Fanny Wiriaatmadja

Malang/Batu Trip : Jatim Park 2 (2)

Posted on: December 19, 2013

Lanjutan postingan dari trip ke Malang di sini.

Hari 3

Today kami bangun pagi dan langsung sarapan. Sarapannya di lantai bawah dekat lobby, dan lucunya tempat makannya ini langsung bersisian dengan kandang macan loh, jadi kita bisa sarapan sambil disaksikan dan menyaksikan si macan. Lucunya lagi, tempat makannya kan bentuknya melingkar, nah di sisi terluarnya itu ada satu jalur hijau yang ternyata bergerak lambat alias berputar! Jadi penghuni meja-meja yang ada di jalur hijau melingkar itu akan bisa lihat pemandangan si macan secara menyeluruh, dari berbagai angle, karena si jalur keep moving perlahan! Menyenangkan ya.. Sedikit ‘gangguan’nya tentu saja rasa pusing bagi yang balancenya agak sensitif. Yang ada malah berasa eneg dan mual karena bersantap sambil diputar.

DSCN4180

??????????

DSCN4337

??????????

Setelah makan, kami lanjut ke Batu Secret Zoo, setelah sebelumnya check-out dan titip koper. Kali ini sengaja agak pagian, karena kami sudah agak mengenali pola hujannya : biasanya dia baru akan turun pas siang. Dengan gelang pertanda tiket yang masih terpakai di tangan, kami masuk ke kompleks kebun binatang ini, mulai melihat satu per satu binatang-binatang yang ada di sana. Dan ya ampun Saudara-saudara, kebun binatang ini sungguh cakep banget, asli.. Singapore Zoo yang saya pergiin beberapa waktu lalu sih ga ada apa-apanya, asli putus, tus!! Bener-bener keren dan cakep. Beberapa kelebihannya di antaranya :

IMG_20131219_104131

1. Binatang-binatang di sini semuanya unik-unik, ga pasaran. Ada banyak banget binatang yang saya ga pernah liat ataupun ga pernah saya denger namanya. Beneran unik! Saya sampe’ kadang ga bisa jawab pertanyaan keponakan-keponakan saya, “Itu binatang apa?”

2. Experience dari deket –asli very close- pas ngeliat binatang-binatang itu. Palingan batasnya hanya pagar tinggi atau jeruji, tapi kita pengunjung bisa ngeliat dengan sangat jelas dari dekat, para binatang itu. Menyenangkan deh. Ga ada tuh yang harus memicing-micingkan mata nyari keberadaan si para binatang seperti di kebun binatang pada umumnya. Di sini semua bisa dilihat dari dekat. Real banget!

3. Kebun binatangnya rapi, teratur dan bersih.

4. Kebun binatangnya ‘bercampur’ dengan tempat permainan juga. Jadi kayak one-stop-refreshing gitu.

Ah sebagai non-penggemar kebun binatang maupun binatang saja, saya sangat kagum dengan kebun binatang ini. Ga heran begitu banyak orang merekomendasikan tempat ini. Two thumbs up deh untuk tempat ini. Kami bisa ngasih makan kalong dari deket banget dan ngeliat langsung tampang hewan jelek yang berdiri terbalik dengan kaki di atas itu, bisa lihat singa tidur dengan anggunnya, kura-kura raksasas, buaya mangkal pas berjemur, iguana yang tampangnya super ga kece, dan masih banyak lagi. Seneng banget.

DSCN4495

??????????

??????????

DSCN4346

DSCN4350

DSCN4353

DSCN4356

DSCN4361

??????????

DSCN4368

DSCN4369

DSCN4370

DSCN4373

DSCN4375

DSCN4379

??????????

DSCN4383

DSCN4387

DSCN4393

DSCN4398

DSCN4400

DSCN4404

DSCN4412

??????????

DSCN4420

DSCN4423

??????????

??????????

??????????

DSCN4434

??????????

??????????

??????????

DSCN4486

??????????

DSCN4494

Di sini juga bisa rental e-bike, semacam sepeda gitu, in case kita capek dan ga mau jalan. Sayang saya gatau bayarnya berapa.

DSCN4392

Siang-siang, hujan mulai turun lagi, ya ampuuun, tak berkesudahan derita ini. Untungnya jas hujan plastik yang kemarin kami beli di Eco Green Park masih kami simpan. Dikeluarkan deh sebagai pelindung.

Pas hujan, kami sudah ada di bagian Fantasy Land, tempat main di kebun binatang ini. Tempatnya –seperti namanya- sangat colorful, bahkan ada kolam renang/water amusement-nya juga. Juga ada rumah hantu dan banyak mainan anak. Cute banget deh.

DSCN4507

??????????

??????????

DSCN4543

DSCN4541

??????????

DSCN4537

DSCN4534

DSCN4532

DSCN4530

DSCN4529

??????????

??????????

DSCN4524

DSCN4523

DSCN4521

DSCN4520

DSCN4518

DSCN4514

DSCN4513

??????????

DSCN4509

Karena hujan, kami berteduh sementara di food courtnya. Selesai hujan, kami mulai jalan lagi dan saya nemein keponakan saya main beberapa permainan. Resehnya, hujan turun lagi setelahnya. Kembali deh kami balik ke food court dan kali ini sambil bersantap siang. Ada yang pesen pecel (saya), cwimie, ayam, pizza garing, dll., dan semuanya ga ada yang enak T_T

Setelah hujan reda, kami lanjut lagi naik kapal menyusuri semacam sungai gitu, dengan pemandangan burung-burung bangau yang cantik, angsa-angsa yang pongah lagaknya, ngeliat pemandangan kapal Nabi Nuh, plus masuk ke goa bertemakan Aladin. Ga nyambung banget sih tema Aladinnya, tapi goanya cukup nice, semacam adaptasi kecil atraksi Winnie The Pooh di Disneyland dengan perbandingan 1:10, hihi..

DSCN4547

??????????

??????????

DSCN4552

??????????

??????????

??????????

??????????

??????????

DSCN4570

DSCN4572

Habis itu, pas lagi mau lanjut jalan, kami ketemu jerapah. Dari deket. Jerapah asli yang super tinggi itu. Dan keponakan saya bisa pegang-pegang tuh Jerapah dari atas tangga. Saya juga ngeliat jelas matanya yang tulus, bulu matanya yang lentik, totol-totol di leher dan badannya. Ih, cakep deh.. menyenangkan banget!

DSCN4579

DSCN4580

??????????

DSCN4596

??????????

??????????

??????????

DSCN4618

??????????

DSCN4620

??????????

DSCN4629

Setelahnya, karena hujan mulai rintik-rintik lagi, kami pun keluar dari kebun binatang itu. Pas juga sih semua tempat sudah kami jabanin. Keluar-keluar, kita bisa tembus lagi ke Museum Satwa. So kami masuk lagi ke situ, karena cici kedua dan anak-anaknya yang kemarin tidur siang kan belum sempet masuk ke tempat itu.

Setelah kelar dari Museum Satwa, kami ambil koper-koper kami, kemudian dengan rental mobil yang sama seperti kemarin, kami berangkat ke arah Batu Night Spectacular yang kemarin belum berhasil dijabanin.

Sebelumnya, kami mampir dulu di pusat oleh-oleh Kirana, terus minum susu murni di sebuah kedai, namanya Ganesha. Susunya lumayan enak, ada berbagai rasa, dan saya pilih Vanilla dan Strawberry.

??????????

??????????

??????????

??????????

DSCN4664

DSCN4663

Selesai minum susu, kami mutusin ke hotel dulu untuk taruh barang. Berangkatlah kami ke Jambuluwuk, hotel terakhir kami di Batu. Hotel ini bentuknya villa, jadi kami sewa 1 villa untuk beramai-ramai. Isinya 3 kamar tidur. Lantai dan dindingnya kayu semua. Sedikit gloomy sih, dan mungkin ini hotel ‘terjelek’ selama kami di Batu 3 malam ini. Tapi menurut saya villanya masih OK kok.

Karena cici kedua saya serem di kamar sendirian dengan 2 anaknya, dengan nuansa agak gloomy gitu, akhirnya kami angkut-angkut kasur ke kamar itu, sehingga saya, cici pertama dan anaknya pun semua tidur di kamar yang sama. Jadi dari 3 kamar, hanya 2 kamar yang kepake. Seru juga tidur rame-rame gitu.

DSCN4710

DSCN4720

??????????

DSCN4692

??????????

DSCN4693

DSCN4690

??????????

Jambuluwuknya sendiri letaknya cukup tinggi, jadi viewnya juga cantik. Kami dapat nginepnya di Villa Ambon. Nah, dari lobby/resepsionis ke Villa Ambon kita harus naik kendaraan lagi, dan tinggal telepon ke resepsionis untuk ‘manggil’ si mobil antar jemput. Ada kolam renang juga beberapa buah di kompleks ini dan banyak playground. Lumayan mengasyikkan kok. Kata supir, bakalan lumayan menakutkan kalau tempat ini longsor (di Batu katanya pernah terjadi beberapa kali longsor) karena di bawahnya semua adalah rumah penduduk.

DSCN4666

Websitenya hotel ini : http://www.jambuluwuk.co.id. Harganya per villa Rp 3,200,000,-.

Habis beberes, kami berangkat untuk dinner ke Warung Wareg yang katanya terkenal. Makanannya kuring-kuring gitu, dengan signature dish-nya Gurame Sadis. Penasaran kan?

???????????????????????????????

IMG_20131216_173450

IMG_20131216_173503

IMG_20131216_174630

Sambil nunggu makanan dateng, kami liat-liat view di belakang restoran ini, yang notabene berbentuk gunung yang sebagian tertutup awan. Ih cakep banget deh. Menenangkan banget viewnya, dan langsung kami foto-foto. Di tempat ini juga ada playground kecil buat anak-anak main.

Ga lama kemudian sayurnya dateng. Gurame Sadis itu ternyata ‘cuma’ gurame asem manis saja. Halah, biasa banget. Tapi sup kepala ikannya enak banget. Kuahnya super sedep dengan aneka rasa, asam manis dan pedes. Saya juga pesen nasi goreng mawudnya, yang ternyata kayak nasi goreng abang-abang biasa. Menurut saya sih makanannya biasa aja, tapi semua anggota keluarga yang lain meng-klaim resto yang satu ini sebagai ‘enak banget’. Ya sudahlah, beda selera aja kan?😀

Habis makan, akhirnya kesampean juga kami ke BNS. Tempat ini semacam Dufan kecil gitu loh, jadi lumayan menyenangkan. Setelah antri tiket masuk, kami masuk deh, dan wahana pertama yang kami naik adalah sepeda langit gitu (ini sih istilah yang saya buat aja), alias kita naik sepeda (ga usah nyetir, karena ada kendali otomatisnya) dan relnya itu ada di atas. Jadi sambil bersepeda kita bisa lihat view BNS secara keseluruhan. Cakep sih, dengan lampu-lampu menyala dari Lampion Garden. Tapi asli lumayan nyeremin bersepeda dengan ketinggian seperti itu. Pas selesai, rasanya lega banget.

???????????????????????????????

???????????????????????????????

Di tempat ini juga ada rumah hantu, teater 4D, semacam pontang-panting, dll. Semua ini masih harus beli tiket lagi ya, jadi si BNS ini bukan tiket terusan.

Tempat favorite saya di sini adalah Lampion Garden, satu tempat penuh berbagai boneka/patung aneka bentuk yang bercahaya. Duh cantiknya bukan kepalang. Seneng banget liat lampion-lampion aneka bentuk ini. Sempet moto juga sekeluarga dan di-print dengan harga Rp 20,000.

IMG_20131216_192310

IMG_20131216_192323

???????????????????????????????

IMG_20131216_192638

???????????????????????????????

???????????????????????????????

???????????????????????????????

???????????????????????????????

IMG_20131216_193151

IMG_20131216_193336

???????????????????????????????

IMG_20131216_193619

IMG_20131216_193719

IMG_20131216_194528

IMG_20131216_194615

IMG_20131216_194653

Selesai dari BNS, kami langsung ngebut-ngebut karena perjanjian rental mobil ini kan hanya 3 jam. Takut kena charge karena terlambat. Balik ke hotel deh, dan tidur.

Hari 4

Bangun pagi-pagi, kami langsung berenang. Tepatnya 3 keponakan saya aja sih. View pagi harinya cantik, langitnya sangat biru bersih, meskipun belum bisa nyaingin langit Makassar (tempat saya outing kantor tahun ini) yang deket banget jaraknya dengan kita, sehingga berasa dilingkupi banget dengan kecantikannya.

??????????

DSCN4742

??????????

??????????

??????????

??????????

??????????

Habis berenang, kami beres-beres dan sekalian check-out, naik shuttle hasil ‘manggil’ lewat resepsionis. Setelah check-out di resepsionis, kami jalan lagi naik shuttle itu untuk breakfast, karena tempat breakfast ada di club house di sisi lain.

 ??????????

??????????

DSCN4761

DSCN4784

Breakfastnya lumayan juga. Saya bisa nemu sandwich di sini.. enak. Dari tempat makan juga kita bisa lihat view yang cantik, dengan latar belakang gunung dan lembah gitu.

DSCN4768

??????????

??????????

DSCN4778

Selesai makan, kami foto-foto sebentar, kemudian berangkat lagi dengan mobil rental yang sama dengan rental hari pertama (dari temennya cici saya).

DSCN4799

DSCN4792

Kami ke tempat oleh-oleh untuk beli keripik cap Macan yang katanya tersohor dan ga dijual di mana-mana kecuali di tempatnya itu. Sampai sana, ternyata tempat ini masih tutup, dan akan buka dalam setengah jam lagi, alias jam 10. Akhirnya kami mutusin berangkat ke Selekta yang belum kesampean di hari pertama gara-gara hujan. Believe it or not, separuh jalan, hujan turun lagi dengan derasnya. Batallah lagi ke Selekta. Kembali deh kami ke arah tempat jualan keripik cap Macan, berharap sekarang sudah buka. Dalam perjalanan ke sana, hujan berhenti lagi, kayak ngegodain. Sempet ragu, apakah mau balik ke Selekta lagi atau nggak, tapi akhirnya kami mutusin untuk skip.

Sampai di tempat keripik Macan, pintunya masih tertutup. Eh tau-tau ada seorang mbak yang keluar dari pintu. Cepet-cepet kami cegat dan kami tanya, apakah sudah bisa beli atau belum. Dengan jutek, si mbak menjawab, “Ga bisa! Belum buka!” Baru kami mau siap-siap jalan, seorang nci’ keluar dari dalam, dan mempersilahkan kami masuk. Deeeh.. tadi kata si mbak belum buka?? Duh, kalo’ saya jadi si nci’, saya selepet mulut si mbak yang ngasal ngomong bahwa tokonya belum buka.

Setelah beli keripik macan, perjalanan lanjut balik ke kota Malang untuk ke airport. Dalam perjalanan, kami tadinya mau city check in Sriwijaya dulu supaya nanti siang lebih santai. Sampai di salah satu counternya, ternyata city check in ini harus di pusatnya Sriwijaya. Ya sudah kami jabanin jauh-jauh ke kantor pusatnya. Hujan kembali deras mengguyur. Sampai di kantor pusat Sriwijaya, si mbak bilang bahwa waktunya sudah ga keburu untuk city check in karena maksimal adalah 4 jam sebelum keberangkatan. Duh capek-capek ke sini ternyata ga bisa.

Ya sudah habis itu kami ke tempat pia untuk beli oleh-oleh, lalu lanjut makan siang di Depot Gang Djangkrik yang isinya chinese food. Ada nasi campur, cwimie, bihun, mie, kwetiau, sayur tengah dll. Saya pesen nasi campur, yang ternyata mengecewakan rasanya. Sebaliknya, cwimienya ternyata enak. Mie-nya lembut, rasanya kenyal-kenyal gitu dan ga manis. Sedap!

DSCN4811

??????????

??????????

  ??????????

DSCN4818

DSCN4819

??????????

Setelah makan, tadinya kami mau cobain Alpukat Mocha, tapi sepertinya jam udah ga memungkinkan, dan terpaksa kami ke airport. Jalanan lumayan macet, ditambah tuh semua keponakan saya keep singing “Let it go”, soundtracknya film animasi Frozen yang lagi main di bioskop. Duh 4 hari ini telinga saya serasa lumutan bin jamuran dengerin lagu yang sama berkali-kali. Aaargh!

Jam 1.30 kami sampe’ airport, sementara penerbangan bakalan berangkat jam 2.50. Seperti biasa, Sriwijaya delay karena cuaca buruk. Penumpang Garuda bahkan diberangkatkan naik bus dari Malang ke Surabaya (2 jam perjalanan), dan akan boarding dari Surabaya karena cuaca buruk di Malang ini. Menyeramkan.

Ruangan nunggu untuk terminal keberangkatan sedikit lebih gede daripada terminal kedatangan kemarin. At least ada toko yang jualan cemilan dan minuman, bangku-bangku tempat duduk dan counter check-in.

Setelah 1 jam lebih menunggu, akhirnya kami bisa berangkat. Perjalanan yang seharusnya 1,5 jam-an, mendadak cuma jadi 1 jam 10 menitan. Horeee cepet banget, dan penerbangannya juga mulus, minim turbulence. Bahagia deh.

Selesai deh perjalanan ke Malang kali ini. Memang sih hujan banyak ngacauin rencana kami, tapi buat saya pribadi sebuah kebersamaan bersama keluarga itu lebih berarti kok. Priceless dan meaningful banget.

6 Responses to "Malang/Batu Trip : Jatim Park 2 (2)"

Wah aku belum sampai ke Batu Secret Zoo 😦 Terakhir ke sana belum jadi soalnya

Iya ini baru sih ya.. ayo ajak anak2 Mas😀

Informatif banget…sukaaaaa sekali bacanya, terutama karena ada info biaya2nya itu loh. hihihii…. tulisan ini saya jadikan referensi buat kesana di bulan february besok. Makasih banyak mba:)

Ha3 thank you Fit.. senang bisa membantu. Enjoy the trip yaa😀

Hi..salam kenal Fanny

Saya ada rencana ajak jalan anak2 ke Batu Secret Zoo di 2016 nanti, dan saya udah booking The Singhasari Resort selama 4 hari 3 malam.

Nah, sepertinya nanti saya akan pakai Citilink dari Halim langsung ke Malangnya..nah, saya berpikir karena selama menginap di Singhasari itu saya memang hanya bermain2 di Jatim Park 2 dan seputarnya saja, maka saya rencananya tidak akan rental mobil, karena informasi yg saya dapat lewat review Fanny bahwa The Singhasari itu menyediakan shuttle dimulai jam 10 ke Jatim Park 2’kan yah?

Nah, yang ingin saya tanyakan adalah : jika saya dari Abdur Rachman (airport malang) untuk langsung menuju ke The Singhasari itu enakan pakai taxi saja (tau engga berapa duit) atau better rental mobil saja untuk anterin kami sekeluarga dari airport ke The Singhasari itu?
Begitu pun dengan pas pulangnya..dan tau tidak yah berapa lama kira2 dari airport ke The Singhasari itu? karena pas pulangnya, Citilink hanya ada flight pagi hari, yaitu skitar jam 10 pagi harus terbang.

Tolong informasi dan masukannya untuk planning kami ini.

Thanks.

Haidi Hartono

Hi Haidi.. erm seinget saya dr Malang ke Batu itu jaraknya lmyn sih.. mgkin ky dr jakarta ke tangerang.. klo lancar stgah jam-an, klo mcet bs 45 mnit – 1 jam. Saran saya coba cek harga rental airport malang ke batu, kmudian dicompare dgn estimasi harga taxi dgn pjalanan kurang lebih 45 menit, mana yg lebih murah. Tapi untuk kmudahan saya prefer rental skali jln sih untuk anter dr airport malang ke batu, tp mungkin silakan dbandingkan sndiri. Smoga bs mmbantu ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak 🐄🍴🍽 #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo 😂

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design Yg masak mau kawin tampaknya.. #bintanggading #pik #elanglaut #noodle #bakmi #pork #porknoodle #asinbangetyangdisini 😲😝😖😕 Tryin' this just now.. Agak kecewa.. rasanya flat banget dan ga ada wangi2nya.. istilah gw : rasanya cuma di lidah dan ga nyampe' ke hidung 😅

However teksturnya bener lembut dan agak basah, jadi gak seret kayak kue bolu.

Suggestion : mending rasa matcha-nya ketimbang original cheese cakenya. Rasanya lebih intense.

#fuwafuwa #cheesecake #pik #elanglaut #kue #cake #dessert #japan Kemasannya lutjuuu 😄 #samyang #samyangcheese #instantnoodle #korea #mieinstant #mujigae #pluitvillage #bulgogi #koreanfood #kimchi #chicken #dinner #food #instafood #tiramitsu ala my sister 
#cake #handmade #baileys #dessert Lunch batch 1, diikuti nasi padang #kalimantan #noodle #bakmi #pontianak -> supercool ❤😶😶😶❤ #tyrionlannister #tyrion #gameofthrones #georgerrmartin #series #lannister #biarceboltapikece Happy playin' with the new playmat and fence *for only 10-15' and then yellin' askin' to get out

All is rented via @gigel.id

#playmat #fence #cobyhaus #baby #aimee 🐳🐋🐬🐟🐠🐡 #sulawesi #megakuningan #seafood #parape #ricarica #dinner #squid #crab #soka #makassar 🐷🐖🐽 #babipanggang #pork #pig #food #brunch #asemka #gataunamatempatnya 😶😶😶 #halloween #latepost #gardin #bali  #green #greenery #traveling Coffee? No, please.. #gadoyan #inipunyasuami #coffee #seniman #senimancoffee #bali #ubud #cafehopping #wisatakulinerbali #wisatakuliner #traveling 🌙🌛🌜☁⭐ #selfie
#smile 
#goodnite
#seeyoundari May our path cross again in the future @alicia_tibob 
#farewell #sundari #alfalaval #hrd #teamwork 🐷🐖🐽 #porkbelly #pork #porkneverdies #bali #slipperystone #greek #food #instafood #travelling #dinner #cafehopping

Blog Stats

  • 404,271 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

December 2013
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: