Fanny Wiriaatmadja

Dan Brown – Inferno

Posted on: October 28, 2013

dbinferno

Inferno – yang artinya Neraka.. Akhirnya, buku terbaru Dan Brown setelah sekian tahun keluar juga.. Anyway buku Dan Brown adalah a-must-read buat saya, dan karya-karyanya adalah satu-satunya buku yang bisa membuat saya stay baca terus tanpa ngantuk sedikitpun, menandingi Harry Potter. Saya inget baca buku Harry Potter edisi terakhir non-stop 1,5 hari, hanya kepotong makan, mandi dan tidur, jaman kuliah dulu. Inferno karya Dan Brown ini ga seintens itu, karena kepotong jam kerja di kantor dan kadang pulang ud teler. So kira-kira saya selesein Inferno dalam 4x baca, dalam jangka waktu 1,5 minggu. Itu pun kepotong liburan ke Penang.

So, Inferno masih bertokoh utama Profesor Robert Langdon yang memesona itu, dan kali ini petualangannya adalah memecahkan kode yang tersembunyi dalam masterpiece Dante (Dante adalah seniman Italia yang tersohor, yang terkenal dengan karyanya Divine Comedy, menceritakan tentang perjalanannya turun ke seluruh lapisan neraka untuk kemudian mengalami penebusan dan masuk ke Surga) untuk mencegah penyebaran virus mematikan yang dibuat oleh seorang jenius yang fanatik akan Dante.

Tema cerita kali ini lebih berkisar ke health/biology, dimana diceritakan bahwa si penjahat memperkirakan dengan pertumbuhan populasi umat manusia yang tak terbendung dan tak terkontrol, dalam hitungan puluhan tahun, dunia akan kiamat terkait dengan keterbatasan sumber daya yang ada. Itu sebabnya si penjahat merancang satu virus yang bertujuan ‘mematikan’ umat manusia, untuk mencegah pertumbuhan populasi berlebihan.

Si Penjahat juga me-refer ke Wabah Hitam yang pernah terjadi di daratan Eropa jaman abad pertengahan, dimana sepertiga populasi dunia (katanya) mati karena suatu wabah/virus mematikan, dan katanya setelah peristiwa itu, justru dunia menjadi lebih ‘makmur’ karena populasi menjadi lebih balance dan hal ini justru berakibat positif mendorong terciptanya jaman renaissance. So intinya mari mematikan/mengorbankan sebagian untuk mencapai kebahagiaan bagi kepentingan orang banyak.

Sebenernya ceritanya jauh lebih rumit daripada yang saya tulis di atas, tapi daripada spoiler sana-sini, mendingan saya rangkum saja seperti tadi.

Kali ini Robert Langdon ditemani oleh (seperti biasa) seorang dokter wanita muda bernama Siena Brooks yang diceritakan super cantik dan jenius, dan lembaga yang biasanya selalu terkait dalam kisah Dan Brown kali ini adalah WHO (World Health Organization).

Nah, yang saya temukan dalam buku ini setelah selesai membacanya, kira-kira seperti ini :

  1. Terakhir saya baca tentang Dante adalah waktu melahap novel Hannibal, dan sekarang seneng banget ketemu pembahasan tentang Dante lagi, sampai saya google tentang orang ini. Pembahasan di Inferno tentang Dante tentu saja lebih dalam, karena memang keseluruhan cerita terinspirasi oleh karya Dante. Menarik banget mempelajari syair dan cerita perjalanan Dante, belum lagi begitu banyak lukisan dan karya seni lain yang terinspirasi dari perjalanan ke nerakanya Dante, belum lagi kisah cintanya, ditambah berbagai kode rahasia tersembunyi di mural-muralnya. Saya juga jadi tahu maksud kata ‘comedy’ di judul Divine Comedy-nya Dante, dimana kata comedy bukan merujuk pada suatu lelucon/joke, tapi lebih ke bahasa yang digunakan, dimana dulu comedy merujuk pada hasil karya yang menggunakan bahasa sederhana/rakyat jelata.
  2. Selain karya Dante, tentu ada banyak hal (seperti khas karyanya Dan Brown) yang saya baru tahu/saya pelajari lewat buku ini. Pengetahuan seperti kata karantina yang artinya 40 hari dalam bahasa latin, yang merujuk pada 40 hari waktu kapal harus didiamkan dulu sebelum boleh memasuki pelabuhan Venesia di jaman Wabah Hitam, untuk mencegah penyakit masuk ke Venesia. Atau arsitektur masjid di Turki yang katanya merupakan ide untuk pembuatan kastil Disney. Atau arsitektur gondola di Venesia yang lambung/lantai bawahnya memang sengaja dibuat tidak rata/tidak balance untuk justru menyeimbangkan sisi kiri dan kanan dimana salah satu sisi beratnya akan berbeda karena akan ada si pendayung, dan masih banyak lagi. Baca karya Dan Brown selalu nambah wawasan kita akan hal-hal kecil yang ga pernah kita ketahui/sadari. Menarik banget!
  3. Masih terkait ‘pengetahuan’, seneng banget (lagi) karena ada setting di Turki, yang notabene pernah saya kunjungin. So di sini kita bakal diajak menyusuri sekilas tentang Blue Mosque, Topkapi Palace, dan lebih dalam lagi Haga Sofia. Ih saya baru tahu malahan bahwa Haga Sofia itu ternyata terletak di atas air. Hihihi jangan-jangan dulu pemandu wisata saya pernah kasitau, cuma sayanya aja yang ga dengerin karena sibuk foto-foto. Ih pokoknya jadi bikin pengen balik lagi untuk ngeliat ulang semua yang pernah disebut di buku Dan Brown ini,
  4. Secara penokohan, Brown juga konsisten banget menceritakan karakter Siena Brooks sebagai seorang yang cenderung licik. Dalam banyak scene, Brown menceritakan Siena sebagai pencetus berbagai ide untuk mengalihkan perhatian lawan; secara implisit menyiratkan karakter penipu dalam diri Siena.
  5. Kalau secara tema sendiri, menurut saya buku kali ini lebih ‘ringan’ dibanding buku-buku sebelumnya yang lebih ‘njlimet’ seperti Da Vinci Code atau Digital Fortress. Temanya yang membumi dan sangat universal bikin novel ini lebih gampang dicerna, termasuk dari sisi karya seni Dante-nya pun kode-kode tersembunyinya ga terlalu complicated seperti sebelumnya.
  6. Banyak hal-hal yang modern diselipkan di sini, seperti fitur-fitur dalam Iphone, karakter James Bond, dll. So Langdon memang ga membuat satu cerita yang ‘aman’ dari sisi jaman/era, tapi membiarkan relevansi era pembuatan buku itu dengan era jaman sekarang tersirat dengan jelas.
  7. Secara ending, saya kurang suka karena penyelesaiannya agak ngambang dan bertele-tele, dan lagi-lagi diulang-ulang terus penjelasan yang sebenarnya sudah sangat eksplisit diungkapkan di sepanjang buku ini, misal tentang motif si penjahat, tentang konsep overpopulasi, dll. Mungkin maksudnya memang pengen membuat pembaca jelas sejelas-jelasnya sih, tapi buat saya jadi sedikit over-explanation. Tapi ini bener-bener hanya minor finding menurut saya, karena tetep aja dari awal ceritanya cukup bagus. Khas karya Langdon, dimana seolah sebagian demi sebagian puzzle tersusun sedikit demi sedikit sampai kita akhirnya bisa melihat rangkaian peristiwa keseluruhannya.
  8. Secara twist, ada twist yang cukup mengejutkan mengenai satu karakter, sampai saya lumayan kaget dan surprise, dan sampai balik-balik lagi halaman bukunya ke part sebelumnya untuk ngecek. Wow beneran ga keduga. Tapi twist besarnya secara keseluruhan kalau menurut saya agak sedikit maksa sih, tapi tetep keren kok..

 

Waktu selesai membaca buku ini, seperti biasa rasanya something’s missing banget. Seperti kehilangan satu sahabat setia yang selama beberapa hari udah nemenin. Semoga next masterpiece dari Brown cepet keluar lagi..

Score : 8

20 Responses to "Dan Brown – Inferno"

waah…makasih reviewnya mba, udh lama gak baca novelnya Dan Brown

Sama2.. Harus baca nih, bagus😀

Haha..mantap!! Gue punya bajunya, loh..ntar aku fotoin deh..INFERNO..

Hoaaa mau liaaat.. pasti keren..😀

Oke…ntar kufoto dulu mbak.he

Sama yang The Lost Symbol bagusan mana, Fan?

Aku agak lupa Mas, kalo yang Inferno ini agak simple sih, Lost Symbol seingetku lebih complicated..
Abis ini mau baca2 ulang lagi karya Dan Brown buat refresh😀

Aku baca yang The Lost Symbol berhenti di tengah jalan karena gak gripping seperti yang sebelum-sebelumnya. Mudah-mudahan Inferno lebih bagus.

Oooo.. aku jadi penasaran pingin baca ulang Lost Symbol.. Waktu itu yang aku juga suka Digital Fortress sih, karena IT banget gitu ceritanya😀

Karena gak menarik buat aku, sampai-sampai aku lupa kalau aku sudah pernah beli dan baca The Lost Symbol meskipun gak tuntas, akibatnya aku beli lagi deh. Begitu lagi mau baca baru lihat kalau di meja samping tempat tidur ada buku yang sama yang gak tuntas dibaca 😦

Hoaaa sayang banget Mas.. Ahahaha aku jadi ketawa2 sendiri bacanya.. Anyway aku masih mau nampung kok bukunya wkwkwk..

Beneran mau, Fan? Kalau iya aku kirim nih. E-mail aja ke aku alamat lengkap Fanny.

Hoaaa terima kasih, tapi gpp deh Mas, nanti merepotkan😀

reviewmu ini membuat aku jadi pengen baca. padahal aku gak hobi baca buku lho😀

Oh ya? Hahah jarang-jarang ketemu orang ngeblog tapi ga hobi baca😀
Baca loh, lumayan bagus😀

justru sejak hobi baca blognya orang, aku jadi meninggalkan hobi membaca buku, hehehe. iya deh. ntar aku baca😀

Oooo ic, ic.. haha jadi lebih enak dan nyaman baca blog ya😀
Aku malah masih lebih nyaman baca buku nih hihih..
Sipp, selamat membaca😀

Waaa ternyata udah di review -.-‘

Ahahaha iya udah.. Ini juga lumayan nih.. Udah baca ya?

Iya. Yg UK version ^.^

Leave a Reply

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak 🐄🍴🍽 #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo 😂

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design Yg masak mau kawin tampaknya.. #bintanggading #pik #elanglaut #noodle #bakmi #pork #porknoodle #asinbangetyangdisini 😲😝😖😕 Tryin' this just now.. Agak kecewa.. rasanya flat banget dan ga ada wangi2nya.. istilah gw : rasanya cuma di lidah dan ga nyampe' ke hidung 😅

However teksturnya bener lembut dan agak basah, jadi gak seret kayak kue bolu.

Suggestion : mending rasa matcha-nya ketimbang original cheese cakenya. Rasanya lebih intense.

#fuwafuwa #cheesecake #pik #elanglaut #kue #cake #dessert #japan Kemasannya lutjuuu 😄 #samyang #samyangcheese #instantnoodle #korea #mieinstant #mujigae #pluitvillage #bulgogi #koreanfood #kimchi #chicken #dinner #food #instafood #tiramitsu ala my sister 
#cake #handmade #baileys #dessert Lunch batch 1, diikuti nasi padang #kalimantan #noodle #bakmi #pontianak -> supercool ❤😶😶😶❤ #tyrionlannister #tyrion #gameofthrones #georgerrmartin #series #lannister #biarceboltapikece Happy playin' with the new playmat and fence *for only 10-15' and then yellin' askin' to get out

All is rented via @gigel.id

#playmat #fence #cobyhaus #baby #aimee 🐳🐋🐬🐟🐠🐡 #sulawesi #megakuningan #seafood #parape #ricarica #dinner #squid #crab #soka #makassar 🐷🐖🐽 #babipanggang #pork #pig #food #brunch #asemka #gataunamatempatnya 😶😶😶 #halloween #latepost #gardin #bali  #green #greenery #traveling Coffee? No, please.. #gadoyan #inipunyasuami #coffee #seniman #senimancoffee #bali #ubud #cafehopping #wisatakulinerbali #wisatakuliner #traveling 🌙🌛🌜☁⭐ #selfie
#smile 
#goodnite
#seeyoundari May our path cross again in the future @alicia_tibob 
#farewell #sundari #alfalaval #hrd #teamwork 🐷🐖🐽 #porkbelly #pork #porkneverdies #bali #slipperystone #greek #food #instafood #travelling #dinner #cafehopping

Blog Stats

  • 404,271 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

October 2013
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

