Fanny Wiriaatmadja

[BeraniCerita #27] Pertobatan Si Aliong

Posted on: September 13, 2013

Gambar Dari 123rf.com

Gambar Dari 123rf.com

Sore ini kudengar sayup-sayup pembicaraan Emak dan Bapak di teras.

“Masih di kamar, anak itu?”

“Memangnya dia punya tempat hidup lain?!” Emak menjawab ketus. Saat ini aku membayangkan Bapak pasti menghela nafas.

Eh supaya kalian juga tidak usah sok menerka seenak jidat, aku beritahu sedikit ya.. Di usia 32 tahun ini sahabatku memang hanyalah kamarku. Ranjangku. Komputerku. Handphone-ku. Aku nyaris tak beranjak dari mereka semua. Makan minum pun dibawakan oleh pembantuku ke kamarku. Kalau memungkinkan, mungkin aku akan memilih mandi dan buang hajat sambil tidur. Sayang semesta belum mengijinkan ritual semacam itu dipatenkan. Bagiku, pagi adalah malam dan sebaliknya. Urusan rumah tangga apa pun tabu untukku. Orang Tionghoa bilang, “Sudah bohuat dengan si Aliong..”

Oh ya kamarku ini agak unik. Letaknya terpisah di luar rumah; semacam pondok kecil tambahan di luar, tapi masih menempel dengan dinding rumah. Tanpa sadar kamar terpisah ini semakin membuatku tersisih dari kehangatan keluarga, yang sayangnya sampai saat ini bukan menjadi masalah untukku.

Suatu hari entah kesambet apa, setelah membaca sebuah blog religius, aku tercenung merenung seorang diri di kamar, memikirkan seluruh kehidupanku selama berpuluh-puluh tahun ini. Gambaran masa kecilku, kehidupanku, sekolahku, aktivitasku, semua bak film yang sedang diputar di benakku. Aku melihat kebobrokanku, menyaksikan kemalasanku, menatap ketidapedulianku terhadap keluarga dan hal-hal berharga lainnya dalam hidup, dan masih banyak lagi. Hampir setengah harian itu kuhabiskan dengan refleksi diri bak kesetanan. Dan dalam detik yang sama aku membuat suatu keputusan. Keputusan yang akan mengubah total hidupku!

***

Isak tangis merendengi upacara pemakaman. Ayahku, ibuku, adikku, semua masih menangis pilu.

Dua hari lalu aku resmi meninggal dunia. Api berkobar hebat hari itu, melahap habis hampir seluruh rumah kami. Saat itu hanya aku yang ada di rumah. Ajaibnya, bagian rumah satu-satunya yang selamat hanyalah kamarku, yang diuntungkan oleh letaknya, sehingga berhasil diselamatkan berkat kesigapan para pemadam kebakaran.

Keluargaku yang datang tergopoh-gopoh beberapa jam kemudian dalam serangan panik mengira aku selamat. Maklum biasanya kerjaku hanya mendekam seharian di kamar yang ternyata tak jadi korban Si Jago Merah itu.

Sialnya hari itu, seperti yang sudah kuceritakan, aku mengalami pertobatan. Setelah sesi refleksi diri yang terasa panjang itu, ternyata aku memutuskan untuk keluar kamar membersihkan seluruh rumah sebagai hadiah kejutan bagi Emak dan Bapak, tidak lupa bagi adikku yang seolah menganggapku ada dan tiada di rumah itu. Kusikat kamar mandi, kubawa semua cucian kotor dan kumasukkan ke mesin cuci. Kusapu dan kupel bersih-bersih lantai seluruh rumah. Badanku luluh lantak dan lepek oleh keringat, peluh bercucuran tiada menyerah ke seluruh lipatan tubuhku. Tapi hatiku damai dan bahagia saat itu. Tak sabar menanti keluargaku pulang melihat hasil kerjaku. Sampai kemudian kompor gas yang meledak tepat ketika aku masuk dapur itu itu membuatku pingsan sekejap dan ternyata sukses membakar habis seisi rumah.

Begitu bangun, aku sudah di alam lain yang tak kukenal. Satu hal kusesali, tak seorang pun anggota keluargaku tahu bahwa aku sudah berubah di detik-detik terakhir hidupku. Ah sial benar.. Reputasiku tetap tercoreng sampai saat pemakaman ini. Untunglah masih ada air mata, kusimpulkan itu sebagai simbol kasih sayang yang masih tersisa untukku.

Total Kata : 498

Cerita ini dibuat untuk memenuhi tantangan BeraniCerita untuk membuat Flash Fiction dengan menggunakan karakter Pak Ogah

12 Responses to "[BeraniCerita #27] Pertobatan Si Aliong"

Memang biasanya orang bertobat kalau sudah dekat waktunya ya Fan, disadari ataupun tidak.

Iya seringnya gitu ya🙂

partama kali keluar, langsung terbakar ya… begitulah takdir bekerja, tak bisa diterka dan di duga..
salam

setidaknya sebelum meninggal dia berbuat kebaikan. Semoga diampuni segala dosanya..🙂

Iya, untung sempet bertobat yah😀

Gue nangkep ide uniknya. Pemalas yg bertobat! Hehe, Pak Ogah versi tobat..

Iy bisa tobat juga dia😀

idenya banyak amat mba… hehehe

Lagi pas semangat aja San :p aji mumpung deh dikeluarin semua, haha..

aku pikir belom match sm tantangannya ya Fan. Tapi cerita ini bagus, hikmahnya pun dapet, good job😉

Thank you Mbak untuk feedbacknya😀 *hug

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

<<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplusteh70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi 😑😑😑😑😑😑😑😑😑 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah 🎂

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❤👪❤ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue 😗

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan 📷 : @lieta73 😀 Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake 🎂 by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? #aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella Aimee 1st cake 🎂 🎂 @colettelola

#masihedisiulangtahun #aimee #birthday #1yearold #baby #cake #coletteandlola #chocolate Happy Birthday Aimee 🎂

#masihedisiulangtahun #aimee #birthday #1yearold #baby #changthien #keluargakaret #perayaanbatchpertama #greendresscode Happy birthday sweetheart 😀

Even the power of words (whom I trust the whole of my life) can't describe how I feel for this 1 year journey. 
It's a mixed of rollercoaster jaw-dropping, calming and peaceful feeling from rain and soil smell, soap opera laugh and tears, and so on.. Oh, and one thing for sure I know now what is heavy backpain and sleepless night, lol.. Mommy and Daddy woof you berry berry munch, sweet lil' monster.. Thank you for making me a better person, someone I never knew I could be.. ❤👪 #aimee #birthday #1yearold #baby #perayaanbatchpertama #chsngthien #bihunikanpalingenaksedunia #celebration #dinner #family Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak 🐄🍴🍽 #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo 😂

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design

Blog Stats

  • 405,266 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

September 2013
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: