Fanny Wiriaatmadja

Riddick – Still Prefer Dominic Toretto

Posted on: September 6, 2013

riddick-intl

Vin Diesel kembali beraksi dalam sebuah film action berbau sedikit sci-fi, Riddick. Dengan mata bercahaya, penampilannya sebagai Riddick menurut saya tetap tidak bisa memukau seperti layaknya seorang Dominic Toretto di Fast & Furious. Sama seperti J.K. Rowling dengan Harry Potter-nya atau Downey dengan Tony Stark-nya atau saya dengan tidur saya, susah melepaskan figur seorang pembalap jalanan keren di FF dari seorang Diesel.

Anyway dia sudah mencoba cukup keras di film ini. Masih sama seperti tokoh yang biasa diperankannya, di film ini pun ia masih tampil sebagai pahlawan super hebat yang tak tertandingi bahkan dalam keroyokan sekian banyak pembunuh bayaran dan tentara terlatih yang profesional, padahal Riddick hanya ditemani seekor anjing jadi-jadian (*jadi sedih teringat anjingku yang hilang).

Jadi, masuk ke inti cerita, Riddick dikhianati sehingga terdampar di sebuah planet tak berantah penuh dengan predator menyeramkan dan harus bertahan hidup di sana, sampai suatu hari menemukan suatu fenomena alam yang memberinya petunjuk jelas bahwa planet itu akan hancur. Ternyata Riddick lahir dengan bakat seorang peramal cuaca yang mungkin bisa bekerja di TVRI.

Terpaksa ia mengaktifkan alarm tanda bahaya yang ada di planet itu, yang secara implisit merupakan permintaan pertolongan ke galaksi antah berantah di luar sana. Identitas dan keberadaannya pun terbongkar lewat sinyal kiriman hasil pengaktifan alarm itu, dan sekelompok pembunuh bayaran serta satu tim tentara profesional datang ke planet itu untuk mencarinya, dengan alasan yang berbeda. Yang pasti tidak ada motif untuk menyelamatkan Riddick sama sekali. Kasian ya, padahal aku mau loh selamatin dia.. Dianya aja yang ga mau.

imagesCATVFXEB

Tim pembunuh bayaran jelas mencari kepalanya untuk mendapatkan hadiah, sedang tim tentara profesional mencarinya karena keingintahuan sang Kapten bernama Jones akan nasib anaknya. Maklum anaknya adalah seorang tentara yang pernah berada dalam satu rombongan dengan Riddick di planet lain. Berbelas-belas tahun ia mencari Riddick hanya untuk menyingkap hal itu. Kalo’ aku, aku mau mencari Riddick supaya dijadikan calon istri.

Ketiga pihak yang berada di planet itu pun harus bertarung mati-matian untuk mencapai tujuannya masing-masing plus menyelamatkan diri dari planet yang hampir hancur itu dengan pesawat dan saklar power yang terbatas. Makanya main tak umpet ga usah sampe’ ke planet lain, akhirnya kesusahan pulang kan? Mau minta bantuan Jelangkung juga ga brani kan lo?

Filmnya sendiri cukup menegangkan, dengan mahkluk-makhluk karnivor buas bertebaran di mana-mana, tanpa henti berusaha menyerang Riddick. Tau aja mereka, mana cowok ganteng. Belum lagi adu strategi antara ketiga pihak untuk menjadi pemenang. Pemandangan sekeliling planet juga indah dan memukau dengan tekstur bak di Cappadoccia Turki (jauh sih sebenernya, abis bingung cari perumpamaan lain. Yang pasti sih ga kayak Jakarta).

riddick-trailer-06172013-101042

Menjelang ke tengah saya agak terganggu dengan aksi si pemimpin pembunuh bayaran bernama Santana yang sangat slengean dan tengil dan jelas-jelas memperlihatkan kebodohannya. Kenapa sih film-film suka banget memperlihatkan tokoh antagonis yang tolol tengil kacrut ga karuan?

Belum lagi aksi dihajarnya Santana oleh Dahl berkali-kali (Dahl ini adalah seorang cewek dari tim tentara yang (sama seperti saya) sangat membenci Santana), yang menurut saya juga berlebihan.

Jones sebagai kapten tim tentara juga awalnya tampil cukup berkharisma, tapi makin ke belakang kharismanya makin menyusut kayak perut wanita hamil pasca melahirkan, ditambah dialog yang picisan banget tentang anaknya yang diduganya dibunuh oleh Riddick.

Satu hal yang sama picisannya adalah aksi penyelamatan Riddick di akhir oleh Dahl, dimana Dahl turun dari pesawat dengan tali kemudian mengangkat Riddick dari tebing, naik bersama ke pesawat untuk meninggalkan planet itu. Aksi tatap-tatapan mesra mereka yang tiada ampun itu bener-bener annoying. Swear bukannya ngiri atau jealous loh, tapi “nggak banget” aja. Dahl yang perkasa itu langsung jadi Princess Jasmine dari Disney saat menatap dengan penuh cinta gitu. Jangan lupa tonjolan otot-ototnya. Saksikan sendiri deh kalo’ ga percaya.

At the end usai menonton, perasaan saya flat-flat saja, tanpa kepuasan, juga tanpa merasa film ini jelek. Entah karena kelaparan atau karena lagi ga konsen mikirin mau ikut tour apa di hari kejepit bulan depan.

Jadi Riddick score-nya saya beri 7 saja.

Advertisements

4 Responses to "Riddick – Still Prefer Dominic Toretto"

Riddick salah satu tokoh favoritku sih. Dan film terbarunya ini sudah kutunggu sejak kapan tahun tapi berhubung ga ada bioskop di Aceh, yah tunggu torrentnya aja. Hahahaha…
Btw, aku mempertanyakan hal yang sama, kenapa di setiap film itu selalu ada aktor dengan peran yang menyebalkan dan ga penting yang membuat cacat film. :/

Hi Mas..
Betul, bingung ya kenapa sih tokoh antagonis mesti dibuat berlebihan bgitu? Bikin film jelek aja..
Yo wis ditunggu film Riddicknya 😀

Wah..belon nonton.Ni terusannya yg chronicle of riddick ntu?
Eits..salim dulu ^ ^ met kenal.

Iya sepertinya lanjutannya 🙂 aku ga nnton yg sebelumnya.. salam juga 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,714 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Fell in love with the name first, followed by the food. New place in Wahid Hasyim, Tanah Abang. Nice place, good food, small portion, a bit pricy but very recommended! @pardonmyfrench.jkt
.
*brb, need to go to Mcdonald
.
#pardonmyfrench
#pardonmyfrenchjakarta
#review
#restaurant
#cafe
#lunch Can u believe it? The traffic was mad. Lady Ai2 was sleeping aaand.. I opened the app and playin' this again the whole time from Jelambar to Karet! I know it's pretty embarassing but 8 new monsters caught in 40' and they're super cute. No regret! I really miss the euphoria!
.
#pokemon
#game Felt so yellow here. Somehow don't really feel like homey.
.
#cafemilano
#caffemilano
#gi
#coffee With Aimee and Kuku @ye_23ly 😎
.
#aimee
#aimeelynn
#family 
#temukangen
#greyhound 
#gi Selalu berjodoh dengan tempat ini. 3rd time in a month
.
#greyhound 
#gi
#coffee
#mangostickyrice Ayam tulang lunak 🍗🍗
.
#ayamtulanglunak
#hayamwuruk
#greenville
#lunch
#food Natural disaster is my kind of movie
.
#geostorm
#movie
#fridaynite
#cinemaz
#cineplex
#grandparagon Kids mode ini kece banget! I've been Samsung loyal customer but never realized of this feature before.
.
#baruexplore
#samsung Yummy!!
.
#cassis
#cassiskitchen
#marshmallow
#gulali
#food
#instafood Tutor Time trial
.
#tutortime
#pluit
#aimee
#aimeelynn 
#preschool
#toddler
@tutortimepluit Topic of the day : Anak n cruise 😁
.
#reunion
#greyhound
#aciauvinnie
#friends Come back here because this is lumayan enak
.
#gopek
#gi
#indonesian
#restaurant
#lunch Situation : classic place plus little playground in the form of pirates ship. Usually rame and sering di-reserved buat acara so better call first before you come
.
#harlequinbistro 
#kemang
#restaurant
#classical
#cafe Nice place tapi banyak nyamuk
.
#harlequinbistro
#kemang
#restaurant
#cafe
#breakfast
#classic Freak out of bubbles 🤣
.
#littlejack
#trial
#aimeelynn
#emporium
#bubbles Closest comparison with be with #magal. Side dish perspective I'd prefer Magal but the rest, @seoseogalbi_id is the champion. Nice and quite spacious place, friendly waitress, super juicy pork belly and of course their superb Seo Seo Galbi. Suka!
.
#seoseogalbi
#korean
#koreanbbq
#pik
#food
#instafood #zoomov time! Anak ini tegang banget tiap nyobain mainan baru 🤣
.
#aimee
#aimeelynn
#daughter
#kids
#kidsplay Just can't resist their mango flavor cheese cake
.
@chizukek
#cheesecake
#somplak
#chizukek
#mango
#mangocheesecake Nasi Krucil @district7.coffee 
#nasikrucil
#district7coffee
#pik
#camilan
#nasi Minutes of serenity - I want to spend more time here in silence. Felt so relax and refreshed. Don't go for food here. Seek for peace, you will find it. 
#thepier 
#thepierbykalaha 
#pier
#serenity
#evening
#windy
#relax

Blog Stats

  • 460,064 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

September 2013
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
Jia Effendie

author, editor, translator, and literary agent

Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain's Personal Blog

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

Pemintal rindu yang handal pemendam rasa yang payah

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: