Fanny Wiriaatmadja

East Europe Trip – The Background

Posted on: April 28, 2014

 easterneurope

April ini kesampean juga niat saya untuk nyatronin ke Eropa, tepatnya Eropa Timur.

Jadi Januari kemarin kan saya pindah kantor, nah pas offering session-nya saya yang udah parno super duper bakal ga bisa cuti dengan status karyawan baru, langsung dong muter otak untuk membuka segala macam celah dan jalan biar bisa tetep jalan-jalan walau status karyawan masih under perponcloan alias probation. Jadilah saya sok ngajuin nego untuk bisa cuti semingguan di Maret/April. Intinya, kalo’ mau terima gw, kudu kasih gw cuti loh.. gitu.. Belagu dikit deh gitu, main jual mahal.

Eh ternyata disetujuin dengan gampangnya, Sebenernya sih belum ada plan ke mana-mana di Maret/April itu, walaupun kata travelling itu selalu terngiang-ngiang di otak baik sadar maupun tiada sadar. Yang pasti Maret/April biasanya memang timing paling enak untuk jalan-jalan, secara itu low season dan tour lebih bersahabat dengan kantung yang sudah lusuh dan hawanya lagi enak alias adem.

Mendekati Maret, dengan pressure kerjaan yang lumayan tinggi, siapa yang ga tergoda untuk melarikan diri sejenak secepatnya dari rutinitas yang nyaris bikin diri jadi sinting? Jadilah tour hunting mulai dilakukan, terutama nyatronin Kompas edisi hari Kamis yang memang full dengan iklan tour. Itu OB saya sampe’ udah hafal tiap kali ada seserpih koran Kamis yang raib tanpa jejak. Semingguan nyari-nyari tour, pertama-tama rute pilihan adalah Afrika Selatan, New Zealand atau Eropa. Saya kudu itung-itung cuti juga, karena dulu janjinya cutinya cuma seminggu dan saya sebagai karyawan yang (mencoba) bertanggungjawab dengan load kerjaan yang cukup tinggi juga berasa ga nyaman ninggalin kerjaan, padahal target jalan terus. Afrika Selatan dan New Zealand cukup promising karena durasinya cukup cepet, sekitar 8-9 hari aja. Tapi entah kenapa tetep lebih kepingin Eropa, somehow.

Jadinya setelah mendaftar di beberapa tour, buntut-buntutnya saya jadi pilih West Europe 13 hari (nekat melebihi plan cuti yang dipropose di awal) dan rencananya akan pergi sama nyokap dan cici saya. Sayang cici saya at the end batal karena urusan dua bocah yang ga bisa ditinggal di rumah. Sudah coba berbagai skema alternatif dan sebagainya, tetep ga berhasil nemuin jalan untuk bisa pergi tanpa beban ninggalin dua keponakan itu. Cici yang confirm ga ikutan ke West Europe juga mengiba-ngiba minta ditungguin untuk West Europe alias menghimbau untuk saya ke East Europe duluan aja. Nanti West Europe-nya di-plan lagi taun depan, katanya dengan muka memelas. Ya sudah walaupun saya curiga 100% bahwa tahun depan pun masalah serupa yakni si anak-anak ga bisa ditinggal akan terulang lagi, secara saya adik yang berhati baik, saya penuhilah permintaannya itu dengan rela dan tulus, toh East Europe yang katanya view-nya stunning juga menarik buat saya yang memang demen sama panoramic scene. Jadi deh West Europe di-drop. Padahal kepingin juga karena timingnya pas dengan Festival Tulip Keukenhoff di Belanda yang katanya super cantik di Maret-Mei.

Gitu deh ceritanya kenapa akhirnya jadi ke East Europe. Dan mohon maaf ini seperti biasa ikutan grup tour perginya. Saya sampe bosen ditanyain orang-orang, kenapa lebih memilih ikutan tour daripada jalan sendiri. Yah namanya juga bawa nyokap, yang jelas-jelas kurang memungkinkan untuk kemana-mana sendiri ala backpackers dan menggunakan public transportation. Plus saya juga beneran ga ada waktu untuk prepare apapun sendirian saat ini dengan load kerja yang ajigile dan saya masih anak baru sehingga harus jaga image dan ga mungkin sepanjang hari browsing dan google untuk preparation travelling sendiri. Juga sepertinya dengan cuti yang terbatas, ikutan group tour adalah pilihan paling memungkinkan. Kalo’ saya pengangguran atau sudah pensiun atau punya waktu bebas, saya mungkin akan lebih pilih pergi sendiri dengan durasi agak lama, karena no pressure dari sisi waktu sehingga kalopun pas berpetualang ternyata saya nyasar-nyasar, missed ga berhasil nyampe objek yang dituju dll., saya masih bisa ‘nyantai’ dan no burden, masih punya banyak waktu bebas untuk ngejar rute yang diniatin besokannya; toh no pressure in time. Kalo’ waktunya terbatas sementara saya jalan sendiri, terus kudu nguber semua tempat yang mau dikunjungin dan kemudian nyasar-nyasar dll., takutnya malah nyesek dan bete karena ga berhasil nyampe tempat yang dipinginin sejak awal dan akhirnya (misal) batal karena kendala waktu. Plus lagi saya ga punya temen yang gampangan dan murahan bisa diajak pergi anytime  Jadi banyak faktor yang akhirnya menyebabkan saya terpaksa pilih group tour. Emang sih kesannya ga ‘berasa’ banget karena cuma ngunjungin 1 negara dalam beberapa hari, kemudian pindah lagi, dll. kayak cuma nguber setoran, istilahnya. Tapi itu aja buat saya udah lebih dari cukup and I’m so grateful for this opportunity.

Demikianlah background perjalanan ini. Akhirnya saya join sebuah tour dan berangkat 10 April kemarin selama 10 hari ke East Europe.

Proses pembuatan visa lumayan lancar walaupun saya sempet reschedule karena time yang di-propose awalnya bentrok sama training di kantor. Ini pun lumayan berdarah insidennya, dan I hate to say that I was disappointed with the tour PIC dalam proses arrangement visa ini.

PIC : Bu, jadwal bikin visanya hari Kamis ya..
Saya : Aduh sorry itu beneran saya ga bisa, lagi pas banget ada training
PIC : Waduh gimana dong Bu, emang udah begitu jadwalnya
Saya : Ya saya juga gimana dong Pak, emang udah pasti ga bisa beneran swear sumpah sungguh cen te cen te.. Itu training penting yang ga bisa ditinggal, beneran
PIC : Wah saya juga susah Bu, ini kan jadwalnya dari Kedutaan Bu.. udah ga ada obatnya nih Bu..
Saya : Dulu cici saya bisa kok ubah schedule pas bikin visa ke Swiss..
PIC : Wah kayake susah Bu, ini udah ga obatnya
Saya : Ya gimana dong, saya beneran ga bisa..
PIC : Yah ibu ga bilangin saya sih kalo’ ibu ada training..
(Dalam hati saya : Ha? Siapa lo sampe gw harus lapor kalo’ gw ada training.. Lo juga dari awal ga kasitau gw kalo’ schedulenya di Kamis.. Memangnya salah saya kalo’ ternyata jadwalnya bentrok??)

Kemudian saya kan baik ya orangnya, jadi mencoba menawarkan solusi dong ceritanya :
Saya : Saya trainingnya besok cuma pagi doang, siangnya saya bisa.
PIC : Hah?? Hahahaha (ketawa dengan sumpah, nada mengejek dan melecehkan) ya ga bisa lah Bu! Udah tutup kalee! -> aselik nadanya super nyebelin. Saya sampe meriang panas dingin saking keselnya.
Saya : Mana saya tau kalo’ mereka tutup. Saya kan coba nawarin jadwal lain!
PIC : Ya ini udah ga ada obatnya Bu.
(Dalam hati saya, ini tukang jualan atau sponsor atau marketing apotek ya, daritadi obat mulu bawaannya.. bilang aja males arrange-in jadwal baru)

Saya pun tetep bersikukuh ga bisa dengan jadwal yang diberikan. Ya emang ga bisa sih, mau diapain dong?

Akhirnya si PIC dengan nada super bete berkata, “Ya udah deh Bu nanti saya kabarin lagi..”

Hari Kamisnya, believe it or not, he called me again dengan nada ceria yang dibuat-buat,

PIC : Bu?? Lagi sibuk ga?
Saya : Oh, nggak kok..
PIC : Beneran ga sibuk Bu??? Katanya hari ini training!!-> dengan nada kemenangan, kayak berhasil nemuin kesalahan/kebohongan orang.
(Saya sempet bengong sesaat, ga percaya dia ngomong begitu – kayaknya beneran super ga pantes deh..)
Saya : Kan kemarin saya bilang saya trainingnya pagi. Ini udah jam berapa?? -> waktu itu udah jam 12-an
PIC : (ketawa-tawa, terus nyebutin schedule baru untuk pembuatan visa saya)

Duh gedeg juga deh sama PIC ini.

Abis itu dia kirimin saya email yang bunyinya “confirm ya Bu hari Senin jam 9..”

Saya bingung dong, ini saya disuruh ke mana? Jadi saya email lagi, “alamatnya di mana??”

Dia bales lagi, “Oh iya lupa.. Di Jalan xxxx Bu..”

Saya nanya lagi, “Itu kedutaan Austria ya?” -> ini pun setelah saya Google. Ternyata kita ga apply visa ke kedutaan negara pertama yang kita datengin (Praha/Ceko dalam tour saya), tapi ke kedutaan negara tersering yang dikunjungi selama acara tour itu (dalam hal ini Austria).

Dia bales, “iya, betul Bu..”

Duhhhh ni orang ga informatif banget!! Pengen saya pelintir betisnya rasanya.

Yah sudah begitu deh sekilas tentang kesebelan selama proses persiapan tour ini. Duh, kalo’ inget-inget sekarang, antara jengkel plus pengen ketawa juga sama tuh orang, grrr..

Cerita selanjutnya nanti saya posting later di sini

9 Responses to "East Europe Trip – The Background"

Hehe.. Ga masalah kok traveling dengan perencanaan sendiri ataupun pakai agen perjalanan. Yang penting menikmati dan sesuai dengan keadaan masing2.
Selamat liburan yaaa..🙂

fanny pakabar? dah mo ke eropa aja ni. masuk ukraine kapan? kita2 mau ke odessa juli-agustus ini. mampirrrrr….

Oooyyyy.. baiiik.. duh kayake ga bakal nympe d ukraina ha3.. ngiri.com nihh..

ini tour n travel apa toh Fan

GR ka :p – pake initial

Leave a Reply

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

<<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplusteh70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi 😑😑😑😑😑😑😑😑😑 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah 🎂

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❤👪❤ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue 😗

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan 📷 : @lieta73 😀 Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake 🎂 by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? #aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella Aimee 1st cake 🎂 🎂 @colettelola

#masihedisiulangtahun #aimee #birthday #1yearold #baby #cake #coletteandlola #chocolate Happy Birthday Aimee 🎂

#masihedisiulangtahun #aimee #birthday #1yearold #baby #changthien #keluargakaret #perayaanbatchpertama #greendresscode Happy birthday sweetheart 😀

Even the power of words (whom I trust the whole of my life) can't describe how I feel for this 1 year journey. 
It's a mixed of rollercoaster jaw-dropping, calming and peaceful feeling from rain and soil smell, soap opera laugh and tears, and so on.. Oh, and one thing for sure I know now what is heavy backpain and sleepless night, lol.. Mommy and Daddy woof you berry berry munch, sweet lil' monster.. Thank you for making me a better person, someone I never knew I could be.. ❤👪 #aimee #birthday #1yearold #baby #perayaanbatchpertama #chsngthien #bihunikanpalingenaksedunia #celebration #dinner #family Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak 🐄🍴🍽 #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo 😂

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design

Blog Stats

  • 405,266 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

April 2014
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

