Fanny Wiriaatmadja

Korea Trip June 2011

Posted on: January 7, 2014

Sebenernya sumprit saya ga pernah sedikit pun kepengen pergi ke Korea. Saya kaga demen film Korea (kecuali Full House yang super bagus itu) dan bukan pula penggemar boyband Korea yang muka mulusnya bikin sirik sejagat. Cuma tahu sendiri, ‘sakit’nya saya yang demen bikin cap di passport tambah banyak, dan kebetulan Korea adalah salah satu negara yang belum kebagian jatah dikunjungin, plus kebetulan timingnya waktu itu pas dengan masa jeda setelah saya resign dari Beiersdorf. Jadi biarpun kaga ada secuwil nafsu pun sama negara ini, at the end saya tetep kunjungin dia sambil mencamkan pada diri sendiri, “berilah dia kesempatan, kasihanilah dia..”

Kebetulan pula harga tournya waktu itu ga terlalu mahal karena ga menyangkut Jeju Island (saya lupa harganya, kalo’ ga salah USD 800-an deh untuk 5 hari perjalanan). Tournya sendiri adalah Consortium Garuda, dan kebetulan saya, mama, cici pertama dan anaknya daftar lewat Avia Tour.

Suhu juga kebetulan pas peralihan antara musim semi ke musim panas. Masih oke lah, ga terlalu panas dan ga terlalu dingin juga, cocok buat mama yang ga tahan kena dingin.

Okeh seperti biasa tentu saja kerjaan saya browsing sana-sini di kantor tentang segala macam objek wisata di Korea, buat membekali diri plus biar terkesan sibuk lagi kerja (pasang tampang serius menatap layar komputer sambil ngernyit-ngernyit sesekali). Gatau ya, aktivitas satu ini memang mengasyikkan sih, gimana dong.

Setelah visa dan semua kelengkapan beres, tibalah hari keberangkatan, di awal Juni 2011. Berangkat deh kami ke airport (seinget saya itu pas sore menuju malam gitu), dan ternyata karena consortium, pesertanya jadi banyak dan rombongan kami dibagi dua dengan tour leader yang berbeda. Saya lupa waktu itu total peserta di rombongan saya berapa. ‘Sialnya’ rombongan saya nanti kedapetannya local guide bahasa Inggris, sementara rombongan yang satunya lagi cukup hoki dapat local guide yang bisa berbahasa Indonesia.

Perjalanan kalau ga salah sekitar 6-7 jam-an, mirip ke Jepang. Sayang banget ingetan saya susah banget dijernihin terkait kondisi perjalanan, makanan dll., sehingga pasti ke belakangnya cerita ini bakalan ga lengkap dan mengandung banyak kesalahan-kesalahan kronologis. Ampunilah.

Sampai di Incheon pagi harinya, kami langsung diajak kenalan sama Felix, local guide kami selama di sana. Bahasa Inggrisnya yah khas-khas Korea gitu deh, dan dia demen banget sama ponakan saya, karena katanya ponakan saya mukanya kayak orang Korea (terutama matanya yang kayak kuaci). Logat mendayunya Felix itu sering banget ditiruin sama peserta tour lain.

IMGP3921

Seinget saya kemudian (sambil liat-liat foto jaman dulu itu) kami langsung berangkat ke Nami Island setelahnya. Jadi kami pergi ke suatu dermaga bertajuk River Line, kemudian naik kapal cukup gede ke pulau tempat lokasi syuting Winter Sonata itu. Jangan pikir saya pergi dengan super excited siap untuk menyambut patung dan foto-foto Bae Yong Jun itu ya, wong nonton serinya aja saya ga pernah, belum lagi aselik saya kaga demen liat cowok putih yang matanya sayu-sayu minta dicolok itu, belum lagi senyumnya yang selalu terurai tiada henti – which is aneh banget buat saya.

IMGP3531

IMGP3532

Di luar Bae Yong Jun dan antek-antek dramatisnya itu, di luar dugaan pulau ini cukup menyenangkan. Pasti pada sering deh liat foto atau pemandangan Nami Island dengan pohon tinggi di kiri-kanannya. Nah, ya kagak gitulah Nami Island itu.

Selain itu, banyak spot-spot cantik dengan icon lucu-lucu bergambar komik gitu, cukup menggemaskan. Cewek-cewek pasti demen deh ke sini. Ada juga kanvas berisi lukisan pohon-pohon, berderet rapi di salah satu spot di pulau ini, seolah menyatu dengan pohon-pohon beneran di belakangnya. Cantik deh. Pokoknya tempat ini menyenangkan untuk berjalan-jalan dan berfoto. Cuacanya pun pas lagi adem.

Dan at the end biarpun kaga demen sama si aktor, toh saya berfoto juga dengan dia hanya atas nama “biarlah resmi kunjunganku ke Nami Island”. Tragis. Anyway foto itu ga akan di-share di sini (nehi-mehi). Banyak pula spot tempat mengenang scene-scene film ini, misalnya first kiss nya si Bae Yong Jun sama cewek bertampang tua itu.

IMGP3578

IMGP3557

IMGP3577

IMGP3562

Di tempat ini kami juga sekalian lunch shabu-shabu gitu, yang dagingnya lumayan enak tapi bikin miris ati karena ga kenyang. Mukaku pasti sedih banget saat itu. Ada pipa-pipa unik di atasnya khas bakar-bakaran restoran Korea.

IMGP3546

Setelah puas putar-putar di Nami Island, kami ngumpul lagi, terus balik ke dermaga keberangkatan tadi dengan kapal.

Habis itu seinget saya, kami ke Dhaepo Wharf dan itu udah sore. Ini semacam pasar seafood gitu sih, jadi kita masuk ke suatu gang dimana kiri-kanan berjejer para penjual makanan dan bahan makanan. Tempat ini lumayan rame’ dikunjungi para turis, dan sayangnya waktu kami datang karena sudah kesorean (kalo’ ga salah), tempatnya udah mulai sepi dan kebetulan bekas hujan juga. Overall tentu saja saya pembenci pasar ga enjoy sama sekali di tempat ini, apalagi becek-becek begitu. Beberapa peserta sempat beli cemilan seperti sate cumi, dll.

Setelahnya kami balik hotel dan istirahat.

Hari kedua, kami ke Mount Sorak, gunung terkenal di Korea. Ada patung beruang gede di depannya, lambang Mt. Sorak ini (jangan tanya sejarahnya ya, saya lupa).

Jadi sebenernya Mt. Sorak ini adalah semacam national park gitu. Nah sampai di kompleksnya, kami jalan sedikit, kemudian ngantri untuk naik cable car gede yang muat puluhan orang, menuju Mt. Sorak. Sampe situ, jalan deh kami menyusuri semacam bukit batu yang ga bersahabat banget tanahnya dan sukses bikin boot saya rusak dan lecet-lecet. Medannya lumayan terjal dan banyak tangga-tangga, jadi para orang tua kebanyakan mendekam di ‘stasiun’ cable car aja dan minum di cafe sana, ga ikutan mendaki. Di sekeliling bukit-bukit ini juga banyak pepohonan hijau.

IMGP3617

IMGP3623

IMGP3645

IMGP3640

Sampe’ puncak, udah deh kita cuma foto-foto dan lihat view yang sebenernya sumprit ga menarik banget, ditambah ada kabut lagi, jadi ga terlalu keliatan apa-apa. Terus ternyata di atas situ ada bekas benteng yang namanya Kwongeumseong Fortress, dan sampe’ detik ini pas nulis, saya ga ingat apa-apa tentang bentuk reruntuhan benteng itu, yang secara implisit menyatakan bahwa tuh benteng pasti kaga atraktif dan kaga menarik banget kan? Oh ya juga ada semacam papan bertuliskan informasi tentang sejarah benteng itu.

IMGP3641

Setelahnya, masih di kompleks yang sama, kami ke Shinheungsa Temple dan ngeliat Grand Bronze Statue of Buddha, patung Buddha yang lumayan gede, yang sayangnya saya ga tau keistimewaannya apa T_T

IMGP3652

IMGP3651

Ya sudah setelah itu kami berangkat lagi ke Vivaldi Park Resort. Sekitaran tempat ini kalo’ musim dingin bakal jadi arena ski, sementara pas summer gini jadi tempat berenang.

Setelah check-in, kami siap-siap tukeran baju renang dan jalan kaki nyeberang menuju Ocean World. Ceilah berenang aja jauh-jauh ke Korea, kasihan banget ya. Saya sih ga bisa berenang, jadi cuma duduk-duduk di kolam, super anteng menikmati pemandangan orang-orang (pria-pria) Korea yang lalu-lalang. Terus ternyata karena kami lagi-lagi udah kesorean, ada beberapa wahana yang menarik di situ (misal perosotan super tinggi) yang udah tutup, jadinya sebenernya kami ga gitu ngapa-ngapain di situ. Palingan cuma 1 jam-an aja. Habis itu bilas-bilas deh.

IMGP3722

Yang menyenangkan di ruang gantinya adalah mesin pengering baju renang yang superkeren, yang bisa bikin baju renang kering dalam sekejap sehingga kita ga usah bebawaan pulang baju basah. Terus cewek-cewek Korea ternyata cukup cuek, jadi mereka ganti bajunya ya berbugil ria gitu aja, ga pake’ tutup-tutupan. Saya dan yang lain sih tetep masuk ke bilik.

Habis itu kami jalan kaki lagi balik hotel kemudian keliling-keliling area hotel sambil foto-foto.

Hari ketiga, dari Vivaldi Park Resort kami meluncur ke theme park terkenal Korea, Everland, yang ternyata kayak Dufan aja. Ga bilang jelek sih, cuma wahananya kurang menarik ya. Wahana 4D pun agak burem dan gelap. Jauh banget sama Disneyland Jepang. Yang menyenangkan di sini adalah taman-tamannya, dengan bunga-bunga colorful yang cantik banget bikin mata jadi kelabakan, misal Four Season Garden.

Di bagian depan Everland juga ada sejenis bangunan yang seluruh dindingnya dilukis dengan gaya tumpuk rumah-rumah di Yunani. Nice banget, dan si bangunan itu selalu jadi background photo group manapun, termasuk group kami.

IMGP3734

IMGP3808

IMGP3772

IMGP3744

IMGP3782

IMGP3739

Di Everland kami hanya setengah harian aja, setelah itu lanjut ke perkebunan strawberry. Cuma buat metik strawberry gitu loh. Di Bogor juga ada bukan yah? Habis lihat-lihat, kami dikasih petik beberapa strawberry. Lumayan manis sih.

IMGP3664

Habis itu saya, ponakan saya dan beberapa cewek-cewek lain ngotot mau optional tour ke Teddy Bear Museum. Setelah bujuk-bujuk supir dll. akhirnya jadi juga kami ke tempat itu. Di Korea ada beberapa Teddy Bear Museum, tapi setahu saya yang paling terkenal adalah Teddy Bear Museum di Jeju Island.

Sampe’ sana, menurut saya selain Nami Island dan Everland, inilah tempat yang berhasil membangkitkan ‘gairah’ lagi, setelah Mt. Sorak yang ‘datar’, Ocean World yang ‘basi’ dan kebun Strawberry yang ‘biasa banget’. Ya sudah di sini kami lihat-lihat dan foto-foto. Super-uber-cute deh, dengan semua pelosok penuh dengan Teddy Bear berbagai ukuran, sampe’ yang paling gede sekalipun. Puas banget!

IMGP3710

IMGP3711

Habis itu kami lanjut jalan ke Seoul, kemudian pulang ke hotel. Sempet mau request untuk optional tour Nanta Show, tapi setelah tour leader kami telepon ke tour lokal di Seoul, ternyata tempat duduk di show itu udah full. Maklum show tersebut memang populer. Katanya sih semacam lawakan Korea, dengan setting di dapur. Ga kebayang.

Hari keempat, kami full di Seoul. Pertama ngunjungin Gyongbok Palace. Ini aja saya udah lupa apaan. Kayaknya istana-istana kerajaan gitu deh. Ada kolam-kolam juga di dalam kompleksnya. Tradisional banget. Setelahnya kami ke Korea Folklore Museum, jelas di dalamnya kita bisa lihat-lihat pernak-pernik kebudayaan Korea dalam diorama-diorama cantik berdinding kaca, dimana kita ga boleh foto pake blitz.

IMGP3885

Setelahnya, kami mampir ke Blue House alias rumah presiden, yang sama sekali ga menarik karena cuma numpang foto di depan semacam patung dan air mancur.

IMGP3873

Habis itu kami lanjut ke tempat bikin kimchi (makanan nasional Korea), dimana kita bakal pake’ celemek dan diajarin bikin makanan satu itu. Saya sih ketawa-ketiwi aja, secara saya paling males bikin tangan saya kotor biarpun tangan kita dilapisin plastik bening. Kita harus bolak-balikkin tuh kimchi di talenan, dilumurin bumbu merah-merah itu, dll. Si gurunya sampe’ ngelirik saya berkali-kali –pasti dipikirnya saya ga kooperatif.

IMGP3829

Setelahnya di bangunan yang sama, kami juga pake’ pakaian tradisional Korea, kemudian foto-foto deh. Lucu-lucu sih bajunya, warna-warni gitu, tapi asli bikin kita jadi gendut banget karena model bajunya berat dan lebar.

IMGP3950

Sorenya kami mulai belanja-belanja, dibawa ke toko ginseng (mama saya girang bukan kepalang) dengan harga ajigile, kemudian ke Etude, Faceshop dll. (di sini saya yang megap-megap, karena harga barangnya murah-murah banget, jauuuh deh dari harganya di Indo) dan sampe’ beli sekeranjang gede kosmetik.

IMGP3963

Setelahnya kami juga ke toko Amethys something, yang kayaknya isinya perhiasan-perhiasan gitu, terus terakhir malam harinya kami didrop di kompleks perbelanjaan gede, Dongdaemun. Ada berderet-deret mall di sini –mungkin semacam Orhcard-nya Singapore kali ya. Di sini saya ga inget kami ngapain. Kayaknya cuma dari outlet ke outlet aja, belanja.

Setelahnya kami balik hotel, terus tidur.

Hari kelima, setelah breakfast kami langsung cabut ke airport. Selesai deh perjalanan ke Korea, tadaaaaaa..

Overall, jujur trip kali ini ga terlalu berkesan ya. Satu hal yang paling saya demen di sini cuma belanjanya, dan itu pun cuma belanja pernak-pernik (souvenirnya) yang lucuuuuu banget dan kosmetiknya yang murah meriah. Asli para cewek pasti bakal kalap selama di sana. Sampe’ sekarang saya masih simpen seplastik gede souvenir Korea super cute itu, mulai dari gantungan kunci, magnet, pembatas buku, dll. Nice banget.

Kemudian orang Korea sendiri -karena kami ‘cuma’ ikutan tour- tentu saja ga bisa ketangkep jelas karakternya. Tapi yang pasti physically mereka cantik-cantik dan ganteng-ganteng, badannya pun tipis-tipis serasa habis disiksa di papan gilasan. Dan udah pada tau kan, bahwa hadiah Sweet 17th dari para orang tua untuk anak mereka adalah dana untuk operasi wajah? Itu udah umum banget, jadi memang katanya sebagian besar wajah para gadis Korea adalah hasil operasian -bikin hidung  lebih mancung, bikin lipatan mata buatan, bikin pipi lebih tirus dll.

Walaupun perjalanannya ga gitu menarik secara keseluruhan, tentu saja saya hepi-hepi aja. Toh passport juga jadi tambah cantik dengan satu halaman penuh bergambar visa Korea🙂

5 Responses to "Korea Trip June 2011"

Cakep banget mba suasana di sana. Apalagi yg difoto juga cakep. Komplit dah

Wadooh.. haha.. makasih Mas..

Sumprit… beneran koq ..😀

Aku ke Nami dan Seoraksan pas winter, sekalian mendaki sampai puncak. Hehe..
Katanya Soeraksan lebih bagus dikunjungi pas autumn dibandingin summer, karena lebih colorful.😉
Di Korea banyak tempat yang biasa aja sebenernya tapi dibikin lucu2 gitu jadinya menarik.

Woww.. ga kebayang pas winter gimana mendakinya haha.. pasti seru (plus engap, hihi).
Iya ya, di sana tempatnya biasa tapi cute-cute gituh, bkin gregetan..