Fanny Wiriaatmadja

Saat Membayar Hutang

Posted on: September 9, 2013

imagesCA9KBHKA

** Lanjutan dari Post Balada Eneng dan Gugun Beberapa Waktu Lalu

Sore itu hujan mengguyur lebat tanpa toleransi. Kesabarannya seolah habis setelah ditindas panas terik selama beberapa hari. Sekarang ia meluncur, bertubi-tubi ke dunia. Langit gelap luar biasa.

Aku duduk nyaman di sofa tuaku, walaupun keadaan hatiku berlawanan jauh dengan kenyamanan sofa. Lebih sepadan dengan gemuruh petir dalam derasnya hujan.

Sahabatku Ida bersandar dengan kaku di dinding di dekat sofa, posisi kami berhadapan. Kekakuannya lebih disebabkan karena kemarahannya, bukan karena posisinya.

Aku baru saja selesai bercerita semuanya pada seorang Ida, teman paling mengerti aku sepanjang belasan tahun ini. Kami berteman akrab sejak TK, disatukan oleh kedua orang tua yang ternyata teman sekantor.

Ida berkata tajam setelah keheningan yang membius sekian menit setelah ceritaku selesai, “Jadi??” Aku diam.

“Setelah semua yang kamu ceritakan??” desaknya dengan nada menuntut jawab. Aku masih diam. Lagi.

“Yah.. aku juga tidak tahu,” kataku pelan akhirnya. Dia memberikan tatapan menusuk yang seperti biasa selalu berusaha dihindari oleh mataku, yang memilih menatap vas bunga tanpa isi di meja.

“Da.. Gugun pernah katakan padaku ‘kamu tak akan pernah menyesal mencintaiku..’ Dia katakan itu dengan sungguh-sungguh padaku..” kataku lirih, tidak tahu lagi harus berkata apa. Kalimat dangkal barusan merupakan pembelaan di depan Ida untuk kebodohanku selama ini.

“Yah, aku juga tahu! itu memang katanya.. Tapi dari perilakunya, apa kamu percaya?? Apa kamu MASIH bisa percaya? Dan please, ini sudah ke sekian ribu kali..” tuding Ida sewot. Aku diam lagi dan lagi. Sahabatku ini memang ketajaman mulutnya cukup di atas rata-rata, tapi aku selalu tahu bahwa kebenaran tersenyum di setiap perkataannya. Seingatku hampir tak pernah ia salah.

Melihat diamku dan wajah lelahku, akhirnya Ida mulai luluh juga. “Neng,” katanya lembut. “Kamu sudah berhutang terlalu banyak pada hatimu.”

Aku menengadah menatapnya. “Maksudmu?” tanyaku lemah.

Ida menjawab sabar, “Neng.. Selama ini kamu membiarkan hatimu tersakiti. Bertahun-tahun. Dengan membiarkannya diperlakukan semena-mena oleh Gugun. Dengan mengijinkan Gugun menghancurkannya berkali-kali sampai nyaris tak tersisa.. Kamu berdosa pada hatimu, dan kamu berhutang banyak padanya..”

Aku sedikit tersentak mendengar kata-kata Ida. Sebuah perspektif baru yang menohok sanubariku.

“Sekaranglah saatnya untuk memberikan kebahagiaan bagi hatimu. Sesuatu yang hatimu pantas mendapatkannya. Lunasilah hutangmu.. Berikan apa yang menjadi haknya.. Jangan biarkan ia tersakiti lagi, apalagi oleh seseorang yang tidak sanggup memegang dan menghargai janjinya..” kata Ida lagi, masih dengan kelembutan yang sama.

Aku diam sebentar dan dalam hitungan detik mengakui kemutlakan kebenaran kata-katanya. Aku mengangguk perlahan. Ya, aku rasa Ida benar. Hatiku sudah terlalu dibuat sengsara selama ini dengan kebodohanku sendiri. Hatiku kehilangan haknya selama ini untuk merasakan yang namanya bahagia. Sekarang saat untuk membayarnya lunas. Dan akulah sebagai Sang Pemilik yang harus melakukannya.

Aku bangkit, beranjak pelan menghampri Ida dan memeluknya erat. Seperti biasa pada moment semacam ini, air mataku tak terbendung. Berusaha menyaingi hujan.

Saat pelunasan hutang sudah tiba. Saatnya hatiku bebas lepas menggenggam bahagianya. Seorang sahabat telah mengingatkanku…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak 🐄🍴🍽 #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo 😂

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design Yg masak mau kawin tampaknya.. #bintanggading #pik #elanglaut #noodle #bakmi #pork #porknoodle #asinbangetyangdisini 😲😝😖😕 Tryin' this just now.. Agak kecewa.. rasanya flat banget dan ga ada wangi2nya.. istilah gw : rasanya cuma di lidah dan ga nyampe' ke hidung 😅

However teksturnya bener lembut dan agak basah, jadi gak seret kayak kue bolu.

Suggestion : mending rasa matcha-nya ketimbang original cheese cakenya. Rasanya lebih intense.

#fuwafuwa #cheesecake #pik #elanglaut #kue #cake #dessert #japan Kemasannya lutjuuu 😄 #samyang #samyangcheese #instantnoodle #korea #mieinstant #mujigae #pluitvillage #bulgogi #koreanfood #kimchi #chicken #dinner #food #instafood #tiramitsu ala my sister 
#cake #handmade #baileys #dessert Lunch batch 1, diikuti nasi padang #kalimantan #noodle #bakmi #pontianak -> supercool ❤😶😶😶❤ #tyrionlannister #tyrion #gameofthrones #georgerrmartin #series #lannister #biarceboltapikece Happy playin' with the new playmat and fence *for only 10-15' and then yellin' askin' to get out

All is rented via @gigel.id

#playmat #fence #cobyhaus #baby #aimee 🐳🐋🐬🐟🐠🐡 #sulawesi #megakuningan #seafood #parape #ricarica #dinner #squid #crab #soka #makassar 🐷🐖🐽 #babipanggang #pork #pig #food #brunch #asemka #gataunamatempatnya 😶😶😶 #halloween #latepost #gardin #bali  #green #greenery #traveling Coffee? No, please.. #gadoyan #inipunyasuami #coffee #seniman #senimancoffee #bali #ubud #cafehopping #wisatakulinerbali #wisatakuliner #traveling 🌙🌛🌜☁⭐ #selfie
#smile 
#goodnite
#seeyoundari May our path cross again in the future @alicia_tibob 
#farewell #sundari #alfalaval #hrd #teamwork 🐷🐖🐽 #porkbelly #pork #porkneverdies #bali #slipperystone #greek #food #instafood #travelling #dinner #cafehopping

Blog Stats

  • 404,271 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

September 2013
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: