Fanny Wiriaatmadja

[BeraniCerita #35] Pengorbanan Tari

Posted on: November 11, 2013

mesin jahit kaki

“Nak, kok ke pesta pakai celana jins kumal?” Aku menegur pelan anak gadisku.

“Lagi model, Bu,” balas Tari tanpa menoleh.

“Ibu ambilkan gaun krem yang Ibu jahit ya?”

“Ibu mau pergi atau nggak sih? Atau aku ga usah ikut?” Tari mendelik.

Akhirnya terpaksa aku mengalah. Tari kemudian mendahuluiku berjalan, gayanya yang khas dengan gerakan kaki melebar dan tangan dimasukkan ke saku membuatku geleng-geleng kepala. Dari belakang, rambut cepaknya terlihat berminyak. Kapan terakhir anak ini keramas?

Kuikuti langkah gagah Tari dengan secuwil pedih di hati, terkadang berharap suamiku masih ada dengan kharismanya yang pasti bisa mencairkan kekerasan hati Tari.

**

“Kamu kenapa lagi, Tari?!” Kali ini emosiku tak mau dipendam dalam hati, unjuk rasa minta keluar.

Tari menunduk, tak peduli sekitar.

“Tari!!” Aku tak tahan untuk tidak membentaknya. Batas kesabaranku putus, enggan diregangkan lagi sampai maksimal.

“Aku ga salah! Anto duluan menghina Bapak! Memangnya salah kalau aku hajar mulut jahanamnya?!” Tari membanting majalah sebelum menghempaskan kencang pintu kamarnya.

“Tari!!” Aku membanting diriku di sofa bekas kami, tak kuasa menahan jebolnya air mata. Dalam sekian tahun terakhir, ini kali pertama air mataku keluar. Sebelumnya kupingit ia dalam antipatiku terhadap belas kasihan dari orang lain. Kini semua gambar berputar seolah mengejekku : Panggilan dari Kepala Sekolah Tari, mesin jahit sumber penghasilanku yang entah kenapa rusak parah, plus harga diriku yang diinjak oleh Tari.

Aku tak kuasa mulai tersedu, bahuku naik-turun dalam sengalan tangis. Bapak, ijinkanlah aku menyusulmu!

Tak kulihat Tari membuka pintu dan mengintip dari situ.

**

Dua minggu berlalu.

Kami sedang bersantap malam saat sesekali aku melirik Tari dengan kuatir. Tatapan yang langsung kubuang ke arah lain saat menangkap Tari memergokiku.

“Kenapa sih Bu?” akhirnya Tari tak tahan bertanya. Sama seperti belakangan ini, nadanya lembut, parasnya sabar, mata bulatnya tampak geli, tanpa terlintas sedikit pun ketidaksabaran ala Tari yang biasanya.

Aku hanya menggeleng sambil tersenyum. Apa dia tidak sadar, bahwa kelemahlembutan, kebaikan dan keanggunan sikapnya akhir-akhir ini membuatku jengah? Aku mungkin gila, tapi mengapa aku begitu merindukan Tari yang lama?

Kemudian Tari pamit, mencium tanganku. Ia berangkat dalam gaun krem cantik jahitanku, ke pesta kelulusan sekolahnya.

**

Malam jam sebelas, Tari pulang. Tanpa basa-basi, dilemparkannya sepucuk amplop putih padaku.

“Apa ini, Nak?” tanyaku heran.

Tari diam saja menatapku ogah-ogahan.

Perlahan aku buka amplop itu. Amplop bertuliskan “Pemenang Queen 2013″ dengan cap sekolah Tari di samping tulisan itu. Isinya berlembar-lembar uang seratus ribuan. Aku menatapnya dalam tanya tak terucap.

Dia menghentakkan kaki dengan marah dan frustrasi, seolah ketidakpahamanku adalah sebuah tabu.

“Kenapa sih Ibu diam kayak orang bodoh gitu?! Mesin jahit Ibu rusak kan?!”

Aku masih terhenyak.

“Jangan harap aku bisa berubah lagi ya! Kapok aku jadi Queen!” katanya dalam campuran kasar dan salah tingkah. Aku disambut bantingan pintu kamarnya.

Jumlah Kata : 447

Diikutsertakan Dalam tantangan #BeraniCerita untuk membuat flash fiction dengan tokoh utama berkarakter pemarah dan tomboy.

10 Responses to "[BeraniCerita #35] Pengorbanan Tari"

woooo anak durhaka iki😦

Sebenernya baik loh anaknya😀

udah karakternya ya..jdi walopun niat baik, tapi ttp sambil banting2 pintu..

wah… bagussss..😀

karakter Tari yg lumayan complicated terasa bgt nih mbak😉

Iya agak ga jelas gitu ya.. Aku aja bingung sendiri bikinnya hihihi..

Emg ada kok anak yg kayak Tari ini. Intinya di balik segala perangai keras, pasti ada juga lunaknya …

Nice story, Wa!😉

Iya.. luarnya jahat dalamnya baik😀 thanks Mas..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak 🐄🍴🍽 #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo 😂

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design Yg masak mau kawin tampaknya.. #bintanggading #pik #elanglaut #noodle #bakmi #pork #porknoodle #asinbangetyangdisini 😲😝😖😕 Tryin' this just now.. Agak kecewa.. rasanya flat banget dan ga ada wangi2nya.. istilah gw : rasanya cuma di lidah dan ga nyampe' ke hidung 😅

However teksturnya bener lembut dan agak basah, jadi gak seret kayak kue bolu.

Suggestion : mending rasa matcha-nya ketimbang original cheese cakenya. Rasanya lebih intense.

#fuwafuwa #cheesecake #pik #elanglaut #kue #cake #dessert #japan Kemasannya lutjuuu 😄 #samyang #samyangcheese #instantnoodle #korea #mieinstant #mujigae #pluitvillage #bulgogi #koreanfood #kimchi #chicken #dinner #food #instafood #tiramitsu ala my sister 
#cake #handmade #baileys #dessert Lunch batch 1, diikuti nasi padang #kalimantan #noodle #bakmi #pontianak -> supercool ❤😶😶😶❤ #tyrionlannister #tyrion #gameofthrones #georgerrmartin #series #lannister #biarceboltapikece Happy playin' with the new playmat and fence *for only 10-15' and then yellin' askin' to get out

All is rented via @gigel.id

#playmat #fence #cobyhaus #baby #aimee 🐳🐋🐬🐟🐠🐡 #sulawesi #megakuningan #seafood #parape #ricarica #dinner #squid #crab #soka #makassar 🐷🐖🐽 #babipanggang #pork #pig #food #brunch #asemka #gataunamatempatnya 😶😶😶 #halloween #latepost #gardin #bali  #green #greenery #traveling Coffee? No, please.. #gadoyan #inipunyasuami #coffee #seniman #senimancoffee #bali #ubud #cafehopping #wisatakulinerbali #wisatakuliner #traveling 🌙🌛🌜☁⭐ #selfie
#smile 
#goodnite
#seeyoundari May our path cross again in the future @alicia_tibob 
#farewell #sundari #alfalaval #hrd #teamwork 🐷🐖🐽 #porkbelly #pork #porkneverdies #bali #slipperystone #greek #food #instafood #travelling #dinner #cafehopping

Blog Stats

  • 404,271 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

November 2013
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: