Fanny Wiriaatmadja

Movie Review Dec 2013 (2)

Posted on: December 30, 2013

Hobbit – The Desolation of Smaug

hobbit-2-tie-in-book (1)

Di luar dugaan, sekuel kedua ini lumayan bagus! Enjoy banget nontonnya, beda sama sekuel pertama yang panjang dan membosankan. Di sini konfliknya makin tajam, kita dibuat makin penasaran dan ga sabar untuk tancap gas ke scene-scene berikutnya. Bilbo yang bikin saya sebel dan ilfeel di film pertamanya, entah kenapa tampil simpatik di sekuel kedua ini dan jadi tokoh favorit saya selain si pimpinan kurcaci yang agak tua itu.

Kemudian Torin juga tampil mempesona di film ini. Terasa banget konflik dalam dirinya, antara peran protagonis maupun antagonisnya, bikin kita bersimpati sekaligus benci sama tokoh satu ini.

Scene favorit tentu saja saat melawan naga dalam usaha mencuri si permata. Menegangkan dan bikin kita menahan napas berkali-kali. Selain scene favorit, tentu ada scene yang paling ‘bikin males’, di antaranya scene-scene saat si pendayung menolong mereka untuk memasuki kota. Gatau ya, sepertinya terlalu dipaksakan aja dan terlalu lancar, cenderung ga masuk akal.

Intinya, film ini recomended deh😀

Score : 8

Laskar Pelangi – Edensor

7-Fakta-Film-Laskar-Pelangi-Sekuel-2-Edensor

Ber-setting di Paris, kembali lagi bersua dengan Ikal dan Arai, dua tokoh karya Andrea Hirata. Kisah kali ini lebih menceritakan pengalaman mereka berdua bersekolah di Universitas Sorbonne sekaligus kisah cinta Ikal yang di masa berkuliah ini bertemu si cantik Katya dari Jerman, plus sedikit scene tentang Aling (cinta matinya Ikal) di akhir. Saya sendiri lupa cerita asli di novelnya karena lama ga baca.

Mirip dengan 99 Cahaya di Negeri Eropa, kita akan disuguhi pemandangan cantik Paris dengan Museum Louvre-nya, Eiffel, dan lain sebagainya.

Untuk filmnya sendiri secara garis besar menurut saya lebih bagus dibanding sekuel pertamanya yang membosankan. Edensor ini lebih enteng dicerna, lebih mengalir dan mudah diikuti, walaupun jujur di akhir sebersit tanya melintas : sebenarnya apa inti dari film ini, karena messagenya jadi ga ‘bold’, hanya mengisahkan ‘lelucuan’ kisah Ikal dan Arai di Paris dengan sedikit flashback ke belakang. Kemudian selain view cantik Paris, menyenangkan pula melihat kecantikan Katya dan kekonyolan 4-Pathetic-Friends.

Yang agak mengganggu adalah suara Ikal yang seringkali tidak jelas terdengar karena cara pengucapan dialog yang kumur-kumur dan dengan nada rendah. Banyak kata yang jadi miss dan tidak tertangkap telinga, sedangkan sebaliknya yang patut diapresiasi adalah dialog dalam bahasa Perancis yang diucapkan oleh tokoh-tokoh kita. Usaha mereka patut diacungi jempol.

Overall, tentu saja bukunya lebih bagus daripada filmnya. Gaya puitis khas Andrea Hirata kurang terasa di film ini walaupun dialog sudah dibawakan secara mendayu.

Score : 7,5

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

kapal%201

Terpengaruh oleh beberapa rekomendasi bernada positif di social media, akhirnya saya nonton film ini. Di luar dugaan, filmnya cukup menyenangkan untuk diikuti walaupun kisahnya sangat klise. Karya Buya Hamka yang memang bersetting cerita riil akan tenggelamnya kapal Belanda nan megah ini berkisah tentang cinta Zainuddin dan Hayati yang kemudian terputus karena Hayati dijodohkan dengan Aziz, pemuda kaya yang ganteng tapi suka berjudi dan main wanita. Sedari awal sudah diceritakan tentang background Zainuddin yang beribu Makassar dan berayah Padang, sehingga dianggap asal-usul dan kesukuannya tidak jelas. Sebab itulah yang membuat keluarga Hayati menolak untuk menyetujui kisah cinta Zainuddin dengan Hayati.

Dikisahkan selanjutnya Zainuddin yang sakit hati akan Hayati yang mengingkari sumpahnya dan lebih memilih pemuda kaya, menenggelamkan diri dalam novel dan karya sastra buatannya, sampai menjadi seorang penulis sukses sekaligus pengelola usaha penerbitan di Surabaya. Aziz yang bangkrut kemudian mengemis pertolongan pada rivalnya ini, dan disambut Zainuddin dengan tangan terbuka. Berdua, Aziz dan Hayati tinggal di rumah Zainuddin, sampai terakhir karena malu sendiri, Aziz memilih bunuh diri dan menyerahkan kembali Hayati ke tangan Zainuddin. Sayang Zainuddin sudah terlanjur dendam, dan malah mengirim Hayati pulang ke Padang dengan kapal Van Der Wijck. Malang tak dapat ditolak, kapal itu tenggelam dan Hayati pun meninggal, meninggalkan sesal mendalam dalam hati Zainuddin.

Dialog-dialog dalam film ini disesuaikan dengan setting tahun 1930-an, dengan kata-kata mendayu dan berbau puisi, tapi tetap enak diikuti. Bahasanya sangat sastra dan sangat ‘Padang’ sekali –membuat film ini benar-benar kaya dilihat dari sisi budaya.

Untuk akting sendiri, menurut saya semuanya cukup bagus membawakannya, walaupun Hayati-nya kadang terlalu ‘letoy’ dan pasif, datar banget bikin sedikit greget. Tapi tentu saja kecantikannya yang klasik bikin kaum hawa geleng-geleng kepala camour ngiri. Zainuddin juga entah kenapa membuat saya teringat sekilas akan pemeran Man of Tai Chi yang agak culun, sementara Reza Rahadian seperti biasa tampil super ganteng dan super keren. Yang saya juga suka aktingnya adalah Arzetti sebagai ibunya Mulik. Ketegasan dan kegalakan serta sedikit keceriwisannya, dibawakan tanpa cacat walau hanya sebentar.

Scene akhir di detik kematian Hayati berjalan lambat, tapi mampu membuat air mata berlinang, terutama saat Zainuddin membacakan kalimat suci di telinga Hayati.

Scene lain yang mengganjal menurut saya adalah pertobatan Mulik yang ga ada angin ga ada hujan, tahu-tahu langsung bisa berubah jadi baik dengan alasan terinspirasi sama Zainuddin. Mestinya (kepo nih saya) sesekali dibikin dong scene saat Mulik terpana melihat aksi atau perkataan Zainuddin, jadi pas tau-tau Mulik bertobat, kita ga heran lagi karena udah ada introduction sebelumnya.

Overall, film ini cukup layak ditonton, dengan durasi hampir 3 jam.

Score : 7,5

Hours

untitled

Film ini hanya diputar di Blitz dan bolehlah ditonton untuk mengenang Paul Walker. Ide ceritanya sih saya suka (setelah baca resensinya), karena seperti biasa bencana alam selalu jadi tema menarik buat saya.

Kisahnya sendiri adalah tentang Nolan yang baru saja kehilangan istrinya pasca kelahiran putri mereka yang prematur. Karena kondisinya, maka putrinya Abby harus dimasukkan dalam inkubator. Problemnya adalah badai Katrina sedang melanda New Orleans. Maka para pasien dan dokter pun diungsikan ke rumah sakit yang lebih aman. Badai juga membuat bendungan bobol dan banjir mulai menyerang juga. Tinggallah akhirnya Nolan sendirian di Rumah Sakit itu, berjuang di tengah ketiadaan listrik untuk tetap mengusahakan inkubator putrinya tetap menyala –dengan minimnya daya batere dan stock infus.

Filmnya sebenarnya cukup menarik, hanya saja eksekusinya menurut saya banyak cacat di sana-sini, berujung kebosanan dalam menyaksikan plotnya yang sangat lambat, belum lagi beberapa hal yang jadinya terkesan tidak masuk akal. Para preman yang muncul di akhir juga terkesan sangat dipaksakan untuk membuat konflik semakin banyak, walau yang ada kita malah jadi mengernyitkan kening. Setting sepanjang film pun hanya di satu tempat saja, dan kita hanya akan terus menyaksikan wajah Paul Walker yang bermonolog, sesekali diselip dengan bayangan almarhumah istrinya yang berusaha memotivasi dia untuk tetap bertahan. Anyway I don’t like her wife, terlalu banyak gaya menurut saya alias berlebihan aktingnya.

Score : 6,5

47 Ronin

hr_47_Ronin_11

Again, Keanu terperangkap dalam film yang biasa-biasa aja.

Entah kenapa, film ini sedikit mengingatkan saya akan film Wolverine, dimana si tokoh utama menjalin hubungan cinta dengan putri seorang master/tokoh terkemuka di masyarakat. Sesuai perannya, Keanu tampil tenang dan tak banyak bicara, cenderung berparas tersiksa –maklum dia tokoh antagonis yang di awal sampai pertengahan selalu dikucilkan, jadi celaan dan bahan olok-olok walaupun putri majikannya jatuh cinta padanya.

Dalam upaya menyelamatkan kotanya dan majikannya yang difitnah serta dibunuh dengan kejam, Keanu dan para ronin (samurai yang terbuang) pun berjuang bersama untuk menjatuhkan lawannya, plus untuk menyelamatkan putri majikannya yang akan dinikahi paksa oleh si penjahat. Jadi mulai deh upaya pengumpulan senjata, perancangan strategi, dll. Susahnya si lawan punya satu penyihir wanita yang bekekuatan gaib, yang susah ditandingi kemampuan manusia biasa. Untunglah Keanu sendiri punya background ilmu hitam yang sama, hasil dari didikan para gurunya di hutan semasa dia kecil.

Selesai filmnya, saya hanya bisa berkomentar, “standard banget deh film ini, mulai dari cerita sampai aktingnya”. Biasa banget, hanya kalimat itu yang cocok untuk film ini. Ga bilang jelek juga sih, hanya saja ga berasa gregetnya sama sekali. Kapan ya Keanu balik ke era keemasannya kayak jaman Matrix dulu?

Score : 6,5

Walking With Dinosaurs

walking_with_dinosaurs_3d_ver3

Lagi pingin ajak ponakan nonton, maka saya pilih film ini untuk ditonton, dan swear lumayan nyesel karena filmnya boring banget. Bahasa kasar saya sih “sok lucu tapi ga lucu, sok menggemaskan tapi ga menggemaskan”. Kira-kira gitu deh, semoga langsung bisa dimengerti quotesnya. Padahal di resensinya, dibilang bahwa ni film keren banget dll. Mungkin maksudnya efek-efeknya kali ya.

Tokoh-tokoh dinosaurusnya juga menurut saya kurang ciamik tampang-tampangnya. Secara cerita juga kurang OK ya, apalagi di bagian awal yang sungguh ga jelas dan kayak dibikin-bikin.

Buat anak kecil sih OK lah filmnya, tapi buat orang dewasa yang nemenin, doa saya bagi kalian, semoga bisa bertahan sampai akhir ya.

Score : 6,5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,697 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Refreshing morning view
.
#view
#morning
#bandung
#mercure
#nature
#familyholiday I must get it!!
.
#aimee
#minnie
#baby
#mercure
#bandung
#holiday
#family Christmas is everywhere 🌲
.
.
#christmas #christmastree #bandung #bandungtrip #aimee #transluxuryhotel #instatravel #instababy FAMILY 👦👧👨👩👴👵👶👱
.
.
#family #bandung #bandungtrip #transluxuryhotel #familyportrait Tempatnya loetjoe. That's it.
.
.
#dinner #bandung #missbeeprovidore #chicken #instafood #food Aimee and Koko Kael at the kids club

#aimee #baby #kidsclub #transluxuryhotel #bandung #holiday #family #kids Swimming!! 🏊🏊🏊
.
.
#aimee #baby #swimming #bandung #bandungtrip #holiday #family #transluxuryhotel Get ready for Aimee 1st traveling experience. We tried the easy one first, Bandung :) #aimee #baby #traveling #jalan2 #longweekend #bandung #family <<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplustehpajakdll70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi 😑😑😑😑😑😑😑😑😑 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah 🎂

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❤👪❤ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue 😗

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan 📷 : @lieta73 😀 Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake 🎂 by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? 😀

#aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella

Blog Stats

  • 405,732 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

December 2013
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: