Fanny Wiriaatmadja

Sweet Learning From Inspiring People

Posted on: August 28, 2014

aaaaaaaaaaa

Dalam masa-masa kerja, seneng banget kalo’ bisa ketemu orang-orang dengan etos kerja dan passion tinggi serta punya prinsip yang dalam soal leadership. Let me tell you some of them.

• Waktu kerja di Beiersdorf Indonesia, PresDir kami adalah orang Jerman – namanya Marcello Biasia. Asli ganteng, tinggi, badan bagus, pokoknya eye-catching banget. Kalo’ ga noleh pas papasan sama sosok unyu-unyu Beliau sih kebangetan banget namanya. Errrm mari lupakan itu sebentar. Yang mau saya bahas di sini adalah eagerness-nya Beliau untuk belajar Bahasa Indonesia selama dapet assignment di Indonesia ini. Bayangin, setiap PresDir masa kerjanya cuma 5 tahun paling lama (itu pun kalo’ ga dimutasi atau dirotasi lagi ke tempat lain atau dianya pribadi yang request dipindahin), setelah itu bakalan diganti sama orang lain yang di-assign from headquarter, tapi dia begitu semangat belajar Bahasa Indonesia. Seminggu 2-3x dia belajar Bahasa jam 7-an pagi sebelum jam kantor dimulai, dengan guru private yang dipanggil datang either ke apartmentnya atau ke kantornya. Dalam beberapa bulan, di suatu presentasi, dia mengagetkan kami dengan conduct the whole material in Bahasa. Lancar. Sesi tanya jawab pun diadakan dalam Bahasa Indonesia. Mungkin buat sebagian orang, ini hal biasa, tapi buat saya pribadi it’s amazing. Kok bisa ya orang yang cuma sebentar di suatu negara bisa bener-bener serius punya niat untuk mempelajari suatu bahasa yang notabene bukan bahasa yang cukup umum dipake’ di berbagai belahan dunia sehingga bisa dibilang setelah periode assignmentnya, pastilah tu bahasa ga bakalan kepake’ lagi? Kok bisa ya satu orang dengan posisi tinggi yang tentu saja bisa dan punya hak mewajibkan semua orang berkomunikasi dengannya dalam Bahasa Inggris, tetep punya keinginan untuk belajar suatu bahasa lokal untuk bisa lebih blended dengan para staff-nya? Kok bisa ya satu orang yang okelah sudah belajar Bahasa Indonesia, mempersiapkan satu materi presentasi bisnis dalam Bahasa Indonesia, yang jelas-jelas butuh effort banget, padahal dalam pikiran orang awam, Bahasa Indonesia untuk daily conversation aja mestinya cukuplah? Gimana bisa ga kagum, denger dan nyaksiinnya.. Dan FYI, di setiap negara yang dipimpinnya, dia selalu belajar bahasa lokal. Jadi bisa dibayangkan betapa banyak bahasa yang dia kuasai. I learnt about passion and loyalty from this guy. Definitely.

• Cerita tentang one colleague in the same department : Waktu lagi ada event dan diadakan suatu lomba, kebetulan kelompok kami menang karena dinilai konsep yang kami sajikan itu unik. Saat itu jurinya nanya ke group kami, “Whose idea is this?” I thought my colleague – yang waktu itu jadi leader – akan jawab “Ide bersama..” secara itu jawaban yang sangat diplomatis dan kesannya kan teamwork banget. Singkat kata, keren lah gitu, jawabannya. Tapi nggak loh, sambil senyum dia bilang, “Yang pertama kali idein ini adalah A,” sambil dia nunjuk temen kami si A, yang mukanya langsung tersipu, “kemudian kami godok bersama idenya..” Wow, I love that answer! Saya juga pernah ketemu satu kolega yang kebetulan minta satu file perhitungan pajak dari saya, karena ada senior manager yang membutuhkan file semacam itu supaya bisa ngitung instan pajak penghasilannya. Si senior manager kemudian memuji kolega saya itu, karena bisa-bisanya punya file yang sebegitu keren dan begitu membantu. Dengan kalem, my colleague said, “It’s not me. It’s Fanny ‘s file, I got it from her..” Padahal, waktu itu saya lagi ga deket situ. Saya cuma kebetulan denger dari luar ruangan, tapi toh orang itu tetap memilih mengatakan yang sebenarnya. I learnt about giving credit to people who deserve it. Don’t take someone’s credit for yourself.

• Someday, I had a meeting with my colleague. Bahas suatu hal, kami ketemu masalah dan ga yakin how to solve it, then sepakat untuk escalate to our boss. Pas udah mau beranjak ke ruangan si atasan, my colleague sepertinya masih mikir. “Anything else?” I asked him. “Nggak,” dia bilang, “I’m preparing some alternatives of solution..” Saya agak bingung waktu itu. I thought we’re looking for that one ke atasan kami. Dia kemudian bilang, “I educate myself, not to come with problem only, but prepare for the solution. We’re not asking our boss to solve our problem. We ask him for support or confirmation or input or advice or whatever, on our own solution.” Cool!

• On one training session where I was the PIC and observer only, and sit behind, one director kelihatan kebingungan celingak-celinguk ke sekeliling ruangan. I asked him, what he needed. Dia bilang dia cari Aqua. Sontak saya berdiri untuk keluar ruangan training, nyari waiter untuk minta Aqua. Tapi sang director nahan saya. “Jangan,” katanya, “Saya aja..” kemudian dia langsung jalan keluar ruangan. Saya langsung cepet nyusul dia. “Jangan Pak, saya aja..” I told him so, but he said, “You’re not my maid. Relax, mendingan kamu di dalem dengerin materinya. It’s a good material and you can learn a lot inside..” Saya –saat itu- hanya bisa terhenyak. I don’t know people from high managerial level can be that humble. Apalagi di jam-jam berikutnya, baru saja beberapa peserta berteriak pada saya, “Fan, AC-nya dong!! Panas banget nih!!”

Kisah di atas sebagian besar terjadi di awal-awal masa kerja saya dan selalu berusaha diterapin biarpun ga gampang. It’s just small things I witnessed, dan jadi a very sweet learning for me. Hope it works for you too

2 Responses to "Sweet Learning From Inspiring People"

pernah juga ketemu orang2 serupa dan masih selalu salut dengan betapa rendah hatinya mereka meskipun terhadap org yg posisinya jauh dibawa mereka..
moga kita juga someday bisa seperti mereka yah Fan 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,714 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

CNY Eve Dinner 🥰 . #cny #imlek #chinesenational #swissòtel #pik #pikavenue
Warning : Not Swiss Belhotel 😆 . . Swissòtel - the hotel chain from Switzerland has its grande debut in Indonesia by opening the 1st Swissòtel Hotel in PIK, in adjacent with PIK Avenue Mall . Super modern design, superb lighting and thoughtful wooden pattern are the highlights, besides an awesome breakfast . Give it a shot for your staycation! . #staycation #swissòtel #pik #hotelreview
Mangrove tour - excited for the 1st 5 minutes and happy enjoying the peaceful scenery, and after that tried to keep smiling and hiding our boring face in front of the guide for the next 55 minutes. We were also told that we can see snakes and monkeys, but unluckily we found no one . #bintan #mangrovetour #aimee #holiday
Natra Bintan - previously known as The Canopy, is another alternative of glamping while in #Bintan. Managed by Marriott, you know it's a first class service that is offered to the guests . Natra Bintan's tent is more modern than Anmon, and the best part for me is the bathroom, with its nature-greenery-theme design . #natrabintan #thecanopy #holiday #hotelreview
One of the primary highlights of Treasure Bay would be the first and largest recreational man-made seawater lagoon in all of Southeast Asia – the 6.3-hectare Crystal Lagoon. Visually stunning, Crystal Lagoon is a state-of-the-art recreational lagoon of pristine and filtered seawater designed to accommodate a wide myriad of activities such as kayaking, sailing, swimming and snorkeling. Also one of the main reason of why we decided to visit Bintan . #treasurebay #crystallagoon #bintan #lagoon
Glamping in a desert while in #bintan . #anmon #aimee #holiday #newyear
Thank you 2019 👍 . #2019 #ig #topnine
We have shared the same lost, tears and grief. May God turns this lost into a stronger bonding of our big family and an-event-purer love among us . #bigfamily #family #ripkotio #cousins #sisters #latepost
❤❤❤ . 📷 : sang empunya Notes 10 . #menega #dinner #abc #pfizer
ABC 👍 . #abc #conference #bali
Ellow 🥰 . #aimee #aimeelynn #missyou
🥰🥰 . #aimee #aimeelynn
Last week kami ke R Hotel Rancamaya lagi, tapi kali ini instead of staying at the hotel, kami cobain townhousenya. Not too bad, interior dan exterior designnya bagus, kompleksnya enak, plus disedian aqua galon dan bisa tetep nikmatin fasilitas hotel. Enak d buat sekeluarga. Minusnya lokasi jauh dari hotel (sekitar 2 km - not walking distance) jadi harus diantar-jemput sama mobil hotel (tinggal telepon aja). Hati-hati juga milih tipe townhousenya ya karena 2 bedroom ternyata hanya muat untuk 3 orang; kecuali kalo ngakal-ngakalin dan nurunin kasurnya sehingga 1 rumah jadi muat ber-8 kayak kami 😆 btw mereka juga punya townhouse dengan 3 bedroom (with bunkbed) . #summit #rancamaya #rhotel #rhotelrancamaya #bogor
Westin promo using HSBC - IDR 1.5 mio++ with breakfast complimentary for 2 adults and 2 kids under 12yo. Late check out til' 3 pm is also available. Kapan lagi nih 👍👍 Pssst - they also upgraded us to premium room. Super spacious!! . #westin #promo #hsbc
Last post for Aimee bday : vendor sharing as usual, for recommendation . Cake - @duchess.bakes - kalo liat IG mereka pasti tau design kue mereka bagus banget dan mereka selalu pake' fresh flowers. Sebagai penggemar bunga, kelepek-klepeklah gw 😆 However rasa kuenya sih menurut gw biasa aja. Rekomendasi lainnya, dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya : @ivenoven @cforcupcakes @susancanbake.cake. Yang pengen dicoba juga : @nanacakeboutique . Lunch box - @sunnymeal.id. Ini gw pesen makanan buat anak-anak sama dewasa. Lucu juga, bisa pilih gambar di nasinya dan request cookies model lucu-lucu. Rasa makanannya lumayan, tapi servicenya super parah. Komunikasi ga lancar, banyak perubahan yang ga dikomunikasikan, info sering berubah-ubah, cookies figurinenya ga sesuai permintaan, dan yang terfatal makanan telat datang 1 jam dan baik mereka maupun driver ga bisa ditelepon. Kapok! . Souvenir - kasih toy box kecil doang dari @mylittlefairies. Biasanya selalu suka sama gambar dan design mereka, tapi somehow kali ini toy boxnya kok jahitannya kurang rapi dan banyak kerutan, jadi kurang puas . Goodie bag - standard aja beli di Grand Lucky sama pas last time ke SG nemu toko snack murah meriah, jadi sekalian borong sampe koper ud mau pecah saking beratnya. Kantung goodie bagnya beli di Mangga Dua 😆 . Sekian reviewnya, semoga berguna bagi nusa dan bangsa . #bday #vendor #vendorreview
I hate birthday celebration at school as the formality-feeling is usually pretty intense, but I guess this kind of celebration is now a bit mandatory due to peer-pressure for both parents and children. Well, environment can be sucks sometimes 🙄 btw happy bday once more, Aimee! Have fun opening your presents. . #aimee #aimeelynn #bday
Happy bday my sweet Aimee! 4 years - not too bad, we manage and survive not to kill each other 😉 . My pray is that you have God value and heart in your life: learn that becoming a winner or number 1 is not everything. Instead, winning God heart is; bowing down humbly upon God, surrender and let God be the first always . Last thing, may you succeed to attract Jarvis from preschool class. You drive us crazy by mentioning his name 100 times in a day. Headache! . #birthday #aimee
🤟🤟 . #aku #chijmes #classic #building #architecture #history
Kalo' bosen nginep di hotel itu-itu aja di SG, Hotel Carlton City ini boleh dijuga dijadikan alternatif. Lokasinya di Tanjung Pagar, deket ke Chinatown juga. MRT station 200 meteran aja. Di seberang hotel ada hawker center, jalan dikit lagi ada Seven Eleven dan McD, jadi cari makan gampang. Harga juga cukup reasonable . #hotelreview #singapore #carltoncity #hotel
Staycation with these ladies. Not as ideal as what we expected for a girls' night out - one's foot fingers got swollen due to her pregnancy; one's lil' daughter burst into tears, hoping to stay at the hotel too; one's lil' baby literally moved everywhere and drained up her mom's energy; all of us also got sleepy by 10pm 😆😆 but still not gonna say it was failed. In fact glad to catch up with them ❤ . #staycation #alfalaval #intercontinental #girlsnightout

Blog Stats

  • 566,720 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

August 2014
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Akar Pikiran Besar Mengawali dan Mengawal Evolusi Besar

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Sastra Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain's Personal Blog

Introducing the Monster Inside My Mind

Sindy is My Name

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

Pemintal rindu yang handal pemendam rasa yang payah

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

nurun ala

menari dalam sunyi

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

amrazing007 tumblr post

Introducing the Monster Inside My Mind

The Naked Traveler

Journey Redefined

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: