Fanny Wiriaatmadja

[BeraniCerita #37] Sarung Penghantar ke Surga

Posted on: November 26, 2013

Cerita ini memenangkan tantangan BeraniCerita #37

“Bu, buat apa beli sarung banyak begini?” Ida mengernyitkan kening, menyapu sekilas tumpukan sarung yang terserak di ranjang ibunya.

Ibu tersenyum. “Untuk dibagi-bagi dong Nak.. Buat tukang sayur, tukang jamu, tukang sampah, dan lain-lain.. Kan sudah mau hari raya,” katanya.

“Tukang sampah? Ibu tidak salah? Orangnya galak begitu, setiap kali hanya sungut-sungut yang keluar dari mulutnya setelah mengambili sampah kita, Bu! Kadang dia sengaja membuat halaman kita jadi lebih berantakan, mentang-mentang rumah kita rumah kontrakan kumuh..” dengus Ida.

Ibu hanya tersenyum sambil merapikan sarung-sarung itu. Bayu, adik Ida, yang asyik bermain mobil-mobilan di lantai, tampak tidak terganggu oleh perdebatan kecil itu.

“Jangan begitu, Nak.. Hanya karena kasar perangainya, tidak berarti dia orang yang jahat. Mungkin berat pekerjaan dan beban hidupnya yang membentuknya jadi orang berkarakter keras. Kita tak tahu kan? Jangan menilai orang semata-mata dari yang nampak oleh dunia..”

Ida menunduk. Ibunya memang bijaksana. Kehidupan sulit selepas kematian ayah mereka tidak membuatnya jadi lemah, malah semakin mengasah dan mengokohkan mentalnya. Kehilangan sosok yang disayangi dan dikagumi tidak mematahkan semangatnya sama sekali, yang ada seolah membakar dan membuatnya jadi lebih hidup.

“Yang terpenting sekarang,” ibu menambahkan, “adalah kita tetap menabung pahala selama di dunia. Kelak amal kebaikan kita akan membawa kita ke Surga.”

Ida termenung. Dilihatnya mata besar adiknya meliriknya sekilas, seperti mengejek kepicikannya. Malu berdesir sesaat dalam hatinya.

*

Lusa harinya, ibu kebingungan mencari sarungnya yang hilang. Setumpukan sarung dalam aneka ragam motif itu raib entah ke mana. Sepanjang siang ibu dan Ida mencarinya, nihil tetap hasilnya. Dalam takjub tanpa bersua jawaban, mendadak seorang tetangga mengadu, katanya melihat tukang sampah membawa setumpukan sarung keluar dari halaman rumah ibu kemarin.

Ida berang bukan kepalang. “Apa kubilang, Bu!” geramnya. Tangannya mengepal.

Ibu masih berusaha menenangkannya. “Jangan menuduh dulu, Nak.. Nanti sore coba kita tanyakan baik-baik ke bapak itu..”

Ida tahu ibu juga gelisah. Terlihat jelas dari kegugupannya memainkan deretan rapi mobil-mobilan Bayu di atas meja belajar. Tidak murah harga semua sarung itu. Dalam keterbatasannya, ibu masih memikirkan mereka yang lebih membutuhkan. Kadang Ida tidak habis pikir.

Sore itu, yang dinanti-nanti datang menunaikan tugas. Anehnya, mukanya sumringah. Jelas tidak seperti biasa. Didekatinya ibu dan Ida yang telah berpose kaku di pintu rumah.

“Bu, terima kasih atas sarungnya,” katanya penuh syukur sambil menunduk-nunduk.

Ibu dan Ida terbelalak. “M-maksudnya?” kata Ida.

Sang tukang sampah mulai kebingungan. “Ng, itu, setumpukan sarung yang kemarin anak lelaki Ibu kasih untuk saya.. Katanya itu Ibu beli untuk saya?”

Ibu dan Ida bengong, hilang daya untuk berkata.

Mendadak Bayu yang baru bangun tidur siang muncul sambil membawa kantung plastik berisi mobil-mobilannya.

“Mas, ini untuk Mas lagi,” katanya riang. Disodorkannya kantung plastik itu pada si tukang sampah. Semua terdiam lagi dalam kebingungan.

Bayu menoleh ke Ibu dan Ida, matanya mengerjap bahagia.

“Bayu ingin beramal sebanyak-banyaknya,” bisiknya, “supaya bisa ke Surga seperti kata Ibu. Bayu ingin ketemu ayah..” dia tersenyum sangat manis.

Total Kata : 469

Diikutsertakan dalam tantangan #BeraniCerita dengan tema sarung.

Advertisements

8 Responses to "[BeraniCerita #37] Sarung Penghantar ke Surga"

waduuh…niatnya bayu mulia sekali ya.. 🙂

Cuma mau ketemu bapaknya 😀

Haha..iya..demi ketemu bapaknya 🙂

hehehe… dikasih semua ke bapak tukang sampah rupanya 😀

Iya, saking pingin berpahala.. 😀

Salam kenal Fanny
blog walking ke temen, ke berani cerita dan sampai kemari.
Ceritanya keren-keren. Kudu banyak belajar nih.
Kalo dulu ikut multiply, bisa sering jadi jawara nih di kuis FF.

Hi, salam kenal juga..
Haha sama, aku juga masih belajar nih bikin ff yang bagus 😀
Makasih untuk kunjungannya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,714 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Touching the sun 🌝☉🌞
.
#belitung
#beach
#sun
#sunset
#reflection
#view Konon, mie paling enak se-Belitung
.
#beneranenak
#makanduamangkok
#mieachoi
#yamien
#belitung
#bakmi
#noodle
#tanjungpandan
#intafood
#food Back to routine 😣
.
#sigh
#bubyeholiday
#bye
#ngantorlagi
#imisstraveling
#whatsnext
#holidayisover
#tega Kartini Day 21 Apr 2017 👧👩
.
#kartiniday
#alfalaval
#kebaya
#traditionalcostume
#alfalaval
#alfalavalindonesia
#celebration
#latepost Indomie sambal matah. New favorite selain rasa rendang dan sambal rica
.
#indomie
#sambalmatah
#indomieseleraku
#indomiegoreng
#indofood
#noodle
#instantnoodle
#indonesiainstantnoodle Dijual. Minat DM yah
.
#hardlense
#bauschandlomb 
#jualbauschandlomb 
#jualboston
#boston
#bostonadvanceformula
#bostoncleanser
#semipermeablegas
#contactlense
#jualobathardlense
#conditioning
#conditioningsolution -> Sekilas isi Museum Kata. Tiket masuk IDT 50k, dapet 1 buku saku Laskar Pelangi.
.
Buat gw personal, Laskar Pelangi adalah buku Indonesia terbagus yang pernah gw baca. Kalo' mau lebay bisa dibilang buku ini bikin gw meriang gegara campuran rasa kagum dan ngiri sama penulisnya, Andrea Hirata. Asli loh kok bisa ya dia nulis dengan begitu indah, lucu, puitis, dalam, sarat makna, menyentuh, taburan diksi keren di sana-sini, dll. Sastra iya, fiksi iya.. Amazing banget d.
.
Buat yang suka baca and belum pernah nyentuh buku ini, monggo coba dibaca. Semoga kalian merasakan daya magnet halaman demi halaman buku ini seperti yang pernah gw rasa.
.
#laskarpelangi
#museumkata
#andreahirata
#rainbowtroop
#belitung
#literature
#novel
#indonesia Anak nyebelin sekaligus gemesin 😂😂 kepo, cerewet, hiperaktif, polos bin o'on ❤
.
#jamie
#nephew
#family
#kids Amit-amit bagusnya. Kebangetan. Parah. @bonadinosaurus you'll regret it 😣😣
.
#museumkata
#laskarpelangi 
#andreahirata 
#belitung
#aksara Akhirnya nyampe ke SD ini.. SD yang sangat historical dan inspiratif. Aku padamu, Andrea Hirata ❤
.
#andreahirata
#laskarpelangi 
#SDmanggar
#manggar
#belitung
#traveling 
#holiday
#bestsellerbook Rumah Ahok 😀 gede banget!
.
#sayanggabisamasuk
#pengenterobos
#ahok
#rumahahok
#belitung
#governor
#jakartagovernor
#manofdecades Pingin unyeng2 🤗🤗
.
#aimee
#linevideocall
#baby
#instababy Happy bday Mum!!
.
#bday
#mum
#babel
#bangka
#belitung
#holiday
#traveling Simply heaven..
.
#belitung
#beach
#wonderfulindonesia 
#traveling
#holiday
#nature
#panoramic
#view
#sea
#indonesia
@beautifuldestinations -> masbro. Jomblo. 31 yo. Monggo di-scroll. @emonwiriaatmadja
.
#brother
#jomblo
#lelaki
#adventurer Gradasi 🕶
.
#gradasi
#beach
#belitung
#view
#sea
#color
#turquoise
#shadesofblue
@gramoftheday Serba-serbi resta-resto
.
#restaurant
#interior
#advertisement
#belitung Felt so cool with this safety vest lol..
.
#onduty
#belitung
#wonderfulindonesia 
#beach
#islandhopping
#traveling 
#holiday Too much beauty in one day! @beautifuldestinations
.
#belitung
#beach
#vitaminsea 
#traveling 
#holiday
#wonderfulindonesia -> so that I can always remember how beautiful this Danau Kaolin is..
.
#danaukaolin 
#view
#panoramic
#belitung
#nature
#wonderfulindonesia

Blog Stats

  • 433,147 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

November 2013
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

Pemintal rindu yang handal pemendam rasa yang payah

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: