Fanny Wiriaatmadja

Favorite Books List

Posted on: December 4, 2013

Imperium & Conspirata – Robert Harris

imperium tumblr_lv1ocqySr61qb7t48

Buat para penggemar sejarah, buku ini wajib, kudu dibaca, percayalah. Ceritanya tentang Cicero, politikus terkenal Roma yang hidup sejaman dengan Caesar. Buku ini diceritakan dari sudut pandang Tiro, sekretaris sekaligus orang kepercayaannya. Swear kisahnya super seru. Seperti yang saya sebut sekilas dalam review sebelumnya, di sini kita akan diperhadapkan pada berbagai intrik yang dialami Cicero di tangga karirnya. Reformasinya dari seorang pemuda lemah yang sakit-sakitan sampai menjadi seorang ahli pidato yang handal, pergumulannya dalam membuat pidato yang mampu menyentuh hati senat, permasalahan keluarganya, berbagai strategi dan adu ‘licik’ yang dilakukan untuk membungkam para lawannya, semua bisa kita santap dalam buku ini. Dijamin ketegangan akan selalu beserta kita selama membolak-balik halamannya.

Beberapa fakta sejarah yang menarik seperti penemuan/the invention of simbol ‘&’ yang ternyata diinspirasi oleh Tiro sang sekretaris juga menambah wawasan dan bikin kita bergumam “ooo..” Hubungan Cicero dengan Julius Caesar juga bikin saya melihat sisi lain seorang Caesar yang biasanya selalu digambarkan sebagai pahlawan.

Gokilnya lagi, buku ini juga punya sense of humor yang berkualitas banget. Asli di beberapa bagian saya sampai ngakak bacanya. Kisah serius dengan sedikit bumbu humor cerdas adalah paduan yang sangat menarik.

Anyway tentu saja baca buku ini harus sedikit mikir karena ada banyak istilah dalam hierarki kepolitikan di Roma. Ah, pokoknya buku cerdas ini buat saya sangat memukau.

Agak lupa mana yang duluan, Imperium atau Conspirata, yang pasti akan ada sekuel ketiganya nanti. Can’t wait!

Score : 8,5

Bartimaeus – Jonathan Stroud

9781423136828_custom-97e12104703c8a3a69332fa8d8cee23bc0f99a40-s6-c30

Buku gokil ini bakalan bikin kamu jatuh cinta dengan kekocakannya. Banyak humor cerdas dan dialog berisi perdebatan adu pintar antara kedua tokohnya, Nathaniel sang anak yang penuh ambisi dan Bartimaeus si jin nyolot. Berdua mereka bahu-membahu mengatasi berbagai macam masalah, walau dengan saling sebal satu sama lain.

Setting penuh fantasi dari buku ini juga hidup banget, dengan ide-ide yang brilian. Maklum ada banyak unsur sihir, mantera, dan berbagai makhluk gaib di dalamnya. Asyiknya, Jonathan Stroud berhasil banget membuat buku ini tidak ‘picisan’ atau layaknya fantasi ala kadarnya, tapi benar-benar membuat buku ini cukup ‘berat’ dan berkualitas.

Ada 3 sekuel Bartimaeus yang telah terbit, dan buku ketiganya adalah puncaknya. Epic, buat saya. Di sekuel pertamanya ada beberapa bagian/plot yang berjalan agak lambat, tapi di buku-buku selanjutnya, saya ga bisa berhenti membaca buku ini.

Anyway selain 3 sekuel tadi, ada beberapa karya Jonathan Stroud yang lain, tapi yang bertokoh utama Bartimaeus lagi hanya 1 buku yang berjudul Ring of Solomon (kalau ga salah), yang isinya sama kerennya. Bakal gregetan sama Bartimaeus dan segala kekurangajaran dan ide liciknya. Such a unique creature!

Score : 8

Twilight – Stephenie Meyer

twilightsagabooks

Jangan berjengit atau under-estimate dulu dengan buku yang satu ini, hanya karena filmnya agak gimanaaaaa gitu. Bukunya asli beneran bagus. Ga sepicisan yang nampak di film, swear. Stephenie Meyer dengan rangkaian kalimatnya berhasil kok bikin cerita ini terjalin dengan indah banget. Kalaupun ini terlalu ‘menjual mimpi’ ataupun membodohi pembaca perempuannya, well she’s succeeded, right? Hampir semua pembaca terlena dengan kedua tokoh, Edward dan Jacob. Dan mengapa hal ini bisa terjadi, tentu saja ini ‘talent’ dari si pengarang untuk membuat karakterisasi yang sangat kuat dan tepat, seolah mengisi suatu lubang yang sesuai di hati atau menaruh kepingan puzzle di tempat yang akurat dan menjadikannya sempurna.

Di buku terakhir, saat gerombolan vampir bertarung dengan gerombolan keluarga besar Cullen, kamu bakalan super ga sabar membalik bukunya dan menahan napas. Beneran sangat tegang dan suasana terbangun banget. Bener-bener great job dari Meyer.

Pertama beli buku ini, sebenernya saya nonton filmnya terlebih dahulu, dan jadi lumayan penasaran. Ternyata bukunya beneran bagus kok. Beda dengan City of Bones yang juga saya tonton filmnya kemudian cari bukunya karena rasa penasaran yang sama. Saya bertahan hanya sekian bab saja membaca City of Bones, dan asli nyerah akhirnya karena bener-bener bosan. Dialognya patah-patah, ngalirnya ga enak banget, kaku dan ga nyambung. Fantasinya juga entah kenapa terasa dibuat-buat dan berlebihan, ga terasa alamiah. Konfliknya pun terasa ga natural. Jadi ya sudah saya merelakan sekian puluh ribu melayang tanpa membaca habis buku itu sama sekali. Yah membeli buku memang bak gambling kan.

Kembali ke Twilight, percayalah bahwa bukunya layak dapat kesempatan. Don’t judge it by the movie, seriously.

Score : 8

Hunger Games – Suzanne Collins

the-hunger-games-books-1-3

Mirip-mirip seperti Twilight, percayalah lagi bahwa buku Hunger Games sangat bagus. Setidaknya Peeta-nya terasa lebih keren ketimbang sosok culun di film. Tegangnya dan serunya terasa banget saat membaca buku ini. Saya ga terlalu banyak comment ya untuk buku ini, yang pasti ketiga bukunya beneran keren.

Score : 8

Harry Potter – J.K. Rowling

harry-potter-books-1-7111

Pertama baca buku ini adalah di perpustakaan SMU, itu pun saya baca edisi ketiga yang Sirius Black kabur dari penjara. Awal baca saya ngerasa bahasanya kok agak berlebihan dan konyol ya, tapi lama-lama saya beneran tenggelam dalam dunia magis Potter dan Hogwarts, dan langsung cari buku pertama, kedua, dan selanjutnya selalu jadi penunggu setia kemunculan perdana buku berikutnya.

Biasanya saya bakal pre-order dulu demi dapet buku itu duluan, sampai suatu minggu saya bela-belain ke Gramedia Ciputra Mal jam 10 pagi supaya ga usah ngantri panjang saat ambil buku yang sudah dipesan itu.

Rowling jenius, saya yakin kita semua setuju itu. Perjuangannya saat menelurkan Harry Potter saja sudah patut diacungi jempol. Rangkaian ceritanya yang sempurna mulai dari buku 1 sampai 7 hanya bisa bikin kita takjub dan geleng-geleng kepala. Cara dia menyajikan puzzle demi puzzle cerita satu per satu dengan sabar patut diacungi jempol, sampai di buku terakhir BAMP! Semua horcrux itu baru berwujud di pikiran kita. Amazing.

Buku favorit saya adalah buku keempat yang menceritakan turnamen Triwizard dan buku keenam yang menceritakan sejarah horcrux, sementara buku yang paling tidak saya suka adalah buku kelima yang menceritakan tentang ramalan Trelawney. Ruang serta bilik-bilik berisi berbagai bola ramalan itu menurut saya membosankan, dan keterbatasan visual saya bikin saya gagal membayangkan dan mengimajinasikan cerita yang dijabarkan Rowling di point itu.

Acungan jempol juga patut diberikan pada sang editor (saya lupa namanya, kalo’ ga salah Listya or something) yang bisa menghadirkan edisi Harry Potter bahasa Indonesia dengan nyaris sempurna, tanpa ada gap bahasa. Ceritanya jadi mengalir dengan begitu baik; lelucon dan joke-joke ringan ala Potter juga tersaji dengan sempurna. Ah, benar-benar sungguh buku yang ajaib!

Karya lainnya yaitu Casual Vacancy menurut saya kurang OK dan agak boring. Jadi tetap Potter masih belum tertandingi. Mari liat buku berikut Rowling yang kalau ga salah judulnya Cuckoo’s something gitu, dengan memakai nama samaran.

Score : 9

Life of Pi – Yann Martel

re_buku_picture_86399

Pertama-tama, saya nonton filmnya dulu karena banyak review yang bilang film ini bagus banget. Akhirnya beneran tersirap oleh film ini dan akhirnya mutusin beli bukunya, yang ternyata sama bagusnya. Yang saya salut adalah istilah teknis yang banyak banget dalam buku ini terutama terkait dengan perahu/sampan tempat ‘mangkal’ Pi selama berbulan-bulan. Banyak istilah yang saya beneran ga ngerti, mulai dari buritan, dek, dll. ditambah daya visualisasi saya memang di bawah rata-rata. Menurut saya editornya pun pasti kerja keras menemukan padanan kata teknis yang tepat, segitu banyaknya. Salute deh!

Kemudian sebelum petualangan Pi dimulai, kisah masa kecilnya yang beragam sebagai seorang anak yang unik juga sangat keren. Minatnya untuk menganut berbagai agama dan mengenal berbagai Tuhan bikin kita tertawa sekaligus miris. Segmen cerita itu buat saya adalah salah satu bagian yang sangat berkesan. Beberapa petuah dan kalimat orang tuanya pun punya makna dalam, ada beberapa quotes yang bagus menurut saya.

Kisahnya sendiri seperti yang pernah saya review di sini, menceritakan tentang Pi dan keluarganya yang hijrah dari India ke Canada dan membawa serta seluruh penghuni kebun binatang mereka. Badai menyerang, seluruh keluarganya dan penumpang kapal tewas, tinggal ia seorang diri bersama beberapa binatang yang akhirnya saling bunuh di satu sampan kecil itu, menyisakan Pi dan seekor harimau bangal bernama Richard Parker. Bagaimana Pi harus berjuang bertahan hidup, itulah intisari buku ini.

Well sebenarnya cerita ini (katanya) bukan sekedar berisi petualangan Pi belaka, tapi ada message terkait dengan pengenalan akan Tuhan dan eksistensiNya serta banyak nilai lain. Saya sih jujur ga terlalu ngerasa dan mengambil segala macam hikmah itu. I just enjoy every second of the story, itu saja. Buku ini terlalu indah untuk dianggap terlalu berat, dan thank God filmnya berhasil banget mengejewantahkan buku ini dengan sempurna. Love it so much.

Score : 8,5

Supernova – Dee Lestari

supernova2

Wah, karya Dee mana ada yang ‘jelek’? Coba lihat pilihan katanya. Coba lihat ceritanya yang selalu terangkai indah, bahkan hanya dengan mengangkat tema yang sederhana. At the end kita hanya akan bisa mikir, dia itu alien dari planet mana dan apa isi otaknya sampai bisa bikin cerita yang sangat keren campur (kadang) absurd.

Di antara semua karya Dee, 4 sekuel Supernova adalah favorit saya. Dari mulai buku pertamanya (kalau ga salah Ksatria, Putri dan Bintang Jatuh atau semacam itu), saya sudah geleng-geleng kepala dan berasa sayang banget ngabisin buku ini, walaupun isinya banyak berbau filsafat dan science yang notabene biarpun dibaca berulang-ulang, tetep aja saya ga ngerti. Sekuel terakhirnya, Partikel, juga sangat keren. Temanya simple dan membumi banget, tapi bikin kita ga bisa mengalihkan perhatian sedetik pun dari paragraf-paragraf yang berseliweran di buku itu. Ah Dee, kok bisa sih kamu mengarang seindah itu?

Score : 8,5

Laskar Pelangi – Andrea Hirata

cover-gabung-ingo-jpg-edit

Awalnya saya agak underestimate buku ini. Maklum kadang-kadang buku Indonesia isinya banyakan konyol-konyolan kalau nggak cinta-cintaan. Tapi karena cici saya terus mempromosikan buku ini, akhirnya jadilah saya baca buku ini, dan ya ampun bab-bab pertama saya langsung nelan ludah sendiri karena ternyata buku ini beneran bagus banget! Gaya penulisannya sastra banget, sampai bikin saya ngiri banget karena Andrea Hirata bisa bikin banyak metafora yang indah banget! Belum lagi ceritanya yang sederhana tapi manis dan penuh makna, tentang anak-anak Belitung dan perjuangan mereka melawan kemiskinan maupun melawan kebodohan. Jangan lupakan juga lucunya, yang menurut saya ‘nendang’ banget! Andrea Hirata berhasil banget menyajikan kepolosan apa adanya dari para bocah Belitung ini dan bikin hati kita meleleh dengan kisah mereka. Beneran percayalah harus baca buku ini, keempat sekuelnya!

Score : 8,5

Dan Brown

DanBrownBig

Ga usah ditanya ya, karya-karya mahkluk yang satu ini selalu bikin kita amazed. Jenius mungkin kurang nampol untuk gambarin pengarang yang satu ini. Start dari Digital Fortress sampai terakhir Inferno, semua bukunya selalu penuh bukti hasil risetnya yang sangat detail dan rinci; menggambarkan jelas perjuangan dan usahanya yang serius bin sungguh-sungguh. Kerennya lagi, selain selalu menyajikan twist yang bikin kaget, sepanjang cerita alurnya selalu mengalir dengan ketegangan yang konsisten dan terjaga penuh. Dari bab pertama sampai akhir, rangkaian tulisan Brown selalu rapi dan sangat balance, alhasil kita pun enggan menaruh buku bahkan untuk sekedar beristirahat.

Karya favorite saya salah satunya adalah Digital Fortress. Sisanya saya lupa semua hihih, tapi yang pasti semuanya super bagus dan harus baca punya!

Score : 9

The Babysitters Club – Ann Martin

Ann-M-Martin-Authoring-New-Prequel-Baby-Sitters-Club-Series

Buku ini adalah buku jaman saya SD dan SMP, dan sesuai judulnya menceritakan tentang empat abege cewek (di akhir akan menjadi lima) yang membentuk sebuah klub babysitter di kompleks perumahan mereka. Ada puluhan serinya, mulai dari awal pembentukan klub, sampai berbagai permasalahan yang mereka hadapi, terutama terkait anak-anak asuhan mereka yang kaya dengan berbagai karakter. Biasanya tokoh utamanya akan bergilir, mulai dari Kristy, Mary-Anne, Claudia, Stacey dan Dawn. Ceritanya sangat manis dan relevan dengan usia saya waktu itu. Tapi saya yakin kalaupun saya membacanya lagi sekarang, pasti buku-buku ini tetap akan berkesan. Sayang sekarang sudah sangat sulit mencarinya. Saya bahkan coba tanya di web AlmariDeki, tapi masih ga berhasil mendapatkan buku-buku lama ini. Pingin banget mengoleksinya lagi.

Score : 8,5

Princess Diaries

princessdiaries8bks

Emang kesannya girly banget sih ya buku ini, tapi tolong jangan di-compare dengan filmnya (dibintangi Anne Heathaway), karena tetep buku karangan Meg Cabot ini jauh lebih bagus.

Penceritaan tentang Mia Thermopolis yang dalam sekejap dunianya berubah jadi gadis SMU biasa menjadi seorang putri pewaris takhta negeri Genovia diceritakan dengan kocak. Belum lagi list-list yang sering Mia buat bersama sahabatnya, Lily Moscovitz, misal list film paling keren, list cowok tercool di high school mereka, dll. Saya sebagai orang yang demen juga bikin list, jadi falling in love banget sama novel remaja ini. Plus jangan lupa tokoh Michael Moscovitz yang keren banget. Lelaki pujaan sepanjang masa banget.

Buku ini terdiri dari beberapa sekuel, mulai dari pertama kali Mia tahu jati dirinya, tahapan dimana dia harus melalui proses keras untuk mendidik dirinya supaya siap jadi ratu Genovia di bawah gemblengan neneknya yang super sadis, sampe’ terakhir pas dia resmi jadi ratu.

Salah satu cerita paling saya suka adalah waktu Mia menghadiahkan batu bulan (batu yang diambil dari bulan) koleksi negaranya, Genovia (diberikan oleh Amerika, hasil dari Neil Armstrong waktu ke bulan untuk pertama kalinya, kepada Genovia), untuk hadiah ultah Michael, dan Michael si scientist sejati sampe’ surprise banget dapat kado seistimewa itu. Cool!

Well sekian buku-buku favorite saya so far. Kebanyakan buku-buku komersil dan sejuta umat sih ya😀 Pastinya banyak banget buku-buku lain yang super bagus di luaran sana, hanya saja keterbatasan waktu, tempat, dana dll. bikin saya belum bisa melahap semuanya. Makanya saya masih terus bermimpi bakal ketemu sama shareholder Gramedia yang membiarkan saya membaca semua buku di situ sepuasnya, GRATIS. Ingat kata Agnes Monica, bermimpilah setinggi mungkin (walaupun ga usah sampe’ berbusana aneh-aneh :p).

Cheers..

4 Responses to "Favorite Books List"

Waaah, dari sekian book list di atas, sebagian trmasuk favoritku. Terutama harry potter. Meskipun filmnya mengecewakan, tp q tetep menikmatinya. Maklum, ud kesihir pesona konflik dan intrik novelnya yg ud kubaca entah brp kali.🙂 dan brown itu bkn cuma jenius, tp nekat luar biasa. Dia berani bgt ngangkat tema2 yg sensitif. Keren. Lagi2 filmnya yg the davinci code m angels & demons jauh dr kata memuaskan. Malah Jengkel pas nntonnya. Novel bartemaeus trilogy bru kubaca yg pertama, dan stlh 6 tahun lebih baru kulanjutin yg ke2. Hehe. Dan q stuju kl Dee itu nyamar jd manusia. Dia itu trllu jenius dlm merangkai kata yg demikian ‘wow’. Sampe ga jarang q maki2 sndiri tiap baca kalimat2 yg penyusunan n pemilihan kosakatanya dan metaforanya yg edan bgt. Bkin iri bgt pokoknya. Laskar pelangi juga oke bgt. Tp yg maryamah karpov kurang q suka. Paling demen ya yg buku 1 dan edensor. Sayang film yg edensor krg oke krn ga backpacking bnrn. Hehe suka karya2 RL. Stine? Enid blyton? Agatha christie? Conan arthur doyle?🙂

Senengnya baca sharing mu😀 R.L. Stine suka tp ngerasa ga tegang baca buku2nya. Cuma buat fun az zaman smp haha.. enid blyton, super favorite jaman kecil.. mallory towers, St. Claire, pasukan mau tahu dll. Agatha jg suka banget.. aaaaah selera kita sama banget!!!

wah lgsg di reply. #happy RL. Stine yg sebangsa goosebumps mah horor wat bayi, tp q suka ja bacanya. Seru tp endingnya sering ngegantung. Haha q lbh prefer fear street c. Lbh sadis gt. Tp tetep lah level abg. Oh ya, ada tuh rl.stine yg py dewasa. Superstitious. Itu sadisnya asik /psikopat mode on/. Kalo yg romance, q suka danielle steel. Menyentuh gt. Lima sekawan itu favorit bgt. Trio detektif juga kece. Sidney sheldon jg oke punya. Stephen king. Tp entah knp q ga minat bc twilight ma hunger games. Entah ap krn genrenya ato plotnya. Tp ga minat gt. Q malah lg kepo ma the maze runner. Ud baca blm? Q sbg maniak baca, butuh bgt rekomendasi buku2 bagus, makanya q seneng nemu blog ini yg ngebahas ttg buku2 bestseller. ^^ q bru mw bc review the cuckoo’s py robert g. Kl emg kece, mgkn q mw beli. Hehe. Oh ya, the lost symbol ma inferno bgus g? Kontroversial g? Q suka ma yg tipe2 gt. Hehe thx ya ud reply komenku. ^^

Ampe salah ngereply di kotak komen. Sori. ^^a

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,697 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Refreshing morning view
.
#view
#morning
#bandung
#mercure
#nature
#familyholiday I must get it!!
.
#aimee
#minnie
#baby
#mercure
#bandung
#holiday
#family Christmas is everywhere 🌲
.
.
#christmas #christmastree #bandung #bandungtrip #aimee #transluxuryhotel #instatravel #instababy FAMILY 👦👧👨👩👴👵👶👱
.
.
#family #bandung #bandungtrip #transluxuryhotel #familyportrait Tempatnya loetjoe. That's it.
.
.
#dinner #bandung #missbeeprovidore #chicken #instafood #food Aimee and Koko Kael at the kids club

#aimee #baby #kidsclub #transluxuryhotel #bandung #holiday #family #kids Swimming!! 🏊🏊🏊
.
.
#aimee #baby #swimming #bandung #bandungtrip #holiday #family #transluxuryhotel Get ready for Aimee 1st traveling experience. We tried the easy one first, Bandung :) #aimee #baby #traveling #jalan2 #longweekend #bandung #family <<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplustehpajakdll70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi 😑😑😑😑😑😑😑😑😑 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah 🎂

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❤👪❤ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue 😗

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan 📷 : @lieta73 😀 Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake 🎂 by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? 😀

#aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella

Blog Stats

  • 405,732 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

December 2013
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: