Fanny Wiriaatmadja

Cerita Kawinan (4)

Posted on: April 29, 2015

Maafkan, masih saja berlanjut..

Undangan

Undangan adalah salah satu part yang penuh gonjang-ganjing juga karena kami tadinya ga mau pake undangan. Pikiran kan cuma undang keluarga dan temen deket doang gitu. Maksud saya, buat temen deket undang aja lewat FB atau nanti bikin design sederhana kek pake’ word, ambil gambar dari Google, tempel sana tempel sini, jadi deh undangan sederhana.

Tapi lagi-lagi pilihan saya (kami) dicela banyak orang. Akhirnya berasa iya juga sih, masa’ ga ada undangan sama sekali, kayaknya ga proper juga. Padahal pinginnya kan ga usah pake’ sekalian menghemat budget gitu #pengantenpelit Tapi ya sudah akhirnya di 2 bulan terakhir kami baru finally decide untuk pake undangan. Keliling deh sana sini dengan panik. Dan karena kuantitas undangannya cuma dikit, maka harganya semua jadi mahal. Begitulah prinsip printing, bukan? Harga undangan normal 15-20 ribu bisa jadi 30-40 ribu karena kami cuma request 150 kartu undangan doang.

Sampe’ pusing nyari ke sana-sini, akhirnya ketemu sama Adel Wedding Invitation di Muara Karang, dan surprisingly bisa dapet harga 10,500 padahal udah keliling 5 tempat, semua paling minim harganya di 25 ribuan. Aduh seneng banget. Cuma harga murah juga tentunya ada ‘bayarannya’ juga ya. Design ga bisa macem-macem plus waktu juga udah mepet. Jadi kami beneran cuma niru sama persis dari undangan yang ada. Asal pilih dan tunjuk aja, gitu deh.

Abis itu mulai deh proses design ulang dan tek-tok-tek-tok lewat email. Saya kan paling ga betah ya liat margin, font dll. urusan tulis-menulis deh, jadinya akhirnya berbuntut panjang sampe’ Adelnya juga sebel kali ya. Udah gitu komunikasi lewat email kan juga susah karena ga bisa nunjukkin bendanya secara langsung gitu. Harus lewat deskripsi doang. Akhirnya kami datengin Adel ini ke pameran, pikiran supaya lebih gampang urusin designnya. Ketemuanlah kami dan pas itu saya kebetulan liat undangan lain yang rasanya lebih bersih dan lebih rapi. Kepincut dikit dan akhirnya.. ganti total design, horeeeee… Kebayang ga tampangnya si Adel ini waktu dengan wajah tersipu malu, saya bilang tanpa dosa, “Adel, saya mau design yang ini aja ya.. sama persis kok, ga usah ubah apa-apa lagi..”

Ya sudah pokoknya responsenya Adel ga usah dijabarkan lagi deh. Untungnya dia tetep iya-in. Dan dimulailah tek-tok-tek-tok design lagi, yang berbuntut panjang lagi tentunya karena saya agak cerewet urusan ginian.

Akhirnya undangannya jadi, dan saya masih kecewa karena merasa ukuran Font nya semua terlalu gede dibandingkan sama kertas undangannya. Ah dasar manusia. Udah berkali-kali cek design, masih aja ada yang salah. Maklum ga liat hasil jadi aslinya, jadi agak beda pas liat real-nya. Ya sudah deh ya, biarpun kecewa yang penting udah jadi, on time, dan cuma buat keluarga/temen deket ini toh.

Selama proses pembuatan design juga ada banyak interupsi dan masukan dari berbagai pihak. Jadi memang banyak koreksi pula. Ah pokoknya kasian deh si Adel, tapi saya rasa emang begitu kali ya resiko tukang undangan.

Terus-terus, itu kan undangan pesta ya. Nah saya kan juga bikin sendiri undangan buat pemberkatan gereja. Jadi memang temen-temen kantor dll. itu diundangnya ke pemberkatan, bukan ke pesta (*maafkan ya). Nah gambar undangannya saya google, terus copy paste gitu deh di Word, design dikit-dikit pake font yang ada, terus ya diconvert ke picture. Jadi deh. Aneh dan maksa banget deh pokoknya, tapi yang penting jadi deh hahaha.. Abis itu undangannya tinggal di-send ke HP, terus di-send lagi ke temen-temen lewat email/FB deh hihihih.. ga modal.

Btw pas google-google gambar undangan nikah, saya sampe’ berasa nyesel lagi karena pas design undangan pesta waktu itu saya main nyontek undangan yang udah aja. Padahal di google banyak banget gambar-gambar classic yang simple tapi lucu-lucu. Sampe’ berasa nyesek banget, pengen bisa muter balik waktu. Tapi baru inget juga sih bahwa memang waktu kami udah terbatas banget. Kalo’ pake design aneh-aneh lagi takutnya nanti malah molor.

Tapi ya teteuplah, pinginnya bisa ngulang lagi dan design undangan dari ulang. I mean gambar/templatenya aja gitu hix hix..

Untuk ayat hafalan, saya juga google sendiri. Pokoknya ga mau pake’ ayat yang standard, pinginnya yang merhema di hati gitu. Cari-cari, kok ga ada yang nampol ya. Akhirnya cari yang seadanya aja deh bwahaha.. Tapi not bad kan, cukup manis gitu ayatnya? Iya kan? Kan? Kan? -> Colossians 3:14 : And above all these put on love, which binds everything together in perfect harmony

Untuk label undangan saya juga perlu bereksperimen beberapa kali supaya label namanya jatuhnya bagus dan pas gitu. Ga sempurna sih, tapi OK lah. List tamu pun masih belepotan karena di akhir pun masih bingung mau undangan siapa. Apakah keluarga X diundang, keluarga Y diundang dll. Karena makannya buffet, beberapa undangan juga kami batasi jumlah tamunya, misal 1 undangan berlaku untuk 2 orang saja, dll. Pokoknya masalah label dan tetamuan ini lumayan ribet deh.

Nempelin dan masukkin undangan ke plastiknya juga takes time lagi, apalagi jujurnya sepertinya kualitas bahan plastiknya kurang OK, jadi cepet robek dan bahannya lecek banget. Memang ada harga, ada barang.

New depan

Souvenir

Souvenir sama kacaunya sama undangan. Tadinya kami ga mau pake’ souvenir, bayangkan saudara-saudara. Nyaris kalian pulang dengan tangan hampa dari pesta kami! Tapi karena kesadaran di akhir bahwa tamu harus dihargai dan dikasih sesuatu, akhirnya kami cepet-cepet hunting souvenir, bwahahaha..Sebenernya saya sih emang dari awal pinginnya pake’ souvenir cuma ada pihak-pihak yang maunya ga usah pake’. Ah pokoknya gitu deh. Untung akhirnya masih keburu.

Jadi seperti biasa kan kami keliling dong ke toko souvenir. Awalnya nyari di Mangga Dua, cuma ya ampun sumpah semuanya pasaran dan ‘ga banget’ deh. Maksud saya, ga mau deh ngasih orang yang ‘seadanya’ gitu. I mean bukan berarti harus ngasih yang mahal, tapi saya maunya something special dan lebih personalised dong. Beneran deh bukannya songong tapi barang-barang di MangDu itu enggak banget. Kualitasnya bener-bener ga OK. Eh gatau ya, selera juga. Maaf buat yang tersinggung, semoga nyadar bahwa kualitas kalian emang ga bagus.

Sama seperti undangan, akhirnya karena depresi, baru deh mulai nyontek dari Weddingku website. Cari referensi di situ. Ketemu beberapa yang bagus-bagus loh, misalnya di ruko angkatan laut seberang Mangga Dua Square itu. Ih cakep-cakep amat. Ini baru souvenir. Modelnya udah yang lucu-lucu kayak di Scoop gitu, sayang karena timingnya udah mepet (tinggal 1.5 bulan kalo’ ga salah), akhirnya semua barang di situ ga bisa diorder huhuhuhuh..

Dalam keputusasaan kami pindah ke Sunter atau Kelapa Gading gitu (lupa), ke Weddingku Store. Ih lucu-lucu juga dan akhirnya pesen kaleng yang dicustomize gitu. Harganya kalo’ ga salah Rp 10,000. Lumayan deh, daripada barang MangDu itu.

Tadinya tuh kalengnya niatnya mau diisiin permen-permen gitu, kalo nggak kan terlalu kosong. Tapi karena waktu juga, ga sempet beli permen, udah gitu harga permen amit-amit juga ya mahalnya, plus saya sendiri ngerasa ga sreg karena pake’ permen kayaknya udah pasaran banget gitu, akhirnya dibiarkan aja kalengnya kosong begitu aja. Bwahaha maafkan #pengantengamodal

Kira-kira design kalengnya kayak beginih :

Souvenir

Foto

Seperti kasus-kasus di atas, kami memang penganten parah yang tadinya juga ga mau pake’ foto liputan pas hari H. Cuma dipikir-pikir emang agak gila sih kalo’ begitu. Akhirnya kami pake’ juga deh, itu pun jujur cuma seadanya. Budget fotografernya di bawah 10 juta. Gile pisan, jaman sekarang minimal juga foto 15 juta. Lupakan Axioo, lupakan semua fotografer tersohor, akhirnya kami mengikuti referensi dari May May untuk ambil di New Life Image Studio yang budgetnya memungkinkan di bawah 10 juta, bahkan cukup jauh di bawah itu.

Tadinya Papa Mertua malah bilang, “Ga usah pake’ video ya, foto aja.. buat apa pake’ video..” Tapi kan aneh juga ya kalo’ cuma foto. Akhirnya pake’ juga deh video. Itu pun nawarnya udah sampe’ titik darah penghabisan. Akhirnya ambil 2 fotografer dan 1 video.

Terus foto pre-wedding juga ga ada loh, karena sayanya males banget harus pose-pose gitu, ganti-ganti gaun dll. Mendingan (again) duitnya saya pake’ buat yang lain, misal jalan-jalan. Jadi confirmed bahwa foto pre-wedding ga ada.

Tadinya kakak ipar saya yang demen fotografi dan udah ikutan beberapa kursus nawarin mau fotoin. Tempting banget sih, cuma rasa malas harus pose-pose (belum sungkan dan mati gayanya karena ini diarahkan sama kakak ipar sendiri), nyari tempat (plus bayar lagi), sewa gaun dll. akhirnya membuat kami mengurungkan niat. Mungkin someday kali ya.

Pas hari H, team fotonya dateng agak telat 15 menitan, tapi masih OK lah. Awalnya semua OK tapi makin siang, makin sore, makin malam, menurut suami saya, team fotografernya kayak udah agak unfriendly, gatau kenapa. Mungkin kecapekan juga plus di pesta keluarga besar saya kan emang deket banget dan seneng foto bareng, ngumpul bareng. Jadi dikit-dikit foto. Mungkin si fotografernya pada bete kecapekan kali. Saya sih ga terlalu ngerasa, tapi si suami bilang gitu. Ada benernya juga kali ya, karena pas sesi foto-foto di hotel siangnya (setelah pemberkatan, sambil nunggu time retouch), gaun saya kan panjang ya, terus pengapit saya kan masih abege hi-hi-hi jadi sering main HP terus. Akhirnya fotografernya yang awalnya negur terus, ” Nadine tolong dong gaunnya dirapiin..” capek ati atau semacam itu kali hihihi jadi akhirnya mereka sendiri yang kudu bungkuk-bungkuk rapiin gaun saya, yang aktualnya bukan kerjaan gampang loh. Capek loh tiap pose geser dikit, mereka kudu bungkuk-bungkuk rapiin demi hasil foto yang bagus. Ga heran kalo’ pada saat itu mereka agak bete. Di luar itu saya rasa mestinya ga bete sih ya, makanan siang dan malam juga semua dikasih ontime dan cukup proper. Gatau juga deh

Pas pulang juga mereka ga pamitan lagi, tau-tau ngacir aja gitu. Gatau sih kalo’ mereka pamitan sama keluarga kami atau nggak. Pokoknya agak-agak gimana sih jadinya.

Terus-terus beberapa bulan kemudian pas saya ambil foto ke tempat mereka, eeeh ketemu lagi sama para fotografer itu. Ketara banget kalo’ mereka blaga ga ngeliat gitu. Cuma karena saya orangnya baik hati dan sedikit sombong saja, saya samperin dong terus nyapa, berharap sih mereka masih inget sama kami. Eh mereka cuma nengok ngeliat kami tanpa ekspresi terus bilang, “Hei..” dengan nada super datar. Terus mereka bangun dari bangku dan ngeloyor keluar. Ih ih ih, shock juga sih. Beneran kali yah mereka sebel sama kami hihihi..

Ngomong-ngomong lagi, beberapa lama setelah pesta selesai kan saya BBM si marketingnya ya untuk nanya fotonya jadinya kapan. BBM nya delivered, tapi ga ke-read sampe’ malem. Saya kan bingung ya. Udah gitu tau-tau si marketingnya itu update-update foto, keliatan dari Recent Updates. Saya bingung juga sih, nih orang BBnya aktif tapi kok BB saya ga dibales. Jadinya besoknya saya BB lagi, nanya kira-kira album foto selesainya kapan. Eh terulang lagi loh hal yang sama. Sepanjang hari BB saya cuma delivered, tapi dia ga baca-baca. Padahal update status dan foto jalan terus. Ini ada apa ya? Gregetan, akhirnya saya telepon dong ke studio fotonya (bukan ke HP dia). Eh pas yang ngangkat dia. Langsung saya tembak dong dengan agak jutek. Dia tergagap-gagap terus bilang komputernya lagi rusak de-el-el makanya fotonya kayaknya kepending. Terakhir tidak lupa bumbu, “iya, masih rusak komputernya.. makanya aku ga berani bales BB kamu..” Saya sampe’ bengong. Alesannya ga kreatip amat sih. Kalo’ komputer rusak, kan tinggal reply BB saya, bilang “Sorry Say kompu masih rusak de-el-el-de-el-el..” kan beres ya? Kenapa harus nganggurin BBM orang, udah gitu sengaja ga di-read lagi. Bener-bener bikin sebel.

Ini kenapa ya kayaknya orang sana kok problem-problem, jadi gregetan. Giliran awal-awal nagih pembayaran, response BB nya cepet setengah mati. Giliran cuma nanya album foto aja, sampe’ sengaja ga bales-bales. Mending ga bales, di-read juga kaga. Aneh!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,713 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Entah caption mana yang paling tepat : A. Jangan ada settingan di antara kita B. Mari rencanakan settingan berikutnya C. Lalukanlah julid itu daripada kami . 🥰❤ . #buatyangngertiaja #alfalaval #smallreunion #colleagues #friends #saigondelight
It's been years! . #maplenoak #mapleoak #brunch
. Dear Sahabat, Kala iri melanda hebat Dengki mewabah penuh amarah Taktala rumput tetangga tak bercela Dan hidup sesama sungguh bercahaya . Ingatlah semua punya porsi rejeki sendiri Mungkin kau buta air mata dan lara mereka Ada saat di atas di pentas, ada kalanya menggelepar di dasar Tak usah kuatir Semua bergilir Tetaplah gigih hati menebar kasih . Ketimbang pahit dan getir disemai Mari belajar berdamai Redakan hati penuh badai Menangkan hati atas benci . Ketimbang pedasnya silat lidah Atau selentingan yang mengundang gerah Mari belajar menyungging senyum indah Lurus dari hati yang tulus . Yang Di Atas tiada bersidekap Mudahlah Ia luruh dan tersentuh Mari ambil sikap Buang iri tiada jenuh . Wahai Kawan, Aku berdoa hatimu penuh kedamaian Biarlah ia memerintah di sana Menaklukan semua benci hati yang membahana . Ingat senantiasa Hati yang bersih Gilirannya bersinar siap sedia Menanti di pengkolan kasih . #poem #pantun #love . Pic from eskipaper.com
Syukurlah sudah ada di PI 🥰😍 . #tonkatsu #katsutoku #dinner #pork
Yes, another tempat enak di bilangan Selatan lagi. This time the famous Dough Darlings came up with their (literally) kitchen . Quite surprised of their dishes taste quality on 2nd opening day. Tried Donut Burger Chicken, Nasi Kecombrang and Crispy Chicken, their Hash Brown and of course their signature donuts and all is super good 😍 . Improvement need on their time of serving (acceptable lah ya since baru 2 hari buka). They have also done serving all the food to our table but beverages was still not ready at all that time and we had to remind them . Their internal communication is also one thing. They have blasted everywhere on their social media channel of 10% discount but their waiter/cashier didn't know it . Overall will be back for sure for their food ❤ enak pisan! @kitchenbydoughdarlings . #kitchen #doughdarling #food #restaurant
Medan - best food besides Pontianak, Bali and Bandung ❤❤❤ . What we ate : . * Ondo - Babi Batak Korea. Kudu, harus, wajib. Ga sah kalo ke Medan ga ke sini * Asan Babi Grill - sama harus dan wajibnya. Gila judulnya enak banget * Chasiu Asan (or bisa juga saingannya, Afoek 88) - menurut gw biasa aja sih. Tapi emang chasiunya garing renyah parah * Soto Sinar Pagi - selalu enak sih ya menurut gw. Mantap! Prefer ini ketimbang Soto Kesawan * RM Pondok Gurih - gokil sop kepala ikannya. Yang lain I have no comment karena memang ga terlalu doyan Padang * Kwetiau Ateng - biasa aja sih menurut gw. Kami juga cobain kwetiau sejenis, PekCha dan lebih biasa lagi. So far kwetiau paling enak sih menurut gw di Penang ya (lupa namanya. Kayaknya Kwetiau Nyonya) * Mie Pangsit Akhun - lumayan enak and super murah * Bakmi TiongSim - nothing special sih ya. Malah malam itu kurang enak. Enakan Jakarta punya * Bakmi HockSeng - juga biasa aja si. Mahal doang 😘 di Jakarta juga ada * Bihun Bebek Kumango - Mantab!! Tapi kurang asin dikit * Bakpao Huang Bao di Kompleks Cemara - wajib kudu beli. Enak!!! Favorite : Obak Komplit. * Bacang Cemara (bacang mini). Selalu enak tapi ud mulai agak bosen nih * Yang lain2 ga usah disebut spesifik ya, ga terlalu spesial - Lontong Kak Lin, TipTop, Mie Balap Wahidin, Macehat, Es Campur Amo, Kopitiam Kok Tong, Ucok Durian . Sekian makanannnya. Banyak juga yang belum kesampean, misal Nasi Simangunsong. Kalo Jala-Jala or Nelayan emang ga mau cobain lagi biarpun rasanya lumayan karena saya and cici pernah gatel-gatel abis makan di situ. Kapok . Kalo objek wisata kami cuma ke Gereja Anna Maria Velangkani yang bentuknya cantik sekali, kemudian ke Rumah Tjong A Fie. . Nginepnya di Arya Duta Hotel. Tipikal hotel 'konservatif' ya. Designnya ga modern tapi lumayanlah. Lokasi juga strategis. Hotel lain yang boleh dicoba kalo ke Medan : Adimulia, Grand Aston City Hall, Cambridge and of course JW Marriott . Sekian dan terima kasih . #medan #culinary #food
#wheninjohor sempet stay 2 nights at this hotel-apartment. Not too bad sih kalau kamu butuh masak, nyuci, dll. Designnya modern, kamarnya simple. Pas masuk kamar agak sedikit bau apek sih tapi the rest is OK. No bathtub . Lokasi deket banget dari Hello Kitty Town. Jalan kaki maybe around 5 minutes. Ada shuttle juga sehari 2x ke Legoland dan Hello Kitty Town dan sebaliknya. Karena dia di kompleks gede gitu, bakal susah cari makan di sekeliling. . Facility jangan expect banyak. Ada outdoor gym, library buat anak-anak and adult (nyaman banget), and no kids club . Breakfast gabung di apartment sebelah (Fraser) dan rame banget kayak pasar. Makanan so-so. . Overall boljug tapi ga bakal balik 😉 . #pinetreemarinaresort #johor #hotel #hotelreview
Aimee and Angelina the Ballerina . #aimee #aimeelynn #hellokittytown
Hua Mui - yang swear biasa banget 😆 . #huamui #johor #hainanesechickenchop #lunch
❤❤ . #aimee #aimeelynn #lego #legoland
Hello again and again, Kitty! This time I bring one lil' girl to meet you ❤ . #hellokitty #aimee #hellokittytown
Tjong A Fie tour always reminds me of this . As for man, his days are as grass: as a flower of the field, so he flourisheth. For the wind passeth over it, and it is gone; and the place thereof shall know it no more. But the mercy of the Lord is from everlasting to everlasting upon them that fear him, and his righteousness unto children's children . To remind myself - Power and pride are not everything 🙂 do not let it take control of your life. Humility is a never ending lesson of life. Be friend with it . #tjongafie #tjongafiemansion #medan #psalm #family
❤ . #medan #family #annavelangkani #church
Let's enjoy these 2 weeks, shall we? 🥰 . #aimee #aimeelynn #holiday
Zen time 🙏 . #royaltulip #gununggeulis #bogor #staycation #hotel
Definitely the absolute winner over the hotel competition in Bogor/Puncak area. Here I'm talking about ambience, service, and interior. Facility they might not be the best, but still overall super love.. Bali is here.. . #pullman #pullmanvimalahills #hotel #staycation
My everything-partner 🥰 . #gendutgoal #couplegendutgoal #bavarianhouse #lunch #fanfanhanhan
August bday 🎂 . #family #bigfamily #bday #pondokkemangi
Don't understand why you always say I'm a caring person. It's obviously an overstatement compared to YOUR caring level. Look what you've done! It's literally more than total of the presents I've received during my 35 times birthday in my life 🤣🤣 and look how personalized, customized and thoughtful all of it. I felt so loved but on the other side so sad as I felt I didn't deserve to be treated this nice. Thanks for all your kindness. I love you gopeceng ❤ . #alfalaval #farewell #colleagues #gift
See you when I see you.. Best wishes for all of you, my kesayangan always ❤❤❤❤ . #farewell #alfalaval #iloveyousapegoceng #colleagues

Blog Stats

  • 559,563 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

April 2015
M T W T F S S
« Feb   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
Advertisements
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Akar Pikiran Besar Mengawali dan Mengawal Evolusi Besar

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Sastra Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain's Personal Blog

Introducing the Monster Inside My Mind

Sindy is My Name

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

Pemintal rindu yang handal pemendam rasa yang payah

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

amrazing007 tumblr post

Introducing the Monster Inside My Mind

The Naked Traveler

Journey Redefined

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: