Fanny Wiriaatmadja

Kids vs Adults : A New Standard to Be Applied (pls)

Posted on: July 29, 2013

SetWidth700-Parents-and-child2

What happens mostly di dunia orang tua dan anak, adalah penerapan standard yang (terlalu) sama rata dalam semua aspek hidup dan dunia yang sebenarnya totally different ini.

Maksudnya gini :

Sering kan liat anak bete, uring-uringan, marah-marah sendiri, dll? Sebagai orang tua biasanya respons normal adalah marahin, ngomel atau bales nge-bete-in balik (dengan embel-embel atau dalih untuk mendidik dan mendisiplinkan mereka). Sebenernya fenomena ini agak aneh sih, karena tanpa sadar kita sebagai orang tua jadi mengirimkan sinyal bahwa anak kecil ga boleh bete sama sekali, sementara orang tua boleh bete. Sekali mereka bete, bukan pengertian yang kita lancarkan, tapi malah seribu omelan. Padahal tindak-tanduk orang, baik itu orang dewasa maupun anak kecil kalo lagi bete ya sama aja. Nyebelin, marah-marah sendiri, ngerajuk dll. Tapi kenapa sesekali kita ga bisa ngertiin bahwa anak-anak kita juga manusia biasa, kayak kita juga, yang punya rasa, yang bisa bete, yang pingin dihibur dan dikolokkin kalo lagi bete, bukan cuma diomelin. Iya ga sih? Jadi kalo anak bete, jangan dicap ‘nyebelin’ atau ‘nakal’, tapi dingertiin sebabnya.

Kedua, soal ‘kenakalan’. Beberapa minggu lalu keponakan gw gratakkin lemari gw diam-diam tanpa sepengetahuan gw. Belakangan ketahuan pas gw notice bahwa letak barang-barang di lemari gw agak berubah. Karena ga ada tersangka lain, gw langsung tembak keponakan gw. Awalnya sih seperti biasa dia ga ngaku, ngeles sana-sini ga karuan. Tapi setelah didesak terus (*gw kan bengis kalo soal mojokkin orang), akhirnya ngaku juga dengan alesan standard, “ya abis aku ga ada kerjaan, jadi ya aku liat-liat isi lemari i’i..”

Kesel bukan kepalang rasanya saat itu, pingin ngamuk. Digratakkin lemarinya aja gw udah ga suka, ditambah emang gw orangnya posesif setengah mati terhadap barang apapun yang menjadi milik gw (plus campuran pelit juga sih), akhirnya ya marahnya jadi ga kekontrol deh.

Belakangan baru inget-inget bahwa waktu gw kecil pun, gw juga suka gratakkin lemari cici gw karena isinya yang menarik, termasuk pernah dengan nakalnya nyobain bra cici yang ternyata bakal dipake buat dia married. Dosa biang kepalang ini. Namanya juga anak kecil, cewek lagi, pengen dong ngerasain ‘punya’ sesuatu untuk ditangkup pake bra di dadaπŸ˜€

Selesai coba-coba dengan centilnya di kamar mandi (*ooo ternyata kayak gini rasanya pake bra.. biasa aja yah..), tuh bra gw cuci karena takut ketahuan cici, secara gw abis keringetan. Critanya sih takut cici curiga cium-cium branya kok bau keringat anak keren. Nah setelah dicuci besokannya (gw juga lupa) entah gw yang memang ga ngeh untuk balikkin bra-nya ke tempat semula, atau memang gw lupa balikkin lagi, intinya cici gw notice bahwa bra-nya hilang dan ada di bak cucian bersih. OMG kebayang ga sih marahnya kayak apa. Gw rasa itu adalah salah satu moment dimana gw dimarahin paling pol. Iya lah secara itu bra sakral yang disimpen baek-baek buat acara married nanti, eh dengan enaknya langsung gw perawanin, pake campur keringet segala lagi, haha.. (*kok malah bangga rasanya pas nyritain kayak gini). Mungkin kalo lagi itu gw adalah cici gw, gw akan bekep tuh adik gw yang laknat itu sampe tepar pake bra yang ud ga virgin lagi itu.

renda penuh pink ade diamond a

Dari situ baru mulai berasa deh, bahwa semua anak kecil pasti ngelaluin yang namanya fase nakal, kepo dan tangan-ga-bisa-diem. Jadi kita sebagai orang tua juga mestinya ‘maklum’. Bukan membenarkan ya, tapi lebih nasihatin atau lakuin pencegahan seperti mengunci lemari yang isinya privat. Gampang kan? Jangan sampe standard yang ga adil diterapkan lagi. Kita boleh nakal di masa kecil, tapi anak-anak kita ga boleh lakuin salah yang sama. Ga fair banget kan?

Pernah juga pas SD gw mecahin boneka keramik bergambar kelinci pas lagiΒ di supermarket, lagi-lagi gara-gara tangan yang gatelnya ampun-ampun, berakibat cici gw harus gantiin boneka itu dengan membayar ganti ke pemilik toko. Sialnya, itu cici-cici dan sepupu-sepupu ngeledekkin sepanjang hari bahwa harga bonekanya mahal sekali sampe jutaan. Katanya cici mesti dateng ke toko itu tiap hari untuk bantu nyapu ngepel karena ga punya duit. Sia’ul ternyata kena kibul mentang-mentang masih anak ingusan. Tapi tahukah kamu, saking menyesalnya, anak kecil nakal kayak gw aja sampe bisa tulis surat ke cici gw (*nulisnya sambil nangis-nangis loh) yang isinya minta maaf dan gw akan ganti duit buat bayar tuh boneka yang ud retak, nanti pas gw udah gede (*tapi tau sendiri kan sampe sekarang juga ga pernah gw bayar, haha).

Pas gw gede, cici kasih boneka itu ke gw buat kenang-kenangan. Sampe sekarang bonekanya masih ada, masih gw simpen, termasuk suratnyaπŸ™‚ Bener-bener surat konyol ala anak kecil, tapi unsur kenangannya dalem banget. Nah ga lucu banget kan kalo sekarang tiba-tiba misalnya anak gw atau keponakan gw jatuhin suatu keramik atau barang pecah belah lain, terus gw maki-maki saking malunya? Padahal dulu gw juga inget banget, cici gw ga maki gw sama sekali. Mungkin lagi hepi kali ya waktu itu alias gw cuma lagi hoki aja (*kebayang horornya pas diomelin gara-gara pake bra cici diem-diem tadi). Tapi apapun itu, come on, lo sendiri pernah ngelakuin dosa yang sama kok, why not give them a lil’ bit tolerance as you once expected when you were a child?

Ya itulah, yang namanya anak kecil pasti ada bandelnya, pasti lakuin ‘dosa’ dan lain-lain. Sekali-kali coba berkaca aja pas kita kecil untuk lebih bisa menghargai anak-anak kita.

Peristiwa ketiga terjadi pas bermobil bersama keluarga dimana adik gw nyetir. Namanya di mobil penuh anak kecil yang seumuran ya, tentu aja tuh keponakan-keponakan gw bawel nian, nyerocos ga berhenti, saling iseng, cekikikan, kelitik-kelitikan dll. Namanya juga macet, sang supir akhirnya sepertinya merasa darahnya masih di bawah sehingga perlu menaikannya dan memproklamirkannya menjadi ‘naik darah’, kemudian ngamuk dan marahin keponakan-keponakan karena dianggap berisik, ngeganggu dan mengurangi konsentrasi. Gw kok jadi agak panas ya ngedenger dia sembarangan marah gitu karena :

1. Adik gw sendiri juga pernah kecil, dan pasti waktu dia kecil, dia juga akan kayak gitu kalo berada di mobil bareng temen-temen yang sepantaran. Mungkin lebih brandalan lagi jangan-jangan.

2. Kalo nanti adik gw punya anak, anaknya juga pasti bakalan kayak gitu, rame dan cekikan berisik dalam mobil, apalagi pas lagi ga ada kerjaan dimana macet memang melanda.

3. Kalo’ nanti kita ud balik rumah dan ga ketemu keponakan-keponakan lagi, yang ada kita pasti malah kangen celotehan dan kelucuan mereka.

4. Logika aja, namanya juga anak-anak. Mereka kan kepikirnya cuma main, main dan main. Mana pernah ada mereka bisa berempati atau bertoleransi terhadap supir atau penumpang lain, saat sedang bermacet-macet ria? Lagian yang ngajak pergi siapa? Yang udah tau resiko pergi sama anak-anak siapa? Ga fair banget kan kalo pingin ajak pergi keponakan, tapi pinginnya mereka rapi, diam total dan tenang? EH kalo mau begitu, ajak pergi pacar lo aja sana, jangan ajak pergi ponakan. Sama ponakan sendiri aja ga bisa beroleransi, ga bisa melihat dengan perspektif yang lain, gimana bisa ngeliat problem/ hal besar lainnya?

Nah setelah puas ngoceh panjang lebar gini, mau menyampaikan aja nih bahwa intinya jangan sampe emosi tuh bikin kita jadi ‘lupa diri’ dan nyakitin hati anak-anak kita, apalagi kalo sebenernya again kita bisa bercermin pada diri kita sendiri pas kecil. Yuk mulai bertoleransi dan terapkan standard yang baru terhadap anak-anak kita. Inget loh mereka kan juga manusia. Kita yang ud pernah ngejalanin ‘path’ nya mereka mestinya bisa memahami mereka dengan lebih baik.

Selamat bertoleransi pada anakmu!

2 Responses to "Kids vs Adults : A New Standard to Be Applied (pls)"

Fan… keren deh pencerahannyaπŸ™‚

Hoaa thank youπŸ˜€

Leave a Reply

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

<<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplusteh70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘ 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah πŸŽ‚

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❀πŸ‘ͺ❀ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue πŸ˜—

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan πŸ“· : @lieta73 πŸ˜€ Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake πŸŽ‚ by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? #aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella Aimee 1st cake πŸŽ‚ πŸŽ‚ @colettelola

#masihedisiulangtahun #aimee #birthday #1yearold #baby #cake #coletteandlola #chocolate Happy Birthday Aimee πŸŽ‚

#masihedisiulangtahun #aimee #birthday #1yearold #baby #changthien #keluargakaret #perayaanbatchpertama #greendresscode Happy birthday sweetheart πŸ˜€

Even the power of words (whom I trust the whole of my life) can't describe how I feel for this 1 year journey. 
It's a mixed of rollercoaster jaw-dropping, calming and peaceful feeling from rain and soil smell, soap opera laugh and tears, and so on.. Oh, and one thing for sure I know now what is heavy backpain and sleepless night, lol.. Mommy and Daddy woof you berry berry munch, sweet lil' monster.. Thank you for making me a better person, someone I never knew I could be.. ❀πŸ‘ͺ #aimee #birthday #1yearold #baby #perayaanbatchpertama #chsngthien #bihunikanpalingenaksedunia #celebration #dinner #family Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak πŸ„πŸ΄πŸ½ #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo πŸ˜‚

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design

Blog Stats

  • 405,266 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

July 2013
M T W T F S S
« Jun   Aug »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

