Fanny Wiriaatmadja

West Europe Trip Sept 2016 (3)

Posted on: September 27, 2016

HARI 3

Hari ini perjalanan dilanjutkan menuju pusat mode dunia yaitu Paris.

Sambungan dari postingan di sini :

Bangun, mandi, sarapan dan beres-beres koper karena hari ini bakalan check-out dari hotel. We’re going to Paris today. Perjalanan bakalan 6-7 jam, oh no..

Tau ga kalo’ ke Paris sontak ingetnya apa? No, no, not Eiffel atau sejenisnya. Yang langsung muncul dalam benak somehow adalah RattatouilleπŸ™‚

Anyway kami ditawarin optional tour ke Jerman, tepatnya ke Titisee, sebuah kawasan tempat asal kue black forest dengan danau cantik. Karena semua peserta tour OK-OK aja, maka berangkatlah kami ke sana.

I thought ini sekalian ngelewatin, sambil jalan ke Paris, ternyata perjalanannya agak melenceng. Jadi kalo’ Jerman ke kanan, kalo’ Paris ke kiri. Jadi nanti perjalanan dari Jerman ke Paris bakalan tambah jauh. Tapi ga apa-apa lah, enjoyin aja. Selama perjalanan asyik juga kok dengerin cerita-ceritanya TL tentang sejarah (I love history!) plus diputerin lagu and film juga.

Anyway optional tour ini kena 50 EUR. Ga dikasitau pula di awal, tapi terakhir langsung di-charge gitu. Biasanya pengalaman gw sama tour-tour lain, kalo’ ada optional tour pasti dikasitau dulu sih biayanya berapa, karena itu kan consideration factor juga, apakah kami mau ke sana atau nggak. I meant kalo’ tau-tau di-charge 100 or 200 EUR, rasanya belum tentu semua mau ke sana.

Perjalanan ke Jerman makan waktu sekitar 2-2.5 jam-an. Sampe’ sana udah keliatan danau gedeeeee yang super cantik. Waktu itu gw pernah baca di internet, ada orang bilang bahwa Danau Toba lebih bagus daripada Danau Titisee ini. I have no comment sih. Cakep aja dua-duanya menurut gwπŸ™‚

20160912_095452

Di sana kami diturunin di ‘desanya’, dengan deretan toko-toko dan restoran sepanjang jalan, serta danau di sisi yang lain. Menyenangkan sih tempat ini. Pertama-tama, kami dibawa ke toko jam kukuk untuk dikasihtau cara pembuatannya. Yang jelasin adalah seorang nci-nci orang Indonesia asli yang udah lama tinggal di situ. Ah, seru deh denger ceritanya biarpun cuma singkat. KitaΒ jadi tau sejarah awal jam kukuk itu kayak gimana, bikinnya gimana, model-modelnya, dll. Sekarang udah lupa semua sih ceritanya, bwahaha..

img_20160913_090134

Abis itu udah deh kami liat-liat jam kukuk di toko itu. Cakep-cakep sih. I always love jam kukuk, tapi ga pernah beli secara mahal dan ga guna pula.

20160912_101947

Tante-Tante tukang jelasin jam kukuk. Penjelasannya enak, bikin jadi ngerti cara pembuatan jam kukuk.

img_20160912_220825

Jam kukuk yang tidak terbeli. Hanya terfoto

20160912_104325

Dari situ kami dikasih waktu bebas untuk keliling dan makan siang. Ya udah gw dan Mama jalan-jalan. Awalnya ke tepi danau dulu, foto-foto. Cantik deh danaunya. Dari situ kami jalan liat-liat toko souvenir sambil cari restoran. Karena ini Jerman, TL recommend banget untuk cobain Pork Knuckle-nya dan karena ini Titisee, tentu saja kami kudu coba Black Forest-nya.

20160912_105425

img_20160912_220703

img_20160912_124002

20160912_110223

20160912_105505

20160912_105932]

20160912_105509

Setelah itu kami jalan terus, cukup jauh sampe’ ujung. Toko-toko souvenirnya menurut gw is the best during our trip kali ini, karena hampir semua jualannya beda. Kalopun sama yah beda tipis lah. Jadi tiap masuk toko pasti nemu barang baru gitu. Dan karena kami dari Swiss kemarin-kemarin, si negara mahal, begitu nyampe Jerman ini pernak-perniknya jadi berasa murah banget. Pokoknya seneng deh nyusurin toko-toko souvenir di sini. Jualan makanannya juga seru-seru. Aneka selai, wine, madu, dll. Beneran menggoda iman banget, Akhirnya gw berhasil bertahan dengan hanya beli magnet Titisee, kaus, dan minuman keras gitu buat mertua. Ngomong-ngomong soal kaus, sama seperti magnet, gw selalu beli satu kaus cowok dari tiap negara. Buat suami sih. Jadi nanti tinggal suruh dia pilih mau yang mana, sisanya buat kakak ipar.

img_20160913_091412

img_20160912_220421

Paling demen sama signage cantik kayak gini

Setelah bergulat ria dengan souvenir, karena waktu makin mepet, akhirnya kami cari makan siang. Tadinya gw sempet liat ada satu papan iklan menu restoran yang menarik gitu, dipajang di tepi jalan. ‘Menarik’ di sini adalah banyak menu pork-nya, bwahaha. Setelah tadi udah sampe’ ujung jalan dan sudah selesai hunting pernak-pernik, baliklah gw dan Mama ke tempat papan iklan tadi, demi ngejar restoran itu (gw sih, tepatnya).

Sampe’ papan iklan menu itu, masuk ke restorannya ternyata jauh lagi ke dalam. Naik-naik tangga lagi. Lumayan rame’ pula, tapi tempatnya enak sih. Sayang view ke danaunya agak jauh.

Setelah dapet seat, langsung kami minta menu, dan.. terhenyak.. Halah semua menunya dalam Bahasa Jerman. Padahal iklan di papan yang tadi kami liat itu pake’ Bahasa Inggris. Ga mungkin kan gw balik lagi ke papan tadi demi ngeliatin menu lagi? Jalannya lumayan jauh. Begonya gw, gw ga minta menu Bahasa Inggris ke mereka. Saking buru-buru kali ya. Akhirnya gw cuma mengira-ngira aja nama menunya berdasarakan urutan standard menu restoran dan harga. Awal kan palingan appetizer ya yang harganya pasti lebih murahan. Terus main course dengan harga lebih tinggi. Jadi gw nyari-nyari di tengah-tengah deh. Begitu gw liat menunya harganya udah mulai agak mahalan baru gw mulai yakin ini udah masuk menu Main Course.

Nah abis itu gw liat ada tulisan platter gitu, buat 2 orang. Waaah gw langsung tertarik. Gw pikir pesen ini aja deh biar gampang. Gw tanya ini ada babinya ga? Orangnya bilang ada. Ada ham, pork, dll. Ah ya udah confirm deh pesen ini. Semoga ga salah pesen. Sayangnya gw lagi bau hari itu, dan harapan gw melayang jauh karena ternyata makanannya bener-bener “so-ga-bisa-dimakan-banget” oleh gw dan Mama. Liat aja sendiri deh. Isinya ham, ham, ham, sayur, buah. Gw dan Mama cuma bisa memandang dengan hampa. Walaupun asli cantik banget tuh makanan, tapi kayaknya kaga bisa dimakan deh.

img_20160912_123223

Akhirnya karena udah pesen, kami coba makan pelan-pelan. Apalagi harganya 24 EUR-an yang berarti 350 ribuan lebih. Hamnya asin banget pula, makannya sengsara banget. Lama-lama gw ga tahan, gw pesen aja satu steak lagi. Pokoknya namanya ada ‘steak’ nya gitu. Gatau steak apaan. Pilihnya yang termurah. Ga lama datanglah steak saya, jreng-jrengggg… Tampilannya yang penting napsuin. Langsung gw habek-habek tuh steak. Kurang enak sih menurut gw tapi yang penting bisa ngenyangin. Ya udah abis itu kami bayar, total 30-an EUR something. Pokoknya hampir 500 ribuan deh. Huhuhuhu..

img_20160913_070811

Steak kecil tipis yang rasanya ga enak-enak banget

Aaaand.. ga sempet nyobain Black Forest apapun juga *terjun dari jurang.

Setelah makan, kami ngumpul di tempat janjian. Karena udah parno mau ke Paris yang notabene superjauh, gw dan Mama cepet-cepet nyari WC. Nyesel kenapa tadi ga pipis di restoran. Akhirnya kami nemu toko es krim. Ya udah beli es krim dulu, terus numpang ke WC, padahal asli udah eneg banget makan es krim.

Abis itu perjalanan lanjut ke Paris, kalo’ ga salah berhenti 2 x deh di rest area. Di rest area pertama, gw cuma ke WC doang karena supermarketnya ga menarik. Ada restoran tapi juga mahal dan makanannya kurang OK. Di rest area kedua, gw beli wine gede buat mertua lagi sama Starbucks Frappuchino yang botol instan gitu. Ah enaknya.

20160915_163917

Selama perjalanan, gw sengaja udah bawa buku Harry Potter lagi buat baca selama di bus. Lumayan banget ngisi waktu selain tidur. Untungnya Eropa kan malem masih terang, jadi masih bisa baca dengan enak.

Sampe’ Paris udah jam 9.45 malam. Hotel kami bentuknya kayak apartment gitu, jadi lumayan, ada kompor listrik, microwave, coffee maker, sendok garpu, dll. OK banget deh. Langsung malem-malem bikin Pop Mie. Maklum baru ngerasain air panas gratis di hari ketiga ini. Abis itu mandi terus tidur.

20160913_090814

20160912_215454

20160912_222025

20160912_222018

20160912_222038

20160912_222046

Bersambung ke postingan selanjutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,697 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Refreshing morning view
.
#view
#morning
#bandung
#mercure
#nature
#familyholiday I must get it!!
.
#aimee
#minnie
#baby
#mercure
#bandung
#holiday
#family Christmas is everywhere 🌲
.
.
#christmas #christmastree #bandung #bandungtrip #aimee #transluxuryhotel #instatravel #instababy FAMILY πŸ‘¦πŸ‘§πŸ‘¨πŸ‘©πŸ‘΄πŸ‘΅πŸ‘ΆπŸ‘±
.
.
#family #bandung #bandungtrip #transluxuryhotel #familyportrait Tempatnya loetjoe. That's it.
.
.
#dinner #bandung #missbeeprovidore #chicken #instafood #food Aimee and Koko Kael at the kids club

#aimee #baby #kidsclub #transluxuryhotel #bandung #holiday #family #kids Swimming!! 🏊🏊🏊
.
.
#aimee #baby #swimming #bandung #bandungtrip #holiday #family #transluxuryhotel Get ready for Aimee 1st traveling experience. We tried the easy one first, Bandung :) #aimee #baby #traveling #jalan2 #longweekend #bandung #family <<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplustehpajakdll70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘ 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah πŸŽ‚

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❀πŸ‘ͺ❀ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue πŸ˜—

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan πŸ“· : @lieta73 πŸ˜€ Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake πŸŽ‚ by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? πŸ˜€

#aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella

Blog Stats

  • 405,732 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

September 2016
M T W T F S S
« Jun   Oct »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: