Fanny Wiriaatmadja

[BeraniCerita #33] Berebut Warisan

Posted on: October 28, 2013

Cerita ini memenangkan tantangan BeraniCerita #33

“Sudah aku lakukan..” Uni menghampiriku dengan raut muka tegang, “SI Mumu sudah kulepas, dan sangkarnya sudah kulempar ke sungai sana..”

Aku terbangun dari dudukku dengan ekspresi tegang yang sama, yang tak sanggup kutanggung dalam posisi duduk diam. Aku mulai melangkah bolak-balik dengan gelisah, berharap yang kami lakukan semuanya berbuah lancar. Semua demi kebaikan dan masa depan kami, batinku menenangkan diri.

Abah masih terbaring di dipan depan, tempat favoritnya untuk menyongsong ajal, katanya. Kata dokter, usianya hanya tinggal hitungan hari, hanya sejauh kekuatan helaan napasnya saja. Ini sudah hari keenam.

Bukannya kami tidak prihatin juga, tapi memang aku dan Uni, kedua anak kandung Abah, tidak dekat dengannya. Abah punya watak aneh dan cenderung eksentrik, nyaris gila, kata orang-orang termasuk tetangga dekat. Sahabat dekatnya sejak Emak meninggal hanyalah burung yang tak tahu jenisnya apa, yang dibawanya dari pelosok kota di ujung sana. Burung berwarna aneh dengan bentuk paruh tak terdefinisi dan suara yang melengking tinggi mengganggu telinga bernama Mumu, plus sangkar yang hitam kusam dengan jeruji berpermukaan seperti terlapis cat mengelupas.

Dan kini di akhir hidupnya, selentingan tetangga bahwa Abah akan mewariskan seluruh hartanya pada burung kesayangannya itu – Si Mumu – merisaukan kami. Kami cukup kenal Abah untuk tahu kegilaannya, dan semua gosip yang santer tedengar itu buat kami sangat masuk akal.

Maka setelah berhari-hari, aku dan Uni memutuskan untuk melepas burung itu, jauh dari hidup kami, dengan sedikit harapan bahwa Abah akan berubah pikiran terkait warisannya. Biarpun warisan yang jatuh ke binatang sangat tidak masuk akal, paling tidak kami ingin semua tetek bengek warisan ini serba mulus dan tanpa halangan. Kami berharap ketiadaan si Mumu akan membuat mata Abah terbuka, bahwa dalam hidupnya masih ada kami kedua anaknya, yang pastinya lebih membutuhkan warisan dan harta Abah – yang biarpun tidak banyak, pasti akan sangat menolong hidup kami yang pas-pasan. Rumah tempat tinggal kami hanya kontrakan, tapi pasti Abah punya harta lain untuk ditinggalkan.

2 hari kemudian, Abah wafat. Kami tidak yakin, apakah dia tahu si Mumu ‘kabur’atau tidak, di akhir kesadarannya yang setengah ada, setengah tidak ada.

Pak Lurah, yang berprofesi sebagai pengacara dalam hal kematian penduduk seperti ini, sore itu mengundangku dan Uni duduk, menyampaikan surat warisan dari Abah. Hal yang sudah kami nanti-nanti.

“Sepertinya kalian akan senang,” kata Pak Lurah. Aku dan Uni tertegun dag-dig-dug.

“Maksudnya.. Apakah.. Warisannya tidak jatuh ke tangan si Mumu?” Uni lirih berkata, nyaris kehilangan kekuatan dalam suaranya.

Pak Lurah menggeleng.

“Tidak, tidak.. Justru Abah mewariskan si Mumu untuk kalian. Burung itu dibeli Abah di kota Songkota sana, di pedagang gelap yang menjual binatang langka. Harganya mahal sekali, dan Abah kalian membelinya untuk melampiaskan kerinduannya pada Emak kalian. Kata Abah, warna bulu burung itu mengingatkannya pada kebaya yang dipakai Emak kalian saat mereka menikah.. Sangkarnya sendiri ada lapisan emasnya, tapi memang sengaja ditutupi supaya tidak menarik perhatian. Abah kalian sangat sayang pada kalian, seluruh hartanya habis dibelikan burung dan sangkar itu.. Kini diwariskannya Mumu dan sangkarnya pada kalian..”

Total Kata : 483

Cerita ini dibuat untuk memenuhi tantangan BeraniCerita untuk membuat FlashFiction dengan menggunakan sangkar burung sebagai pemicu cerita

Advertisements

26 Responses to "[BeraniCerita #33] Berebut Warisan"

waduuuuh…ini mah tragis, kehilangan harta warisan yg sangat berharga..

oh ya mba..itu kayaknya background balonnya agak mengganggu..ada bacaan yg ketutup..

Haha iya tragis yak..
Oh kalo’ di tempatku balonnya ga mengganggu, coba nanti aku cek lagi ya 😀 Thankyouu *hug..

Yahhh mumunya udah di buang, terus gimana donkk,…

Hihih iya nih, pasrah aja deh 😀

Bikin lagi mba, bagus cerpennya 😀

Hihihi bikin cuma karena ada kompetisi doang *payah ni 😀
makasih Bee 😀

bagus ini fan 🙂

Aku malah ngerasa terlalu dibuat2 ending ceritanya T_T
Lagi ga ada ide haha.. Anyway makasih 😀

eh bagus kok! endingnya justru gong nya banget. unpredictable lho 😀

Oh ya? *bingung sendiri ahahaha.. anyway thank you 😀

Terlalu berburuk sangka jadinya rugi sendiri ya Fan

Yoa.. *prihatin.. T_T

Yah! Gagal deh dapet! Hiks ;-(

Hihihhi.. Iya anak nakal 😀

Endingnya sedih. Kehilangan semua

Iya.. tragis yak, hehe..

aku suka kok yang ini, cuma emang kurang soft sih.

Iya Lung yang ini agak ‘kasar’ ya dan menurutku malah terlalu ketebak dan agak dipaksakan..

yaaaaah……. 😦

saya suka.. endingnya ga ketebak dan menyentil ^^

Thank you Umi.. aku malah ga terlalu puas sama endingnya T_T

haa bisa banget nulis kayak gini… keren endingnya. ilang semua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,714 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Touching the sun 🌝☉🌞
.
#belitung
#beach
#sun
#sunset
#reflection
#view Konon, mie paling enak se-Belitung
.
#beneranenak
#makanduamangkok
#mieachoi
#yamien
#belitung
#bakmi
#noodle
#tanjungpandan
#intafood
#food Back to routine 😣
.
#sigh
#bubyeholiday
#bye
#ngantorlagi
#imisstraveling
#whatsnext
#holidayisover
#tega Kartini Day 21 Apr 2017 👧👩
.
#kartiniday
#alfalaval
#kebaya
#traditionalcostume
#alfalaval
#alfalavalindonesia
#celebration
#latepost Indomie sambal matah. New favorite selain rasa rendang dan sambal rica
.
#indomie
#sambalmatah
#indomieseleraku
#indomiegoreng
#indofood
#noodle
#instantnoodle
#indonesiainstantnoodle Dijual. Minat DM yah
.
#hardlense
#bauschandlomb 
#jualbauschandlomb 
#jualboston
#boston
#bostonadvanceformula
#bostoncleanser
#semipermeablegas
#contactlense
#jualobathardlense
#conditioning
#conditioningsolution -> Sekilas isi Museum Kata. Tiket masuk IDT 50k, dapet 1 buku saku Laskar Pelangi.
.
Buat gw personal, Laskar Pelangi adalah buku Indonesia terbagus yang pernah gw baca. Kalo' mau lebay bisa dibilang buku ini bikin gw meriang gegara campuran rasa kagum dan ngiri sama penulisnya, Andrea Hirata. Asli loh kok bisa ya dia nulis dengan begitu indah, lucu, puitis, dalam, sarat makna, menyentuh, taburan diksi keren di sana-sini, dll. Sastra iya, fiksi iya.. Amazing banget d.
.
Buat yang suka baca and belum pernah nyentuh buku ini, monggo coba dibaca. Semoga kalian merasakan daya magnet halaman demi halaman buku ini seperti yang pernah gw rasa.
.
#laskarpelangi
#museumkata
#andreahirata
#rainbowtroop
#belitung
#literature
#novel
#indonesia Anak nyebelin sekaligus gemesin 😂😂 kepo, cerewet, hiperaktif, polos bin o'on ❤
.
#jamie
#nephew
#family
#kids Amit-amit bagusnya. Kebangetan. Parah. @bonadinosaurus you'll regret it 😣😣
.
#museumkata
#laskarpelangi 
#andreahirata 
#belitung
#aksara Akhirnya nyampe ke SD ini.. SD yang sangat historical dan inspiratif. Aku padamu, Andrea Hirata ❤
.
#andreahirata
#laskarpelangi 
#SDmanggar
#manggar
#belitung
#traveling 
#holiday
#bestsellerbook Rumah Ahok 😀 gede banget!
.
#sayanggabisamasuk
#pengenterobos
#ahok
#rumahahok
#belitung
#governor
#jakartagovernor
#manofdecades Pingin unyeng2 🤗🤗
.
#aimee
#linevideocall
#baby
#instababy Happy bday Mum!!
.
#bday
#mum
#babel
#bangka
#belitung
#holiday
#traveling Simply heaven..
.
#belitung
#beach
#wonderfulindonesia 
#traveling
#holiday
#nature
#panoramic
#view
#sea
#indonesia
@beautifuldestinations -> masbro. Jomblo. 31 yo. Monggo di-scroll. @emonwiriaatmadja
.
#brother
#jomblo
#lelaki
#adventurer Gradasi 🕶
.
#gradasi
#beach
#belitung
#view
#sea
#color
#turquoise
#shadesofblue
@gramoftheday Serba-serbi resta-resto
.
#restaurant
#interior
#advertisement
#belitung Felt so cool with this safety vest lol..
.
#onduty
#belitung
#wonderfulindonesia 
#beach
#islandhopping
#traveling 
#holiday Too much beauty in one day! @beautifuldestinations
.
#belitung
#beach
#vitaminsea 
#traveling 
#holiday
#wonderfulindonesia -> so that I can always remember how beautiful this Danau Kaolin is..
.
#danaukaolin 
#view
#panoramic
#belitung
#nature
#wonderfulindonesia

Blog Stats

  • 433,147 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

October 2013
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

Pemintal rindu yang handal pemendam rasa yang payah

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: