juga bagus-bagus aja. Karena memang hotelnya di deket airport, di lobby ada papan flight schedule airport yang terupdate tiap beberapa waktu. Informatif banget ya.. Papan jadwal kedatangan bus di halte busway Jakarta mah boro-boro update tuh informasinya.

20160911_085010

Dorint Hotel Lobby

20160911_085047

Sapi merah trademark Hotel Dorint dengan background flight schedule board

Info lain : colokan sama-sama aja kayak Jakarta. Wifi free dan cepet. Sayangnya di kamar ga ada pemanas air/coffee maker sama sekali. Jadi kalo’ mau masak air, harus minta air panas ke restoran di bawah dan… bayar 2 CHF (duit Swiss). Oh iya di Swiss memang bisa pake’ Euro, tapi sebagian besar transaksi masih dilakukan dengan mata uang mereka sendiri yakni CHF. Masih eksklusif gitu. Rate CHF sekitar IDR 13 ribuan. Mirip-mirip lah sama EUR. Duit serasa ga ada artinya T_T

Abis beberes, kami langsung makan makanan yang dibeli di supermarket (yang harganya amit-amit itu loh.. inget kan?). Ni makanan taste-nya biasa banget, jadi makannya makin sakit ati. Udah gitu si Mama bilang dia kenyang pula karena makan roti di bus tadi. Haduh!! Tau gitu beli satu porsi aja dinnernya. Sakit ati makin nyut-nyutan deh. Karena Mama merasa bersalah akhirnya dia ikutan nyomot-nyomot ayamnya juga, tapi langsung ngoceh-ngoceh karena katanya ayamnya ga bersih, masih banyak darahnya. Waduh, speechless deh.

20160910_210933

Dua porsi makanan seharga 450,000 rupiah (kiri : lasagna; kanan : nasi ayam kentang). Rasa lumayan.

Setelah itu tidurlah kami. Gw langsung pules, tapi jam 3-an kebangun dan ga bisa tidur lagi sampe’ pagi. Untungnya di Jakarta udah pagi (selisih waktunya 5 jam duluan di Jakarta) sehingga bisa whatsapp-an dan video call sama my Aimee.

Bersambung ke sini

2 Responses to "West Europe Trip Sept 2016 (1)"

wew udah ke eropa aja kak

Iya Win pas sempet kemaren haha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,697 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Refreshing morning view
.
#view
#morning
#bandung
#mercure
#nature
#familyholiday I must get it!!
.
#aimee
#minnie
#baby
#mercure
#bandung
#holiday
#family Christmas is everywhere 🌲
.
.
#christmas #christmastree #bandung #bandungtrip #aimee #transluxuryhotel #instatravel #instababy FAMILY 👦👧👨👩👴👵👶👱
.
.
#family #bandung #bandungtrip #transluxuryhotel #familyportrait Tempatnya loetjoe. That's it.
.
.
#dinner #bandung #missbeeprovidore #chicken #instafood #food Aimee and Koko Kael at the kids club

#aimee #baby #kidsclub #transluxuryhotel #bandung #holiday #family #kids Swimming!! 🏊🏊🏊
.
.
#aimee #baby #swimming #bandung #bandungtrip #holiday #family #transluxuryhotel Get ready for Aimee 1st traveling experience. We tried the easy one first, Bandung :) #aimee #baby #traveling #jalan2 #longweekend #bandung #family <<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplustehpajakdll70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi 😑😑😑😑😑😑😑😑😑 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah 🎂

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❤👪❤ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue 😗

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan 📷 : @lieta73 😀 Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake 🎂 by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? 😀

#aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella

Blog Stats

  • 405,710 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

September 2016
M T W T F S S
« Jun   Oct »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: