Fanny Wiriaatmadja

[BeraniCerita #38] Pasar Mati

Posted on: November 29, 2013

Dalam hari yang biasa-biasa saja aku sudah benci tempat semrawut ini, apalagi setelah hujan singgah mengguyur, kemudian tanpa dosa menyisakan prasasti berupa kolam-kolam kecil yang sukses terbentuk dari ceruk yang terserak di sepanjang jalan, bukti pengabaian pemerintah akan kondisi infrastruktur daerah ini.

Jalan becek, alhasil berjalan harus ekstra hati-hati kalau tidak mau noda hitam air sisa hujan melekat mesra di kakimu.

Kutahan-tahan deritaku walau mulut konsisten mengutuk. Sabarlah, gumamku, sebentar lagi semua tak lagi begini.

Kiri kanan semua wajah tukang jualan langgananku muram durja. Mendung penyambut hujan sudah lama reda, tapi pasar ini punya mendung yang baru.

Mbok Kikir –dipanggil seperti itu karena kekikirannya dianggap tak masuk akal- yang biasa sibuk menjerit histeris, membalas sengit gerutuan pelanggannya yang protes akan biaya-biaya ekstra yang dikenakan seenak jidat, kini diam seribu bahasa dengan bibir terkatup rapat. Muka judesnya makin menyeramkan. Ajaibnya lagi, saat aku meminta kantung plastik untuk daun seledri belanjaanku, dia memberikannya cuma-cuma tanpa sepatah kata pun keluar!

Mang Uja, penjual tomat, lain lagi. Kalau biasanya bibir manisnya mendayu-dayu penuh rayu pada pelanggannya, kini kata-kata gombalnya berganti helaan napas berkali-kali. Sengaja disuarakan kencang-kencang, pertanda sifat suka jadi pusat perhatiannya belum digerus mendung massal ini. Hanya wajahnya saja yang terlihat asam. Ucapan terima kasihku hanya dibalas anggukan kaku. Aku jadi sedikit rindu pekik histerisnya, “terima kasih kembali, wahai manisku cintaku yang menawan indah..”

Terakhir saat mampir ke tempat Bang Jawir si tukang ayam, aku bengong melihat dirinya sudah tampak dari jauh. Utuh. Lazimnya, wajahnya akan tertutup setumpukan ayam-ayam yang baru dipotong. Dia diam bergeming dengan tatapan hampa, seolah sedang ada di alam lain.

“Ayamnya mana, Bang?” seruku heran.

Dia menggeleng-geleng, pasang raut terganggu dan menatapku sebal seolah pertanyaanku menyentil harga dirinya. Terpaksa ayam absen kubeli hari ini. Maklum hanya si abanglah penjual ayam satu-satunya di pasar ini.

Sesi belanja selesai, segera kuputuskan kembali ke rumah. Nuansa riuh rendah khas pasar ini benar-benar sudah lenyap. Semua keributan tawar-menawar dan segala perdebatan jual-beli seakan tamat riwayatnya. Pasar ini sedang menjemput ajalnya.

Ah, peduli amat, langkahku toh tetap ringan tanpa beban. Besok hypermart baru di blok sebelah resmi buka. Nyonyaku sudah bilang, selanjutnya kami akan belanja di sana.

Selamat tinggal becek, panas terik dan segala jenis bau-bauan pasar! Aku bahagia!

Total Kata : 365

Diikutsertakan dalam tantangan #BeraniCerita untuk membuat flash fiction dengan setting pasar tradisional.

Advertisements

11 Responses to "[BeraniCerita #38] Pasar Mati"

kasihan itu pasar tradisioanal, tergantikan oleh pasar moder hiks…

Pilihan kata-katanya makin bagus, Fan

Selamat tinggal becek! Aku bahagia. Bisa ngeceng, sukur dapat gandengan. ^.^

Ngerti banget lo prasaan seorg PRT :p

ya nasib… ya nasib…. 😐

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,717 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Warbiku last day buy 1 get 1 😀 super tender and juicy
.
#warbiku
#muarakarang
#pork
#porkneverfailed 
#indomie
#indomiesambalmatah
#instafood 
#dinner Aaaarggh!! 😍😍😍
.
#tapaksakti
#sembilanbenua
#devilito
#samsun
#komik
#jadul
#jadoel
#lawas Thank you BCA!! ❤ you full!
.
#mcdonald
#bcabday
#bca
#bigmac
#dinnerbatch2
#frenchfries
#junkfood
#instafood
#food
#burger Allooow??? 📞📞
.
#aimee
#instababy
#baby
#handphone
#cutenessoverload
#blur Aaaaa...
.
#aimee
#blur
#instababy
#baby
#cutenessoverload ~ Prefer Cibubur Bang Sawit 🙄🙄
.
#sotobetawi
#sotobetawibangsawit
#kelapagading 
#instafood 
#food 
#dinner 
#soto
#indonesianfood 
#perkedel A day spent without a smile is a lost day
.
#aimee
#warungporki
#kelapagading 
#baby Their Woku and Rica Pork are superb! Too bad they don't serve a complete full meal set 😣😣 .
@warungporki
#warungporki
#kelapagading
#camilan
#pork
#angkringan
#porkneverfailed
#babirica
#babiwoku
#instafood 
#food Another round of egg tart and hokkaido cheese cake
.
@ezocheesecakes
.
#cheesecake
#eggtart
#ezo
#pik
#ta
#japanesecheesecake 
#hokkaidocheesecake
#cake
#dessert Sewa mainan ini di E*****A. Setelah transfer pembayaran, minggu depannya pas mau ambil barang pake gocar, orangnya baru kasitau :
.
* seatbelt ayunan ga ada
* perosotan penyok-penyok tapi udah ditambal pake lakban merah
.
Langsung amazed. Kenapa pas saya order, semua info ini ga dikasitau ya? Alasannya ud diinfo di Instagram. Hellooow, FYI :
.
* saya nemu dan order mainan ini via website. Bukan dr IG dan ga ada info apapun di web terkait kekurangan / cacat mainan ini
* pas mau online payment websitenya error jadi saya order dan kontak manual via WA dan kasitau that payment problem. Itupun ga ada info apapun mengenai kekurangan / cacat tsb.
* emang saya kerajinan pantengan instagram situ terus?
.
Karena ud terlanjur bayar ya udah no choice kan, selain terima barang dalam kondisi tsb. Padahal kalo tau dari awal mungkin saya bakal mikir dua kali.
.
Pas dateng barangnya :
* ayunan ga bisa dipake sama sekali karena no seatbelt. Aimee baru didudukkin dikit aja langsung merosot.
* ring basket ga ada jalanya (ga diinfo)
* barang datang tanpa dus dan dalam keadaan lusuh.
* sticker sudah terkelupas
.
Saran aja buat vendor di atas, next time jujur aja dari awal daripada nanti dari mulut ke mulut pengalaman buruk customer beredar. Lebih appreciate kalo dari awal dengan profesional mereka kasitau kondisi barang i/o nipu customer. Walaupun resiko customer batal pesan at least nama dan profesionalitas mereka nancep di ati *halah.
.
Pelajaran : laen x mending sewa dari yang udah terpercaya dan punya nama aja kayak @gigel.id. I had a very nice experience sama mereka dan customer servicenya bagus banget.
.
#sewamainanbayi
#sewamainananak
#rentalmainanbayi
#rentalmainananak
#perosotan
#ceritasewamainananak Krecek Tahu Tempe + Cumi Sambel Pete from @hotspicycorner. This is superhot Val dinner, sssshsshhhshhh 😥😥😥
.
Order yours now!! They have various spicy dishes to bring out the best of your sweat and tears 😁
.
#maafgambarburem
#saatnyagantiHP
#spicy
#chilli
#dinner
#valentinedinner
#homemadecooking
#krecektahutempe
#cumisambelpete
#hotspicycorner Nyoba ini gegara @jessicaapriliagunadi 😁
.
#kibocheesecake
#cheesecake
#creamycheesecake
#japanesecheesecake
#creamy
#melted
#cake
#moltencheesecake
#instafood
@kibocheese Sweet Valentine message from Mum, together with my daily bekal ❤ I wish I could be as great as her, for Aimee. .
#motherhood
#mukagwpucet
#pesan
#message
#emakemak
#mamanyafanny Seksi yah.. 😀
.
#baksogoreng
#jembatantiga
#skarangudah9ribu
#gedeenakmahal
#instafood Bunuh dahaga 🍦🍨
.
#espisangijo
#slurp
#dessert
#pisangijo
#es
#instafood @djempolanriceandnoodles
.
#nasiamarahdewata
#nasibali
#lawar
#lunch
#ricebowl
#food
#instafood
#djempolan
#balinese Brokoli Su 🍍🐽💩
.
#nephew
#aidensu
#korean
#keriting
#bandel
#gemesin
#ngangenin
#phabo
#ande
#shira
#tungsi Indian nite with Korean fellows
.
#queenstandor
#dinner
#indian
#indianfood
#instafood
#food
#curry Happy bday @loveheejin1 😀
.
#birthday
#lunch
#ekaria
#family #food
#instafood
#segalamacammakan
#bakmi
#salmon
#nasibabiguling
#noodle
#pork

Blog Stats

  • 421,456 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

November 2013
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

Pemintal rindu yang handal pemendam rasa yang payah

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: