Fanny Wiriaatmadja

Movie Review Oct 2013 (2)

Posted on: October 23, 2013

The Butler

 untitledasasasasa

Another real-story movie nih.. Lagi banyak sepertinya film tentang kisah nyata, mulai dari Rush, Captain Phillips dan sekarang The Butler. Dan sebagai pecinta sejarah, tentu saja film ini adalah a-must-watch-movie, apalagi cast-nya semuanya jaminan mutu mulai dari Forest Whitaker, Oprah Winfrey, Robin Williams, Mariah Carey, Lenny Kravitz, John Cussack, Cuba Gooding Jr. dan masih banyak lagi.

Ceritanya, sesuai judulnya, adalah tentang kisah hidup seorang kepala pelayan di White House, Cecil Gaines, selama 8 masa pemerintahan Presiden Amrik yang berbeda. Wow..

Lahir dari keluarga kulit hitam, Cecil kecil harus ngeliat sendiri ayahnya ditembak mati di depan matanya, oleh sang pemilik perkebunan kapas tempat keluarganya bekerja yang notabene adalah seorang kulit putih. Ibunya pun jadi gila setelah peristiwa itu, dan sejak itu Cecil kecil diasuh oleh keluarga si kulit putih (sepertinya sebagai ‘permintaan maaf’ dan disebabkan oleh rasa kasihan) dan dididik sebagai pelayan. Cecil kecil pun belajar menjadi seorang pelayan yang profesional, mulai dari cara bicara, ideologi dimana seorang pelayan tidak boleh membocorkan rahasia/percakapan yang didengarnya, bagaimana mereka ga boleh merespons diskusi/pembicaraan apapun dan harus menjawab dengan netral, bagaimana mereka harus berpose dan berjalan sedemikian rupa sehingga seolah keberadaan mereka tidak terasa oleh majikan/tuannya, dan masih banyak lagi.

Setelah itu Cecil kecil yang tumbuh dewasa pun merantau dan secara kebetulan bekerja sebagai pelayan di sebuah hotel, sebelum kemudian pindah ke Excelsior Hotel yang supermewah di Washington DC atas promosi dari atasannya. Performancenya yang sangat baik di situ membuatnya ditarik oleh kepala rumah tangga di White House, dan dimulailah kehidupan barunya di lingkup dunia kepresidenan USA.

Film ini bukan sekedar menceritakan tentang karir kepelayanan Cecil, tapi lebih ke perjuangannya dan keluarganya dalam menghadapi perlakuan masyarakat terhadap kaum mereka yang minoritas, kaum kulit hitam. 8 masa pemerintahan Presiden USA menceritakan berbagai naik-turun upaya pembelaan terhadap kaum hitam. Perjuangan anak sulung Cecil yang menjadi partisipan dan pelopor berbagai gerakan pembelaan kaum hitam pun diceritakan dengan sangat gamblang; berkali-kali Louis, anaknya itu, dipenjara dan nyaris mati menghadapi kaum kulit putih yang mengincar mereka, sampai mengalami putus hubungan dengan Cecil yang punya prinsip berbeda dan lebih memilih cara damai daripada aksi kekerasan seperti yang dilakukan anaknya. Terakhir dikisahkan Louis meniti karir di dunia politik dan di ending film dikisahkan mereka berbaikan kembali.

Yang menarik dari film ini :

1. Kisah berbagai karakter dari Presiden Amrik, mulai dari Kennedy muda yang pertama kali membela kaum kulit hitam, dan membuat Cecil sangat kehilangan pasca penembakan Kennedy; Nixon yang menurut saya berusaha ‘membeli’ suara kulit hitam dengan berbagai janji manisnya; Reagan yang malah mengeluarkan kebijakan yang sangat rasis terkait apharteid di Afrika Selatan dan menyudutkan kaum kulit hitam (di masa pemerintahan Reagan lah Cecil akhirnya mengundurkan diri), dan masih banyak lagi. Semua kisahnya sangat menarik, dan berbagai karakter yang berbeda dari sang presiden diperlihatkan dengan cukup jeli di sini; ada presiden yang lembut saat bicara, ada yang berapi-api, ada istri presiden yang sangat dominan, dan masih banyak lagi. Semua seperti mempelajari ulang sejarah Amerika. Berbagai fakta tentang para presiden pun dijabarkan dengan cukup detail di sini, mulai dari koleksi sepatu Jackie Kennedy dan bagaimana beliau tidak mau mengganti gaunnya yang berlumuran darah setelah memangku Kennedy yang sekarat di detik-detik terakhir hidupnya untuk memperlihatkan pada publik, “apa yang telah kalian lakukan pada suamiku”, sosok presiden yang sedang pup, dan masih banyak lagi; semua fakta memperlihatkan betapa ‘dekat’ posisi Cecil sebagai seorang kepala pelayan dengan kehidupan pribadi Sang Presiden. Very interesting.. Anyway itu yang main tokoh Reagan si Snape di Harry Potter bukan? Hihihi..

2. Akting Oprah yang sangat natural. I just love how she acts as an ordinary mother. Saat kehilangan anaknya, saat mengalami krisis pernikahan dengan suaminya, dan masih banyak lagi. She’ll be a great actress!

3. Scene yang menarik juga tentang kehidupan pernikahan Cecil dan istrinya; bagaimana istrinya bisa menjunjung tinggi komitmen dan sumpah pernikahan mereka dengan menolak godaan seorang pria even di saat-saat dimana dia sangat kesepian saat ditinggal terus-menerus oleh Cecil yang harus stand by di White House; bagaimana sampai masa tua mereka masih saling menjaga dan mencintai, termasuk pada detik terakhir kematian istri Cecil.. This is a very romantic movie, that might inspire you regarding your marriage, for sure..

4. Perubahan Cecil dari awal masuk ke White House sampai ke akhir karirnya juga menurut saya cukup bagus dan smooth. Cecil muda dijabarkan sebagai seorang yang rendah hati, berusaha ramah ke semua orang serta polos, sementara di akhir kita bisa merasakan sedikit arogansi dari seorang Cecil, keberaniannya, sikap tegasnya terhadap atasannya dan bahkan sikap dinginnya terhadap Sang Presiden. Sangat alamiah!

5. Terkait dengan nilai historinya, jadi berasa banget gimana beratnya perjuangan mereka kaum kulit hitam di era Martin Luther King. Sepertinya semua yang Lincoln pernah lakukan jadi sia-sia. Terakhir saat film mengisahkan tentang pemilihan Obama dan mengisahkan tentang pidato kemenangannya, spirit demokrasi dan kesatuannya berasa banget, benar-benar puncak keberhasilan perjuangan dan sebuah kemenangan untuk mereka kaum kulit berwarna.. Semua kisah tentang perjuangan mereka juga jadi bikin kita sedikit mikir dan ngerasa bersyukur banget karena kita hidup di jaman yang berbeda, yang bisa dibilang rasismenya ga seekstrim jaman dulu.. be thankful always..

Overall filmnya sendiri menurut saya lumayan bagus, walaupun buat beberapa orang (terutama yang ga terlalu suka sejarah), filmnya pasti akan sedikit membosankan. Yah, kelas berat deh filmnya😀

Score : 8

Escape Plan

imagesCAGE6UP2

Saya nonton film ini di Penang, so jujur ga gitu ngerti karena teksnya juga Melayu dan Mandarin, dan Inggris pas-pasan juga sehingga ga bisa denger dengan baik :p

Idenya sih jelas keren banget, tentang Stallone (nama tokohnya Ray Breslin tapi enakkan nyebutnya Stallone aja) yang ahli meloloskan diri dari penjara, dan memang berprofesi seperti itu. Selama hari-hari tugasnya di penjara, dia akan mengawasi tentang semua hal yang terkait dengan penjagaan dan sistem, untuk menemukan kelemahan penjara tersebut. Keren deh..

Terakhir Stallone di-hire untuk ‘jajalin’ satu penjara baru yang sifatnya very confidential, sampe team-nya aja ga boleh tahu lokasi penjara ini.

Sampe di penjara yang dimaksud, entah kenapa semua rencana yang sudah disepakati berubah total semua, dan sadarlah Stallone bahwa dia telah dijebak. Sekarang asli beneran dia harus berjuang untuk meloloskan diri dari penjara ini, dan menemukan siapa yang menjebaknya.

Dalam penjara, rekan sesama napi yakni Arnold mencoba mendekati dia, dan akhirnya mereka jadi sahabat sejoli, saling bertukar rahasia dan saling membantu untuk meloloskan diri. Mereka juga berusaha membentuk aliansi dengan beberapa napi lain, dan berkomplot untuk menghadapi sipir penjara yang bak robot dan si penjaga utama. Stallone pun mulai mempelajari tentang pola pergantian jaga para sipir, tingkah laku mereka, infratruktur penjara, dll. Hal pertama yang perlu diketahui adalah di mana sebenarnya mereka berada, dan alangkah terkejutnya mereka semua mengetahui lokasi penjara itu yang sangat di luar akal sehat.

Yah demikianlah film ini berkisah tentang upaya pelarian diri Stallone dan Arnold. Plotnya menurut saya agak sedikit boring dan ga tegang-tegang banget, dan tentu saja banyak ga masuk akal. Namanya juga pelem tentang jagoan.. Di akhir kita akan dibuat sedikit terkejut dengan twist yang disodorkan. Ga terlalu gimana sih, tapi pls better ignore my opinion tentang keseluruhan film ini karena saya ga gitu ngerti film ini :p

Stallone sendiri masih tampil seperti biasa; peran seorang jagoan yang cool, keren, dan ga banyak ngomong. Kapan ya main film lain dengan penokohan yang lebih unik?😀

Score : 7

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

<<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplusteh70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi 😑😑😑😑😑😑😑😑😑 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah 🎂

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❤👪❤ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue 😗

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan 📷 : @lieta73 😀 Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake 🎂 by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? #aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella Aimee 1st cake 🎂 🎂 @colettelola

#masihedisiulangtahun #aimee #birthday #1yearold #baby #cake #coletteandlola #chocolate Happy Birthday Aimee 🎂

#masihedisiulangtahun #aimee #birthday #1yearold #baby #changthien #keluargakaret #perayaanbatchpertama #greendresscode Happy birthday sweetheart 😀

Even the power of words (whom I trust the whole of my life) can't describe how I feel for this 1 year journey. 
It's a mixed of rollercoaster jaw-dropping, calming and peaceful feeling from rain and soil smell, soap opera laugh and tears, and so on.. Oh, and one thing for sure I know now what is heavy backpain and sleepless night, lol.. Mommy and Daddy woof you berry berry munch, sweet lil' monster.. Thank you for making me a better person, someone I never knew I could be.. ❤👪 #aimee #birthday #1yearold #baby #perayaanbatchpertama #chsngthien #bihunikanpalingenaksedunia #celebration #dinner #family Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak 🐄🍴🍽 #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo 😂

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design

Blog Stats

  • 405,266 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

October 2013
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: