Fanny Wiriaatmadja

People Response – Amateur Analysis

Posted on: September 26, 2013

imagesCAPNCD54

Hari ini temanya adalah analisa ecek-ecek mengenai perilaku dan respons seseorang.

Setelah saya pikir-pikir setengah menerawang, respons seseorang terhadap sesuatu hal/peristiwa kebanyakan dipicu oleh masa lalunya, dimana terdapat 2 kemungkinan, yakni Ybs. sebagai subjek ataupun sebagai objek dalam peristiwa tsb. Bingung yak?

Jadi gini, contoh paling gampang adalah dalam hal relationship.

Ada cowok yang selalu paranoid kalo’ ceweknya itu bohongin dia. So dalam hal apapun, cowok ini akan selalu curigaan dan butuh segala macam bukti otentik untuk mengesahkan keberadaan si cewek dan membuat dirinya sendiri tenang, mulai dari si cewek diminta mengirimkan foto lokasi tempat makan/hang-outnya, duduknya sama siapa, sampai menelepon untuk tahu sound background lokasi si cewek. Misal kalo’ katanya lagi di rumah, kok backsoundnya berisik kayak di public place?

Nah kelakuan si cowok yang kayak gini menurut saya adalah dipicu oleh past experience dimana :

1. Dia pernah menjadi objek alias orang yang dibohongi oleh (misal) mantannya sebelumnya. So trauma yang dialaminya membuat dia sekarang ga gampang percayaan sama orang, dan menuntut orang untuk ‘menenangkannya’ dengan memenuhi kemauannya, mulai dari pengiriman foto-foto di atas dll., bahkan yang ekstrim sampai (misal) menaruh fitur lacak by GPS ataupun fitur canggih lain yang disediakan oleh provider teleponnya untuk selalu bisa men-track keberadaan ceweknya.

2. Sebaliknya, kelakuan kayak gini bisa juga dikarenakan dia pernah (/masih) menjadi subjek, alias dia sendiri sering bohongin orang. Akhirnya dalam benak bawah sadarnya, dia selalu merasa bahwa orang lain juga melakukan hal yang sama seperti dia. Misal, cowok itu sering pergi berdua sama cewek lain (diam-diam), maka dia akan selalu merasa bahwa pacarnya sangat mungkin melakukan hal yang sama. Jadi cowok ini secara tidak sadar menggeneralisasi perilaku semua orang seperti perilakunya sendiri. Itu sebabnya dia selalu paranoid dan berpikir negatif. Sebabnya ya karena dia sendiri seperti itu sehingga selalu merasa orang lain pun seperti itu.

Terkait yang no. 2, contoh lain misalnya saya yang bawaannya selalu ga enakan sama orang. Saya ga terlalu suka (plus ga merasa nyaman) cerita banyak about my life ke orang lain, karena saya selalu merasa orang ga tertarik dengan detail hidup saya. Saya selalu merasa ga enak, takut orang bosan dengerin cerita hidup saya yang ‘bukan siapa-siapa’ ini (maksudnya artis bukan, ilmuwan bukan, pahlawan bukan). Kalopun akhirnya ngobrol-ngobrol, saya selalu paranoid bahwa respons ‘tertarik’ mereka hanyalah basa-basi dan bukan karena ‘pure’ tulus tertarik dengan cerita saya, apalagi orang yang baru dikenal. Kenapa saya bisa mikir begitu, itu adalah karena saya pun ga gitu tertarik dengerin cerita orang tentang printilan hidup mereka, apalagi sampai detail. Akibatnya, saya jadi selalu merasa orang pun pasti ga tertarik dengan cerita saya. That’s why saya kebentuk jadi orang yang agak introvert. Padahal sebenernya ga semua orang kayak gitu kan? Ada orang yang memang demen dengerin orang cerita, dll. Ga semua orang itu kayak saya, intinya.. Tapi yah itulah, saya menggeneralisasi bahwa semua orang itu adalah seperti saya. Itulah salah satu “sakit”-nya saya.

Akibat lebih lanjutnya, saya lebih suka komunikasi secara tertulis (note : dan suka juga menulis), sebab saya ga perlu menghadapi respons orang secara langsung. Kalo’ dia suka ya dia baca tulisan saya, kalo’ ga suka ya ga baca. Buat saya ini lebih simple, daripada harus berbasa-basi merespons cerita orang secara langsung, padahal sebenarnya (saya) ga tertarik.

Nah selesai deh behavior observation kali ini. Ga penting banget ya postingannya dan tujuannya juga ga jelas 😀 Ga ada solusi, ga ada kesimpulan, ga ada follow-up action dll. secara saya memang ga punya background Psikolog. Hanya lagi kepo menuangkan buah pikiran saja. Semoga bisa dimengerti.

Advertisements

2 Responses to "People Response – Amateur Analysis"

Hahaha..gua juga gitu.malas diajak ngobrol apalagi ngobrolin orang.kok kaya ga ada bahan omongan lain.sempet dibilang egois ya cuek aja.

Ih sama, haha.. saking cuma peduli sama hidup sendiri, dibilang egois 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,717 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

🍜🍛🍝🍴🍵🍶
.
#sophieauthentique 
#kuncit
#coffee
#macandcheese 
#quiches
#snack
#instafood
#food The girl and her new doll 🐤🐥
.
#aimee
#piyopiyo
#doll
#instababy
#baby
#cute Guten morgen 🌞☉🌝
.
@gutenmorgencoffeelab 
#breakfast
#gutenmorgen
#morning
#coffee
#macandcheese
#cafe
#tomang Lampoe
.
#lamp
#mall
#interior
#gapenting
#decoration Noodle time 🍝🍲
.
@yonghenoodles 
#yonghenoodles
#noodles
#singaporenoodle
#dinner I was about to give up after few attempts tonight, ordering Gojek to buy me Cheesess with no result, before one driver responded.
.
When he finally came up with the cheesecake, he handed to us this leaflet, asking us to read this if we don't mind, left me speechless. In a second suddenly that cheesecake is no longer important for me.
.
To my sweet evangelist, Mr. JRF, I sincerely pray for you that God will use u as a blessing more and more, shine brightly for others. Let God lead your way wherever you go..
.
#blessing
#salute
#evangelist
#godlovesyou
#gojek
#driver Warbiku last day buy 1 get 1 😀 super tender and juicy pork!
.
@warbiku
#warbiku
#muarakarang
#pork
#porkneverfailed 
#indomie
#indomiesambalmatah
#instafood 
#dinner Aaaarggh!! 😍😍😍
.
#tapaksakti
#sembilanbenua
#devilito
#samsun
#komik
#jadul
#jadoel
#lawas Thank you BCA!! ❤ you full!
.
#mcdonald
#bcabday
#bca
#bigmac
#dinnerbatch2
#frenchfries
#junkfood
#instafood
#food
#burger Allooow??? 📞📞
.
#aimee
#instababy
#baby
#handphone
#cutenessoverload
#blur Aaaaa...
.
#aimee
#blur
#instababy
#baby
#cutenessoverload ~ Prefer Cibubur Bang Sawit 🙄🙄
.
#sotobetawi
#sotobetawibangsawit
#kelapagading 
#instafood 
#food 
#dinner 
#soto
#indonesianfood 
#perkedel A day spent without a smile is a lost day
.
#aimee
#warungporki
#kelapagading 
#baby Their Woku and Rica Pork are superb! Too bad they don't serve a complete full meal set 😣😣 .
@warungporki
#warungporki
#kelapagading
#camilan
#pork
#angkringan
#porkneverfailed
#babirica
#babiwoku
#instafood 
#food Another round of egg tart and hokkaido cheese cake
.
@ezocheesecakes
.
#cheesecake
#eggtart
#ezo
#pik
#ta
#japanesecheesecake 
#hokkaidocheesecake
#cake
#dessert Sewa mainan ini di E*****A. Setelah transfer pembayaran, minggu depannya pas mau ambil barang pake gocar, orangnya baru kasitau :
.
* seatbelt ayunan ga ada
* perosotan penyok-penyok tapi udah ditambal pake lakban merah
.
Langsung amazed. Kenapa pas saya order, semua info ini ga dikasitau ya? Alasannya ud diinfo di Instagram. Hellooow, FYI :
.
* saya nemu dan order mainan ini via website. Bukan dr IG dan ga ada info apapun di web terkait kekurangan / cacat mainan ini
* pas mau online payment websitenya error jadi saya order dan kontak manual via WA dan kasitau that payment problem. Itupun ga ada info apapun mengenai kekurangan / cacat tsb.
* emang saya kerajinan pantengan instagram situ terus?
.
Karena ud terlanjur bayar ya udah no choice kan, selain terima barang dalam kondisi tsb. Padahal kalo tau dari awal mungkin saya bakal mikir dua kali.
.
Pas dateng barangnya :
* ayunan ga bisa dipake sama sekali karena no seatbelt. Aimee baru didudukkin dikit aja langsung merosot.
* ring basket ga ada jalanya (ga diinfo)
* barang datang tanpa dus dan dalam keadaan lusuh.
* sticker sudah terkelupas
.
Saran aja buat vendor di atas, next time jujur aja dari awal daripada nanti dari mulut ke mulut pengalaman buruk customer beredar. Lebih appreciate kalo dari awal dengan profesional mereka kasitau kondisi barang i/o nipu customer. Walaupun resiko customer batal pesan at least nama dan profesionalitas mereka nancep di ati *halah.
.
Pelajaran : laen x mending sewa dari yang udah terpercaya dan punya nama aja kayak @gigel.id. I had a very nice experience sama mereka dan customer servicenya bagus banget.
.
#sewamainanbayi
#sewamainananak
#rentalmainanbayi
#rentalmainananak
#perosotan
#ceritasewamainananak Krecek Tahu Tempe + Cumi Sambel Pete from @hotspicycorner. This is superhot Val dinner, sssshsshhhshhh 😥😥😥
.
Order yours now!! They have various spicy dishes to bring out the best of your sweat and tears 😁
.
#maafgambarburem
#saatnyagantiHP
#spicy
#chilli
#dinner
#valentinedinner
#homemadecooking
#krecektahutempe
#cumisambelpete
#hotspicycorner Nyoba ini gegara @jessicaapriliagunadi 😁
.
#kibocheesecake
#cheesecake
#creamycheesecake
#japanesecheesecake
#creamy
#melted
#cake
#moltencheesecake
#instafood
@kibocheese Sweet Valentine message from Mum, together with my daily bekal ❤ I wish I could be as great as her, for Aimee. .
#motherhood
#mukagwpucet
#pesan
#message
#emakemak
#mamanyafanny

Blog Stats

  • 422,258 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

September 2013
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

Pemintal rindu yang handal pemendam rasa yang payah

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: