Fanny Wiriaatmadja

Book Review : Just After Sunset – Stephen King

Posted on: January 6, 2014

re_buku_picture_update_87409

Cuma orang gila kayak Stephen King yang bisa bikin cerita misteri super absurd. Ga pernah bisa nyerap ceritanya hanya dengan sekali baca, hampir selalu kudu balik lagi dan baca ulang. Meras otak banget deh.

Kali ini Stephen King hadir dengan kumpulan cerpennya, Just After Sunset. Sebenernya aku ga gitu ngerti sih kenapa judulnya seperti itu, karena dilihat dari kumpulan cerpennya, ga ada tuh yang bertajuk sama. Baca sekilas pengantarnya, ternyata katanya ‘senja’ itu adalah moment yang khusus dimana banyak ‘insiden’ dan.. ah entahlah aku lupa, saking terburu-buru menyantap buku ini dan jump langsung ke ceritanya.

So, ada 13 cerita pendek di sini, kumpulan cerpen Stephen King, yang hampir semuanya (atau semuanya?) sudah pernah di-publish.

Saya rekap sebentar ya inti cerpennya dan penilaian saya :

Willa – Aku setuju dengan Stephen King bahwa cerpen ini (sama sekali) bukan karya terbaiknya, dan aku agak kecewa kenapa cerita ini ditempatkan di awal sebagai penggebrak. Tapi Stephen King juga menyatakan bahwa ia sangat menyukai cerita ini. Ceritanya tentang seorang pemuda bersama segerombolan orang lain yang terdampar pasca kecelakaan yang menimpa kereta mereka, dan di suatu malam pemuda itu mencari pacarnya yang entah kenapa menghilang dari stasiun tempat mereka semua menunggu, kemudian berhasil menemukannya di sebuah bar tempat berdansa. Di situ lewat petunjuk pacarnya, dia baru menyadari bahwa dia, pacarnya dan mereka semua yang terdampar itu sebenarnya sudah mati karena kecelakaan itu, dan si pemuda berusaha membujuk kawan-kawannya itu untuk ‘bergerak’, tapi ditolak oleh mereka semua karena mereka menganggapnya gila. Membacanya butuh usaha lebih untuk tetap bertahan, mungkin karena dari awal aku sudah tidak menyukainya.

The Gingerbread Girl – Tadinya aku ga ngerti kenapa judul ceritanya itu. Baru ‘dong’ belakangan pas baca di bagian belakang tentang penjelasan Stephen King. Mirip seperti Willa, lagi-lagi aku kurang suka cerita ini. Ceritanya tentang seorang wanita yang kehilangan bayinya, terguncang dan melampiaskannya lewat ‘berlari’ (harafiah). Jadi sepanjang hari dia hanya berlari, berlari, dan berlari, dan kegilaan itu akhirnya berefek pada hancurnya pernikahannya. Setelahnya ia mengungsi di rumah peristirahatan ayahnya, dan secara tak sengaja bertemu dengan penjahat yang memperangkapnya. Dimulailah usahanya untuk meloloskan diri dari sekapan di rumah si penjahat, dan tentunya dengan berlari –satu-satunya keahliannya- pada akhirnya. Lagi, aku juga kurang suka cerita ini. Intinya pendek, tapi ceritanya dipanjang-panjangkan dan begitu banyak detail printilan yang menurutku bikin capek bacanya. Terlalu deskriptif, tapi itu memang keahliannya Stephen King kan?

Harvey’s Dream – Ini cerita tentang pria yang menceritakan mimpinya pada istrinya, dan ternyata semua mimpinya itu kejadian. Aku lumayan suka cerita ini.

Rest Stop – Ceritanya tentang seseorang yang numpang pipis di Rest Area, terus ketemu sepasang pria dan wanita yang bertengkar dan si pria is about to mukulin ceweknya itu. Sederhana aja sih, dan again bukan my favorite story. Cerita ini dibuat berdasarkan pengalaman real Stephen King sendiri.

Stationery Bike – Ini adalah salah satu cerita terpanjang di novel ini. Ide ceritanya aku suka banget, ditambah introduction yang memikat. Ceritanya tentang seorang pria yang sedang berkonsultasi tentang kesehatannya pada seorang dokter dan bagaimana si dokter menjelaskan dan memberikan warning tentang kadar kolesterolnya yang tinggi dengan memberikan sebuah perumpamaan, bahwa ada pria-pria di dalam tubuhnya yang bekerja keras untuk memperbaiki kesehatannya dan suatu saat mereka semua akan kelelahan ‘merawat’ tubuhnya, dan tibalah ajal akan menjemput. Nah si pria itu entah kenapa terbayang-bayang terus akan perumpamaan itu dan dia mulai ‘menghidupkan’ tokoh-tokoh itu melalui lukisannya, kemudian mulai berolahraga terkait kesehatannya, supaya pria-pria itu tidak usah bekerja keras. Cara berolahraganya adalah dengan mengayuh sepeda statis. Karena cukup membosankan, dia mulai membuat rute virtual yang panjang sambil bersepeda, dan entah kenapa dia mulai terbawa pada ‘mimpi-mimpi’ dimana para pria yang ada dalam imajinasinya itu hidup dan marah padanya, menuduh si pria sengaja mau melenyapkan/membunuh mereka dengan berolahraga (mengambil-alih mata pencarian dan pekerjaan mereka sebagai pembakar lemak, kalori, dll. di dalam tubuh). Keren mati kan idenya? Tapi jujur dalam eksekusinya aku sedikit bosan karena ceritanya kepanjangannya. Bukan ceritanya yang problem sebenarnya, tapi aku yang memang ga tahan baca cerpen panjang.

The Things They Left Behind – Again, aku juga suka ide ceritanya. Ceritanya tentang seorang pria yang lolos dari peristiwa 9/11, dimana semua teman sekantornya tewas. Saat peristiwa itu terjadi, dia kebetulan memilih pura-pura sakit karena malas masuk kantor. Entah kenapa –mungkin karena rasa bersalah khas orang yang selamat dari suatu kecelakaan- mendadak benda-benda kenangan peninggalan teman-temannya yang sudah wafat mulai bermunculan di apartemennya, sampai pria ini akhirnya menceritakannya kepada teman se-apartemennya akan kejadian misterius itu. Temannya pun menawarkan untuk mengambil sebuah benda, untuk membuktikan bahwa tidak ada apapun yang salah dengan semua benda itu; bahwa semua itu hanya kebetulan; ada orang yang hendak iseng dsb., sampai beberapa hari kemudian si teman mengembalikan benda itu dengan wajah pucat pasi karena lewat benda itu entah bagaimana dia bisa melihat detik terakhir kejadian 9/11 itu; bagaimana si pemilik barang (alias si korban) merangkak di bawah meja dengan rambut terbakar, dll. Menyeramkan. Mungkin aku suka ceritanya karena sederhana yang cukup mudah dicerna, tidak seperti cerita-cerita sebelumnya.

Graduation Afternoon – Aku ga begitu mengerti kisah ini. Sepertinya ini cerita tentang bom nuklir atau sejenisnya, tapi yang pasti karakterisasi yang dijabarkan King di sini sangat kuat. Aku sangat suka karakter si gadis yang tegas dan mantap, tahu apa yang diinginkannya.

N – Ini cerita yang sangat standard dan sudah tertebak, dan menurutku mirip dengan kisah Lisey’s Story, novel Stephen King sebelumnya, tentang sebuah dunia gaib dimana ada monster yang akan merusak dan menghancurkan hidupmu. Seperti yang sudah kukatakan, karena endingnya sudah tertebak, cerita ini tidak lagi spesial, tapi dari awal mataku tidak bisa berhenti membaca semua cerita konsultasi si pasien dengan psikolog terkait dunia gaib yang mencengkeramnya itu, karena caranya menceritakan tentang perilaku obsesif-kompulsif sangat menarik dan mencengangkan. Aku kecanduan.

The Cat From Hell – Sama seperti N, ending cerita ini tertebak dengan mudah, tapi tetap cerita sederhana ini sangat memikat dan menyeramkan. Suka! Sesuai judulnya, ceritanya tentang kucing yang membunuh satu anggota keluarga lengkap sebagai pembalasan dendam karena kaum mereka terus dijadikan bahan uji coba sebuah lab farmasi. Si pemilik kucing sampai menyewa seorang pembunuh bayaran untuk melenyapkan kucing itu, dan tahu sendiri kan apa yang terjadi at the end pada si pembunuh bayaran?

The New York Times at Special Bargain Rates – Ini cerita yang agak menyedihkan dan menyentuh, lagi-lagi tentang sebuah dunia pasca kematian. Ceritanya tentang seorang suami yang meninggal pasca kecelakaan pesawat dan menelepon istrinya dari akhirat. Ceritanya manis dan sangat romantis menurutku. Jadi terbayang bila aku berada di posisi wanita yang kehilangan itu.

Mute – Ini juga sangat menyenangkan untuk diikuti, kisah seorang pria yang dikhianati istrinya, yang menceritakan kisah pahitnya pada seorang bisu-tuli yang menumpang mobilnya yang kemudian mendadak lenyap seolah ditelan bumi. Belakangan dia mendapat kabar bahwa istri yang telah mengkhianatinya itu dibunuh oleh seseorang. Terkesiaplah si pria, menyadari bahwa si pria bisu-tuli itu sebenarnya bisa mendengar, dan ia membalas tumpangan yang diberikan padanya itu dengan membunuh si istri yang berkhianat. Menyeramkan, tapi bikin nagih bacanya, apalagi dibuat dalam setting pengakuan dosa pada seorang pastor.

Ayana – Lagi-lagi tentang cerita kematian; tentang bagaimana seorang pria bisa terus terhindar dari kematian berkat orang-orang yang ditemuinya, yang akan dikecupnya di bagian bibir entah bagaimana. Bagian yang kusuka adalah saat penceritaan tentang ayah mereka yang hendak dijemput ajal, tapi mengalami suatu mukjizat. Setelahnya menurutku ceritanya agak membosankan.

A Very Tight Place – Ini juga adalah salah satu cerita favoritku, menceritakan tentang sepasang rival bisnis yang saling mendendam, dan bagaimana salah seorang di antaranya yang sudah menderita kanker ganas memutuskan untuk membunuh rivalnya itu dengan cara menjebaknya dan mengurungnya dalam sebuah toilet portabel di sebuah proyek pembangunan. Maka cerita pun mulai mengisahkan perjuangan si korban untuk meloloskan diri dari neraka itu. Stephen King menjabarkannya dengan sangat detail seperti biasa, membuat kita sungguh-sungguh merinding membayangkan tumpukan tinja berseliweran intim di wajah kita, demi mempertahankan nyawa kita. Mengerikan dan menjijikkan!

Demikian sekilas tentang belasan cerita yang terdapat di dalamnya. Sebenernya iseng aku pingin bikin urutan cerita mulai dari most sampai least favorite, tapi sepertinya cukup sulit karena masing-masing cerita punya kekuatan dan kelemahannya masing-masing menurut opiniku. Ada yang sederhana, tapi memikat; ada yang idenya gemilang tapi eksekusinya agak membosankan; ada yang ceritanya tertebak, tapi enak diikuti, dll.

Nah makin ke belakang, aku makin cepet bacanya karena ceritanya jadi lebih menarik dan menegangkan. Jadi alurnya memang agak slow di awal, tapi menanjak di pertengahan sampai akhir, gitu deh pola pembacaan buku ini.

Terus again khas Stephen King, cerita-ceritanya memang absurd, mirip kisah Lisey’s Story, novel karangannya terakhir-terakhir. Novel sebelum-sebelumnya, misalnya Rose Mudder (kalau ga salah ketik) malah lebih sederhana dan ga seabsurd Lisey’s Story. Tapi memang mengagumkan bagaimana seorang Stephen King menumpahkan buah pikirannya. Seperti yang sudah kukatakan sebelumnya, deskripsinya selalu kuat, belum lagi gaya penceritaan yang ringan dan ‘ngalor ngidul’, plus style-nya yang memang demen masukkin secara gamblang merk-merk/brand tertentu. Lucu aja sih (lucu yang menyenangkan).

Score : 7,5

1 Response to "Book Review : Just After Sunset – Stephen King"

Oh jd itu kumpulan cerpen. Kirain novel. Q pngen baca yg children of the corn, tp ga nemu. Filmnya creepy menurutku. Pernah baca a girl who loved tom gordon? Alurnya lambat sih tp asik juga menurutku. Terdampar di hutan, dan sebuah radio yg menemaninya agar tetap waras. Hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

<<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplusteh70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi 😑😑😑😑😑😑😑😑😑 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah 🎂

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❤👪❤ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue 😗

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan 📷 : @lieta73 😀 Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake 🎂 by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? #aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella Aimee 1st cake 🎂 🎂 @colettelola

#masihedisiulangtahun #aimee #birthday #1yearold #baby #cake #coletteandlola #chocolate Happy Birthday Aimee 🎂

#masihedisiulangtahun #aimee #birthday #1yearold #baby #changthien #keluargakaret #perayaanbatchpertama #greendresscode Happy birthday sweetheart 😀

Even the power of words (whom I trust the whole of my life) can't describe how I feel for this 1 year journey. 
It's a mixed of rollercoaster jaw-dropping, calming and peaceful feeling from rain and soil smell, soap opera laugh and tears, and so on.. Oh, and one thing for sure I know now what is heavy backpain and sleepless night, lol.. Mommy and Daddy woof you berry berry munch, sweet lil' monster.. Thank you for making me a better person, someone I never knew I could be.. ❤👪 #aimee #birthday #1yearold #baby #perayaanbatchpertama #chsngthien #bihunikanpalingenaksedunia #celebration #dinner #family Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak 🐄🍴🍽 #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo 😂

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design

Blog Stats

  • 405,266 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

January 2014
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: