Fanny Wiriaatmadja

Percy Jackson – Sea of Monsters

Posted on: August 27, 2013

   images

Merasa diri bukan remaja lagi, film ini jelas jadi urutan ke sekian dalam top list must watch bulan ini. Coba aja liatin pemeran-pemerannya yang ‘anak kecil’ semua. Napsu dikit juga kaga sama para brondong penuh adrenalin itu. Tapi sebagai penggemar sejarah yang memang demen sama mitos-mitos Yunani dan Romawi, akhirnya tentu saja film ini ditonton juga, horeee..

Ngelanjutin sedikit dari film pertamanya, di awal dijelasin tentang empat sekawan anak manusia campuran (hasil perkawinan dewa-dewa ga ada kerjaan dengan manusia/makhluk lain) yang berusaha menyelamatkan diri dari kejaran Cyclops (monster bermata satu mirip Troll) dengan masuk ke camp khusus tempat tinggal manusia campuran. Sayang satu dari mereka tewas karena berusaha menjadikan diri umpan guna menyelamatkan tiga orang temannya. Nah supaya bisa tetap ‘hidup’, Thalia, si anak Dewa Zeus yang tewas itu, akhirnya ‘diubah’ oleh Zeus menjadi sebuah pohon raksasa anggun yang sekaligus berfungsi sebagai perisai pelindung camp tempat tinggal anak-anak campuran itu. Ceritanya supaya tidak ada lagi korban yang jatuh seperti Thalia dan anak-anak campuran itu bisa hidup dengan tenang dan damai di camp. Zeus, biarpun menebarkan benih di beraneka-ragam wanita di seluruh dunia, ternyata tetap sayang dan perhatian sama anak-anaknya. Tapi apakah kalian mau menjadi anak dewa penuh nafsu maksiat, saudara-saudara? Saya sih tidak..

Oh ya empat sekawan itu adalah Percy, Anabeth, Grover dan Luke. Di sekuel pertama dikisahkan bagaimana Luke ‘membelot’ dan menjadi musuh dari Percy (kalo’ ga salah). Intinya pokoknya Luke sekarang jadi jahat deh, sehingga sekarang empat sekawan menjadi trio saja.

Days gone by, dikisahkan sekarang anak-anak itu sudah bertumbuh dewasa. Kehidupan di camp manusia campuran berlangsung normal, sampai kemudian datang seorang Cyclops remaja bernama Tyson yang tak disangka merupakan saudara tiri dari Percy alias anak dari Dewa Poseidon juga, sama seperti Percy. Keanehan khas Cyclops dengan mata satunya membuat Tyson menjadi makhluk aneh di camp itu, bahkan kawanan Percy dkk. terutama Anabeth, masih menjaga jarak dengan Tyson. Apalagi Anabeth ceritanya masih ‘kepahitan’ karena dulu menyaksikan sendiri bagaimana seorang Cyclops membunuh sahabatnya, Thalia.

untitleddgdgd

Beberapa waktu setelah kehadiran Tyson, sebuah banteng buatan menyerbu camp mereka dengan menghancurkan pertahanan dari Pohon Thalia yang sebelumnya tidak pernah bisa ditembus oleh musuh. Terjadilah huru-hara, tiga sekawan ditambah Tyson dan Clarisse, anak paling kompetitif dan jagoan di camp, berusaha mengatasi serangan si banteng. At the end Percy berhasil menghancurkan banteng tsb., yang ternyata di akhir diketahui adalah ‘kiriman’ dari Luke si jahat yang tujuannya adalah… deng-deng, gw juga gatau. Untuk apa ya? Sepertinya untuk sekedar menghancurkan camp aja sih. Mungkin lagi kepengen aja gitu ngancurin sesuatu di waktu senggangnya. Bantengnya juga kok kayak bohongan banget ya? Bak animasi jadi-jadian. Gak indah kayak bantengnya Kenny Rogers (haa?)

Anyway jadilah si Pohon Thalia rusak total dan mati karena diracunin dan diancurin sama si banteng dan kroninya, si Luke. Seisi camp sedih total dan berduka, dan sekarang pertahanan camp mereka dalam keadaan darurat-super-siaga karena bisa dibilang sangat rentan terhadap serangan apapun.

Anyway lagi, pas Luke ketemuan sama Percy head to head beberapa saat setelah di banteng hancur, dia sempet ’ember’ ngasitau Percy soal suatu ramalan rahasia, yang isinya adalah.. gw juga lupa detailnya. Intinya, garis besarnya, seorang keturunan Dewa Utama (Zeus, Poseidon dan Hades) yang tidak diketahui entah siapa, dalam renggang usianya sampe 20 tahun akan ditakdirkan either menjadi penghancur atau penyelamat Olympus. Dan, Olympus itu adalah… mmmm sepertinya adalah sebuah term untuk menyebut universe/dunia saat itu.

Nah, terkait ramalan itu, ternyata di camp itu cuma Percy yang adalah keturunan langsung dewa-dewa utama (Poseidon) sehingga hampir pasti ramalan itu adalah untuk Percy. Cara menghancurkan/menyelamatkan Olympus adalah dengan menghadapi Dewa Kronos. Itu loh, Kronos, bapaknya para dewa utama itu, yang ternyata super jahat dan rakus suka menyantap apa saja termasuk anak-anaknya sendiri. Untung trio dewa utama itu super kuat sehingga bisa menghancurkan Kronos di masa lalu. Tapi dalam ramalan itu, dikatakan juga bahwa Kronos ditakdirkan untuk bangkit. Lah kalo gitu buat apa diancurin ya, toh nanti bangkit lagi.

Kemudian, terkait dengan proses menghancurkan-menghancurkan Kronos itu, juga dibutuhkan sebuah selendang (atau kain ya?) kuning ajaib yang bisa menyembuhkan/membangkitkan apa pun. Percy dkk. membutuhkan kain itu untuk menghidupkan kembali Pohon Thalia supaya camp mereka bisa terlindungi lagi. Luke si penjahat juga ternyata mengejar kain itu karena ceritanya dia mau membangkitkan Kronos, gatau buat apaan. Mungkin butuh temen main petak umpet. Jadi entah kenapa deh semuanya serba kebetulan dan coincidence banget serta tumpang tindih antara kain kuning, banteng, ramalan, Luke, dll. Ini gw-nya yang memang ga sanggup mencerna kerumitan film remaja atau memang filmnya yang memang berantakan ya?

Si pemimpin camp kemudian menugaskan Clarisse, si super jagoan, untuk mencari kain pel, eh kain ajaib kuning itu. Percy dkk. (Percy, Anabeth, Grover dan Tyson) juga mau nyari benda yang sama, alasannya selain membangkitkan Pohon Thalia, juga karena terkait dengan si ramalan (gatau mau ngapain, maaf gw ga gitu ngerti), dan pingin menghalangi niat Luke yang mau membangkitkan Kronos.

Petualangan mencari kain kuning dimulai dengan kronologis kira-kira sebagai berikut :

*  Numpang Mobil Setan (kayak model taxi gaib) super ngebut tanpa aturan sampai diturunin di ke Washington D.C karena duit mereka ga cukup (untung sempet dapet petunjuk berharga tentang koordinat Seas of Monster tempat kain kuning berada dari tiga nenek-buta-super-berisik pengendaranya dengan imbalan bola matanya dibalikkin supaya bisa ngeliat lagi). Annoying banget dengerin nenek-nenek ini ngebacot tanpa titik koma. Seandainya bisa fast-forward. Di scene ini entah kenapa, jadi teringat juga dengan Harry Potter, Hermione dan Ron serta mobil terbang mereka.

imagesCAL78A1S

* Mencari informasi tentang keberadaan Luke melalui ayahnya Luke (dewa apa ya, aku lupa), plus dimodalin dua senjata untuk mengeluarkan angin dari segala arah plus untuk melenyapkan benda/material apapun. Semua pertemuan ini adalah scene yang membosankan buat gw, karena lagi-lagi harus ngedengerin orang ngoceh tanpa henti. Pengen beli plester permanen aja rasanya.

* Memburu Luke yang sedang berlayar ke Sea of Monsters untuk menemukan si kain ajaib, kemudian ditangkap dan dipenjara sama Luke. Untung berkat benda-benda dari papanya Luke, mereka berhasil menyelamatkan diri dan berlayar dengan sekoci penyelamat hasil curian dari kapal Luke. Luke sempat mengejar mereka, cuma sepertinya dia lupa bahwa sekarang mereka mainannya di ‘laut’ alias daerah kekuasaan Percy & Tyson, anak Poseidon. Ya kalah lah dia.. Banyak scene konyol deh sepanjang cerita di kapal Luke ini.

* Menghadapi ancaman-ancaman yang ada di Sea of Monsters termasuk duyung dan Cyclops jahat penjaga kain kuning. Kain kuning saja ternyata punya baby-sitter, saudara-saudara, berbeda dengan kita yang tidak punya pembokat apalagi di periode lebaran.

imagesCAORFOY9

Dan masih banyak lagi,,

Terkait dengan si kain kuning, ternyata untuk mendapatkannya dari Cyclops penjaganya, katanya kita harus membawa satu makhluk yaitu Satir. Maaf lupa juga kenapa harus bawanya Satir. Anyway si Grover kan seorang Satir tuh, jadi Luke menculik Grover untuk memuluskan jalannya mendapatkan kain kuning. Jadi, tugas Percy dkk. pun bertambah, yakni menyelamatkan Grover juga. Di tengah jalan mereka juga bertemu rombongan Clarisse yang stuck di Segitiga Bermuda dan ditolong oleh papanya, Dewa Perang, dan bergabunglah mereka. Sementara persaingan yang ada di antara mereka pun dikesampingkan dulu, walaupun mulut Clarisse masih ga bisa berhenti ngoceh, ngomel dan complain. Banyak sekali tokoh yang lebar mulutnya di atas rata-rata di film ini, salut.

Akhirnya nyampelah mereka nyampe di satu pulau di Sea of Monsters, dan berhasillah mereka menemukan Grover dan si Cyclops penjaga kain kuning, kemudian merebut kain kuning dengan cara menipu si Cyclops raksasa yang punya pandangan terbatas secara matanya cuma satu. Eeh ternyata Luke dan gerombolan juga udah stand-by di sana, dan direbutlah kain itu. Terus Luke juga membunuh Tyson dengan cara mendorongnya ke jurang, sampai Percy langsung shock dan super sedih karena merasa selama ini belum baik-baik sama adiknya itu. Typical banget deh.

Terus Luke ternyata sudah punya peti tempat abu/tulangnya Kronos (gatau dari mana, mungkin hasil menang doorprize BCA). Luke menaruh kain kuning itu di atas peti, berniat membangkitkan Kronos. Gw agak lupa gimana urutannya, tapi tau-tau si Tyson muncul lagi alias ‘bangkit’ dari kematian karena ditolongin sama papanya si Poseidon. Bukannya cepet-cepet ditarik kainnya supaya ga membangkitkan Kronos lagi, Percy dan Tyson malah peluk-pelukan penuh damba dan haru, pake berdialog panjang lebar segala lagi. Ya ampun, sempet-sempetnya Kronos dicuekkin.. Selamatin dunia dulu atuh, bocah! Beberapa menit kemudian baru mereka ngeh dan cepet-cepet ambil kainnya dari peti itu, tapi semuanya udah terlambat dan bangkitlah Kronos dengan segala kejahatannya. Jadi intinya Kronos bangkit karena sebuah kebodohan.

Percy dkk. pun harus bertarung menghancurkan Kronos. Bag big bug, brantem sana-sini, lempar-lemparan, lompat-lompatan dan seribu atraksi lainnya, akhirnya tadaaa Kronos pun hancur. Cepet banget deh serasa hanya cebok saja. Ternyata, Kronos itu gampang sekali dihancurkannya loh. Remaja seperti Percy bisa menghancurkannya dengan mudah, dengan sebuah pedang keramat. Luar biasa! Oh iya Luke yang udah mati-matian ngasitau Kronos bahwa dialah yang berjasa membangkitkan Kronos, malah dimakan sama Kronos. Yaiks, pasti sakit hatinya luar biasa sampe ke akhirat sana.

imagesCARP7LWO

Ya sudah begitulah pokoknya at the end semuanya happy ending dan Pohon Thalia berhasil dihidupkan kembali dengan menggunakan si kain kuning, bahkan saking dahsyatnya efeknya, Thalia-nya sendiri hidup lagi! Si pemimpin camp tau-tau juga ngasihtau Percy bahwa si ramalan belum tentu merujuk pada Percy yang menghancurkan Kronos. Biisa aja di masa depan masih ada case-case lain secara Percy kan belum umur 20 tahun seperti disebutkan di ramalan, dan dengan bangkitnya Thalia anak Zeus, berarti si ramalan belum tentu bicara tentang Percy alias jangan-jangan keturunan dewa utama yang dimaksud si ramalan adalah Thalia. Nah lo! Jadi siap-siaplah eneg-eneg lagi menyaksikan sekuel ketiga dari Percy Jackson.

Kesimpulan : Alur ceritanya lemah, penuh ketidakmasukakalan, tokoh antagonis yang kurang keren (baca : Luke), scene yang bikin gregetan dan bikin pengen pasang icon nguap di BB. Sekian.

Score : 6

2 Responses to "Percy Jackson – Sea of Monsters"

Alurny lambat mungkin ya.. Kalo ga masuk akal ya namanya juga film mitos,hihi.lumayanlah buat hiburan:)

Iya sih sejelek-jeleknya tetep lumayan buat ngisi waktu😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

<<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplusteh70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi 😑😑😑😑😑😑😑😑😑 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah 🎂

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❤👪❤ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue 😗

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan 📷 : @lieta73 😀 Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake 🎂 by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? #aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella Aimee 1st cake 🎂 🎂 @colettelola

#masihedisiulangtahun #aimee #birthday #1yearold #baby #cake #coletteandlola #chocolate Happy Birthday Aimee 🎂

#masihedisiulangtahun #aimee #birthday #1yearold #baby #changthien #keluargakaret #perayaanbatchpertama #greendresscode Happy birthday sweetheart 😀

Even the power of words (whom I trust the whole of my life) can't describe how I feel for this 1 year journey. 
It's a mixed of rollercoaster jaw-dropping, calming and peaceful feeling from rain and soil smell, soap opera laugh and tears, and so on.. Oh, and one thing for sure I know now what is heavy backpain and sleepless night, lol.. Mommy and Daddy woof you berry berry munch, sweet lil' monster.. Thank you for making me a better person, someone I never knew I could be.. ❤👪 #aimee #birthday #1yearold #baby #perayaanbatchpertama #chsngthien #bihunikanpalingenaksedunia #celebration #dinner #family Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak 🐄🍴🍽 #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo 😂

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design

Blog Stats

  • 405,266 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

August 2013
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: