Fanny Wiriaatmadja

Kisah Ponakan Designer dan Ukulele

Posted on: May 5, 2015

Tom-Downer-Bass-Guitar-Ukulele-5-string-Banjo-Mandolin-Lessons_141764_image

Suatu saat saya datang ke tempat penjahit langganan keluarga, bersama cici, para ponakan, dan mama.

Karena saya ga bikin baju, sementara 4 orang lainnya berniat bikin baju yang notabene dimulai dari tahap 0, maka bengong totallah saya. Ngomong-ngomong, karena si penjahit sedang ada customer lain, maka kami sekeluarga diarahkan dulu ke ponakan perempuannya yang katanya designer juga.

Setelah berkutat dengan game dan segala social media di HP dengan signal pas-pasan, akhirnya mata saya mulai jelalatan di tengah diskusi hangat keluarga saya dengan ponakan si penjahit yang sepertinya umurnya lebih muda lebih saya. Dan saya tahu jelas dari gesture keluarga saya bahwa mereka ga terlalu nyaman dengan saran-saran berbau agak sok tahu dari si ponakan penjahit terkait design baju pesta yang keluarga saya mau buat. Ehm, kasarnya usianya yang muda sepertinya belum terlalu memungkinkan dia dengan proper untuk bicara dengan nada (sok) pintar dan menggurui. Di satu sisi saya ceritanya berusaha memaklumi; namanya abege tentu saja mau dapat pengakuan akan kapabilitasnya sebagai designer dan akibatnya Ybs. jadi bersikap over ke client menurut saya.

Sambil terngantuk-ngantuk saya nangkep sayup-sayup seruan-seruan di ponakan designer yang penuh semangat 45, “Nah, benar saya bilang kan? Kalo’ putih warnanya jadi ga bagus, backdrop lamp-nya nanti nimpa. Bener kan? Ga bagus, saya udah bilang. Coba, nanti orang mau foto cici, cici jadi putih semua gitu, hayo, menurut cici gimana? Bener ga’ kata-kata saya?”

Ih seru loh..

Gak lama, mata saya nangkap bahwa di dinding belakang dia ada gitar nganggur. Saya kan udah taunan ya ga main gitar. Daripada bengong akhirnya saya bilang aja ke dia, “Eh, sorry interupt, boleh pinjem gitarnya ga yang di belakang itu?”

Si ponakan nengok, terus balik natap saya dengan mata bulatnya, kemudian bilang dengan nada meminta maaf, “Aduh sorry banget ya, gitarnya bukan punya saya..”

Saya agak bingung sih, kalo’ gitu punya siapa? Dan saya pikir sebenernya kalo’ pun saya mainin gitarnya, ga bakal rusak atau menurunkan performance si gitar sih. Tapi ya udah, saya kan ceritanya berusaha baik hati dan sabar, mengerti perasaan orang lain dan menempatkan diri di posisi orang lain yang sama sekali tidak saya mengerti.

Jadi saya cuma bilang, “Oh ya udah gpp..” walaupun rasanya malu banget ditolak begitu bwahahaha.. Udah gitu cici saya liatin saya dari jauh dengan mata memicing dan dengan nada ga seneng seolah bilang, “Ngapain sih lo bikin malu minjem-minjem gitar orang, kaga kepantesan..” dan sukses bikin saya jadi super bete.

Si ponakan kayaknya ngeliat muka saya yang berubah kali ya dan ngerasa ga enak. Padahal saya bukan marah ke dia loh, tapi lebih sebel sama cici saya.

Terus si ponakan bilang, “Aduh sorry banget ya, soalnya itu bukan gitar saya. Kan kalo’ bukan milik saya, saya ga berani ya. Nanti kalo’ tau-tau yang punya dateng kan saya ga enak ya.. Kalo’ saya yang punya, oh pasti saya akan pinjemin, ga mungkin saya ga pinjemin. Cuma kan ini bukan saya punya, saya ga berani..”

Dalam hati : iya, iya, daritadi juga lo udah ngomong gitu. Ini kok diulang-ulang mulu semua kalimatnya, mirip-mirip nyaris sama persis lagi. Ga efektif banget kalimatnya. Ntar gw privatin Bahasa Indonesia, baru tau rasa lo.

Saya ngangguk aja sambil senyum manis, padahal masih ngelirik cici saya dengan tajam penuh kekesalan.

Eh si ponakan kepo lagi, bukannya kasih saya diem tenang, langsung nyerocos lagi, “Pasti suka nyanyi ya.. Wah pasti juga jago nih main gitarnya.. Kalo’ nggak, nggak mungkin bisa tau-tau mau minjem gitar..”

Saya padahal lagi pingin menyendiri dan berkubang dalam kebetean sendiri, denger dia masih ngoceh-ngoceh ga karuan gitu, terpaksa dong harus ngeladenin juga. Kan ceritanya anak baik hati dan tidak sombong, cuma demen ngambek aja. Akhirnya cuma bisa senyum lemah aja sih dan bilang, “Nggak kok, cuma iseng aja, cuma bisa main dikit-dikit..” -> padahal sih jago banget.

“Ooooh.. eh kalo’ gitu nonton The Voice aja mau ga? Kalo’ suka main musik, pasti dijamin demen sama The Voice. Kan bagus banget tuh.. Aku stel-in aja ya? Bagus loh, bisa terkagum-kagum deh. Pasti demen..”

“Ngggg, ga usah, gpp.. lagi ga pingin nonton..”

“Ih gpp, aku stel-in aja, pasti kamu suka deh..”

Dalam ati, saya juga tau kali The Voice. Cuma kan lagi ga pengen nonton.

“Nggak usah deh..”

“Oooh kalo’ gitu apa main Ukulele aja? Aku kalo’ gitar ga bisa bantuin pinjemin. Tapi kalo’ Ukulele, aku kayaknya ada. Nanti aku cariin nih abis ini..”

“Errrr ga usah..”

“Eh gpp, seru kok! Pasti kamu demen..”

“Ga usah, saya ga bisa main Ukulele..”

“Gpp, cobain dulu aja..”

*hening* udah gatau mau bales apa. Duh dek, dek, aku ngerti kamu ngerasa bersalah karena ga bisa minjemin gitar itu, but I’m totally fine with that. Beneran ga usah dan ga perlu nyodorin The Voice, apalagi Ukulele. Alat musiknya kayak gimana aja saya kaga tau, sumprit! Udah sana fokus ngurusin design nci’ dan nyokap gw! Grr!

Abis itu, saya udah gatau mau ngomong apa, jadi sebelum dia beranjak ngambil Ukulele-nya, saya pamit ke WC, abis itu langsung BBM pacar (waktu itu) minta jemput.

Ta-Daaaa, sekian intermezzo hari ini bersama dengan Ponakan Super Kepo bin Ga Ketulungan.. *semoga ga pernah bersua lagi.

NB : Habis itu si penjahit selesai dengan customernya, terus ketemuin cici dan mama saya. Dan… semua design yang tadi udah dibuat dan ditawarkan sama si ponakan, langsung ditolak cici dan mama saya, dan mereka minta si penjahit untuk design-in ulang lagi SEMUA gaun yang mereka bikin. Uhuk! Hei ponakan, main Ukulele saja sana!

 

Leave a Reply

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak 🐄🍴🍽 #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo 😂

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design Yg masak mau kawin tampaknya.. #bintanggading #pik #elanglaut #noodle #bakmi #pork #porknoodle #asinbangetyangdisini 😲😝😖😕 Tryin' this just now.. Agak kecewa.. rasanya flat banget dan ga ada wangi2nya.. istilah gw : rasanya cuma di lidah dan ga nyampe' ke hidung 😅

However teksturnya bener lembut dan agak basah, jadi gak seret kayak kue bolu.

Suggestion : mending rasa matcha-nya ketimbang original cheese cakenya. Rasanya lebih intense.

#fuwafuwa #cheesecake #pik #elanglaut #kue #cake #dessert #japan Kemasannya lutjuuu 😄 #samyang #samyangcheese #instantnoodle #korea #mieinstant #mujigae #pluitvillage #bulgogi #koreanfood #kimchi #chicken #dinner #food #instafood #tiramitsu ala my sister 
#cake #handmade #baileys #dessert Lunch batch 1, diikuti nasi padang #kalimantan #noodle #bakmi #pontianak -> supercool ❤😶😶😶❤ #tyrionlannister #tyrion #gameofthrones #georgerrmartin #series #lannister #biarceboltapikece Happy playin' with the new playmat and fence *for only 10-15' and then yellin' askin' to get out

All is rented via @gigel.id

#playmat #fence #cobyhaus #baby #aimee 🐳🐋🐬🐟🐠🐡 #sulawesi #megakuningan #seafood #parape #ricarica #dinner #squid #crab #soka #makassar 🐷🐖🐽 #babipanggang #pork #pig #food #brunch #asemka #gataunamatempatnya 😶😶😶 #halloween #latepost #gardin #bali  #green #greenery #traveling Coffee? No, please.. #gadoyan #inipunyasuami #coffee #seniman #senimancoffee #bali #ubud #cafehopping #wisatakulinerbali #wisatakuliner #traveling 🌙🌛🌜☁⭐ #selfie
#smile 
#goodnite
#seeyoundari May our path cross again in the future @alicia_tibob 
#farewell #sundari #alfalaval #hrd #teamwork 🐷🐖🐽 #porkbelly #pork #porkneverdies #bali #slipperystone #greek #food #instafood #travelling #dinner #cafehopping

Blog Stats

  • 404,271 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

May 2015
M T W T F S S
« Apr   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

