Fanny Wiriaatmadja

#5BukuDalamHidupku – Hidup Berorientasi Tujuan

Posted on: November 12, 2013

Judul Buku : Purpose Driven Life
Pengarang : Rick Warren
Penerbit : Gandum Mas
Tahun Terbit : 2002
Halaman : 373

Terkadang aku pikir hatiku punya kelainan berupa beberapa lapisan dengan ketebalan cukup mengagumkan, yang membuatnya cukup kebal untuk ‘disentuh’ oleh aneka rasa yang dihadirkan dunia. Alasan inilah menurutku yang membuat diri ini kadang tak mempan dihajar berbagai seminar motivasi, buku-buku inspiratif serta media sejenis lainnya. Rasanya semuanya datar, bahkan secuwil cubitan pun tak kurasa di hati saat berhadapan dengan mereka.

Teriakan-teriakan bersemangat para motivator ternama, cerita-cerita inspiratif dari mereka yang berbagi hidup, bagiku seolah tiada dan nihil. Hatiku bak mati tak mempan diserang.

Lantas suatu hari dapat kaubayangkan betapa terkejutnya aku ketika seorang teman memberiku buku ‘Purpose Driven Life” karya Rick Warren yang tersohor itu dan menemukan diriku jatuh cinta pada buku itu?

Awalnya karena memang punya kegemaran di atas rata-rata terhadap makhluk bernama buku, tentu saja kuterima tawaran teman itu untuk menyantap habis buku ini, walaupun sungguh tak ada niat untuk semangat menghabisinya karena kupikir buku ini sama saja dengan buku perenungan lainnya.

Sebagai informasi, buku ini dirancang untuk dibaca per hari, dan diharap para penggila aktivitas membaca tidak melahapnya sekaligus, tapi menikmati hari demi hari bab dan tema yang diberikan. Sebagai seorang melankolis yang cukup taat aturan, aku pun tunduk pada aturan ini. 40 hari kuhabiskan untuk membaca buku ini.

Hari pertama, kubuka bab pertama. Kubaca perlahan –awalnya tanpa minat- dan kutemukan diriku terpaku membacanya. Makna kalimat demi kalimat, semua berhamburan menohokku, membuat benakku kelabakan menerimanya, kewalahan mencernanya. Cepat kubaca ulang lagi perlahan satu demi satu dengan panic dan kurenungkan dalam-dalam perlahan. Berbagai perspektif baru tentang hidup seperti menamparku dan menghadirkan sesal perlahan menyelinap dalam hati. Sesal akan cara pandang dan perlakuanku terhadap hidup selama ini. Dan detik itu, mataku mulai dibukakan.

Buku ini –sebagaimana pandangan beribu-ribu orang lainnya- sungguh jangan pernah kauanggap buku religius, ataupun buku kristiani, ataupun genre lain yang sejenis belaka. Menurutku tidak sedangkal itu. Ini buku yang mengajarmu tentang DIA, tentang Tuhanmu, dan bagaimana menghargai hidup yang diberikanNya. Kau diajar memandang setiap detik hidupmu sebagai sesuatu yang berharga, dan sesuai judulnya, buku ini mengajarmu bagaimana menghidupi hidupmu berdasarkan tujuan.

Jangan tanyakan aku tentang tujuannya, karena kalian satu per satu diciptakan dengan tujuan masing-masing yang hanya bisa kalian mengerti dengan menanyakannya pada hati kalian.

Saat membaca tentang hidup yang digerakkan oleh tujuan, aku teringat saat suatu kali aku mencari sebuah gedung terkait dengan panggilan interview pekerjaan. Tak kutahu barang sedikit pun lokasi tepat gedung itu, dan nekatnya kuberanikan diriku menjalani rute tak dikenal itu. Tanya demi tanya kulontarkan, sampai seorang bapak menunjuk satu gedung tinggi yang bercokol megah di kejauhan. “Itu gedungnya,” katanya. Mataku melebar gembira. Tujuanku sudah terlihat.

Bergegas aku bergerak kembali, semangat menyusuri jalan menuju gedung tinggi itu. Dan percayalah, ketika tiba di sana, baru kusadari bahwa hampir 20 menit kuhabiskan untuk berjalan kaki dari tempatku bertanya ke si bapak, sampai ke gedung ini, dan herannya tak kurasa lelah yang berlebihan.

Waktu itu aku sadar sekilas bahwa ketika aku sudah tahu tujuanku dan apa yang harus kulakukan, jarak yang jauh tidak menghentikan dan menghambatku. Sederhana. Semua karena aku sudah tahu tujuanku. Aku sudah tahu letak gedung itu.

Aku pikir begitulah dengan hidup. Saat kau menjalaninya dalam putaran waktu yang begitu cepat dan terbatas TANPA tahu tujuanmu, kamu akan merasa semua begitu berat. Tapi saat kau sudah tahu apa dan bagaimana untuk mencapai tujuan yang telah kaukenali, kamu akan menjalaninya dengan mantap, walau usaha yang kaukerahkan tentu harus maksimal.

Saat aku selesai membaca buku ini, aku hanya bisa berbaring di ranjangku dan menatap langit-langit. Pikiranku sibuk bekerja, berputar tak tahu arah, mengulang lagi dan lagi semua hal yang kubaca dan menyentuhku dari isi buku ini.

Sekali lagi, ini bukan buku motivasi, inspirasi, agama, doktrin, atau apa pun, menurutku. Ini buku yang menegur lembut hatimu yang keras, bak air hujan yang menetes perlahan tapi konsisten untuk menghancurkan batu yang keras tak bergeming. Ini bukan buku yang berusaha menjual kegemerlapan atau menjanjikan keindahan apapun. Ini buku yang mengajar dan mendidikmu, dan menjadikan kamu seseorang dengan pola pikir dan tentunya komitmen yang baru.

Ketika buku ini sudah sukses mengubah hidupku, bagaimana mungkin aku tidak membagikannya juga kepada yang lain? Bagaimana bisa aku mendekapnya erat hanya untuk diriku sendiri? Aku pikir begitulah yang dirasakan oleh mereka yang sudah terberkati pula oleh buku ini, sehingga dari mulut ke mulut, buku ini kemudian semakin menyebar.

Sampai di kata ini, aku sepertinya sudah kehabisan aksara untuk menjelaskan bagaimana isi buku ini mengubahku. Mungkin lebih baik bila kau sendiri membacanya, sampai bisa mengangguk menyetujui rasa yang menguasaiku saat membacanya.

Total Kata : 736

Mari ikutan project ini di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,697 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Refreshing morning view
.
#view
#morning
#bandung
#mercure
#nature
#familyholiday I must get it!!
.
#aimee
#minnie
#baby
#mercure
#bandung
#holiday
#family Christmas is everywhere 🌲
.
.
#christmas #christmastree #bandung #bandungtrip #aimee #transluxuryhotel #instatravel #instababy FAMILY 👦👧👨👩👴👵👶👱
.
.
#family #bandung #bandungtrip #transluxuryhotel #familyportrait Tempatnya loetjoe. That's it.
.
.
#dinner #bandung #missbeeprovidore #chicken #instafood #food Aimee and Koko Kael at the kids club

#aimee #baby #kidsclub #transluxuryhotel #bandung #holiday #family #kids Swimming!! 🏊🏊🏊
.
.
#aimee #baby #swimming #bandung #bandungtrip #holiday #family #transluxuryhotel Get ready for Aimee 1st traveling experience. We tried the easy one first, Bandung :) #aimee #baby #traveling #jalan2 #longweekend #bandung #family <<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplustehpajakdll70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi 😑😑😑😑😑😑😑😑😑 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah 🎂

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❤👪❤ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue 😗

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan 📷 : @lieta73 😀 Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake 🎂 by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? 😀

#aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella

Blog Stats

  • 405,710 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

November 2013
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: