Fanny Wiriaatmadja

Tirta Amerta Paling Keramat

Posted on: December 2, 2013

“Pelajaran hari ini,” Sang Guru berdeham ekspresif, “adalah tentang sejarah ramuan yang satu ini.” Diangkatnya sebuah cawan emas berukir rumit. Cairan pekat di dalamnya bergoyang-goyang. Nuansa magisnya menguar seketika disusul oleh aroma tajam memabukkan.

Para siswa sontak berjengit mencium bau tak sedap itu. Walau hidung ditutup rapat-rapat, mata tetap menatap lekat, bergantian mengarah ke ramuan itu dan ke pria berjanggut putih di mimbar, tak rela ilmu yang akan ditebar ini lalu begitu saja tanpa mendekam di benak.

“Hari itu, berpuluh abad lalu,” Guru memulai, “Wisnu kehabisan Tirta Amerta. Panik merajalela di kalangan hulubalang, sebab mereka terbukti lalai memantau persediaan.”

Para siswa menyimak baik-baik, memaksimalkan daya telinga untuk menyerap ucapan Guru sambil memberdayakan tangan di saat bersamaan untuk menggurat cepat di perkamen.

“Maka lekas semua tenaga yang ada dikerahkan untuk melakukan prosesi pengumpulan Tirta Amerta. Penyu raksasa dipanggil, Gunung tertinggi siap digonjang-ganjing.. Para peri dan raksasa dikumpulkan dalam satu seruan akbar. Samudra disembahyangi terlebih dahulu berhari-hari untuk menyucikannya..”

Siswa terpukau. Inilah awal mula kisah penemuan ramuan ajaib ini.

“Proses dimulai setelah semua persiapan usai. Air laut diceduk dalam-dalam, dibolak-balik dalam sepuluh putaran maha hebat. Dalam sekejap dunia gempa, badai bergelora dahsyat, kemudian diam dalam satu sentakan hebat. Dan Tirta Amerta pun terwujud,” Guru menghela napas dengan dramatis. Siswa ganti menahan napas, seolah menyaksikan langsung ritual suci itu.

“Sayangnya,” Guru melanjutkan dengan nada tinggi menyentak, mengejutkan para siswa, “ditemukan kandungan aneh yang mencemari Tirta Amerta. Hitam pekat, kental dan berbau aneh.. Tak lazim, sungguh tak lazim..”

“Para ahli dipanggil dari seluruh penjuru, meneliti untuk mendapat detail terperinci. Ratusan pasang mata terpicing berusaha mengenali elemen-elemen zat ajaib itu dan efeknya.”

“Terberkati kita, seorang mahaguru dari negeri seberang yang telah bermeditasi dalam hitungan abad, memberanikan diri mengujicobakan zat itu pada dirinya. Siap dengan risiko maut. Dan satu tegukan, batuk tahunan yang dideritanya tanpa henti, sembuh seketika dalam kejapan mata.”

“Lantas,” lanjut Guru seraya mengangkat cawan emas berisi ramuan pekat itu, “Tirta Amerta kali itu dinobatkan sebagai Tirta Amerta Paling Keramat. Selain hidup abadi, batuk rejan skala tinggi sanggup terobati. Dengan penemuan ajaib ini, Wisnu yang pemurah mengampuni semua kealpaan yang pernah dibuat. Tirta Amerta semakin sempurna.”

Para siswa calon penerus Dewa Kesehatan serentak berdiri, bertepuk tangan penuh puja.

**

Beratus tahun lalu, sebuah kapal raksasa yang sedang berlayar oleng diterpa badai; tak sanggup bertahan akhirnya menyerah dalam pasrah dan kandas dihempas ombak yang bergelung hebat. Ratusan ribu liter minyak tumpah, tersebar ke samudera.

Total Kata : 399

Cerita yang sumpah maksa abis, konyol, dan nyari-nyari ini diikutsertakan dalam MFF Prompt #31 dengan tema Tirta Amerta.

22 Responses to "Tirta Amerta Paling Keramat"

aku suka cerita ini sejak awal, deskripsi yang diberikan, kisah yang dijabarkan. tapi ada sedikit yang belum (di)jelas(kan) : ini sekolah apa? kisah ini terjadi di zaman apa? kisahnya sendiri seperti kisah zaman dewa-dewa dibumbui kisah mahaguru yang telah bertapa ratusan tahun layaknya cerita dongeng. imajinasiku buyar, kacau ketika di akhir kisah diberi puntiran mengenai kapal yang terbalik dan menumpahkan minyak.

Ahahaha thank you Rigaa..
Jadi jadi jadi, ceritanya sih pengennya bikin sekolah anak2 dewa gitu, dimana mereka lagi belajar tentang sejarah ramuan.
Trus settingnya adalah dunia dewa ini ‘bersanding’ damai juga dengan manusia, jin, mahaguru, pertapa, de-el-el, termasuk para pelaut yang juga berlayar bawa2 minyak dll..
Aaaargh pokoknya memang maksa banget deh, apalagi dari sisi dimensi waktu..
Kalo’ kata juri MFF, secara logika gagal total hihihi..

saranku sih, jika memang settingnya adalah dunia para dewa, selipin deh kata pengantar semisal “pada suatu hari di sebuah padepokan atas awan”, langsung deh kebayang…🙂

Hehe iya juga sih..

Gw cuma taruh “Para siswa calon penerus Dewa Kesehatan serentak berdiri, bertepuk tangan penuh puja.”
Itu doang sebagai petunjuk bahwa itu sekolah para dewa gitu :p

Thank you Rigaaaa😀

Oh Maksa?

Super maksa, tepatnya :p

Salam kenal! blogwalking peserta Monday Flashfiction trus nemplok di sini. Ide murid Dewa Kesehatan-nya bagus!

Thank you Anggun.. Salam kenal juga🙂

minyak mentah bisa menghilangkan batuk rejan😀

jadi inget film tentang aksi teroris yang para korbannya adalah para perusak lingkungan

Haha… Suka dengan ceritanya. Absurd dan seru. Meski memang agak bingung di setting waktu.
Ayo, elipsisnya dibenerin juga😀

Haha thank youuu..😀 Siap!!

Ikut2an khidmat gue nyimak penjelasan sang Guru! Tapi kayaknya fragmen terakhir patah bgt! Kapal minyak apa yg pecah beratus-ratus tahun sebelum masa dewa-dewi? Bukan taitenik, khan?😄

Hi3, betul, dimensi waktunya kacau balau. Boleh juga kalo’ dibikin Titanic, supaya lebih kacau-balau :p
Thank you anyway😀

Kalo aku sih memang kalimat “Para siswa calon penerus Dewa Kesehatan serentak berdiri, bertepuk tangan penuh puja.” itu sudah menjelaskan setting sekolah apa dsb.

Ummmm… plintirannya aja kali yang harus dipoles lagi. Kayaknya kamu berusaha mencari jawaban, apa sih sebenernya yang terkandung dalam tirta amerta yang lalu kamu jadikan plintiran🙂

Overall menurutku ini cukup bagus🙂

Ha3 thank you Mbak.. iya dr awal ideku memang sebenernya minyak yg tumpah di laut yg ternyata malah jd obat buat para dewa..

wah ini bisa diikutkan di pesta dongeng Blog Dongeng Anak, mbak. kl berkenan bisa dikirim via email. dipoles sedikit endingnya biar lebih familiar buat anak-anak…

Thank you Mbak.. nanti aku coba kirim..

tambahan: efeknya jangan justru bikin batuk sembuh. dibikin ‘merusak’ jadi ada pesan tentang pencemaran…

Great idea! Thank you😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak 🐄🍴🍽 #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo 😂

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design Yg masak mau kawin tampaknya.. #bintanggading #pik #elanglaut #noodle #bakmi #pork #porknoodle #asinbangetyangdisini 😲😝😖😕 Tryin' this just now.. Agak kecewa.. rasanya flat banget dan ga ada wangi2nya.. istilah gw : rasanya cuma di lidah dan ga nyampe' ke hidung 😅

However teksturnya bener lembut dan agak basah, jadi gak seret kayak kue bolu.

Suggestion : mending rasa matcha-nya ketimbang original cheese cakenya. Rasanya lebih intense.

#fuwafuwa #cheesecake #pik #elanglaut #kue #cake #dessert #japan Kemasannya lutjuuu 😄 #samyang #samyangcheese #instantnoodle #korea #mieinstant #mujigae #pluitvillage #bulgogi #koreanfood #kimchi #chicken #dinner #food #instafood #tiramitsu ala my sister 
#cake #handmade #baileys #dessert Lunch batch 1, diikuti nasi padang #kalimantan #noodle #bakmi #pontianak -> supercool ❤😶😶😶❤ #tyrionlannister #tyrion #gameofthrones #georgerrmartin #series #lannister #biarceboltapikece Happy playin' with the new playmat and fence *for only 10-15' and then yellin' askin' to get out

All is rented via @gigel.id

#playmat #fence #cobyhaus #baby #aimee 🐳🐋🐬🐟🐠🐡 #sulawesi #megakuningan #seafood #parape #ricarica #dinner #squid #crab #soka #makassar 🐷🐖🐽 #babipanggang #pork #pig #food #brunch #asemka #gataunamatempatnya 😶😶😶 #halloween #latepost #gardin #bali  #green #greenery #traveling Coffee? No, please.. #gadoyan #inipunyasuami #coffee #seniman #senimancoffee #bali #ubud #cafehopping #wisatakulinerbali #wisatakuliner #traveling 🌙🌛🌜☁⭐ #selfie
#smile 
#goodnite
#seeyoundari May our path cross again in the future @alicia_tibob 
#farewell #sundari #alfalaval #hrd #teamwork 🐷🐖🐽 #porkbelly #pork #porkneverdies #bali #slipperystone #greek #food #instafood #travelling #dinner #cafehopping

Blog Stats

  • 404,271 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

December 2013
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: