Fanny Wiriaatmadja

[BeraniCerita #27] Jono In Action

Posted on: September 13, 2013

Gambar dari Ideations.me

Gambar dari Ideations.me

Siang terik hari itu seolah menjanjikan secara tersirat hujan lebat malam nanti.

Para supir taksi itu sedang beristirahat, saling berceloteh berujar kisah di warung langganan mereka. Dalam hitungan setengah jam, masing-masing sudah berangkat, siap bertempur lagi dalam medan macet Jakarta untuk menafkahi keluarga. Hanya terlihat segelintir pengemudi yang masih bersantai di sana, termasuk Jono.

“Ga narik lagi Bang?” Basa-basi, seorang tukang supir bertanya. Jono yang sedang tertidur santai di bangku panjang warung dengan wajah ditutupi koran tertawa sekilas.

“Ga perlulah..” gumamnya, “nanti malam pasti hujan. Itu baru medanku..”

Si penanya geleng-geleng prihatin. “Ga niat kerja..” gumamnya.

***

Malam, sesuai ramalan Jono, hujan tercurah deras, dentuman petir menyambar dengan galaknya. Macet Jakarta berkali-kali lipat jadi lebih ganas. Ratusan orang kelabakan mencari taksi dalam situasi semacam ini. Antrian panjang di mall bukan untuk mengantri diskon, tapi menanti dengan penuh cemas sebuah taksi untuk pulang ke pangkuan keluarga. Deretan orang berpayung di jalan pun adalah sebuah kancah persaingan dengan memanfaatkan kejelian, kesigapan dan keberuntungan untuk berebut taksi. Saatnya Jono beraksi.

“Bang, Menteng ya!” Seorang wanita tergopoh-gopoh masuk sambil menutup payungnya dengan susah payah. Air bercipratan sedikit di lantai taksi. Ia baru saja memenangkan perebutan taksi dengan sekian banyak orang lain di tepi jalan besar itu.

Jono mematikan argo. “Seratus ribu ya..” katanya datar.

Wanita itu terbelalak, “Seratus ribu??? Hanya dari Kasablanka ke Menteng??” desis wanita itu emosi. Jono mengangkat bahu, bersidekap dalam tawarannya. Wanita itu mencoba menawar, tapi Jono tahu benar posisinya di atas angin. Akhirnya sang penumpang menghela nafas. Apa boleh buat, dibiarkanlah melayang seratus ribunya. Tak sabar si wanita ingin merasakan kehangatan rumahnya segera, dengan celoteh ceria anak-anaknya.

Wanta itu korban pertama Jono. Malam itu ia berhasil mendapatkan empat korban. Maklum hujan turun dengan awetnya. Begitulah cara kerja Jono. Hujan, kecelakaan, pawai, apapun itu yang bersahabat dengan macet, adalah sahabatnya juga. Situasi yang sama, modus yang sama. Walau semua penumpang memaki dan menyumpahinya, ia toh bertahan hidup sampai sekarang.

Sesekali diturunkannya penumpang di tengah jalan dengan berbagai alasan, atau dikemudikannya taksinya dengan ugal-ugalan semau jidat untuk membuat para penumpangnya makin kesal tanpa daya.

***

Siang itu Jono bertemu dengan Mas Ijar untuk ke sekian kali.

“Nih,” Mas Ijar menyodorkan sebuah amplop berisi segepok uang pada Jono.

“Twitter orang-orang sudah beberapa kali menyebut nama dan nomor taksimu. Tepatnya, memakimu dan mengeluhkan semua yang kau buat. Bagus itu! Teruskan aksimu.. Buat kepercayaan orang-orang hancur pada brand taksimu!” Mas Ijar menandaskan, mengingatkan kembali Jono akan tugas mulianya; panggilan awal yang membuatnya direkrut oleh Mas Ijar.

“Aku sudah dipanggil atasanku beberapa kali. Sebentar lagi aku pasti dipecat..” kata Jono.

“Tak apa! Nanti aku supply lagi kamu ke brand taksi lain! Yang penting ingat misimu! Kamu bukan tukang taksi biasa macam mereka yang harus kerja keras sepanjang hari! Kamu beruntung, kerjamu hanya oncang-oncang kaki menunggu situasi tanpa target! Jangan sia-siakan! Yang kau terima ini,” Mas Ijar menunjuk amplop di tangan Jono, “jauh lebih besar daripada yang teman-temanmu itu terima! Kamu harusnya bersyukur!” Mas Ijar berkata dengan berapi-api.

Jono mengangguk ogah-ogahan.

Jumlah Kata : 494

Cerita ini dibuat untuk memenuhi tantangan BeraniCerita untuk membuat Flash Fiction dengan menggunakan karakter Pak Ogah

10 Responses to "[BeraniCerita #27] Jono In Action"

Wah…keren si Jono #eh? qiqiqiqi

Hadeuh Mbak, Jono-nya kurang “Pak Ogah” nih.. hix hix.. harus cari ide lain!
*weekend akan bertapa dalam ketenangan batin untuk memaksimalkan ide.. hmmmh..

Wah kali ini aku bener-bener bingung 🙄

Kalau musim kemarau gmn ya?

Hmm mungkin dia akan cari sumber kemacetan lain seperti demo, kecelakaan, pawai, dll.
*mengada-ada, haha..

Karakter Pak Ogahnya dimana ea? Lagian tu taksi langsung tembak tarif aja, emg gak maen argo? #tapikweren

Iy yg ini agak maksa nih karakternya ahaha.. critanya sih krn dia memanfaatkan situasi, dia ga pake argo2an lg.. hi3..

Itu Mas Ijarnya ngajarin cara bersyukur yang salah🙂

Yoa, sesat tuh orang, hmhhhhhhh…. :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,697 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Refreshing morning view
.
#view
#morning
#bandung
#mercure
#nature
#familyholiday I must get it!!
.
#aimee
#minnie
#baby
#mercure
#bandung
#holiday
#family Christmas is everywhere 🌲
.
.
#christmas #christmastree #bandung #bandungtrip #aimee #transluxuryhotel #instatravel #instababy FAMILY 👦👧👨👩👴👵👶👱
.
.
#family #bandung #bandungtrip #transluxuryhotel #familyportrait Tempatnya loetjoe. That's it.
.
.
#dinner #bandung #missbeeprovidore #chicken #instafood #food Aimee and Koko Kael at the kids club

#aimee #baby #kidsclub #transluxuryhotel #bandung #holiday #family #kids Swimming!! 🏊🏊🏊
.
.
#aimee #baby #swimming #bandung #bandungtrip #holiday #family #transluxuryhotel Get ready for Aimee 1st traveling experience. We tried the easy one first, Bandung :) #aimee #baby #traveling #jalan2 #longweekend #bandung #family <<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplustehpajakdll70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi 😑😑😑😑😑😑😑😑😑 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah 🎂

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❤👪❤ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue 😗

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan 📷 : @lieta73 😀 Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake 🎂 by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? 😀

#aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella

Blog Stats

  • 405,710 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

September 2013
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: