Fanny Wiriaatmadja

Story Behind The Tummy (1)

Posted on: September 4, 2015

It’s such amazing thing that never come to my mind – not even once, and here’s the story for the 1st trimester, written in ‘still-the-same’ amazing feeling.

Jadi dari kawinan bulan Maret, di akhir April saya mendadak suka ngerasa eneg, padahal saya jarang banget eneg, baik sama orang (paling cuma yang nyebelin aja) maupun sama makanan (how come?? Makanan adalah sahabat terbaik saya!).

Sempet sih ada secuwil tanya, “masa hamil sih?” yang biasanya cepat disanggah sama diri sendiri, mengingat fakta bahwa suami saya bekas perokok berat plus siklus menstruasi saya sama sekali ga teratur (bisa dua bulan baru dapet), plus saya kurang akur sama nyokap yang notabene selalu membuat pikiran tanpa sadar tertanam dalam benak saya bahwa saya akan susah punya anak gara-gara hal itu.

Habis itu saya google-google juga gejala orang hamil, dan setengah dari list gejalanya memang saya alamin sih, seperti ngantuk mulu (saya sempet beberapa hari tidur jam 8 malem melulu) dll. Tapi ya karena alasan-alasan di atas tadi, tetep aja saya ngerasa kayaknya ga mungkin hamil deh. Masa sih secepet ini..

Jadi waktu akhirnya test-pack dengan dag dig dug, saya surprise banget pas liat hasilnya. Waktu itu saya lagi nginep di rumah nyokap, dan saya belum bilang hasilnya ke suami walaupun suami udah punya kecurigaan yang sama.

Besoknya pas udah pulang ke apartemen, saya test lagi bareng suami dan hasilnya masih sama.

Rasanya saat itu? Biasa aja sih, ga ada perasaan gembira ataupun sedih. Kosong aja gitu. Mungkin saking bingung dan shock harus gimana kali ya.. Jadi ya kayak biasa-biasa aja gitu. Cuma sempet kepikiran aja, perasaan baru minggu lalu saya karaoke bareng anak kantor dan masih lompat-lompat liar bareng mereka, masih lari pontang-panting ngejar busway, masih ‘import’ kain dari rumah ke apartemen buat tatakan tidur selama periode haid supaya gak tembus ke ranjang (akhirnya sampe’ sekarang tuh kain ga pernah sekalipun kepake..), dll., dan sekarang tahu-tahu ada fakta ajaib di depan muka bahwa saya hamil. Aneh banget rasanya. Beneran ga nyangka dan jujur ga siap juga rasanya, tapi ya kudu dijabanin.

Pas ngasitau sanak-keluarga, mereka semua juga kaget karena ga nyangka. Kok cepet banget sih.. Saya udah kuatir aja disangkain MBA karena emang asli super cepet. Setelah ke dokter, dihitung-hitung si janin ini langsung jadi pas periode honeymoon or bahkan pas malam pertama. Gile ya saya sampe’ speechless banget. Yang bikin orang bakal menyangka MBA lagi adalah ternyata hitungan umur janin di dalam kandungan itu start dihitung dari tanggal terakhir menstruasi, bukan dari tanggal pertama hubungan. Jadi saya married tanggal 23 Maret, terakhir tanggal mulai menstruasi itu tanggal 9 or 10 Maret. Nah, hitungan si umur janin ya dimulai dari 9 or 10 Maret itu. Jadi ya udah deh pasrah aja kalo’ orang pikir macem-macem.

Ga heran juga sih kalo’ jadinya cepet banget karena ternyata pas periode married+honeymoon itu memang pas lagi periode subur, which is 2 minggu dari tanggal menstruasi terakhir.

Sekian penjelasan tentang praduga MBA. Udah biasa banget kalo’ liat tatapan aneh orang-orang pas saya jawab usia kehamilan saya.

Nah dimulailah periode trimester pertama kehamilan saya yang cukup naik turun. Demikian point-point pengalaman saya :

* Sebelum nyadar hamil, karena saya masih belum puas honeymoon dan wisata kuliner, saya yang susah dipuaskan ini akhirnya book tiket lagi ke Bali bareng suami buat pergi di bulan April/May awal (lupa). Book-nya udah dari bulan Februari-an gitu deh kira-kira. Dan pas nyadar hamil, akhirnya saya dan suami terpaksa merelakan tiket tsb. melayang. Emang sih kerabat semua pada bilang, “pergi aja, ga apa-apa kok naik pesawat..” Malah sampe’ ada yang ngebego-begoin karena kami rela kehilangan duit ongkos pesawat yang notabene bukan jumlah kecil. Tapi karena ga mau ambil resiko, akhirnya saya dan suami mutusin untuk ga pergi.

Karena pesawatnya Lion dan sepupu saya orang ternama di Lion, tiketnya jadi bisa diganti ke nama lain, dan nama lain itu adalah.. sepupu saya itu! Hahaha.. jadi akhirnya tiketnya dipake’ sama sepupu saya dan temannya. Pas kebetulan hotel semua juga udah booking dan bayar juga. Ya sudah deh memang belum rejeki ke Bali lagi, tapi yang penting dapet rejeki lain yang lebih gede di dalam perut ini🙂

Yang agak bikin ‘sedih’ dikit adalah soal kegilaan travelling saja yang tentunya harus ditunda selama beberapa tahun ke depan. Punya anak tentunya ga bisa segampang itu travelling ke mana-mana kan? Padahal baru aja hepi abis married, udah punya partner tetep buat travelling dan jalan ke mana-mana. Ternyata langsung semuanya kayak ‘pupus’ begitu aja. Tapi saya yakin dengan adanya si baby, pasti akan ada ‘hiburan’ lain yang jauh lebih meaningful daripada sekedar travelling🙂 -> walaupun tiap liat foto orang travelling rasanya langsung pengen jedotin jidat ke jamban saking ngirinya.

Nah, 3 bulan pertama, sama seperti orang kebanyakan, adalah periode yang cukup menyengsarakan karena rasa eneg dan ga enak badan yang ngotot konsisten sepanjang waktu. Badan selalu berasa meriang dan kedinginan, bawaannya ngantuk terus dan enegnya juga lumayan mengganggu walaupun syukurlah ga sampe’ muntah dan makanan selalu masuk dengan teratur. Ternyata orang rakus memang tidak dapat disangkal dan dilawan bahkan dengan rasa eneg saat hamil. Naik mobil sedeket apapun jaraknya, saya hampir selalu tidur dan pules. Pokoknya kasian deh suami dicuekkin karena selalu saya tinggal tidur. Sosialisasi juga hampir ga ada alias ga pernah ke mall, ngumpul sama temen dll. Boro-boro jalan ke mall, ngebayanginnya aja rasanya udah ilfeel banget, pinginnya tidur terus sepanjang masa, sampe’ ada saudara yang sensi dan ngerasa saya menghindar dan menjauh (padahal kaga ama sekali). Pokoknya saya bertransformasi jadi pemalas dan ‘ga asyik’ banget deh. Kasihan setiap suami minta ditemenin jalan or nonton, selalu saya tolak karena tidur dan ranjang adalah selingkuhan baru saya yang lebih bisa memuaskan saat itu.

Selain itu, saya juga jadi lebih protektif dan paranoid dengan keadaan baru ini. Kalo’ naik mobil dan suami nyetirnya ‘begajulan’, saya pasti jadi marah-marah sendiri karena ngerasa dia ga care. Jadi akhirnya dia harus nyetir sepelan dan selembut mungkin kalo’ bawa princess yang satu ini. Pokoknya urusan mobil dan jalanan, saya jadi bengis banget deh. Kalo’ naik kendaraan umum sih udah pasrah deh, karena ga mungkin maki-maki dan ngomelin supirnya. Nyalinya belum segede itu sayangnya.

Ngomong-ngomong soal kendaraan umum, setiap pagi ke kantor itu saya masih naik busway, yang selalu menciptakan dilema dalam diri gara-gara kehamilan saya yang masih kecil di semester pertama sehingga nyaris tak terlihat :

– Kalau dapet duduk di busway, saya sering pura-pura tidur karena paling takut kalo’ diminta bangun untuk kasih orang lain duduk. Duh maaf ya kesannya saya emang ga berhati banget ya, tapi beneran pas eneg-eneg mual di pagi hari itu, rasanya ga kepengen deh bangun dan ngasih duduk orang, dan kudu berdiri sepanjang 1 jam 45 menit sampe kantor. Asli bisa pingsan saya karena eneg dan darah rendah. Jadi daripada diminta bangun atau ngerasa bersalah karena ga kasih duduk ke orang lain, kadang saya suka belaga tidur aja, tentunya dengan pose dan mimik muka yang tetap cantik. Pernah sih pas lagi tidur, saya dibangunin, disuruh kasih duduk buat orang hamil. Karena emang sayanya juga lagi hamil dan lagi eneg, saya tolak aja, saya bilang saya lagi hamil juga dan lagi eneg. Akhirnya cewek di sebelah saya yang kasih duduk ke ibu hamil itu. Abis itu langsung berasa malu dan ga enak banget, sampe’ muka jadi merah dan panas, Pernah juga ada cewek yang tau-tau nowel-nowel saya dan dengan muka pucat berkata, “Mbak, tolong kasih saya duduk ya, saya udah mau pingsan nih..” Kalo’ udah kayak gini masa’ saya ga kasih duduk? Daripada dia pingsan dan nimpa saya + si baby, ya udah buru-buru bangun. Oh ya btw sedikit note ga penting aja, percayalah kalo’ di busway jelas cowok-cowok itu lebih baik hati dan tahu diri u/ kasih orang duduk.

– Dilema lain adalah pas saya sendiri ga kebagian duduk alias harus berdiri. Karena waktu itu kehamilan saya masih kecil, ga ada yang aware saya hamil dan ga ada yang tertarik ngasih saya duduk biarpun saya udah acting elus-elus perut dengan muka keibuan sekaligus penuh iba. Ya sudah nasib saya harus berdiri terus sepanjang jalan (untung kalo’ dipaksa ternyata kuat juga), karena saya paling anti minta duduk ke si penjaga busway atau ke salah satu penumpang, maklum saya sombong dan gengsian.

Semakin besarnya kandungan saya (dan semakin kelihatan), kadang ada aja orang yang cuek bebek ga ngasih duduk. Kayaknya pada jago pura-pura tidur semua, kayak saya. Ya sudahlah, selama saya masih kuat sih saya OK-OK aja. Tapi tentu aja orang baik masih ada. Sering juga kok ada orang yang langsung ngasih saya duduk pas liat perut gentong saya sekarang. Kalo’ udah ketemu orang baik model gini, langsung deh sepanjang jalan bawaannya saya komat-kamit memberkati ni orang, keluarganya, pekerjaannya, dll., bwahaha..

Intinya kalo’ dulu saya suka bela-belain pake dress model baju hamil biar orang aware saya hamil, sekarang mah pake baju biasa aja orang udah langsung ngeh bahwa ni cewek lagi hamil.

Terkait perut yang kecil dan belum gede-gede di trimester pertama, saya kadang jadi parno karena terus-menerus ditanyain orang, “Ih kok ga keliatan ya hamilnya..” dan jadi sering banget ngaca plus monitor progress penggedean perutnya. Padahal mestinya malah seneng ya karena ga kelihatan gendut dan gembrot. Cuma kan namanya bumil norak, jadinya pinginnya eksis dan keliatan hamil gitu (plus biar dikasih duduk kalo’ di busway).

Ngomong-ngomong naik busway, pernah juga loh pas saya lagi dapet duduk, eh ada seorang cewek berdiri yang pegangan (angkat tangan) ke atas. Dasar mata saya jelalatan, ga sengaja ni mata nangkep ketiak tuh cewek yang sumpah beneran item dan berbulu. Emang dasar lagi eneg dan mual ya, asli langsung loh itu kayak ada mercon yang meledak dari perut ke kerongkongan (atau tenggorokan?), dan langsung saya refleks “Hoekkkkkkk..” Nyaris mau muntah, sampe’ saya harus tutup mulut saya. Habis itu langsung keringet dingin gara-gara rasa mau muntah itu. Ampuuun.. cepet-cepet saya alihkan pandangan saya sambil mencoba menciptakan gambar virtual yang indah-indah dalam pikiran, misalnya makanan. Eeeeh dasar sial, karena posisi cewek itu ada di depan, di deket supir, mau ga mau pas saya liat jalanan, mata saya nangkep tuh cewek lagi plus bulu ketiak hitamnya yang lumayan lebat, dan langsung si mercon meledak lagi. Hoekkkk!! Langsung saya tutup mulut lagi cepet-cepet. Asli itu baru pertama kali sampe’ bener-bener pengen muntah dan hampir ga tahan. Udah deh abis itu saya memilih merem dan (pura-pura) tidur aja. Ketek perangsang mual nan kurang ajar, grrr..

Untuk pulang kantor, sejak bulan-bulan ketiga/keempat karena asli pulang dari daerah kantor ke apartemen naik busway itu adalah suatu derita tak berkesudahan (busway selalu full dan jalanan macetnya udah level kepar*t campur j*hanam), suami trenyuh juga dan akhirnya jadi jemput deh tiap hari pas pulang kantor. Horeeee.. Hidupku jadi lebih tenang sekarang.. Baik banget dia, padahal anter jemput saya lumayan macet loh dan takes time total pulang pergi itu hampir 4 jam buat dia. Cuma duitnya yang ga tenang karena bensin kudu isi 2 hari sekali hi-hi-hi..

Terus kalo’ soal makanan, seperti yang saya sebut tadi, saya so far masih makan dengan baik dan ga pernah muntah, syukurlah. Tiap siang saya bawa bekal (dibawain adik saya atau pesen anter ke Gojek) masakan nyokap yang notabene super sehat karena hampir selalu berpola 4 sehat 5 sempurna. Buahnya aja bisa dikasih sekotak buah yang dipotong-potong, kemudian ditambahin lagi dua botol jus buah. Kadang dibawain makanan buat sore juga. Plus nyokap lagi sering masak salmon. Pokoknya lumayan sehat deh, tapi kadang kalo’ malem saya suka makan di luar yang tentu saja kontradiktif dengan keadaan pas siang. Jadi kalo’ malem itu banyakan saya makan makanan ga sehat seperti bakmi, babi, dan segala makanan berminyak lainnya. Asli loh tiap abis makan makanan ga sehat, rasanya saya langsung ngerasa berasalah banget sama diri sendiri + sama si baby. Beda banget rasanya setiap abis makan makanan nyokap yang sehat : walaupun kurang enak dan ga suka, tetep ada rasa puas setelah selesai menyantapnya. Kayaknya berasa udah jadi mommy yang baik gitu. Jadi yah begitulah perasaan naik turun seorang bumil yang kadang makan sehat, kadang ga makan sehat. At the end bersyukur banget karena punya nyokap yang suka masak sehat gila-gilaan (ga heran anaknya ga bisa masak sama sekali).

Nah kalo lagi laper, pasti saya eneg dan mual. Jadi harus sebisa mungkin makan supaya ga laper. Kalo’ udah terlanjur laper dan enegnya nyerang, saya pasti jadi ga napsu makan. Jadi kadang kalo’ udah mau laper, suka langsung paranoid, langsung cepet-cepet hantam makanan biar mualnya ga kumat.. Untung setelah trimester pertama, rasa eneg ini menghilang.

‘Kesengsaraan lain’ adalah tiap ganti posisi tidur ke miring kiri/kanan, badan pasti langsung kegatelan. Kayak langsung kesemutan dan berasa pingin garuk semua bagian tubuh. Aneh banget deh, padahal sebelumnya ga pernah kayak gini. Jadi harus garuk-garuk dulu beberapa menit sampe’ semua gatel menghilang, trus abis itu baru deh bisa tidur. Nah masalahnya kan makin gede kandungan memang tidur disarankan harus miring kiri/kanan (lebih bagus kiri) kan? Jadi ya setiap malam saya harus melalui rutinitas kegatelan itu setiap kali switch dari posisi terlentang ke posisi miring. Bener-bener no idea, apa penyebabnya.

Selama masa hamil ini, asma juga masih terus menyerang, setia banget dia, heran! Terus obat asma yang biasanya ampuh banget buat saya ternyata ga boleh dipake’ selama kehamilan ini karena mengandung komponen apa gitu. Sedihnya.. akhirnya saya terpaksa ganti obat yang notabene ga gitu ampuh alias kadang ngefek, kadang nggak. Agak parno aja tiap kali asmanya nyerang dan saya harus batuk-batuk tanpa henti. Takut baby-nya kurang pasokan oksigen + keguncang-guncang gara-gara batuk yang ga berhenti. Semoga babynya ga apa-apa ya🙂 Saya selalu doain biar baby saya jadi anak yang kuat dan tahan banting (plus cinta mati dan takut sama Tuhan).

Selain asma, segala turunannya pun keluar juga, malah semakin parah, misalnya kegatelan. Tiap malem pasti badan kegatelan semua, ga jelas karena memang saya mengidap autoimun atau karena memang lagi hamil. Jadi kerjaannya ngegaruk mulu biarpun udah diwarning mengenai stretchmark. Aduh ga ngegaruk itu susah banget rasanya, asli. Bisa bikin pengen ngegebrak meja sampe’ retak, dan kalo’ udah ngegaruk itu rasanya nikmat banget, sampe’ langit ketujuh dan serasa di awang-awang. Udah dikasih Mustela juga sih – krim yang memang khusus buat anti stretchmark walaupun gatau seberapa ampuh krim ini.

Terus-terus, saya juga engap terus napasnya selama kehamilan ini, gatau kenapa, dan ini definitely saya yakin bukan engap gara-gara asma. Bawaannya deg-degan terus, jantungnya kenceng banget. Bukan ritmenya ya, tapi intensitas bunyi degup jantungnya itu kenceng banget (bukan cepet). Baca-baca internet sih katanya itu normal kalo kandungan udah gede tapi ini kan masih kecil banget, kok bawaannya engap mulu. Sampe’ udah cek dokter jantung juga katanya gpp, normal. Jadi ya udah dijabanin aja engap-engapnya. Ga kebayang kalo’ ketemu cowok kece, deg-deg-annya bakalan jadi kayak gimana. Jadi kalo’ lagi jalan-jalan, saya akan berusaha menghadap ke depan saja, tidak tengok kiri-kanan, apalagi jelalatan. Semoga berhasil.

Yang juga menyengsarakan adalah.. pipis mulu.. Huhuhuhu bayangin, saya yang biasanya pules bablas semaleman sampe’ pagi tanpa jeda, sekarang harus 5-6 x bangun ke WC di malam hari. Terus kalo’ pagi-pagi, saking udah parnonya karena bakal perjalanan panjang naik busway 1 jam 45 menit, saya bakal minum sesedikit mungkin gara-gara kandung kemih jadi ‘latah’ banget, demen banget pipis. Hadeuh, paranoid deh. Waktu ke Bandung aja saya pake’ pampers saking takutnya kebelet pipis. Tissue di WC itu jadi cepet banget abisnya. Rasanya 1 mingguan udah abis saking seringnya sesi pipis. Anehnya, makin gede kandungannya (maksud saya di trimester kedua) pipisnya malah mendingan loh frekuensinya, gatau kenapa. Bagus deh..

Selain pipis mulu, yang juga jadi sering adalah sendawa (/semacam cegukan sih tepatnya) dan.. kentut mulu. Suami saya ngotot bahwa sehari saya bisa kentut lebih dari 50 x, yang menurut saya sangat membuat hati tersinggung. Setelah berdebat kami ‘tiba’ dan setuju dengan angka 20 x / hari untuk frekuensi kentutnya. Biasanya sering terjadi di malam hari.

Kalau di atas bahas ‘sengsara’nya selama hamil, enaknya tentu juga ada. Orang jadi baik dan perhatian banget sama kita🙂 Bawa barang berat, ga boleh.. mau pergi ke mana-mana, selalu saya ditanyain mau ke mana dan mau makan apa. Naik mobil, selalu disuruh duduk depan, ga boleh sempit-sempitan sama yang lain di belakang. Hihi.. itulah enaknya, jadi berasa spesial banget.

Selama hamil, saya kan baru pertama kali ya dan notabene masih sangat super dodol. Jadi banyak hal yang saya gatau. Errr kalo’ pantangan makan mentah sih saya tau lah ya, karena sering denger. Jadi kalo’ ke Sushi Tei palingan pesen semua sushi yang mateng, ga peduli apapun itu, pokoknya saya hajar selama mateng. Ga peduli itu nama sushinya apa, tampangnya kayak apa, yang penting mateng. Hajar! Kadang susahnya adalah saya suka gatau ini makanannya mateng atau mentah sih? Jadi kadang biar safe semua yang terlihat atau terasa tidak mateng ya saya ga makan deh..Sedih juga karena saya yang doyan makan ini sekarang jadi ga bisa makan steak, karedok, salad, dll.

Nah, kalo’ pantangan lain saya banyak gak taunya. Misal ternyata orang hamil ga boleh ngecat rambut, ngecat kuku, makan anggur, dll. Ih bodoh banget ya saya, asli saya gatau loh kalo’ ga dikasitau temen saya. Untung dikasihtahu, soalnya baru aja saya rencana mau ngecat rambut sama kuku. Habis itu jadi parno karena takut masih banyak pantangan lain yang saya ga tahu. Akhirnya jadi sering google-google deh yang notabene ternyata berguna juga dan jadi banyak kasih wawasan buat orang awam dan bodoh macam saya.

Terkait hobi nonton bioskop, suami saya ga kasih saya nonton film horor or thriller-thriller. Huhuhuhu.. padahal itu salah satu genre favorite saya. Ya udah deh sementara nurut saja, karena saya tahu biarpun tegang-tegang nikmat, sepertinya efeknya memang kurang bagus ya buat janin.

Selama hamil juga ada kontraksi-kontraksi. Tapi jeleknya kadang saya suka ga ngerasa kalo’ saya lagi kontraksi. Tau-tau pas USG, dokternya bilang “Wah kok kecil dan sempit banget nih rahimnya, kasian babynya kejepit.. Ayo diminum obat kontraksinya..” Duh sedih banget rasanya tau baby kita kejepit tapi kita ga ngerasain. Habis itu saya suka makan obat kontraksinya random, untum meminimalisir resiko kontraksi. Kata dokternya sih gpp minum obat random gitu, ga ada efek sampingnya.

Mengenai emosi ga stabil dll. yang katanya jadi ciri khas orang hamil, rasanya saya fine-fine aja ya. Datar-datar aja gitu. Ga ngerasa lebih sensitif sih. Tapi gatau deh orang lain ngerasanya gimana. Untuk stress, saya berusaha banget untuk manage ini dengan baik terutama urusan kantor. So far masih bisa kehandle dengan baik sih syukurlah.

Untuk susu hamil, awalnya saya minum, lumayan rajin. Lama-lama males juga, udah gitu rasanya ga ada enak-enaknya acan lagi. Plus saya udah banyak bener pasokan minuman bergizi seperti jus dan susu cokelat biasa, belum lagi kaldu ayam yang nyokap sering masakkin. Jadi akhirnya saya berhenti deh minum susu hamil karena ga yakin juga ada gunanya. Semoga si baby baik-baik aja (lagi).

Sekian cerita dari balik perut. Trimester kedua akan segera menyusul ya storynya.. Ke depannya tentu rasa kuatir selalu ada. Banyak banget kisah-kisah tentang orang keguguran dll. yang kadang bikin saya paranoid banget. Tapi toh ga ada jalan lain selain dijabanin dan berserah kan? Malah makin bagus karena saya jadi makin belajar untuk percaya dan berserah sama Yang Di Atas, bukan pake’ kekuatan saya sendiri. Belum lagi soal penyakit saya yang banyak banget, mulai dari mata dengan minus tinggi, asma yang parah, plus suami juga asma dan eksim. Rasanya ga kebayang gimana nanti si anak akan nurunin semua itu, apalagi pas masih baby/masih kecil. Pasti kasian banget. Yah, di situlah kami harus belajar berserah. Yang penting pasti yang terbaik yang dikasih buat kami dan pasti kami dikasih kekuatan untuk ngadepin semua itu. Amin..

6 Responses to "Story Behind The Tummy (1)"

Cia yo fanny. Pasti nanti si baby akan kuat seperti mamanya.

Sama, lg hamil anak kedua, gua juga mual parah kl telat makan, dan harus diisi karbo kl laper, ga heran berat gua bengkak sampe 27 kg naeknya.

Pengalaman gatel gua pernah alamin, itu pas abis SC. Ntah kenapa efek obat anestesi bikin gua gatel2. Mana ga boleh mandi atau bahkan di lap sebelon gua kentut hiksss, trus krn rooming in, ac kamar hanya suhu ruang aja 26 derajat. Tersiksa gua krn gatel.

Sehat selalu ya…. muah

Hoaaa thank you Mommy Ingeeee.. Iya sengsara bener gatelnya ya.. Semoga kuat deh.. Hadeuh Nge 27 kg itu parah bener ya😀 ga kebayang engapnya.. Jadi udah ready buat anak ketiga dong? :p

Anak ketiga….? Oh no, ikut program pemerintah, 2 anak cukup.
Engap? Bangetttttts. Padahal anak gua bisa lahir di tgl cantik 14 Feb, tp gua ogah, udah berat bawa badan, hahahaha.

Bwahaha.. iya 2 udah cukup deh, ud komplit pula kan cowok dan cewek😀
Sama Nge, gw juga pingin cepet-cepet delivery gitu, haha.. pingin cepet cuti n istirahat dari kerjaan juga (biarpun nanti di rumah juga malah ga ada istirahatnya kali ngurusin si baby) :p
Have a great weeekend!

congrats Fanny..semoga semua lancar smpe persalinan ya

Thank you Ikaaaa😀 Muah2..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

<<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplusteh70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi 😑😑😑😑😑😑😑😑😑 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah 🎂

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❤👪❤ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue 😗

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan 📷 : @lieta73 😀 Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake 🎂 by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? #aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella Aimee 1st cake 🎂 🎂 @colettelola

#masihedisiulangtahun #aimee #birthday #1yearold #baby #cake #coletteandlola #chocolate Happy Birthday Aimee 🎂

#masihedisiulangtahun #aimee #birthday #1yearold #baby #changthien #keluargakaret #perayaanbatchpertama #greendresscode Happy birthday sweetheart 😀

Even the power of words (whom I trust the whole of my life) can't describe how I feel for this 1 year journey. 
It's a mixed of rollercoaster jaw-dropping, calming and peaceful feeling from rain and soil smell, soap opera laugh and tears, and so on.. Oh, and one thing for sure I know now what is heavy backpain and sleepless night, lol.. Mommy and Daddy woof you berry berry munch, sweet lil' monster.. Thank you for making me a better person, someone I never knew I could be.. ❤👪 #aimee #birthday #1yearold #baby #perayaanbatchpertama #chsngthien #bihunikanpalingenaksedunia #celebration #dinner #family Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak 🐄🍴🍽 #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo 😂

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design

Blog Stats

  • 405,266 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

September 2015
M T W T F S S
« Jul   Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: