Fanny Wiriaatmadja

[BeraniCerita #28] Saat Bersua Bunda

Posted on: September 20, 2013

Gambar Diambil Dari Zazzle.com

Gambar Diambil Dari Zazzle.com

Bulan Juli Tahun 2021

Mar melenggak-lenggok perlahan sepanjang lorong sempit pesawat, memasang senyum manis andalannya dan menikmati pandangan sesekali dari para penumpang di sekelilingnya. Di tangannya ia membawa sebuah checker, siap menghitung jumlah penumpang di perjalanan kali ini. Satu demi satu baris ia lewati, kepalanya menoleh kiri-kanan dengan irama teratur sambil berkomat-kamit dan masih dengan senyum sempurna yang sama; seragam ketatnya yang memperlihatkan kemolekan tubuhnya sesekali bergesekan dengan bangku-bangku penumpang saat ia harus berselisih jalan dengan para penumpang yang masih sibuk menaruh bagasi.

Tahu-tahu pandangannya bersirobok dengan seorang wanita tua berjilbab hijau lumut yang duduk di sisi lorong, yang tertangkap basah sedang menatapnya penuh kekaguman. Nyaris Mar balik tersenyum, sebelum menyadari sesuatu. Ia terkesiap, membuang pandangan seketika, dan berbalik ke arah depan sambil tersengal, menabrak beberapa penumpang yang sontak mengeluarkan tatapan tidak senang. Muka Mar pias bak melihat hantu. Beberapa belas menit kemudian ia ijin untuk berpindah tugas ke area belakang. Sejauh mungkin dari wanita itu.

**

Dari jauh aku sudah melihatnya. Sosok Bunda dengan wajahnya yang renta, penuh kerutan di sana-sini khas orang berusia lanjut pada umumnya, tapi tetap dengan tubuh yang tegap dan bersemangat. Aku berlari menghampirinya, memeluknya erat-erat. Lama.. Menikmati aroma tubuhnya yang khas. Bau minyak angin khas daerah asal kami, yang sudah 10 tahun lebih tidak kunikmati. Bunda mengusap-usap kepalaku dengan sayang.

“Perjalanan lancar, Bunda?” tanyaku.

“Lancar semua Ndo. Makanannya enak sekali di pesawat..” Bunda tersenyum sumringah.

Aku menatapnya hangat. Ini pertama kalinya Bunda naik pesawat sendiri. Biasanya, Abah setia menemaninya. Saat Abah meninggal 13 tahun lalu, Bunda menolak ikut kami ke kota ini. Ia lebih memilih menjaga rumah warisan suaminya di kampung, dengan pemandangan harian berupa lembah terjal dan siluet gunung nan indah bak di lukisan. Belum tersentuh modernisasi sama sekali. Memang susah membuang semua itu. Berkali-kali kami ngotot memboyongnya, tapi tekadnya yang sekeras baja belum mampu membuat niat kami terealisasi.

Kami masuk ke dalam mobil, koper tua Bunda kumasukkan ke bagasi. Perjalanan panjang menuju rumah sewaanku di pinggir kota pun dimulai, dan kami akan siap menikmati liburan panjang bersama.

“Bagaimana Abangmu sekarang?” Bunda melepas pandangan dari jalanan.

“Baik saja. Tak apa-apa,” kubilang. Aku menarik nafas, sambil terus melaju di jalan tol. Apa yang bakal terjadi ketika Bunda berjumpa abangku nanti?

Berbagai peristiwa bergulir seketika dalam benakku, nyaris membuatku pusing. Abangku. Maryadi. Pekerjaan barunya sebagai Flight Attendant. Kegalauannya selama satu dekade terakhir. Usaha bunuh dirinya beberapa kali. Krisis identitas yang kerap dia gumamkan dalam frustrasinya. Dan terakhir, belasan kali operasi ganti kelaminnya sejak 6 tahun lalu. Yang bisa dibilang sukses. Sangat sukses malah. Entah darimana dana yang diperolehnya.

Di kantungku, aku tidak merasakan layar Blackberry-ku yang menyala dalam mode Silent. Ada notifikasi puluhan missed-call dan BBM. Nama Maryadi terpampang di situ.

Jumlah Kata : 446

Cerita ini dibuat untuk memenuhi tantangan BeraniCerita : Membuat Flash Fiction dengan selipan cerita berikut :

“Bagaimana Abangmu sekarang?” Bunda melepas pandangan dari jalanan.

“Baik saja. Tak apa-apa,” kubilang. Aku menarik nafas, sambil terus melaju di jalan tol. Apa yang bakal terjadi ketika Bunda berjumpa abangku nanti?

10 Responses to "[BeraniCerita #28] Saat Bersua Bunda"

Wow! 2021? Futuristik bgt! Gue suka … ^_^

Futuristik tapi isinya ga mencerminkan ha3..

Oooh…yg bagian awal itu si Maryadinya ya..

bagian pertama pake pov orang ketiga. bagian berikutnya pov orang pertama.
nggak sreg aja.🙂

Ahahaha iya, aku pikir kalo’ pake kata ganti orang pertama semua, nanti pembaca malah bingung karena ‘aku’nya mengacu ke subject yang berbeda.. Makasih Riga😀

maryadi jadi mardiya

hm, sayangnya benang merah antara bagian pertama dan kedua, masih kurang jelas. tapi idenya aku suka🙂

Bagian 1 dan 2 nya kurang nyambung dan bkin bingung ya Mbak? Hmmmh kudu lebih jeli ni next time ha3.. thnkyou Mbak😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak 🐄🍴🍽 #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo 😂

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design Yg masak mau kawin tampaknya.. #bintanggading #pik #elanglaut #noodle #bakmi #pork #porknoodle #asinbangetyangdisini 😲😝😖😕 Tryin' this just now.. Agak kecewa.. rasanya flat banget dan ga ada wangi2nya.. istilah gw : rasanya cuma di lidah dan ga nyampe' ke hidung 😅

However teksturnya bener lembut dan agak basah, jadi gak seret kayak kue bolu.

Suggestion : mending rasa matcha-nya ketimbang original cheese cakenya. Rasanya lebih intense.

#fuwafuwa #cheesecake #pik #elanglaut #kue #cake #dessert #japan Kemasannya lutjuuu 😄 #samyang #samyangcheese #instantnoodle #korea #mieinstant #mujigae #pluitvillage #bulgogi #koreanfood #kimchi #chicken #dinner #food #instafood #tiramitsu ala my sister 
#cake #handmade #baileys #dessert Lunch batch 1, diikuti nasi padang #kalimantan #noodle #bakmi #pontianak -> supercool ❤😶😶😶❤ #tyrionlannister #tyrion #gameofthrones #georgerrmartin #series #lannister #biarceboltapikece Happy playin' with the new playmat and fence *for only 10-15' and then yellin' askin' to get out

All is rented via @gigel.id

#playmat #fence #cobyhaus #baby #aimee 🐳🐋🐬🐟🐠🐡 #sulawesi #megakuningan #seafood #parape #ricarica #dinner #squid #crab #soka #makassar 🐷🐖🐽 #babipanggang #pork #pig #food #brunch #asemka #gataunamatempatnya 😶😶😶 #halloween #latepost #gardin #bali  #green #greenery #traveling Coffee? No, please.. #gadoyan #inipunyasuami #coffee #seniman #senimancoffee #bali #ubud #cafehopping #wisatakulinerbali #wisatakuliner #traveling 🌙🌛🌜☁⭐ #selfie
#smile 
#goodnite
#seeyoundari May our path cross again in the future @alicia_tibob 
#farewell #sundari #alfalaval #hrd #teamwork 🐷🐖🐽 #porkbelly #pork #porkneverdies #bali #slipperystone #greek #food #instafood #travelling #dinner #cafehopping

Blog Stats

  • 404,271 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

September 2013
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: