Fanny Wiriaatmadja

If Only..

Posted on: November 4, 2013

Denis Djjj

Waktu melihat gambar di atas, respons pertama adalah diam. Kemudian merenungi kebenaran dan kemutlakannya. Kemudian merasa bersalah. Kemudian membulatkan tekad untuk berubah. Kemudian akan melaksanakannya dengan bersemangat di hari-hari pertama. Kemudian akan tersita sejuta kesibukan lain di hari berikutnya, dan melupakan komitmen di awal. Kemudian setahun yang akan datang, menyadari bahwa dirinya tetap berada di titik yang sama.

Aaah, semoga pola tersebut hanya bercokol di pikiran saya saja dan tidak terealisasi ya..

Makna gambar di atas sangat sederhana –bahkan tanpa kita membacanya pun, alam bawah sadar kita sadar bahwa itu adalah nature alias sifat dasar seorang manusia. Tapi saat saya membacanya, tohokan yang ditimbulkannya ternyata lumayan ‘nampol’ juga. Benar-benar hard-core reminder buat saya –yang memang bukan seorang yang ‘setia’ dan konsisten, untuk merealisasikan suatu komitmen.

Maka pikiran saya pun melanglang buana berkelana sesaat ke janji-janji manis terhadap diri sendiri di masa lalu, dan kini saatnya mengucapkan kalimat di gambar di atas.

“Kalau beberapa tahun lalu saya setia belajar Bahasa Mandarin, maka sekarang mungkin saya sudah bisa berkomunikasi cukup lancar dengan President Director saya –atau idola saya, Mr. Sim Choo Kay, direktur di perusahaan lama. Atau mengerti dengan mudah lagu-lagu Mandarin yang saya gemari..”

“Kalau saya setia terus menghafalkan satu kosa kata baru dalam Bahasa Inggris setiap harinya untuk menambah vocabulary list saya, sekarang mungkin saya sudah bisa lancar bikin puisi dalam Bahasa Inggris, dengan kata-kata sastra khas puisi..”

“Kalau saya sudah mulai nulis blog sejak bertahun-tahun lalu saat saya menyadari passion saya, mungkin sekarang jejaring saya dalam berblogger-ria sudah lebih luas, pengalaman saya lebih banyak dan cara nulis saya lebih terasah..”

“Seandainya saya menekadkan diri dengan bulat untuk tidak membaca buku saat berkendara atau pun dengan posisi tidur, minus mata saya mungkin ga sedalam sekarang..”

“Seandainya saya rajin menggosok dengkul saya sejak beberapa tahun lalu, pasti sekarang dengkul saya bakalan kinclong kayak pake SKII..”

“Seandainya saya memenuhi tekad saya untuk belajar tentang jenis-jenis mobil yang ada di jalan sampai saat ini, mungkin sekarang saya sudah bisa bikin orang kagum dengan mampu menyebutkan spek-nya hanya dengan mendengar jenis/type-nya saja..”

Dan (lagi) berjuta-juta andai yang lain, yang hanya bisa disesali sekarang karena baru menyadari kedigdayaan waktu dan putarannya yang begitu cepat tak terdeteksi. Tahu-tahu tahun demi tahun berlalu, dan at the end saya hanya bisa menatap ke belakang dan menikmati rasa sesal.

“Dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.” (Efesus 5:16-17)

“Sebab di mata-Mu seribu tahun sama seperti hari kemarin, apabila berlalu, atau seperti suatu giliran jaga di waktu malam. Engkau menghanyutkan manusia; mereka seperti mimpi, seperti rumput yang bertumbuh, di waktu pagi berkembang dan bertumbuh, di waktu petang lisut dan layu.” (Mazmur 90:4-6)

“Adapun manusia, hari-harinya seperti rumput, seperti bunga di padang demikianlah ia berbunga; apabila angin melintasinya, maka tidak ada lagi ia, dan tempatnya tidak mengenalnya lagi. Tetapi kasih setia TUHAN dari selama-lamanya sampai selama-lamanya atas orang-orang yang takut akan Dia, dan keadilan-Nya bagi anak cucu.” (Mazmur 103:15-17)

“Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.” (Mazmur 90:12)

Sekarang saya bisa menulis seperti ini sekaligus untuk renungan terhadap diri sendiri, tapi intinya adalah bagaimana selanjutnya saya bisa memanfaatkan setiap detik hidup saya supaya kalimat-kalimat “seandainya..” di atas tidak keluar lagi, melainkan tergantikan oleh.. “Saya bersyukur karena saya telah…” Sama seperti misalnya saya katakan bahwa saya bersyukur saya sudah mati-matian belajar gitar sejak saya SMU. Sekarang saya jadi menikmati manis dan nikmatnya mendengar merdu petikan gitar.

Mari-mari kita merenung dan merevisi apa yang masih bisa diperbaiki, selama resource berupa waktu itu masih DIA berikan buat kita.

Salam komitmen..

Leave a Reply

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak 🐄🍴🍽 #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo 😂

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design Yg masak mau kawin tampaknya.. #bintanggading #pik #elanglaut #noodle #bakmi #pork #porknoodle #asinbangetyangdisini 😲😝😖😕 Tryin' this just now.. Agak kecewa.. rasanya flat banget dan ga ada wangi2nya.. istilah gw : rasanya cuma di lidah dan ga nyampe' ke hidung 😅

However teksturnya bener lembut dan agak basah, jadi gak seret kayak kue bolu.

Suggestion : mending rasa matcha-nya ketimbang original cheese cakenya. Rasanya lebih intense.

#fuwafuwa #cheesecake #pik #elanglaut #kue #cake #dessert #japan Kemasannya lutjuuu 😄 #samyang #samyangcheese #instantnoodle #korea #mieinstant #mujigae #pluitvillage #bulgogi #koreanfood #kimchi #chicken #dinner #food #instafood #tiramitsu ala my sister 
#cake #handmade #baileys #dessert Lunch batch 1, diikuti nasi padang #kalimantan #noodle #bakmi #pontianak -> supercool ❤😶😶😶❤ #tyrionlannister #tyrion #gameofthrones #georgerrmartin #series #lannister #biarceboltapikece Happy playin' with the new playmat and fence *for only 10-15' and then yellin' askin' to get out

All is rented via @gigel.id

#playmat #fence #cobyhaus #baby #aimee 🐳🐋🐬🐟🐠🐡 #sulawesi #megakuningan #seafood #parape #ricarica #dinner #squid #crab #soka #makassar 🐷🐖🐽 #babipanggang #pork #pig #food #brunch #asemka #gataunamatempatnya 😶😶😶 #halloween #latepost #gardin #bali  #green #greenery #traveling Coffee? No, please.. #gadoyan #inipunyasuami #coffee #seniman #senimancoffee #bali #ubud #cafehopping #wisatakulinerbali #wisatakuliner #traveling 🌙🌛🌜☁⭐ #selfie
#smile 
#goodnite
#seeyoundari May our path cross again in the future @alicia_tibob 
#farewell #sundari #alfalaval #hrd #teamwork 🐷🐖🐽 #porkbelly #pork #porkneverdies #bali #slipperystone #greek #food #instafood #travelling #dinner #cafehopping

Blog Stats

  • 404,271 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

November 2013
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

