Fanny Wiriaatmadja

Selamat Ulang Tahun, Ayah

Posted on: May 20, 2015

HBD

Hai Ayah,
Apa kabar?

Sebelumnya, selamat ulang tahun dulu ya..
Kalau Ayah masih di sini, umurmu sekarang 73 tahun..
Ada rambut putih yang berusaha kau sepuh,
Ada ketiak dengan bau khasnya yang terekspos saat kau tidur dengan gaya andalanmu,
Dan sejuta memori lain yang bersarang hangat di hati dan pikiran

Di hari ulang tahunmu ini,
Pasti kita sedang makan bersama malam ini, riuh-rendah-ramai dengan ocehan cucu-cucu Ayah,
Lengkap dengan tiupan lilin dan potong kue.
Serta doa yang terujarΒ pelan dalam hati, tulus untuk Ayah

Ayah,
Aku sungguh rindu tawa bahagia dan binar tulus matamu
Ada begitu banyak yang ingin aku ceritakan,
Walaupun aku tahu Ayah tahu.

Tentang pekerjaan, pindah-pindah lompat-lompat kantor yang aku alami sampai sekarang
Boss bule dari Australia dengan aksen New Zealand yang kental di kantor sebelumnya,
Yang membuatku pusing tujuh keliling tak tahu dia bicara apa
Nyerocos panjang lebar dengan aku mengangguk-angguk seolah paham
Padahal dalam hati aku menjerit penuh nestapa
Merasa malang karena hampir tak mengerti sepatah kata pun
Mengutuk diri karena punya telinga dan otak bebal

Ah, kalau aku cerita, Ayah pasti akan geleng-geleng tidak percaya
Ayah akan menganggap aku anak rendah hati yang hanya mengaku tak mengerti
Karena Ayah selalu menaruh percaya dan bangga di atas rata-rata pada semua anaknya

Ayah,
Sekarang sepertinya aku bisa loh bayarin Ayah jalan-jalan
Ayah mau ke mana pun, kami semua sekarang bisa, mampu, dan sanggup membawamu
Memboyongmu ke Xiamen, Fujian, Guangzhou, sebut saja yang kau damba
Maka kami siap berangkat

Sayang, semua belum kesampaian ya..
Dan kami kini melimpahkan semua hasrat itu ke Ibu..
Semoga Ayah pun bisa menikmati semua perjalanan kami dari atas sana ya.
Dan kami tahu ada senyum bahagia Ayah untuk kami..

Ayah,
Ingat tidak waktu aku jadi guru les privat?
Gajiku cuma tujuh ratus ribu waktu itu
Tapi Ayah gembar-gembor ke semua temanmu, memberitahu mereka gajiku
Banggamu bukan main, padahal aku nyaris tutup wajah karena malu

Tapi itulah engkau
Aku tak tahu dengan sekarang Ayah
Kalau Ayah tahu gajiku yang mungkin memang sudah berlipat dari tujuh ratus ribu itu,
Entah apa rasa yang ada dalam hatimu
Dan entah semembuncah apa rasa banggamu padaku, dan pada semua anakmu yang lain
Aku tak tahu, seberapa sebal dan bosan pastinya teman-temanmu mendengar kisahmu tentang anak-anakmu

Ayah,
Aku sudah menikah
Ayah sama sekali tidak sempat bertemu suamiku
Sayang ya..
Tapi dia permah datang mengunjungi Ayah kok..
Aku tahu Ayah melihatnya,
Percayalah dia akan menjagaku dengan baik, walaupun tentu saja tidak bisa menandingi kasih sayang Ayah
Serbuan cerita penuh bangga dariku tentang sosok Ayah, selalu memenuhi hari-harinya
Semoga Ayah menyayanginya, sama seperti aku menyayanginya
Dan aku percaya dia juga menyayangi dan mengenal Ayah dengan baik
Dia tahu jelas betapa cinta mati istrinya pada sosok ayahnya, dan tahu jelas bahwa posisi Ayah di hatiku tidak akan tergantikan, bahkan oleh dirinya

Ayah,
Kalau Ayah masih ada, Ayah sekarang sudah punya 5 cucu
Dan 6, kalau semua lancar.
Cucu lelaki yang Ayah dambakan sudah ada,
Namanya Jamie
Anaknya ceriwis bukan main, bicara tiada henti, suaranya melengking membuat semua ingin muntah
Ayah pasti pusing dan mabok berada dekatnya
Tapi pasti Ayah bahagia, karena Ayah selalu dan selalu begitu.
Cinta pada keluarga tak terbandingi

Ah Ayah, aku rindu pisan..
Entah harus dilampiaskan ke mana dan bagaimana.
Kadang sungguh membuat frustrasi, ingin menjungkirkan dunia, ingin menjerit, ingin menendang apa pun yang ada di sekitar, apapun itu..

Ayah,
Seperti biasa aku menulis ini dalam linangan air mata
Tak terbendung, tak terhenti
Bahkan pagi hari kemarin saat duduk di busway, melihat pria tua sepantaran dirimu,
Air mataku langsung meledak
Menghempas dahsyat, dan tak bisa kupeduli lagi pandangan orang

Ayah,
Lagi, kau tahu betapa cinta, rindu, dan sayang kami pada dirimu
Tidak usah berharap muluk pada waktu yang kami harap berputar kembali,
Karena dia makhluk kejam tanpa rasa, dan karena semua sesal tiada guna sekarang

Yang terpenting adalah hati,
Yang terus terkoneksi tanpa henti denganmu
Dengan bayang dirimu, memori akan engkau, bau tubuhmu, senyummu, hidung mancungmu, gantengmu, semuanya..
Yang penting adalah mimpi yang sesekali datang membawamu, menghadirkanmu
Membuat kami melepas rindu sekaligus membuat pedih saat terbangun, berharap tak bangun lagi

Selamat ulang tahun Ayah
Kecup cium, peluk dekap seerat mungkin
Belai mesra dan tatap lembut kami untuk Ayah
Dari istri, anak-anak, cucu, dan calon cucu

Kami sayang Ayah..

Jakarta, 10 May 2015

7 Responses to "Selamat Ulang Tahun, Ayah"

i can’t stop my tears reading this, fan.. also miss my pop soooooo much.

Iya.. susah bgt ya u/ ga nangis everytime we remember him.. πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯

Ndak terasa jadi nangis ….😒

Haha iy Nes sedih kalo inget Bokap huhuhu..

Ci surat cintamu buat bokap romantis amat sihh.. gua jadi termehek2 hiks

Haha masa si? Romantis ya? :p

Haha masa si? Romantis ya? :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak πŸ„πŸ΄πŸ½ #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo πŸ˜‚

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design Yg masak mau kawin tampaknya.. #bintanggading #pik #elanglaut #noodle #bakmi #pork #porknoodle #asinbangetyangdisini πŸ˜²πŸ˜πŸ˜–πŸ˜• Tryin' this just now.. Agak kecewa.. rasanya flat banget dan ga ada wangi2nya.. istilah gw : rasanya cuma di lidah dan ga nyampe' ke hidung πŸ˜…

However teksturnya bener lembut dan agak basah, jadi gak seret kayak kue bolu.

Suggestion : mending rasa matcha-nya ketimbang original cheese cakenya. Rasanya lebih intense.

#fuwafuwa #cheesecake #pik #elanglaut #kue #cake #dessert #japan Kemasannya lutjuuu πŸ˜„ #samyang #samyangcheese #instantnoodle #korea #mieinstant #mujigae #pluitvillage #bulgogi #koreanfood #kimchi #chicken #dinner #food #instafood #tiramitsu ala my sister 
#cake #handmade #baileys #dessert Lunch batch 1, diikuti nasi padang #kalimantan #noodle #bakmi #pontianak -> supercool ❀😢😢😢❀ #tyrionlannister #tyrion #gameofthrones #georgerrmartin #series #lannister #biarceboltapikece Happy playin' with the new playmat and fence *for only 10-15' and then yellin' askin' to get out

All is rented via @gigel.id

#playmat #fence #cobyhaus #baby #aimee πŸ³πŸ‹πŸ¬πŸŸπŸ πŸ‘ #sulawesi #megakuningan #seafood #parape #ricarica #dinner #squid #crab #soka #makassar πŸ·πŸ–πŸ½ #babipanggang #pork #pig #food #brunch #asemka #gataunamatempatnya 😢😢😢 #halloween #latepost #gardin #bali  #green #greenery #traveling Coffee? No, please.. #gadoyan #inipunyasuami #coffee #seniman #senimancoffee #bali #ubud #cafehopping #wisatakulinerbali #wisatakuliner #traveling πŸŒ™πŸŒ›πŸŒœβ˜β­ #selfie
#smile 
#goodnite
#seeyoundari May our path cross again in the future @alicia_tibob 
#farewell #sundari #alfalaval #hrd #teamwork πŸ·πŸ–πŸ½ #porkbelly #pork #porkneverdies #bali #slipperystone #greek #food #instafood #travelling #dinner #cafehopping

Blog Stats

  • 404,271 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

May 2015
M T W T F S S
« Apr   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: