Fanny Wiriaatmadja

[BeraniCerita #29] Sebuah Kisah Dari Eyang

Posted on: September 30, 2013

Pintu kamar Eyang kubuka perlahan, menimbulkan suara ‘kriettt’ khas pintu tua yang familiar. Pemandangan di depan mataku sekarang ini bak sebuah lukisan atau film yang pernah kulihat : Bayangan berbentuk abstrak terpampang di kasur Eyang, hasil dari sedikit sinar matahari pagi yang menelusup masuk lewat celah jendela yang terbuka.

Di meja Eyang ada asbak dan sepuntung rokok. Aku menatapnya lama. Puntung rokok itu adalah barang sakral saat ini; saksi hidup dari jam-jam terakhir hidup Eyang. Ingatanku melayang sejenak ke sosok Eyang.

**

Tiga malam sebelumnya, Eyang memanggilku masuk ke kamarnya. Walaupun napasnya hanya setengah-setengah dan suaranya sudah serak tanpa tenaga, ia memaksa mengungkapkan ceritanya; kisah tentang seorang sahabat di masa lalu yang sebelumnya hanya kutahu sekilas dari selentingan paman dan bibiku.

Kutatap sosok tuanya yang terbaring lemah tanpa daya, dengan rambut putih yang hanya tinggal hitungan helai, dan kudengarkan ceritanya.

Kata Eyang, ia mengenal sahabatnya itu sejak kecil, dan sejak pertemuan pertama itu berlanjutlah persahabatan unik mereka. Hanya sahabatnya itu seorang yang menemaninya berpuluh-puluh tahun, bahkan lebih lama dibanding Emak, istri Eyang yang sudah meninggal 15 tahun lalu.

Saat Eyang jaya, sahabatnya iniah yang selalu ada bersamanya, berjuang bersama di pucuk kekuasaan di era kejayaan perusahaannya. Bahkan Eyang mengklaim bahwa sahabatnya itu berperan penting dalam proses-proses pengambilan keputusan strategis perusahaannya di masa lalu; mendampingi dan menjernihkan pikiran Eyang saat masalah datang bertubi-tubi.

“Dalam diam, keberadaannya saja seolah mampu menguatkan dan menenangkan pikiranku,” kenang Eyang.

Saat Eyang terpuruk, sahabatnya itu pula yang selalu setia menemaninya dalam malam-malam penuh tekanan dan frustrasi. Selalu ada tanpa kompromi, kata Eyang.

Eyang juga bercerita, saat Eyang akhirnya jatuh sakit dan akibatnya gagal mempertahankan kelanjutan perusahaannya yang besar itu, banyak orang mengutuk sahabatnya itu, menyalahkannya atas sakit dan kejatuhan Eyang. Menuduh sahabatnya itu mencelakakan Eyang.

Dalam tekanan dari sebegitu banyak orang yang juga disayanginya, Eyang pun terpaksa meninggalkan sahabatnya; terpengaruh oleh hujatan dan kutuk dari keluarganya ke sahabatnya itu.

Saat menceritakan bagian akhir persahabatan mereka itu, Eyang geleng-geleng kepala sambil mendesah, “Semua menyalahkan dia, padahal akulah yang salah..”

Aku termangu-mangu mendengarkan cerita Eyang, belum bisa meraba ke mana arah pembicaraan ini, sampai terakhir Eyang memberikan satu nama untukku. Sudjadi.

“Carilah orang ini untukku.. Aku ingin bertemu sahabatku lagi untuk terakhir kalinya,” kata Eyang lemah. Aku terkesiap, baru menyadari misiku.

**

Kembali ke pagi ini, kusentuh sepuntung rokok di meja Eyang itu sambil kuputar-putar perlahan. Inilah sahabat yang Eyang maksud. Dua hari lalu kucari mati-matian seorang Sudjadi, pengusaha rokok kretek lokal di Sukabumi yang bahkan tidak terlalu dikenal Eyang; hanya demi mendapatkan satu pak saja rokok kretek kegemaran Eyang.

Rokok itulah yang selalu menemaninya dalam jatuh bangun dan suka duka hidupnya. Rokok yang juga merenggut kesehatan dan stamina Eyang dengan bengisnya di akhir, membuat semua orang mengutuk dan menyalahkannya sebagai penyebab kanker paru-paru Eyang. Rokok yang akhirnya ditinggalkannya juga atas paksaan semua orang.

Dan di akhir hidupnya, Eyang ingin merasakan sekali lagi hisapan rokok kretek buatan tempat kelahirannya itu; rokok spesial sekaligus sahabat yang punya tempat berharga di hatinya. Aku berhasil menemukannya untuk Eyang.

Selamat jalan Eyang..

Total kata : 500

Cerita ini dibuat untuk memenuhi tantangan BeraniCerita untuk membuat Flash Fiction dengan menggunakan puntung rokok sebagai ide utama cerita.

6 Responses to "[BeraniCerita #29] Sebuah Kisah Dari Eyang"

Jadi eyangnya udah mati ya, saya fikir nanti mau dijodohin gitu kayak disinetron😀

Iya sudah ga ada Eyangnya😀
Wah ide bagus tuh buat pengembangan cerita lebih lanjut -> perjodohan haha..
Thanks Hana..

ceritanya rapi meski tak ada twist yang ‘mengejutkan’ di akhirnya. semula dugaanku si eyang pengen ketemu sahabatnya, seorang manusia bernama Sudjadi. nah, pertanyaannya, untuk mendapat satu pak rokok kretek lokal, kenapa harus ketemu/mencari pemilik pabriknya? kenapa nggak cari di toko/warung setempat aja? jangan-jangan yang dicari adalah rokok bertanda tangan asli pemilik pabrik ya? *ngelantur😀
menurutku sih lebih pas kalau Sudjadi itu adalah merk rokok kretek.🙂

Thanks Riga😀
Iya rokoknya ceritanya rokok lokal dari daerah mereka, yang memang di-produce hanya di situ sehingga harus bela-belain ke situ dan nemuin orangnya langsung
Twist nya juga soft banget yah haha, hanya seorang ‘sahabat’ itu mungkin orang kirain si Sudjadi, tapi yang aku maksud sebenernya si rokok itu sendiri hihihhi.
Makasih masukannya😀

Rokok adalah teman sejati(ku) … Saat ini. *ini komen apa coba?

Comment : Apakah rokok juga menganggapmu teman sejatinya? :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,697 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Refreshing morning view
.
#view
#morning
#bandung
#mercure
#nature
#familyholiday I must get it!!
.
#aimee
#minnie
#baby
#mercure
#bandung
#holiday
#family Christmas is everywhere 🌲
.
.
#christmas #christmastree #bandung #bandungtrip #aimee #transluxuryhotel #instatravel #instababy FAMILY 👦👧👨👩👴👵👶👱
.
.
#family #bandung #bandungtrip #transluxuryhotel #familyportrait Tempatnya loetjoe. That's it.
.
.
#dinner #bandung #missbeeprovidore #chicken #instafood #food Aimee and Koko Kael at the kids club

#aimee #baby #kidsclub #transluxuryhotel #bandung #holiday #family #kids Swimming!! 🏊🏊🏊
.
.
#aimee #baby #swimming #bandung #bandungtrip #holiday #family #transluxuryhotel Get ready for Aimee 1st traveling experience. We tried the easy one first, Bandung :) #aimee #baby #traveling #jalan2 #longweekend #bandung #family <<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplustehpajakdll70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi 😑😑😑😑😑😑😑😑😑 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah 🎂

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❤👪❤ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue 😗

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan 📷 : @lieta73 😀 Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake 🎂 by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? 😀

#aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella

Blog Stats

  • 405,710 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

September 2013
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: