Fanny Wiriaatmadja

[BeraniCerita #34] Gulita Berujung Cahaya

Posted on: November 1, 2013

Diambil Dari Timur.Jakarta.go.id

Diambil Dari Timur.Jakarta.go.id

Becek, lembab dan pengap.. Berdesakan, aku dan Nguyanh merayap perlahan sepanjang lorong kecil itu. Kami bagai buta, walau kemudian harus mengakui kehebatan daya adaptasi mata ciptaan Yang Di Atas yang perlahan mulai bisa menangkap tekstur dinding geradakan yang mengepung kami.

Aku bisa merasakan basah yang meresap ke dada lewat lapisan baju tipis seragamku. Maklum dadaku bersentuhan langsung dengan intimnya ke tanah. Ketimbang terus menghela napas pasrah, kuputuskan untuk berhenti memikirkannya. Tetes air yang jatuh teratur dari dinding atas terus mengisi kesunyian tempat itu; bunyinya seakan bergema di relung otakku.

Kulirik ke sebelah. Walau tak bisa kupandang wajah Nguyanh dengan jelas, bisa kurasakan wajah pucatnya. Aku tahu klaustrophobia-nya kumat; ketakutan terhadap ruang tertutup.

“Sabar Bung,” bisikku. “Pasti ada jalan keluar,” kupaksakan kemantapan dalam nada suaraku, walau realitanya yang kurasa adalah sebaliknya.

Nguyanh tidak menjawab. Hanya kudengar berat desahan nafasnya yang sepatah-patah.

“Entah sampai kapan kita harus begini terus,” suara Nguyanh kemudian terdengar. Pahit. “Tanpa berita, tanpa kawan, hanya berdua. Setiap detik sepertinya musuh begitu dekat dengan kita.”

Sebelum bisa kujawab, mendadak sesuatu melesat cepat di sisiku, menyerempet lenganku yang kujadikan tumpuan saat merayap. Menjerit pelan aku, sebelum Nguyanh kemudian menyenggolku dan membentak, “Jangan berisik!! Kamu mau kita ketahuan?!”

Aku terdiam, nafasku tersengal cepat, berusaha menenangkan diri dalam kesadaran perlahan bahwa makhluk tersebut adalah seekor tikus. Oh Tuhan, kalau Nguyanh benci ruang tertutup, aku rekannya sangat benci pada makhluk got yang satu itu.

Kami meneruskan merayap perlahan lagi, menanti dalam ketidakpastian akan sebuah jalan keluar.

Setitik cahaya yang seperti fatamorgana bagiku kemudian terlihat. Kupicingkan mata dan kukerjapkan beberapa kali, sebelum akhirnya menyenggol Nguyanh dan berbisik, “Itu cahayakah?”

Nguyanh diam sejenak sebelum balas berbisik dengan segurat asa terlintas, “Y-ya.. Aku rasa begitu..”

Cepat kami merayap; akhirnya berani berharap bahwa itu sungguh cahaya tanda jalan keluar. Mendadak aku terpaku lagi melihat seekor tikus di pinggir. Kuasumsikan itu tikus yang tadi melewati kami. Cahaya yang sedikit menelusup memperlihatkan secarik kertas lecak yang sedang digerogotinya. Tikus itu seakan tahu kami menghampirinya, dan setelah mendecit pelan, melesatlah dia kabur ke arah datangnya, lagi-lagi menyerempetku. Aku memejamkan mata. Pasrah.

Nguyanh meraih kertas itu mendahuluiku sambil tertawa getir, “sepertinya ini lembaran koran pertama yang kita lihat dalam beberapa minggu ini.”

Sambil merayap, rupanya dia membaca sekilas selebaran itu. Kurasakan badannya menegang, hingga aku sontak menoleh dalam tanya.

“Bung,” katanya perlahan. Disodorkannya lembaran itu padaku, dan kulihat tulisannya. Hanya satu kalimat besar yang terbaca.

“Musuh Berhasil Diusir Habis.”

Kucari tanggal koran itu dengan panik, dan kutemukan tanggalnya. Kalau aku tidak salah, seharusnya itu tanggal minggu lalu.

Mengalirlah air mata di pipiku. Lancar, tanpa halangan. Kulihat pipi Nguyanh juga basah.

Sudah berakhir, Bung,” desisnya lirih. “Merdeka..” Ada haru di situ. Ah, ingin kupeluk tikus tadi.

Mendadak sebuah desingan terdengar, dan sepersekian detik kemudian semuanya meledak. Yang bisa aku tangkap hanyalah cahaya. Bukan setitik cahaya di lubang keluar tadi. Ini cahaya yang terang, sangat terang.

Kemudian gelap.

Benar, sudah berakhir.

***

Koran tertanggal hari ini : Diduga masih menjadi tempat persembunyian sisa-sisa prajurit musuh, gorong-gorong di selatan diledakkan atas instruksi Perdana Menteri.

————————————————————————————–

Total Kata : 500

Dibuat untuk memenuhi tantangan BeraniCerita untuk membuat sebuah FlashFiction dengan setting gorong-gorong.

15 Responses to "[BeraniCerita #34] Gulita Berujung Cahaya"

Setting-nya di Vietnam, Fan?

Ahaha aku juga gatau sih Mas.. Bingung nyari setting negara yang cocok dengan cerita.. Akhirnya bikin nama ngasal deh, yang penting ga berbau Indonesia gitu😀

cepet banget dapat idenya😀

Idenya cepet tapi akibatnya twistnya melempem ha3..

Betul, hambar banget mbak ^^. It’s ok. Cari ide lain lagi

Hi3 iya.. thank you Ikaa🙂

pejuang toh?

Iya, macam pejuang gerilya kemerdekaan ha3..

jadi mereka berdua sembunyi dri para tentara atau gimana..???

Iya sembunyi dr musuh.. gerilya gt ha3..

oh iya..theme yg ini lebih asyik…hehe..

cc to Ika : Weekend ini tahu-tahu mendapat sentilan ide.. Jadi ceritanya aku revisi😀 *nakal..

waaah, bagus juga menurutku, salam kenal ^^

Thank you Farah.. Salam kenal juga yaa😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,697 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Refreshing morning view
.
#view
#morning
#bandung
#mercure
#nature
#familyholiday I must get it!!
.
#aimee
#minnie
#baby
#mercure
#bandung
#holiday
#family Christmas is everywhere 🌲
.
.
#christmas #christmastree #bandung #bandungtrip #aimee #transluxuryhotel #instatravel #instababy FAMILY 👦👧👨👩👴👵👶👱
.
.
#family #bandung #bandungtrip #transluxuryhotel #familyportrait Tempatnya loetjoe. That's it.
.
.
#dinner #bandung #missbeeprovidore #chicken #instafood #food Aimee and Koko Kael at the kids club

#aimee #baby #kidsclub #transluxuryhotel #bandung #holiday #family #kids Swimming!! 🏊🏊🏊
.
.
#aimee #baby #swimming #bandung #bandungtrip #holiday #family #transluxuryhotel Get ready for Aimee 1st traveling experience. We tried the easy one first, Bandung :) #aimee #baby #traveling #jalan2 #longweekend #bandung #family <<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplustehpajakdll70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi 😑😑😑😑😑😑😑😑😑 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah 🎂

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❤👪❤ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue 😗

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan 📷 : @lieta73 😀 Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake 🎂 by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? 😀

#aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella

Blog Stats

  • 405,732 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

November 2013
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: