Fanny Wiriaatmadja

[BeraniCerita #28] Rumah Baru Abang

Posted on: September 23, 2013

Gambar Dari rvoice.co.uk

Gambar Dari rvoice.co.uk

Cerita ini memenangkan tantangan BeraniCerita #28

Siang itu teriknya luar biasa. Bersyukur aku dan Bunda terlindung dari intensnya pancaran Sang Surya dalam mobil tua kesayanganku, yang melaju perlahan di jalan berbatu, sukses mengguncang kami berdua sepanjang perjalanan.

Sesekali aku melirik Bunda, takut beliau terganggu dengan kondisi jalan yang tak bersahabat begini, tapi nampaknya Bunda baik-baik saja. Ia seperti terlarut dalam alam lamunannya sendiri. Sorot matanya menerawang tanpa ekspresi. Sungguh begitu terlihat rentan dan rapuh wanita tua di sisiku ini. Sejenak hatiku mencelos tanpa sebab.

“Bagaimana Abangmu sekarang?” Bunda melepas pandangan dari jalanan.

“Baik saja. Tak apa-apa,” kubilang. Aku menarik nafas, sambil terus melaju di jalan tol. Apa yang bakal terjadi ketika Bunda berjumpa abangku nanti?

Tak lama kemudian kami tiba di kediaman Abang yang baru. Bunda turun dengan cepat, raut penasaran memenuhi wajahnya, ditambah gigitan bibirnya yang menyiratkan kekuatiran. Aku memboyong Bunda, menggandeng lengannya dengan hati-hati ke tempat Abang.

“Abangmu sekarang tinggal di sinikah?” Bunda berkata ragu.

Aku mengangguk, berusaha meyakinkan Bunda dengan senyuman yang dibuat semantap mungkin.

Kami masuk lebih dalam. Dari jauh nama Abang sudah terlihat. Aku menunjuknya dengan ragu. Mata Bunda mengikuti arah telunjukku, matanya berbinar sesaat.

“Oooh, ini rumah baru abangmu.. Sejuk dan rindang, hawanya enak di sini..” Bunda tersenyum lembut sambil melihat sekeliling, mengedarkan pandangan menikmati sekitar. Aku berdiri di belakangnya, mengawasinya dengan was-was.

Kubawa Bunda mendekat perlahan dan kusapa Abang, “Halo Bang..”

Abang hanya diam saja. Tidak ada jawaban terlontar sedikit pun; begitu kaku dan dingin, tapi Bunda seperti tak merasakan. Senyumnya merekah lebar, bahagia sekali ia, seolah Abang menyambutnya dengan gegap-gempita.

“Aku tinggal ya Bunda,” gumamku. Bunda seperti tak mendengar.

Aku menyingkir, enggan mengganggu pertemuan intim mereka. Kuakui ada pula menyelip rasa tak nyaman melihat mereka berdua. Ada secercah beku dan hampa. Bukannya iri, hanya merasa aneh dan janggal melihatnya. Campuran rasa terasing sekaligus miris hati.

Hampir 45 menit aku tinggalkan mereka berdua. Pembicaraan lebih bersifat satu arah. Bunda bicara dan Abang diam mendengar, seperti mengangguk-angguk menyetujui semua kata Bunda. Aku melihat dari jauh Bunda membelai-belai, senyum manis masih terurai di wajahnya. Begitu damai raut mukanya; raut yang sudah lama tak kulihat menyapa di wajah itu.

Beberapa saat kemudian kujemput lagi Bunda. Tak ingin sebenarnya mengganggu mereka, tapi kami sudah harus kembali. Kami pamit ke Abang. Dalam perjalanan kembali ke mobil, Bunda menoleh dan menoleh lagi, seperti tak rela meninggalkan putra kesayangannya.

Sepanjang jalan kembali, Bunda diam dalam keheningan yang menusuk, membuatku gelisah dan sedikit panik. Berkali-kali aku meliriknya lewat kaca spion.

Mendadak Bunda menghela napas sejenak, kemudian bergumam, “Sepertinya Abangmu kerasan tinggal di rumah barunya.. Bunda bisa merasa, dia lebih bahagia sekarang..”

Aku terhenyak sesaat, diam mencerna kata-kata Bunda, kemudian tersenyum kecil penuh syukur.

Sebuah pintu gerbang besar menyambut kami. Pintunya dibuka oleh dua orang petugas berseragam. Mobilku melaju masuk. Ada plang besar di pintu besi hitam kokoh itu : Rumah Sakit Jiwa Madisubroeto. Terapi pertama Bunda hari ini sepertinya cukup sukses. Lusa aku akan datang lagi untuk sesi berikutnya, membawanya bertemu Abang kembali di Taman Pemakaman. Abang yang tewas dimutilasi pasangan gay-nya dan merenggut kewarasan Bunda seketika.

Total Kata : 500

Cerita ini dibuat untuk memenuhi tantangan BeraniCerita : Membuat Flash Fiction dengan premise cerita berikut :

“Bagaimana Abangmu sekarang?” Bunda melepas pandangan dari jalanan.

“Baik saja. Tak apa-apa,” kubilang. Aku menarik nafas, sambil terus melaju di jalan tol. Apa yang bakal terjadi ketika Bunda berjumpa abangku nanti?

12 Responses to "[BeraniCerita #28] Rumah Baru Abang"

Asumsiku, si Bunda masuk RSJ karena abangnya meninggal yah? Mungkin, jika diceritakan sedikit kenapa abang meninggal (atw kenapa Bunda sakit) dan korelasi di antara keduanya, cerita ini -walaupun pendek- akan lebih utuh, IMHO🙂

Iya juga sih Mbak hihi.. Aku cuma pingin pembaca nerka2 sendiri gitu😀
Makasih Mbak untuk masukannya😀

Aku ndak paham cerita ini mbak. Sebenernya yang sakit jiwa si bunda ya. Abangnya meninggal ya. Aduh..gagal paham😦

Ahahaha iya Ka.. Kayake aku kurang jelas ya bikin endingnya.
Ceritanya sih si Ibu itu sakit jiwa karena anaknya (si Abang) meninggal..
Jadi si Ibu pikirnya si Abang itu masih hidup..
Lain x kalo bikin cerita, aku bikin lebih jelas deh ahahaa😀

Yg gila si Abang, Bunda apa gue? Bhahaha … *didatengin petugas RSJ

Arrrgh atau jgn2 gw.. atau kita semuakah? Jreng jrenggg…

waah, keren mbak ceritanya…. kasian banget bundanya.. hiks😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak 🐄🍴🍽 #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo 😂

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design Yg masak mau kawin tampaknya.. #bintanggading #pik #elanglaut #noodle #bakmi #pork #porknoodle #asinbangetyangdisini 😲😝😖😕 Tryin' this just now.. Agak kecewa.. rasanya flat banget dan ga ada wangi2nya.. istilah gw : rasanya cuma di lidah dan ga nyampe' ke hidung 😅

However teksturnya bener lembut dan agak basah, jadi gak seret kayak kue bolu.

Suggestion : mending rasa matcha-nya ketimbang original cheese cakenya. Rasanya lebih intense.

#fuwafuwa #cheesecake #pik #elanglaut #kue #cake #dessert #japan Kemasannya lutjuuu 😄 #samyang #samyangcheese #instantnoodle #korea #mieinstant #mujigae #pluitvillage #bulgogi #koreanfood #kimchi #chicken #dinner #food #instafood #tiramitsu ala my sister 
#cake #handmade #baileys #dessert Lunch batch 1, diikuti nasi padang #kalimantan #noodle #bakmi #pontianak -> supercool ❤😶😶😶❤ #tyrionlannister #tyrion #gameofthrones #georgerrmartin #series #lannister #biarceboltapikece Happy playin' with the new playmat and fence *for only 10-15' and then yellin' askin' to get out

All is rented via @gigel.id

#playmat #fence #cobyhaus #baby #aimee 🐳🐋🐬🐟🐠🐡 #sulawesi #megakuningan #seafood #parape #ricarica #dinner #squid #crab #soka #makassar 🐷🐖🐽 #babipanggang #pork #pig #food #brunch #asemka #gataunamatempatnya 😶😶😶 #halloween #latepost #gardin #bali  #green #greenery #traveling Coffee? No, please.. #gadoyan #inipunyasuami #coffee #seniman #senimancoffee #bali #ubud #cafehopping #wisatakulinerbali #wisatakuliner #traveling 🌙🌛🌜☁⭐ #selfie
#smile 
#goodnite
#seeyoundari May our path cross again in the future @alicia_tibob 
#farewell #sundari #alfalaval #hrd #teamwork 🐷🐖🐽 #porkbelly #pork #porkneverdies #bali #slipperystone #greek #food #instafood #travelling #dinner #cafehopping

Blog Stats

  • 404,271 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

September 2013
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: