Fanny Wiriaatmadja

Book Review – Ender’s Game/The Rite/Lockwood & Co./Mary Mary/The Exorcist

Posted on: September 2, 2014

Ender’s Game
Orson Scott Card

Enders

Setiap menonton film yang bagus atau menarik yang diadaptasi dari buku, biasanya saya hampir selalu beli bukunya. Just curious, how is the first adaptation in story-telling before it was translated into real-cinema, and always interesting to compare both version. Ketajaman tulisan dibandingkan dengan kemegahan visualisasi – mana yang lebih menarik? I love to assess!

Hal sama terjadi untuk Ender’s Game. Filmnya cukup keren walaupun rumit, dan saya suka banget sama si tokohnya – dengan pandangan mata nyalang dan penuh tekad. Akting yang bagus!

Di novel ternyata ceritanya masih sama rumitnya, tentang dunia beberapa puluh tahun ke depan dimana bumi diserang musuh (alien) dan anak-anak kecil yang jenius direkrut dan dilatih untuk menjadi pahlawan. Dunia sudah bosan dengan para superhero, dan musuh sudah terlalu pandai untuk mengetahui strategi standard. Anak-anak kecil sebagai solusi akan menjadi suatu kejutan, baik bagi musuh maupun bagi negara, dengan berbagai otak jernih mereka yang belum terkontaminasi banyak hal. Ender adalah salah satu dari anak jenius yang direkrut.

Di tengah tekanan dari kakaknya yang merasa tersaingi karena Ender terpilih dalam program pelatihan, Ender harus menghadapi satu siklus kehidupan baru dimana dia diasingkan dari keluarganya, dan hari-harinya dipenuhi sesi pelajaran dan simulasi untuk mempersiapkan diri menghadapi kedatangan musuh setiap saat. Menarik melihat berbagai pelajaran dan bagaimana karakter unik Ender membuatnya berbeda dari teman-temannya; bagaimana jiwa leadershipnya dipantau dan dilatih oleh para mentornya; bagaimana Ender harus memimpin team-nya yang penuh dengan berbagai karakter berbeda.

Sama seperti filmnya, ceritanya menarik. Idenya segar dan tidak biasa.

Yang sangat-sangat membuat saya frustrasi dengan novel ini adalah kemampuan visual saya yang di bawah rata-rata. Bahkan setelah menonton filmnya pun, saya tetap tidak mengerti deksripsi visual yang dijabarkan di dalam novel tentang ruang anti gravitasi, tempat pelatihan di mana orang tidak punya bobot/berat. Saya tidak mengerti penjelasan detail tentang pergerakan Ender dan teman-temannya dalam perang antar team. Sungguh semuanya sangat rumit dan saya tidak bisa membayangkan apapun. Entah memang deskripsinya yang berat, atau memang saya yang tiidak pandai menerjemahkan kata ke dalam visual dalam benak. Apapun itu, saya merasa terberkati dengan versi filmnya.

Hal minor lain adalah bahan kertas dalam novel ini yang kurang saya suka. I know that it sounds ridiculous but I can’t help it. Tahu dan aware bahwa itu terkait dengan penerbitnya, harga produksi dan sebagainya, whatever, I still don’t like the paper.

Score : 7

The Rite
Matt Baglio

The-Rite-001

Novel ini merupakan kisah nyata tentang perjalanan Pater Gary, seorang pastur dari California, dalam mempelajari eksorsisme di Vatikan. Awalnya beliau sempat ragu, mengingat eksorsisme merupakan topik yang tidak umum di Amerika dan orang cenderung berpandangan negatif mengenai hal ini, tapi merasa bahwa ini suatu panggilan ilahi, Ybs. pun kemudian menjalaninya dengan serius. Selain mengikuti berbagai materi perkuliahan dengan menggunakan penerjemah bahasa, Pater Gary juga magang di seorang pastur eksorsisme yang cukup senior di Vatikan untuk mempelajari proses pengusiran setan. Setiap minggunya selama beberapa hari ia menyaksikan sendiri orang-orang yang kerasukan setan. Dari zero knowledge, sedikit demi sedikit ia mempelajari konsep eksorsisme, masih dengan kendala bahasa karena pastur seniornya itu tidak bisa berbahasa Inggris. Challenge lainnya adalah banyaknya orang yang berpendapat bahwa eksorsisme adalah solusi instan, padahal it’s a long, long, process dan butuh kerjasama dari orangnya juga untuk mengubah cara hidupnya. Para ‘pasien’ yang kecewa kebanyakan enggan kembali lagi karena menemukan bahwa mereka tidak ‘sembuh’ dalam 1-2x pertemuan.

Buku ini bukan cuma sekedar berkisah tentang perjalanan hidup Pater Gary, tapi juga merupakan literatur pembelajaran Katolik mengenai konsep eksorsisme plus pandangan medis. Jadi kita pembaca akan diajak selang-seling membaca novel sekaligus membaca buku pegangan/pelajaran. Jujur kadang sedikit membosankan saat membaca part di luar kisah sehari-hari Pater Gary and I often skipped few pages. Kisah eksorsismenya pun sebagian besar mirip-mirip, dengan deksripsi gejala yang juga diulang-ulang sehingga kisahnya serasa tidak spesial lagi. Hanya ada perbedaan motif dan background.

Yang juga amat sangat mengganggu adalah typo yang bertebaran di mana-mana, seakan memaksa untuk eksis di sepanjang kisah.

Buku ini sudah difilmkan, tapi setahu saya waktu itu ga sempet masuk ke Indonesia – pas masa-masa film bioskop di-freeze itu loh. Menyebalkan sangat, karena ini salah satu film yang saya nafsu banget pengen nonton.

Score : 7

Lockwood & Co. : The Screaming Staircase
Jonathan Stroud

LockwoodIno

Jonathan Stroud is one of my favourite author. Bartimaeus Trilogy adalah salah satu masterpiece-nya yang notabene juga one of my favourite series.

Kali ini dengan Lockwood & Co., Stroud kembali hadir dengan background berbagai makhluk gaib. Kalau di Bartimaeus kita disuguhi beragam jin makhluk mitos lainnya, di Lockwood & Co. kita akan dihadapkan pada para hantu.

Lockwood & Co. bercerita tentang perusahaan pengusir hantu yang didirikan oleh Anthony Lockwood. Dengan setting Inggris jaman silam yang memang sohor dengan mitos hantunya, kisah mengalir lancar sedari awal, tentang asal-muasal perkenalan Lucy Cartyle yang memang memiliki bakat/sensitivitas untuk mendengarkan suara-suara gaib dengan Anthony Lockwood dan partnernya, George. Berawal dari ketidakpercayaan satu sama lain, mereka harus berjuang bersama mengatasi kasus demi kasus yang berdatangan.

Dalam kasus perdana mereka, terjadi kegagalan karena adanya miskomunikasi, dan rumah klien mereka terbakar habis. Sang klien mengajukan tuntutan, dan Lockwood & Co. yang baru seumur jagung lantas terancam bangkrut. Beruntung mereka kemudian mendapatkan satu kasus untuk mengusir hantu di salah satu kastil tertua paling berhantu di seluruh Inggris, Combe Carey Hall, dari seorang bangsawan. Walaupun awalnya heran kenapa mereka yang terpilih plus ragu karena nyawa mereka taruhannya, akhirnya mereka memutuskan untuk mengambil kasus ini. Persiapan demi persiapan dilakukan dalam jangka waktu yang sangat singkat. Berhasilkah mereka mengusir seluruh hantu dari rumah tua itu demi mendapatkan uang untuk melunasi tuntutan yang diajukan pada mereka?

This is absolutely not a bad book, tapi compared to Bartimaeus, rasanya novel ini jadi terkesan abal-abal. Joke-joke yang tersaji di novel ini jadi terkesan basi dan konyol dibandingkan dengan joke cerdas dan tajam Bartimaeus yang ‘nendang’ banget. Karakteristik tokoh cukup kuat, terutama penokohan George yang sangat terorganisir dan penuh persiapan. Deskripsi suasana dan tempat juga seperti biasa menjadi salah satu kelebihan Stroud, walaupun saya sama sekali tidak merasa bergidik ataupun seram membaca kisah ini. Ending cerita cenderung agak biasa walaupun Stroud menyisipkan sedikit twist – yang tidak terlalu mengejutkan.

Overall cukup mengasyikkan mengikuti konsep pengusir hantu ala Stroud, cerita persaingan sesama company pengusir hantu, bakat-bakat yang berbeda dari para pengusir hantu tersebut, dan banyak lagi unsur-unsur lainnya.

Score : 7.5

Mary Mary
James Patterson

mary, mary

Another kisah pembunuhan dari James Patterson. Baca summarynya, ceritanya cukup menarik; tentang seorang pembunuh yang tidak diketahui jenis kelaminnya, yang membunuh para wanita dari kalangan sosialita berbackground keluarga bahagia. Uniknya, sang pembunuh bernama Mary Mary ini selalu meninggalkan sureal setelah pembunuhan, yang menceritakan kronologis pembunuhan yang dilakukannya. Di lokasi juga biasanya ia akan meninggalkan beberapa ‘tanda mata‘. Masyarakat pun dibuat gempar, apakah pembunuh bernama Mary Mary ini seorang perempuan??

Detektif beken Alex Cross pun dibuat pusing. Komitmen Cross untuk meluangkan waktu lebih bersama keluarga kini hancur berantakan gara-gara kasus yang menghebohkan ini. Dibantu asistennya, seorang anak baru yang masih hijau, Alex berusaha memecahkan kasus ini, di tengah para pejabat terkait yang tidak bersahabat, serbuan reporter terkenal yang selalu berusaha menyorot kehidupan pribadinya, serta masalah percintaannya.

Selalu menarik untuk mengikuti pola pikir seorang psikopat, proses pengumpulan data dan informasi serta analisa para polisi dan detektif, dan merasakan ‘terjun langsung’ dalam berbagai upaya penyelidikan. Jangan lupa bahwa perjalanan menuju terungkapnya motif pembunuhan adalah bagian paling menarik bagi saya dalam membaca novel-novel semacam ini.

Overall kisahnya mengalir lancar, bahasanya mudah, alurnya menyenangkan dengan konflik-konflik kecil di sela-sela cerita, tapi di akhir I felt nothing special dengan keseluruhan cerita dan rasanya kisah seperti selesai begitu saja. Penyelesaiannya terlalu cepat dan motif serta pembunuhnya tidak spesial. No surprise.

Score : 7.5

The Exorcist
William Peter Blatty

buku_The-Exorcist_

Sesuai namanya, novel ini berkisah tentang eksorsisme yang dilakukan pada Regan MacNeil, anak dari Chris MacNeil, seorang aktris terkenal. Awalnya Regan is a very sweet daughter, yang di tengah segala kesibukan ibunya pun selalu acted so sweet. Perlahan kelakuannya mulai berubah, dan seperti ibu normal pada umumnya, Chris membawa Regan ke dokter kemudian ke psikiater, dan tidak menemui solusi, sampai akhirnya bertemu dengan Pastur Jesuit, Damian Karras yang membantunya dalam proses eksorsisme.

Awalnya cerita berlangsung datar cenderung membosankan, dengan dialog-dialog yang menurut saya tanpa makna walaupun saya sadar semua itu berguna untuk membangun cerita.

Beberapa bab kemudian, alur mulai menanjak. Ketegangan mulai terasa, dan mulai sulit untuk melepas buku ini. Bahkan part kunjungan dan konsultasi dengan dokter pun menjadi bagian yang menarik. Analisa dokter mengenai penyakit Reagan berdasarkan gejala dan penampakan yang terlihat, membuat saya menyerap banyak hal baru dari sisi kesehatan, belum lagi berbagai kasus yang disajikan tentang pasien yang bergejala sama. Setelahnya muncul tokoh polisi/detektif yang berkarakter menyebalkan dengan terus berusaha mengorek berbagai kasus yang diduga pembunuhan, dan terakhir kita masuk ke bab pertemuan dengan Pastur Karras dimana upaya pengusiran setan dilakukan. Pembaca mulai dibawa masuk ke puncak cerita. Seru, tegang, cepat. Rasanya ikut merasakan kelelahan dan kefrustrasian yang dirasakan oleh Pastur dan Chris. Belum lagi adanya tokoh-tokoh lain seperti pasangan suami istri pelayan di rumah Chris yang bertindak-tanduk mencurigakan, yang turut memeriahkan cerita walaupuh hanya merupakan bumbu kecil. Gabungan unsur cerita antara medis, eksorsisme dan kriminalitas menjadi paduan unik yang menarik.

Overall, buku yang cukup layak dibaca.

Anyway saya jadi teringat bagian pembukaan di dalam novel di mana sang pastur bertemu setan di Afrika, dan mendadak bingung apa kaitannya dengan cerita ini. Apakah ini setan yang sama, dan apa kaitannya antara setan tersebut dengan Regan? Apakah sang setan hanya memanfaatkan Regan terkait dengan dendamnya pada sang pastur? Agak ga jelas. Mungkin saya missed beberapa bagian di novel ini sehingga tidak melihat benang merahnya.

Score : 8

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

<<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplusteh70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi 😑😑😑😑😑😑😑😑😑 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah 🎂

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❤👪❤ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue 😗

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan 📷 : @lieta73 😀 Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake 🎂 by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? #aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella Aimee 1st cake 🎂 🎂 @colettelola

#masihedisiulangtahun #aimee #birthday #1yearold #baby #cake #coletteandlola #chocolate Happy Birthday Aimee 🎂

#masihedisiulangtahun #aimee #birthday #1yearold #baby #changthien #keluargakaret #perayaanbatchpertama #greendresscode Happy birthday sweetheart 😀

Even the power of words (whom I trust the whole of my life) can't describe how I feel for this 1 year journey. 
It's a mixed of rollercoaster jaw-dropping, calming and peaceful feeling from rain and soil smell, soap opera laugh and tears, and so on.. Oh, and one thing for sure I know now what is heavy backpain and sleepless night, lol.. Mommy and Daddy woof you berry berry munch, sweet lil' monster.. Thank you for making me a better person, someone I never knew I could be.. ❤👪 #aimee #birthday #1yearold #baby #perayaanbatchpertama #chsngthien #bihunikanpalingenaksedunia #celebration #dinner #family Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak 🐄🍴🍽 #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo 😂

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design

Blog Stats

  • 405,266 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

September 2014
M T W T F S S
« Aug   Oct »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: