Fanny Wiriaatmadja

Favourite Movies Sepanjang Masa

Posted on: July 23, 2014

Hi..

Berikut adalah list super panjang film yang so far menurut saya adalah film terbagus sepanjang masa. Sayang range periode waktunya sebagian besar terbatas dalam 3-5 tahun terakhir.

List ini tentunya masih akan bertambah lagi dan akan di-update dalam jangka panjang.

I Am Sam

I Am Sam

Saya jarang nangis kalo‘ nonton film, tapi ni film sukses bikin saya bener-bener ga bisa ngontrol mata berkaca-kaca dan nyaris nangis bombay di pesawat pas nonton, for more than 3 scenes! Yang main juga kaliber semua, model Sean Penn, Michelle Pfeiffer, Dakota Fanning, dan masih banyak lagi. Inti ceritanya tentang seorang pria yang agak terbelakang, yang fight mati-matian hak asuh putrinya bersama tim pengacaranya. Tadinya si pengacara (Michelle) juga ‘males‘ banget ngadepin client kayak Sam (Sean Penn) yang super aneh dan ga sopan. Belakangan karena gengsi sama koleganya, akhirnya dia mutusin untuk nerima case ini dengan biaya gratis, dan at the end malah jadi terharu bin trenyuh ngeliat perjuangan Sam yang sayang banget sama putrinya (Dakota Fanning). Ah, mengharukan banget deh.

The King’s Speech

KingSpeech

Lagi-lagi film dengan tema keren dan menarik, tentang seorang raja yang gagap dan harus berpidato di upacara penobatannya sebagai Raja. Akhirnya atas saran istrinya, dia menemui seorang ahli dan mulai belajar untuk mengatasi gagapnya dan mempersiapkan pidato yang keren. Emosi dan gengsi semua harus ditaklukkan untuk mengalahkan gagapnya. Ahhh bener-bener a super-cool movie!

Olympus Has Fallen

Olympus

Cerita dengan background kehidupan presiden (terutama presiden Amrik) selalu merupakan topik menarik buat saya. Film ini sih jujur temanya ga baru-baru banget dan secara cerita sebenernya ga bilang bagus-bagus banget, tapi yang pasti sepanjang film saya dag-dig-dug banget dan puas banget dikerjain sama tegangnya film ini. Plus yang main juga OK punya, ada Gerard Butler (jarang-jarang liat dia maen film serius gini), Aaron Eckhart (demen banget liat sosoknya yang tenang, kalem dan bersahaja sebagai presiden), Morgan Freeman dll. Alur ceritanya juga ga picisan. Cerita film ini adalah tentang dibajaknya istana presiden oleh sekelompok teroris dari Korea Utara. Wuih, denger ceritanya aja rasanya udah cetar-cetar gimana gitu. Ah pokoknya bagus deh nih pelem! ‘Kembarannya’, White House Down, saya malah ga gitu suka karena agak konyol menurut saya dan Channing Tatum nya kurang ‘laki’😀

The Flowers of War

The Flowers of War

Ini filmnya Christian Bale dan seperti biasa, kapan sih dia pernah tampil ga all-out? Di film ini dia main sebagai seorang pastur gadungan yang berusaha melindungi para ‘pelacur’ sekaligus murid-murid sekolah wanita di sebuah kota di China dari kekejaman Jepang. Di satu rumah yang sama, bentroklah kelompok para pelacur dengan para abege perempuan siswa sekolahan itu. Maklum nature dan karakterisiknya aja jelas-jelas berbeda. Christian Bale harus berusaha menyatukan dua kelompok yang saling antipati itu untuk mempertahankan diri dari kebengisan Bangsa Jepang. Berbagai cara mereka lakukan untuk menyembunyikan dan melindungi diri, plus set rencana untuk mengungsikan diri ke tempat/daerah yang lebih aman. This movie akan bikin kamu nyaris nangis dan miris banget nyaksiin berbagai kekejaman Jepang saat itu. Film yang mengerikan tapi mengharukan. Sutradaranya sudah jaminan mutu, Zhang Yi Mou, si perancang opening session Olimpiade beberapa tahun lalu, yang selalu menghadirkan persepective kamera dengan cara yang unik. Beautiful..

The Curious Case of Benjamin Button

Curious

Filmnya Brad Pitt nih, dengan tema super unik tentang seseorang yang punya kelainan dimana umur dan rupa fisiknya berbanding terbalik. So pas lahir, wujudnya seperti kakek tua dengan muka peyot dan renta (kalo’ ga bisa dibilang mengerikan), sementara semakin tua rupanya jadi seperti rupa anak kecil dan kemudian jadi bayi lagi pas mendekati ajal. Film ini bercerita tentang kehidupan Benjamin dan suka-dukanya, termasuk kehidupan cintanya. Bener-bener cerita yang bagus dengan topik keren. Bagian make-up nya juga patut diacungi jempol karena sanggup bikin muka Brad Pitt berubah-ubah dari tua sampe’ muda banget. Selamat nyaksiin muka abege-nya Brad Pitt yang unyu-unyu dan mulus bikin ngiri.

Frozen

frozen_bg

Rasanya tahun ini para orang tua bakalan mules dengan celoteh putri-putri mereka tentang Elsa dan Anna, dua putri dari film kartun Disney tahun ini, Frozen. FIlmnya sangat nice, grafiknya keren dan memukau, dua karakter princessnya juga menawan, belum lagi nyanyian-nyanyiannya yang kocak dan indah. Not to mention also the story and the small twist di ending. Ahhhh, bener-bener film cartoon of the year deh! Ceritanya tentang Elsa, seorang putri yang punya kekuatan untuk membekukan semua benda, dan bikin dirinya serta rakyatnya ketakutan dengan kedahsyatan kekuatan itu, sampai akhirnya ia terpaksa mengasingkan diri. Anna, adiknya yang berkarakter 180 derajat berbeda dari kakaknya, berusaha mencari kakaknya itu untuk memintanya memulihkan kembali negeri mereka yang sekarang dilanda kebekuan dan membawa kembali kakaknya yang ‘hilang’.

Social Network

social_network_movie

I love watching someone’s life. Apalagi kisah nyata. Apalagi tokoh terkenal yang kontradiktif seperti Mark Zuckenberg. Apalagi kalau yang main is a genius one like Jesse Essenberg. It’s just perfect. Jesse memainkan tokoh pencipta Facebook ini dengan sangat natural. Tatapan tajam matanya, cara bicaranya yang tanpa titik koma, arogansinya yang terpapar jelas, semua membuat film ini mengalir begitu lancar. Two tumbhs up for the movie and for Jesse!

Life of Pie

LifeOfPie

Salah satu film terbaik sepanjang masa, in my opinion, dengan tampilan grafis super cantik dan cerita yang sangat menyentuh tentang Pie, seorang anak dari India yang kapalnya karam saat keluarganya hendak pindah ke Canada. Pie berhasil menyelamatkan diri dengan bertahan sekian bulan di atas sebuah rakit, dengan memanfaatkan barang seadanya bersama seekor harimau Bangal yang sehari-hari cuma pingin membunuhnya. Bener-bener cerita yang unik dan mengharukan. Cerita ini jadi bikin kita refleksi diri dan berkaca, somehow ngebuat kita jadi lebih menghargai hidup. Note that this is based on book written by Yann Martel.

Arbitrage

Arbitrage

Richard Gere is not my favorite actor, tapi di film ini dia main so brilliantly. Filmnya sendiri berkisah tentang kehidupan seorang pengacara sukses dengan keluarga yang super sempurna, yang ternyata melakukan perselingkuhan dan kecurangan bisnis, dan perlahan satu demi satu hal tersebut terkuak berawal dari sebuah kecelakaan yang menewaskan selingkuhannya dan terperangkaplah dia. Satu demi satu kebohongan dibuat untuk menutupi kebohongan yang lain, sampe’ akhirnya kepentoklah dia. Filmnya bernuansa hukum cukup kental, tapi cukup ‘user-friendly’ dan cerita bisa diikuti dengan mulus. Sebagai penonton saya ikut kebawa tegang nyaksiin ceritanya dan somehow bersimpati dengan Richard Gere. You really have to watch this!

Argo

Argo

Film ini terinpirasi dari kisah nyata – saya sedikit lupa cerita dan backgroundnya, tapi kisahnya bertutur tentang seorang Ben Afflect yang ditugasi untuk menyelamatkan sekelompok diplomat AS yang terjebak huru-hara di Iran (kalo’ ga salah). Dari awal, strategi penyelamatan didiskusikan pelan-pelan untuk mencapai solusi paling aman untuk menyelamatkan dan membawa pulang para diplomat dan keluarganya tersebut. Diskusi punya diskusi, akhirnya digunakanlah penyamaran sebagai kru film sebagai kamuflase. Wuih tegangnya pol! Saya biasanya ga terlalu suka film berlatarbelakang politik tapi yang ini definitely harus ditonton. Gregetan to the max!

Ted

Ted

Sesuai namanya, ini adalah film tentang seekor boneka teddy bear yang bersahabat dengan seorang manusia sejak dari kecil. Dalam film ini, dikisahkan bahwa Ted bisa berbicara, dan merupakan sosok boneka beruang yang gokil dan sedikit sarap : suka memaki, suka nyabu, suka perempuan, dan masih banyak lagi. Duo best friend ini mulai merenggang saat majikan Ted memiliki seorang kekasih. Nah, bagaimanakah mereka menghandle ini dengan tetap mempertahakankan persahabatan gokil mereka? Itu sekilas ceritanya. Sesuai karakter Ted, film ini full dengan makian dan jokes ala Amrik, yang menurut saya kocak dan asyik banget. I cannot stop laughing during the movie, apalagi moment when they sing together their hymn at the bed, saat majikan Ted ketakutan oleh petir. Ahhh, lucuk deh ni film. Oh ya jangan pernah kasih anak-anak nonton film ini ya, bahaya😀

Silver Lining Playbook

silver-linings-playbook-dvd-81wr0opmsul-sl1500-jpg-7245d1944f7e01f1

Ini adalah salah satu film karyanya David Russel (yang emang karyanya bagus-bagus bener as always) dengan bintang utama Jennifer Lawrence yang saat itu lagi mekar-mekarnya in terms of career and popularity, dan seperti biasa aktingnya dia jempolan banget. Yang maen jejeran artis terkenal semua, kayak Robert De Niro, Bradley Cooper, dll. Ceritanya sih tentang kisah cinta dua orang yang masing-masing punya keanehan sendiri; Bradley habis dikhianati istrinya dan sukses gebukkin selingkuhan istrinya itu, sekarang baru keluar dari penjara dan harus terus berada dalam perawatan terkait dengan emosi jiwanya yang meledak-ledak. Jennifer yang seorang penari juga baru ditinggal mati suaminya dan punya karakter yang ajaib banget. So kebayang dong gimana dua orang dengan karakter emosian ini ketemu? Awalnya saya sempet agak gimana gitu sama cerita dan alurnya, tapi tengah ke akhir, mulai berasa ‘tenteram’ nontonnya, dan selesai film, keluar dengan perasaan campur aduk. It’s such a sweet movie dengan karakteristik tokoh yang kuat, plus akting yang jenius dari para pemerannya. Bravo!

Real Steel

real_steel_battle-wide

Film yang dibintangi Hugh Jackman ini cocok banget buat keluarga or anak-anak. Ceritanya tentang seorang pria yang gemar ‘main’ robot, dimana robot-robot tersebut dikontrol oleh manusia dan si pria – di tengah konflik keluarga – berusaha memenangkan satu turnamen robot. Cerita detailnya saya agak lupa, yang pasti dalam kisahnya, ada konflik antar ayah anak plus high-tech feature terkait robot-robot ini. Bukan cuma robotnya keren-keren, ceritanya juga bagus banget, akting anaknya juga so natural. Ga ada tuh drama picisan dll.

Rush

RUSH-UK-Quad-final

Ini adalah kisah nyata 2 pembalap F1 yang berseteru dalam arti harafiah – di sirkuit dan dalam their daily life. Karakter mereka yang berbeda bikin mereka selalu berselisih, no matter what. Yang satu playboy, ngasal, cuek, pede, yang satu lagi kaku, alim, sangat disiplin dan keras. So sepanjang film kita akan menyaksikan pertandingan-pertandingan mereka as well as their life, sampai suatu ketika salah seorang dari mereka mengalami kecelakaan saat bertanding, yang disebabkan secara tidak langsung oleh pesaingnya itu. Dimulailah titik baru dalam kehidupan mereka berdua. This is a very good movie apalagi buat para pecinta F1. Chris Hemsworth sebagai si pembalap playboy main bagus di sini, tapi yang lebih bersinar adalah si pembalap satu lagi – sangat, sangat, menjiwai karakternya.

Ratatouille

Rata

Saya nonton film kartun ini di pesawat, dan langsung jatuh cinta seketika! Ceritanya tentang seekor tikus yang jenius di bidang culinary dan membantu seorang manusia untuk menjadi koki yang berhasil (eh ini kalo’ ga salah ya). Tikusnya cute banget, ‘cool’ dan cuek, dengan ekspresi yang lucu dan hidup. Plus karena temanya tentang makanan, jadi kebayang dong sepanjang film banyak gambar-gambar makanan enak dan menarik. Saya ga nonton filmnya dari awal dan start dari tengah, and definitely will hunting to finish the movie!

Shaolin

 shaolin

Saya lupa nih detail ceritanya kayak apa, yang pasti ini film ud lumayan lama dan yang main itu Andy Lau. Kalo’ ga salah, dia dulunya adalah seorang jenderal yang sangat jahat dan bengis, terus someday dikhianatin gitu deh sama orang terdekatnya, terus diburu sampe’ dia kudu melarikan diri bersama istri dan anaknya, terus anaknya mati, terus kalo’ ga salah dia diselamatin sama seorang biksu (Jackie Chen), sementara istrinya ditawan sama musuhnya itu. Di tempat Shaolin itu, Andy Lau jadi belajar tentang meditasi, Shaolin, dll., sampe’ bisa berubah jadi seorang biksu yang rendah hati dan tenang. Musuhnya pun berusaha mencari dia, dan akhirnya ketemu deh. Terus gimana ya akhirnya, lupa juga, pokoknya saya inget saya sampe terisak-isak juga nonton film ini. Sedih banget pas anaknya Andy Lau mati.

Selain film-film di atas, banyak juga film-film lain yang berkesan, tapi buat saya ‘level’nya setingkat di bawah film-film di atas. Contohnya :

Wreck It Ralph -> cerita tentang tokoh kartun antagonis di video game yang dimusuhin oleh komunitasnya dan berusaha sebisa mungkin untuk meraih simpati mereka. Kemudian dia bertemu seorang cewek centil yang bawel yang ternyata punya story of life yang sama menyedihkannya. Ceritanya unik, gambarnya bagus. A very nice movie!

Pacific Rim -> biarpun dihina-dina banyak orang karena mirip dengan Godzilla, tetep saya suka sama film ini J I love the concept of Jaeger, dua robot buatan yang dikendalikan oleh dua ‘host’ yang disatukan pikirannya untuk melawan monster (Kaeju) yang mendadak muncul di lautan seluruh dunia.

Film-film Marvel – Well, ga pernah ada yang sampe’ gimana sih, tapi First Class X-Man lumayan keren kok :) Kalo’ Iron Man, menurut saya ceritanya semua biasa aja, cuma yah Tony Stark nya itu yang bikin ngiler.

Rise of The Planet of The Apes – Ini juga bagus dan menyentuh hati J

Insidious 1 -> Satu-satunya film serem yang bener-bener bikin saya ketakutan pasca nonton filmnya. Insidious sekuel berikutnya, udah kehilangan gregetnya, in my opinion.

The Exorcism – Emily Rose -> film jaman saya kecil, yang somehow berkesan banget, gatau kenapa. I watched this with my dad, dan mungkin karena masih kecil, itu jadi salah satu film serem yang pertama saya nonton, dan mengerikan banget ngeliat gimana badan dan tulang orang yang lagi kerasukan bisa bengkok-bengkok seperti itu. Juga statement Emily saat itu yang katanya ‘mengijinkan’ dirinya sengsara dirasukkin, supaya semua orang percaya akan adanya Tuhan, itu yang membekas begitu dalam di hati sampai saat ini. Either itu bener atau nggak, dalam konteks film, it’s so amazing how someone can sacrifice themselves supaya orang bisa mengenal Tuhan.

Last Vegas – Film komedi dengan jajaran pemain kaliber semua ini, biarpun ceritanya ‘sampah’, tetep aja saya ngakak mulu nontonnya J Filmnya seger, akting pemainnya OK-OK, dan asli beneran kocak abis😀

Non Stop – film yang dibintang Liam Nelson, yang bercerita tentang pembajakan pesawat. Tegang, heboh, gregetan!

Kemudian film-film di luar film bioskop yang saya anggap film favorite sepanjang masa :

Friends – Duh ga usah diomongin kali ya, film yang bercerita tentang persahabatan 6 orang ini bener-bener kocak, manis, menyentuh, dan penuh cerita-cerita menawan. Ross, Rachel, Monica, Joey, Chandler dan Phoebe ga pernah absen bikin kita ngakak sampe’ kebawa tidur. Awal-awal episodenya, saya hampir ga pernah ketawa sedikit pun, menurut saya joke-jokenya agak garing, tapi lama kelamaan parah, lucunya jadi gak ketulungan. My favorite character is Ross yang ‘jenius’ dan terpelajar (sometimes remind me of myself ahaha) and Phoebe yang gila dan urat malunya kayak udah putus. Bener-bener berharap ada keajaiban dan Friends bisa diputar lagi or dilanjutin.

Banyak lagi sih film-film seri jaman dulu yang bagus kayak Beverly Hills, Melrose Place, Dawson’s Creek, Black Beauty, Knight Rider, MacGyver, dll. Tapi ga ‘kompatibel’ untuk dibandingin sama Friends🙂

Full House – Ini film Korea yang dibintangi sama Song Hye Kyoo sama Rain itu loh😀 Jaman kuliah (atau SMU ya?) demen banget ngikutin film ini. Filmnya lumayan kocak sih walaupun cenderung mengarah ke konyol; tapi love story mereka manis dan menyentuh banget, dan gara-gara ni film saya sontak jadi ngefans sama Rain yang bad boy dan cool banget. Soundtracknya juga enak-enak banget. Beneran bagus deh nih film.

Pelem-pelem seri Mandarin model Huan Zhu Ge Ge sama Kabut Cinta

Huan Zhu Ge Ge -> alias Putri Huan Zhu, diangkat dari novel karya Chiung Yau dan pernah diputar di televisi lokal selama beberapa waktu. Bener-bener bagus dari sisi cerita maupun pemerannya. Yang main adalah Vicky Zhau, Ruby Lin, Tommy Su, dan masih banyak lagi. Chiung Yau memang pakarnya bikin cerita-cerita keren kayak gini. Kostum para putri ini juga cantik banget, belum lagi puisi-puisi dan pantun jenaka ala china yang sering dibawakan di film ini. Aaargh sampe’ takjub, kenapa bisa ada orang yang create cerita sebagus ini ya?

Kabut Cinta -> IDEM sama di atas – ceritanya sederhana tapi menyentuh, ditambah soundtrack yang bener-bener keren. Plus, Vicky Zhao lagi yang main. Seneng liat mata buletnya yang cantik.

Dan film-film seri lain seperti Pangeran Menjangan, To Liong To, Pedang dan Kitab Suci, dan masih banyak lagi. I’m so old fashioned and can’t hold myself from loving these Mandarin movies!!

The Simpsons – One of my favorite cartoon, dengan kegilaan dan kegokilannya yang ga ada habisnya. Ah, bener-bener legend deh The Simpsons ini!

Film-film serian lain model Saint Seiya, Ksatria Baja Hitam dll. juga bagus, tapi kalo’ ditanya, my favorite will goes to Saint Seiya, apalagi dengan lagu-lagunya yang bagus.

Kalo’ ngomongin film Indonesia, dulu my favorite is Si Doel Anak Sekolahan, Lenong Rumpi, sama Bajaj Bajuri. Sayang sekarang udah nyaris ga ada acara yang sebagus itu lagi. Pfff!!

Sekian pelem-pelem bagus ala saya, someday will write again on this.

4 Responses to "Favourite Movies Sepanjang Masa"

Nama anaknya Sean Penn di I Am Sam itu unik bgt. Klo ga salah Lucy in the sky tp trs dikasih nama yg lbh normal: lucy diamond dawson.

Oh ya? Kok aku ga ngeh ya malahan hahaha.. kereeeen..😀

Aku dikasi tau papahku pas nont bareng di tv kabel😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak 🐄🍴🍽 #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo 😂

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design Yg masak mau kawin tampaknya.. #bintanggading #pik #elanglaut #noodle #bakmi #pork #porknoodle #asinbangetyangdisini 😲😝😖😕 Tryin' this just now.. Agak kecewa.. rasanya flat banget dan ga ada wangi2nya.. istilah gw : rasanya cuma di lidah dan ga nyampe' ke hidung 😅

However teksturnya bener lembut dan agak basah, jadi gak seret kayak kue bolu.

Suggestion : mending rasa matcha-nya ketimbang original cheese cakenya. Rasanya lebih intense.

#fuwafuwa #cheesecake #pik #elanglaut #kue #cake #dessert #japan Kemasannya lutjuuu 😄 #samyang #samyangcheese #instantnoodle #korea #mieinstant #mujigae #pluitvillage #bulgogi #koreanfood #kimchi #chicken #dinner #food #instafood #tiramitsu ala my sister 
#cake #handmade #baileys #dessert Lunch batch 1, diikuti nasi padang #kalimantan #noodle #bakmi #pontianak -> supercool ❤😶😶😶❤ #tyrionlannister #tyrion #gameofthrones #georgerrmartin #series #lannister #biarceboltapikece Happy playin' with the new playmat and fence *for only 10-15' and then yellin' askin' to get out

All is rented via @gigel.id

#playmat #fence #cobyhaus #baby #aimee 🐳🐋🐬🐟🐠🐡 #sulawesi #megakuningan #seafood #parape #ricarica #dinner #squid #crab #soka #makassar 🐷🐖🐽 #babipanggang #pork #pig #food #brunch #asemka #gataunamatempatnya 😶😶😶 #halloween #latepost #gardin #bali  #green #greenery #traveling Coffee? No, please.. #gadoyan #inipunyasuami #coffee #seniman #senimancoffee #bali #ubud #cafehopping #wisatakulinerbali #wisatakuliner #traveling 🌙🌛🌜☁⭐ #selfie
#smile 
#goodnite
#seeyoundari May our path cross again in the future @alicia_tibob 
#farewell #sundari #alfalaval #hrd #teamwork 🐷🐖🐽 #porkbelly #pork #porkneverdies #bali #slipperystone #greek #food #instafood #travelling #dinner #cafehopping

Blog Stats

  • 404,271 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

July 2014
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: