Fanny Wiriaatmadja

Cerita Kawinan (6)

Posted on: April 29, 2015

Semoga ini yang terakhir..

Acara & Persiapan Acara

Acara saya standard aja sih. Pagi dandan di hotel (Aldi dari MayMay dateng ke kamar) terus ritual penjemputan di kamar saya, terus saya ke kamar pengantin cowok untuk sungkeman sama calon mertua.

Abis itu pemberkatan di gereja, terus balik ke hotel untuk foto (sebelumnya makan catering Say It With Food dulu di kamar) di area hotel dan di restoran Lobo. Sebelumnya saya pernah makan di Lobo ini dan suka banget sama interiornya, jadi pas confirm married di Ritz ini saya udah ijin minta supaya boleh foto di sini. Untung dikasih.

Hari itu ternyata sempet ujan, jadinya kami ga bisa foto di pool, sayang juga.

Habis sesi foto siang harinya, saya lanjut retouch di sore harinya (Aldi dateng lagi), terus te-pai. Karena retouchnya lumayan bongkar ulang, te-painya jadi agak telat. Habis te-pai, keluarga bisa langsung makan duluan, sementara saya dan suami naik dulu ke kamar, nongkrong satu jam-an sampe’ jam 7-an, sebelum kemudian turun untuk prosesi pesta. Udah deh gitu doang, tapi asli capek banget loh. Bajunya juga lumayan berat dan sepertinya kawat di baju sebelah kiri lumayan ngegencet, samppe’ badan kiri saya di bawah ketiak habis itu berasa sakit dan memar dikit.

Balik dikit soal make-up, selain make-up saya, Aldi juga make-up-in ponakan saya (pengapit) sama cici kedua saya. Cici pertama saya, ipar dll. semua make-up di MayMay juga, tapi sama orang lain.

Untuk pipis-pipisan, hari itu saya cuma pipis dua kali doang. Ajaib deh. Pipisnya pun dibantuin sama pengapit alias keponakan saya. Seinget saya paginya emang sih nyokap kasih saya ramuan china itu tuh, apa ya namanya lupa, sehingga pipisnya bisa ketahan. Padahal saya minumnya lumayan banyak loh. Ajaib memang ramuan itu.

Kemudian untuk sore hari itu, Cici saya bawa makanan dari luar sekitar 10 box makanan, buat para babysitters, fotografer dll. Jadinya sebelum acara mereka bisa makan dulu di ruang te-pai dan mereka memang ga terhitung di jumlah pax acara, sudah kesepakatan dengan pihak hotel. Untung dikasih.

Mengenai baju, dari keluarga saya temanya pink sedangkan dari pihak keluarga suami, temanya Cyan. Kenapa ga nyambung gitu ya? Saya juga gatau.. Dari awal saya maunya pink aja biar gampang dan supaya ga nyusahin orang, tapi karena keluarga pihak suami sudah punya warna andalan, saya sih fine-fine aja. Malah lebih bervariasi dan lebih cerah warnanya, lebih bagus.

Periode-periode paling sibuk sebenernya sih pas 2 mingguan sebelum hari H ya, apalagi seminggu sebelum hari H. Rasanya semua numpuk jadi satu. Apartment belum beres, list tamu belum beres, undangan baru jadi dan lagi sibuk bagi-bagiin + print-print label undangan, list te-pai belum fix, list tamu untuk di buku penerima tamu juga belum beres, sticker buat angpau belum dibikin, permen belum dibeli (tadinya kan mau beli permen buat ngisiin kaleng souvenir), kotak angpau belum dibeli (akhirnya beli di Mangga Dua, lupa harganya yang pasti lebih murah daripada nyewa), angpau-angpau buat pengapit, penerima angpau belum diisiin, dan banyak lagi printilan yang lain. Belum itinerary yang selalu berubah, PIC-PIC yang harus dibrief rundownnya (PIC penerima makanan, PIC yang ngurusin souvenir, PIC yang ngurusin kotak angpau, para penerima tamu dll).

Yang ribet juga adalah metode penerimaan tamu. Karena kami makan buffet yang langsung itung pax dan tamunya juga terbatas, system penerimaan tamunya agak membingungkan juga. Saya prefer pake guest list dan tamu yang masuk akan dicentang namanya, sementara suami maunya pake sistem orang masuk, alias setiap orang masuk, langsung dicatet aja berapa orang. Jadi ga usah tau namanya siapa-siapa. Bingung kan? Dari hotel sistemnya beda lagi, mereka pake’ bowl aquarium gitu. Tiap adult masuk, mereka masukkin kertas putih. Kalau anak kecil, kertasnya item. Nah, tambah ribet. Terus orang hotel punya checker manualΒ juga. Ahhh pokoknya banyak banget dan asli di akhir itu pas kami cek, jumlah tamunya sepertinya ga akurat banget deh. Ada beberapa anggota keluarga saya yang ga kena itung, ada 2 orang masuk diitungnya 5 orang. Ada yang udah masuk terus ke WC, eh diitung lagi. Jadi beneran kacau. Tapi ya udahlah, udah lewat. Itu memang part dari ribetnya ngitung per pax seperti itu. Yang penting syukurlah semuanya berjalan cukup lancar.

Nah masa-masa persiapan itu, di minggu terakhir saya pulang jam 11, 12 malem bahkan jam 1 subuh setiap hari, sementara badan mestinya ud dipersiapkan buat acara. Mestinya relax, istirahat dll. tapi peak-nya malah di minggu terakhir itu dan boro-boro bisa istirahat. Paling hantem Vitamin C aja terus sih.

Terus saya sempet cuti di hari Rabu untuk acara ceng ranjang, kemudian hari Jumat untuk acara persiapan, yang isinya latihan prosesi pemberkatan, spa terakhir sebelum acara, terus test-make-up. Sebelumnya hari Kamis malam, saya sudah nail-art-an di Grand Indo. Bener-bener minggu yang sibuk.

Cantik-Cantikan

Nah, masih part dari persiapan, namanya juga cewek. Tentunya pengen juga ikutan kayak calon penganten lain, ngelakuin ritual-ritual pre-married umumnya. Saya cuma spa aja sih. Tadinya cukup takut spa karena saya orangnya geli-an, takut kegelian pas dipijit badannya gitu. Tapi ternyata enak yah.. dan mahal, grrr.. Waktu itu saya ambil di Tamansari. Dan abis itu jadi ketagihan, yang ada jadi ritual umum, bukan dalam rangka persiapan married lagi. Intinya sih pijat-pijat gini saya cuma lakuin di badan aja. Untuk wajah saya ga mau touch sama sekali karena takut alergi atau ga cocok.

Terus sempet juga lakuin ritual whitening armpit dll. Yang telat banget notabene. Seminggu sebelum hari H, saya baru start. Jadinya ga ada efek apa-apa deh haha. Saya coba di Michani Clinic di Pantai Indah Kapuk gara-gara referensi di internet. Katanya murah meriah, sekali whitening cuma 300-400 ribuan. Pas selesai, saya kaget lihat tagihan 1 juta lebih. Ritualnya emang bener 300-400 ribuan, tapi krim perawatannya (ada sekitar 6 krim) ratusan ribu, Asli eneg banget, tapi saking shocknya, kartu kredit langsung keluar. Duh.. Abis itu ga pernah tuh balik ke situ lagi. Kapok!

Soal kuku juga pingin sih kuku lebih cantik. Tapi saya paling takut mani-pedi, jadi cuma mau ngecat kuku aja pake motif aneh-aneh. Saya bikin di Grand Indonesia, nama tempatnya lupa. Di basement itu loh. Tapi saya ga bikin yang 3D karena ngerasa susah maintainnya dan ehm agak norak. Jadi yang simple aja. Pas udah milih motif yang saya mau, saya iseng ganti warna dasarnya jadi pink (tadinya biru keputihan gitu). Yang ada akhirnya jadi jelek, hix. Ya sudah deh, sudah terlanjur pilihan sendiri.

Btw salut ya sama mbak-mbak yang bisa telaten ngegambarin satu-satu motif di kuku kita. Saya aja udah gerah dan ga bisa diam banget, pengen cepet kelar. Salut sama mereka yang bisa begitu sabar, udah gitu matanya bisa tajem gitu lagi.

Ribut-Ributan

Namanya kawinan gini tentu ada (banyak) ribut-ributannya, termasuk saya dan pasangan. Kesibukan dan ke-hectic-an masing-masing bikin kami jadi gampang naik darah, belum lagi interupsi dari dua keluarga yang beda pemikiran, beda pengennya, beda selera. Ampuun, emang bener ya mending nikah tamasya aja kadang-kadang. Sometimes saya terlalu nge-push dia untuk urusan ini-itu sementara dia juga harus discuss sama orang tuanya. Sometimes juga saya ngerasa dia kerjanya ‘lelet’ banget, ini-itu banyak yang belum beres. Hihihih kayaknya triggernya lebih banyak dari saya ya?

Saya sendiri juga banyak gesekan dengan keluarga saya sendiri. Asli banyak friksi dan pertengkaran yang terjadi. Saya ngerasa mereka ga bisa ngertiin dan nempatin diri di posisi saya, dan mungkin mereka pun ngerasa saya terlalu aneh maunya.

Hal kecil kayak sepatu nyokap, saya pinginnya yang bagus supaya nyokap juga tampil cantik, bisa bikin ribut sama cici karena cici ngerasa sepatu yang ada udah bagus, padahal saya ngerasa sepatu itu kayak sepatu buat ke pasar. Yang ada tercetuslah kalimat, “Emangnya pesta mau adu keren-kerenan..” dan saya langsung nangis lagi dalem ati karena ngerasa, “Ini pesta saya, ga ada yang bisa ngerti.. cuma karena ini hanya pesta keluarga kan bukan berartiΒ saya ga berhak pingin mama tampil cantik dan proper..” Tapi rasanya semua orang under-estimate segala hal. Begitu giliran saya ga mau pake kue, ga mau pake bunga, dll. semua juga ngomel karena katanya ga pernah ada pesta tanpa kue, undangan, dll. Rasanya pengen bales bilang, “Kan bukan buat gegayaan!”

I mean, standardnya jadi ganda. Di satu sisi saat gw mau sesuatu yang more/advance, mereka nolak dengan alesan ini cuma pesta keluarga dll. Di satu sisi saat saya mau sesuatu yang less, mereka complain, bilang ga proper. Jadi rasanya semua serba salah.

SayaΒ juga jadi sensitif banget. Kayak cici-cici saya baru mulai bikin baju 2 bulan sebelum acara, itu sempet bikin bete. I mean, kesannya underestimate dan ga menghargai banget alias ngegampangin banget. Coba kalau itu pesta mereka sendiri, gimana rasanya?

So asli beneran hati tuh diobrak-abrik banget selama proses persiapan pernikahan ini, terutama yang nyangkut keluarga. Ga heran kalo’ banyak yang putus di masa-masa persiapan seperti ini. Seminggu terakhir sebelum hari H, saya dan pasangan yang mestinya udah ga boleh ketemu demi buat nenangin hati, siapin diri dll., masih aja ketemu karena memang banyak hal yang belum beres. Masih ribut-ribut, bete-betean, sindir-sindiran dan masih banyak lagi.

Untung akhirnya sekarang semua sudah berakhir dan kita bisa kembali netral. Ga ada hal jelek yang terus dibawa-bawa atau diungkit-ungkit lagi. Fiuhh..

Demikianlah cerita super panjang mengenai kawinan ini. Intinya yang penting bukan pestanya kan, but gimana kita ngejalanin ke depannyaπŸ™‚

IMG_20150316_235637 IMG_20150317_000048Β IMG_20150403_205916

Tags:

4 Responses to "Cerita Kawinan (6)"

Fan, baca cerita kawinan loe, seru banget ya. And bikin gua bersyukur, gua married di Aussie. Hehe… Lebih simple! And meskipun ada juga sih hal2 kecil yg diributin tapi ga ada apa2nya dibanding semua kesibukan loe. Anyway, congrats ya…….

Hoaaaa Ciiii ember, ribet abis haha.. di Aussie lebih simple ya pastinya? Thank you anywayπŸ˜€

halo ci FAnny.. seru bgt deh baca blog cici.banyak yg bikin ngakak! apalagi baca blog cerita kawinan cici.. keknya ribet ci,jadi serem kalo oneday persiapin merid >.<

Haha thanks Tin..
Gpp gpp pelan2 persiapan married pasti bisa kok :p
Cuma perlu waktu, kesabaran, ketelatenan, kegigihan, kerajinan, dll. hihihihi..

Leave a Reply

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,697 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Refreshing morning view
.
#view
#morning
#bandung
#mercure
#nature
#familyholiday I must get it!!
.
#aimee
#minnie
#baby
#mercure
#bandung
#holiday
#family Christmas is everywhere 🌲
.
.
#christmas #christmastree #bandung #bandungtrip #aimee #transluxuryhotel #instatravel #instababy FAMILY πŸ‘¦πŸ‘§πŸ‘¨πŸ‘©πŸ‘΄πŸ‘΅πŸ‘ΆπŸ‘±
.
.
#family #bandung #bandungtrip #transluxuryhotel #familyportrait Tempatnya loetjoe. That's it.
.
.
#dinner #bandung #missbeeprovidore #chicken #instafood #food Aimee and Koko Kael at the kids club

#aimee #baby #kidsclub #transluxuryhotel #bandung #holiday #family #kids Swimming!! 🏊🏊🏊
.
.
#aimee #baby #swimming #bandung #bandungtrip #holiday #family #transluxuryhotel Get ready for Aimee 1st traveling experience. We tried the easy one first, Bandung :) #aimee #baby #traveling #jalan2 #longweekend #bandung #family <<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplustehpajakdll70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘ 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah πŸŽ‚

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❀πŸ‘ͺ❀ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue πŸ˜—

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan πŸ“· : @lieta73 πŸ˜€ Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake πŸŽ‚ by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? πŸ˜€

#aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella

Blog Stats

  • 405,732 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

April 2015
M T W T F S S
« Feb   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

