Fanny Wiriaatmadja

#5BukuDalamHidupku – Riset dan Zona Nyaman

Posted on: November 13, 2013

tdc

Judul Buku : The Da Vinci Code
Pengarang : Dan Brown
Penerbit : Serambi Ilmu Semesta
Tahun Terbit : 2004

OK, kalau buku pertama yang inspiratif untuk saya adalah Purpose Driven Life yang terkait dengan hidup, maka buku kedua adalah The Da Vinci Code karya Dan Brown, karena bagi saya menginspirasi dari sisi menulis dan hikmah yang didapat. Hmmh, kenapa semua buku yang saya suka jenisnya serius ya?

Jadi, seperti biasa, karena mendengar sana-sini tentang kehebohan massal yang ditimbulkan oleh buku ini, saya pun turut berpartisipasi membaca buku kontroversial ini, dan senang bukan kepalang bahwa ini adalah buku kedua (setelah Harry Potter) yang mampu membuat saya terjaga penuh alias membaca terus non-stop selama dua hari untuk membabat habis isi buku ini tanpa ada selipan rasa bosan ataupun kantuk. Hore.. Senangnya luar biasa kalau dapat buku berkualitas seperti ini.

By the way, yang akan saya bahas di sini bukan sisi alur ataupun tokoh, karena menurut saya semuanya sempurna, di luar berbagai aspek yang dikatakan bertentangan dengan agama, mengguncang iman atau sejenis itu (saya tidak terlalu peduli, sejujurnya, selama saya pribadi tidak terpengaruh).

Yang membuka mata saya dari buku ini adalah :

1. Tentang riset yang dilakukan seorang penulis. Maksud saya, saya banyak menemukan (misal) tentang buku yang berlatarbelakang Eropa atau sejenisnya, dan memang si penulis ternyata berlokasi di Eropa sehingga ia bisa menggambarkan semua unsur tempat dan lokasi dengan sangat tepat dan detail. Tapi sebaliknya, saya juga pernah menemukan buku berlatarbelakang sama (Eropa) yang dibuat oleh penulis yang berlokasi di Jakarta. Ternyata semua plot tempat di Eropa tersebut dilakukannya lewat yang namanya riset. Dan mengagumkan bukan, bagaimana β€˜hanya’ sebuah riset dapat memberikan detail yang sempurna seolah seperti nyata?

Sama seperti The Da Vinci Code ini, saya selalu geleng-geleng kepala dengan penulis yang melakukan riset terhadap hal baru yang benar-benar tidak dipahami sebelumnya, hanya untuk membuat buku atau ceritanya menjadi real. Dapatkah kamu bayangkan, betapa keras usaha yang harus dilakukan untuk melakukan sebuah riset, mulai dari mencari narasumber yang tepat, melakukan proses interview, memahami dan mencoba mengerti semua penjelasan dari narasumber tadi, serta merumuskannya dalam cerita, dan lain sebagainya? Belum lagi bagaimana dia harus berhati-hati menaruh semua informasi itu dalam tulisannya, karena resiko kritik terhadap akurasi data tentu selalu ada. Intinya, sangat sulit mengubah perspektif seorang awam untuk melihat dari sisi seorang profesional. Butuh waktu tenaga, tekad, komitmen dan konsistensi.

Kembali ke Brown, di saat dia sebenarnya bisa membuat karya sederhana yang pasti bakalan sukses hanya dengan menjual namanya, Brown memilih cara lain yang menguras waktu dan tenaga, untuk sebuah kesempurnaan. I love it! Dan ingat, ini bukan hanya dalam kasus The Da Vinci Code, tapi buku-buku berikutnya yang semua punya tema berbeda sehingga tentu riset yang dilakukan juga harus dimulai dari nol lagi. Silakan lihat Deception Point, Lost Symbol, dan lain sebagainya.

Intinya, apa yang dilakukan Brown dan banyak penulis lain (biasanya penulis internasional, maafkan saya untuk membeberkan fakta ini) membuka mata saya tentang sudut pandang sebuah karya. Kalau kamu mau buat sesuatu yang baik dan tidak biasa, lakukan riset, tantang dirimu untuk mengeluarkan usaha lebih demi mendapat hasil maksimal. Berkenalanlah dengan banyak orang dan sumber, perkaya wawasanmu, tuangkan itu dalam tulisanmu, perbanyak variasi genre karya dan tulisanmu. Intinya, PUASKAN dirimu dan nikmati proses itu.

2. Keluar dari comfort zone. Masih sedikit menyinggung point no. 1, yang saya belajar dari seorang Dan Brown dan bukunya adalah untuk keluar dari zona nyaman alias berangkat ke area yang tidak familiar, untuk menantang diri kita bahwa kita mampu.

Sama seperti sekarang, biasanya blog saya lebih berisi renungan atau hasil observasi, ditambah beberapa review film dan buku serta catatan jalan-jalan. Kemudian saya mulai mengenal cerpen dengan spesialisasi flash fiction, dan sumpah saya buta banget dengan karya jenis ini. Saya kesulitan membuat dialog yang mengalir dengan lancar; saya kesulitan membagi cerita mulai dari pembukaan, klimaks sampai anti-klimaks. Tapi saya belajar untuk membuatnya, memaksa diri melakukannya. Saya belajar untuk melihat dan mempelajari karya orang lain untuk mendapat banyak masukan. I quit from my comfort zone and I learn a new genre to enrich my writing style, dan saya bisa katakan bahwa pada titik ini sepertinya pembelajaran saya berhasil. Sekarang saya bisa membuat sebuah flash fiction dengan twist ending dengan cukup mudah.

Sekarang, saya mau mulai belajar untuk menulis cerpen dengan genre fantasi, karena sebelumnya saya agak antipati dengan karya fantasi dan saya merasa tidak bisa membuat jenis yang satu ini. Tapi belajar adalah proses yang tidak berkesudahan kan? Kalau saya mau maju, maka saya harus mencoba. Kalau nanti di akhir saya menemukan bahwa fantasy is not my thing, ya sudah, tidak apa-apa, yang penting saya sudah mencoba. Siapa yang tahu kalau ternyata nanti saya bisa menemukan passion saya di cerita fantasi dan jangan-jangan talenta saya justru di situ? Pasti saya bakalan menyesal kalau tidak memulainya.

Ya, selesailah dua hal tentang mengapa sebuah TheΒ Da Vinci Code menginspirasi dan membuka paradigma baru dalam diri saya. Saya senang disentil dan ditegur, sebab manis rasanya menikmati buah perubahan saat kita mau menerima kritik.

Mari mulai memperkaya tulisan kitaπŸ™‚

Total Kata : 806

Diikutsertakan dalam project di sini

4 Responses to "#5BukuDalamHidupku – Riset dan Zona Nyaman"

Banyak pro kontra gara2 buku ini. Dari kalangan vatikan reaksinya juga keras. Beberapa web bahkan ada yg membuat list fakta2 yang salah dalam the da vinci code. Sempat dituntut amapenulis “the holy grail” krn temanya yg hampir sama. Tapi secara total buku ini bagus nurut gua. Gua sendiri ngefans ama dan brown. Angel n demon, da vinci code, ama bukunya yg terbaru kelanjutan dari petualangannya langdon “the inferno” punya. Ada lagi novel sejarah yg kudu kamu baca fa. The labyrinth karangan kate mosse. Bagus banget ni buku. Google aja ^.^

The Labyrinth karangan Kate Mosse -> nanti aku cek deh.. Sekarang susah nemu buku sejenis karya Brown yang kualitasnya sama bagusnya. Dan setuju banget, hampir semua karya dia superduperbagusπŸ˜€

Pas pertama inferno nongol di turki gua langsung beli. Narsis minta difotoin ama tukang bukunya. Trus gua kirimin ke fpnya dan brown. Haha..kalo inget malu gua -.-‘

Hoaaa nongolnya pas banget lagi, di Turki, sesuai setting novelnyaπŸ˜€
*hmmh jadi pingin moto dan pamer ke FP nya Brown jugaπŸ˜€

Leave a Reply

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,697 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Refreshing morning view
.
#view
#morning
#bandung
#mercure
#nature
#familyholiday I must get it!!
.
#aimee
#minnie
#baby
#mercure
#bandung
#holiday
#family Christmas is everywhere 🌲
.
.
#christmas #christmastree #bandung #bandungtrip #aimee #transluxuryhotel #instatravel #instababy FAMILY πŸ‘¦πŸ‘§πŸ‘¨πŸ‘©πŸ‘΄πŸ‘΅πŸ‘ΆπŸ‘±
.
.
#family #bandung #bandungtrip #transluxuryhotel #familyportrait Tempatnya loetjoe. That's it.
.
.
#dinner #bandung #missbeeprovidore #chicken #instafood #food Aimee and Koko Kael at the kids club

#aimee #baby #kidsclub #transluxuryhotel #bandung #holiday #family #kids Swimming!! 🏊🏊🏊
.
.
#aimee #baby #swimming #bandung #bandungtrip #holiday #family #transluxuryhotel Get ready for Aimee 1st traveling experience. We tried the easy one first, Bandung :) #aimee #baby #traveling #jalan2 #longweekend #bandung #family <<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplustehpajakdll70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘ 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah πŸŽ‚

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❀πŸ‘ͺ❀ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue πŸ˜—

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan πŸ“· : @lieta73 πŸ˜€ Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake πŸŽ‚ by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? πŸ˜€

#aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella

Blog Stats

  • 405,732 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

November 2013
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

