Fanny Wiriaatmadja

Movie Review : The Bay

Posted on: August 23, 2013

Β MV5BMjAxODQ1MTEyMl5BMl5BanBnXkFtZTcwNjU3NzM0OA@@__V1_SY317_CR0,0,214,317_

The Bay adalah film mockumentary (*baru google nih istilahnya huahaha, dan dengan bangga mempergunakannya di sini tanpa terlalu ngerti artinya) yang cukup mengundang rasa gimana-gimana dalam hati, apalagi selepas menontonnya.

Dibawakan dengan metode utama ‘reportase’ dari seorang wartawati dan cameramen-nya didukung source-source lain seperti handycam, youtube, handphone memory, CCTV, kamera pengawas dan lain sebagainya, film ini bercerita tentang hancurnya ketentraman sebuah kota indah di yang terletak di tepi teluk Chesapeake, Maryland, disebabkan karena rusaknya keseimbangan ekosistem yang dipicu oleh kotoran dari perternakan ayam yang ada di kota itu. Steroid yang terkandung dalam berton-ton kotoran ayam yang dibuang ke teluk setiap tahunnya menyebabkan organisme isopoda di bawah teluk tersebut tumbuh sangat cepat dan bermutasi menjadi makhluk penghisap darah yang menyeramkan. Bermulai dari menyantap ikan-ikan yang ada di teluk, aksi para isopoda semakin lama semakin meluas dengan memakan korban manusia, satu demi satu.

4 Juli, pada perayaan / festival hari kemerdekaan di kota itu, serangan isopoda mencapai puncaknya. Satu demi satu korban berjatuhan, dimulai dengan gejala bentol dan ruam menyeramkan yang disebabkan oleh air yang tercemar isopoda. Rumah Sakit mulai didatangi beratus-ratus pasien histeris yang tak bisa tertangani dengan baik terkait keterbatasan sumber daya di situ. Komunikasi dengan pihak pusat untuk mendapatkan bantuan penyelidikan tentang penyebab penyakit ini juga dilakukan, tapi mengalami kebuntuan. Dan bukan hanya menyebabkan bentol-bentol yang menyeramkan di seluruh tubuh dan wajah, isopoda tersebut juga menyantap, menggerogoti dan menghancurkan tubuh manusia dari dalam.

the-bay-outbreak

Film ini dikisahkan seolah benar-benar terinspirasi dari cerita nyata, dengan statement-statement di awal “pemerintah menyembunyikan kasus ini sejak tahun 2009” dan “seluruh alat perekam, kamera dan apapun itu ditarik dan dihancurkan oleh pihak berwajib untuk mencegah terpublikasinya kasus ini” serta “video unggahan di Youtube dihapuskan”, dll. Cerita terbentuk seolah peristiwa ini benar-benar terjadi, dan bahwa di akhir, seorang wartawati yang selamat akhirnya membongkar kisah mengerikan ini dengan mengumpulkan berbagai sumber yang tersisa.

Menyenangkannya menyaksikan film ini :

1. Metode penceritaan yang unik, seperti yang saya sebutkan di atas. Belum lagi aneka source yang saling melengkapi, yang seolah berhasil dikumpulkan kembali oleh si wartawati, yang menampilkan kejadian di tanggal 4 Juli itu dari berbagai sudut pandang, mulai perspektif video sebuah keluarga yang bahagia yang sedang berkunjung ke Chesapeake untuk melihat kembang api selebrasi kemerdekaan, video dua orang ahli organisme maritim yang pertama kali menemukan keberadaan isopoda itu dan kemudian terbunuh oleh makhluk yang sama, video handphone seorang gadis kecil yang menjadi korban, yang terus berkomunikasi lewat video dengan temannya di detik-detik terakhirnya, unggahan Youtube dari seseorang yang menyelidiki tentang peternakan ayam yang menjadi pemicu terjadinya semua bencana ini, video dokter di Rumah Sakit yang berusaha mencari bantuan dari pihak otoritas yang lebih tinggi, kamera mobil polisi yang berusaha menolong korban-korban yang berjatuhan tapi kemudian terbunuh juga oleh para isopoda, dan tentu saja kamera si wartawati sendiri beserta cameramen-nya. Semuanya benar-benar membuat cerita ini semakin real dan nyata..

2. Ceritanya yang menyeramkan, dimana butuh mental cukup tough untuk menyaksikan segala macam cipratan darah, muka dan tubuh korban yang serba hancur, ruam-ruam dan bentol-bentol yang sangat mengerikan, dan lain-lain. Menyeramkan! Dan yang lebih hebat, sensasi menyeramkan ini tetap tinggal sampai film selesai dan kita keluar dari ruangan bioskop. Even sampai malam menjelang tidur, saya masih belum bisa mengenyahkan semua yang ditonton tadi. Efek dari bencana yang mengerikan tadi tetap tersisa sedikit di pikiran.

The_Bay_Isopod_2_10_24_12-1024x516

3. Tema cerita tentang bencana alam seperti ini memang menarik, apalagi dibuat sedemikian rupa sehingga kesan science dan ilmiahnya sangat kuat. I just love it, dan enjoy so much setiap scene penelitian yang dilakukan untuk mengungkap penyebab bencana ini, sedikit demi sedikit.

Yang agak mengganjal :

1. Tentu saja ketidakmasukakalannya, seperti bagaimana sang dokter bisa bertahan sekian jam sementara pasien lain begitu mudah tertular. Terakhir sang cameramen juga diceritakan mati di malam harinya, tapi proses penularannya tidak diceritakan. Dan bagaimana mungkin si wartawati bisa bertahan setelah seharian itu terus berkeliaran di daerah itu?

2. Endingnya terlalu cepat, mirip seperti World War Z yang hanya berorientasi pada proses cerita dan karena kendala waktu mempersingkat endingnya hanya dengan sebuah summary. Demikian juga dengan film ini, cerita ditutup dengan statement bahwa tim penyelamatan khusus kemudian mendatangi kota ini, melakukan karantina kota, melakukan proses negosiasi dan pembayaran untuk uang tutup mulut atas kejadian ini dan membunuh seluruh isopoda dengan menuangkan klorin ke seluruh teluk. Seolah semua masalah selesai dengan penyelesaian yang begitu mudah. Bagaimana dengan isopoda yang berkeliaran di darat? Banyak pertanyaan yang tidak selesai dan tidak terjawab di film ini.

Anyway apapun itu, film ini tetap menarik untuk disaksikan.

Score : 7.5

2 Responses to "Movie Review : The Bay"

Wah serem juga. Tapi penasaran juga sama yang disebut isopoda itu. Itu binatang? Bentuknya seperti apa?

Iya binatang.. mmmm susah jabarin bentuknya, tp yang pasti berbuku-buku gitu, agak membungkuk bentuk tubuhnya, dan di film ini diceritakan warnanya hitam.. hiiiy…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,697 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Refreshing morning view
.
#view
#morning
#bandung
#mercure
#nature
#familyholiday I must get it!!
.
#aimee
#minnie
#baby
#mercure
#bandung
#holiday
#family Christmas is everywhere 🌲
.
.
#christmas #christmastree #bandung #bandungtrip #aimee #transluxuryhotel #instatravel #instababy FAMILY πŸ‘¦πŸ‘§πŸ‘¨πŸ‘©πŸ‘΄πŸ‘΅πŸ‘ΆπŸ‘±
.
.
#family #bandung #bandungtrip #transluxuryhotel #familyportrait Tempatnya loetjoe. That's it.
.
.
#dinner #bandung #missbeeprovidore #chicken #instafood #food Aimee and Koko Kael at the kids club

#aimee #baby #kidsclub #transluxuryhotel #bandung #holiday #family #kids Swimming!! 🏊🏊🏊
.
.
#aimee #baby #swimming #bandung #bandungtrip #holiday #family #transluxuryhotel Get ready for Aimee 1st traveling experience. We tried the easy one first, Bandung :) #aimee #baby #traveling #jalan2 #longweekend #bandung #family <<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplustehpajakdll70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘ 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah πŸŽ‚

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❀πŸ‘ͺ❀ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue πŸ˜—

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan πŸ“· : @lieta73 πŸ˜€ Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake πŸŽ‚ by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? πŸ˜€

#aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella

Blog Stats

  • 405,732 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

August 2013
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: