Fanny Wiriaatmadja

Wolverine : When The Superhero Becomes A Cheesy One

Posted on: July 26, 2013

   the-wolverine-2013-wallpaper-1-300x187

Baru minggu-minggu lalu saya tahu ada film Wolverine (padahal biasanya lumayan update soal film-film yang ngantri mau turun unjuk performa). Promosinya sepertinya kurang gencar dibanding sepupunya Iron Man atau (apalagi) Despicable Me. Kebanting abis deh Wolfy dibanding Minion.

Anyway ga mungkin kan melewatkan another series from Marvel? Jadi date-lah gw dan Nadia di sebuah hari Kamis. Saat pasangan lain berasyik-masyuk, kami berdua melarikan diri dengan gadget di pangkuan kami masing-masing :p

OK jump into the story, sepertinya Wolverine adalah salah satu tokoh Marvel tergalau yang sampai di terbitnya film ini, masih terus konsisten dengan kemurungan, frustrasi dan depresinya, apalagi ditambah mimpi-mimpi buruk dengan sosok Jean yang selalu menghantuinya (*Jean siapa sih, lupa saya juga).

Saat bom nuklir yang dahsyat jatuh di Nagasaki, Jepang, Logan menyelamatkan seorang perwira Jepang bernama Yashida yang tidak berani melakukan harakiri seperti perwira Jepang lain (di sini produser sudah memperlihatkan karakter takut mati dari perwira yang satu ini) dengan bersembunyi dalam lubang bawah tanah tempat (tadinya) Logan dikurung dan diikat sendirian. Dalam lubang tersebut, Yashida juga melihat dengan kepala sendiri ‘keunikan’ Logan yang bisa menyembuhkan diri secara alami dari luka-luka yang dialaminya, sekaligus juga mengetahui keimortalan Logan. Peristiwa penyelamatan itu selalu membekas dalam benak Yashida yang menganggap Logan sebagai pahlawannya.

Di goa-goa di pegunungan tempatnya mendekam berpuluh-puluh tahun kemudian untuk menyepi dalam frustrasi, Logan bersahabat dengan seekor beruang Greezly yang kemudian mati dibunuh sekelompok pemburu iseng dengan menggunakan film beracun. Emosinya yang tidak stabil mendorong Logan untuk (nyaris) membunuh para pemburu itu, sebelum tiba-tiba datang seorang gadis samurai Jepang bernama Yukio yang ternyata adalah cucu angkat dari Yashida, dan ternyata bisa melihat masa depan. Yukio diutus untuk membawa Logan ke tempat Yashida yang sekarang sudah tuwir. Ikutlah Logan dengannya menemui Yashida tua yang ternyata sudah berhasil menjadi raja bisnis di Jepang saat itu, yang ceritanya di ujung ajalnya hendak mengucapkan salam perpisahan pada Logan, sang penyelamat dirinya. Terbanglah mereka bersama ke Jepang, ke kediaman Yashida yang dijaga ketat kayak celana dalam kekecilan karena sebagai taipan Jepang, banyak ancaman dari Yakuza dan musuh-musuh lainnya.

The Wolverine

Sampai di sana ternyata tujuan sebenarnya bukan hanya sekedar ingin mengucapkan perpisahan belaka (*iye lahhh ngapain juga ngirim Yukio keliling dunia nyariin Logan hanya untuk cipika-cipiki say goodbye sebelum ke akhirat), tapi ada maksud tersembunyi (*teng-tengggg!!) dari Yashida yang ingin ‘menukar’ kefanaan dirinya dengan keabadian Logan. Mengetahui bahwa Logan memang frustrasi dengan keimortalannya, Yashida berusaha memanfaatkan itu, sehingga dengan dalih pura-pura baik ingin membantu memenuhi impian Logan, dimintanya keabadian Logan itu. Cara bertukarnya nanti adalah dengan menggunakan teknologi yang dimilikinya di Yashida Corp. Sayangnya sefrustrasi-frustrasinya Logan, dia tetap menolak untuk dimaanfaatkan seperti itu.

rs_560x415-130327085118-1024_wolverine_ls_32713

Di malam yang sama Logan juga ‘berkenalan’ dengan cucu kandung satu-satunya kesayangan Yashida, yakni Mariko (*teringat namanya yang mirip-mirip dengan Happy Marichan, Lovery Marichan, Silver Toe Shoes Marichan dll.), yang merupakan sahabat dari Yukio juga. Logan juga bertemu dengan dokter pribadi Yashida yang ternyata merupakan mutan juga, seorang cewek cantik yang memanfaatkan senjata racun dan dijuluki Viper, serta anak dari Yashida (ayah Mariko) yang jahat dan serakah serta ingin merebut hak waris dari anaknya sendiri, Mariko..

Malam yang sama juga saat Logan datang, tak lama setelah bertemu dengannya, Yashida pun menghembuskan nafas terakhirnya. Gegerlah seluruh Jepang.

Keesokannya dalam upacara pemakaman khusyuk ala Jepang, terjadi serangan oleh Yakuza yang ingin menculik Mariko sebagai ahli waris Yashida. Terjadilah perkelahian dan kejar-kejaran seru sampai ke shinkanzen, kereta cepat Jepang. Logan yang jiwa heroiknya super tinggi tentu saja berusaha melindungi Mariko. Dari kejar-kejaran itu mereka berdua kemudian merhasil meloloskan diri dan bersembunyi di kediaman keluarga Yashida di Nagasaki. Di situ Logan menemukan kembali lubang persembunyian tempatnya berlindung bersama Yashida jaman bom Nagasaki (*CLBK deh). Dan jangan lupa karena beberapa hari selalu bersama berdua, terjadilah percikan-percikan cinta lokal antara Logan dan Mariko-Chan (atau hanya one night stand, ga jelas). Hmmh dasar lelaki, tau aja mana yang lebih cakep antara Mariko dan Yukio.

The Wolverine

Selama pelarian, terjadi sesuatu yang aneh, dimana luka Logan tidak bisa pulih dengan sendirinya seperti biasa, entah kenapa.. Ia kini menjadi sosok yang rapuh dan tidak lagi imun terhadap serangan dan senjata, sampe perlu dioperasi oleh seorang dokter hewan.

Ketika bersembunyi, pihak ayah Mariko mengetahui lokasinya dan menculiknya kembali, membawanya ke rumah, berusaha merebut hak warisan, dibantu dengan tunangan Mariko, Menteri Keadilan (pertunangan yang terjadi atas upaya paksa ayah Mariko untuk melebarkan koneksinya di dunia politik). Logan dan Yukio pun mengejar Mariko ke rumah kediaman Yashida, namun Mariko sudah diculik kembali oleh para Yakuza yang ternyata ditunggangi oleh dokter pribadi Yashida yang jahat, Viper. Bahkan ex pacar Mariko pun berhasil dipengaruhi oleh Viper untuk turut bekerjasama menculik Mariko.

Dalam perjalanan mereka, lewat mesin rontgen yang dipakai oleh Yashida di kamar perawatannya, Logan berhasil melihat dan mengetahui bahwa seekor binatang penghisap darah telah disisipkan ke jantungnya, dan itulah penyebab mengapa semua lukanya tidak pernah bisa sembuh lagi selama ini, dan otak semua itu adalah Viper. Dengan upaya nekatnya, Logan merobek dadanya dan diambilnya binatang itu dari jantungnya. Kekuatannya pun kembali normal.

Mariko kemudian dibawa ke puncak gunung tempat penelitian Yashida Corp., dimana terdapat sebuah robot samurai raksasa yang ternyata berisi Yashida, yang di ambang kematiannya berhasil diselamatkan oleh Viper, dan tetap terobsesi untuk memiliki kekuatan dan keabadian Logan. Logan dan Yukio pun menyusul kembali, berusaha menyelamatkan Mariko. Berhasilkah mereka? Bagaimana upaya mereka yang harus menghadapi Viper si dokter mutan, ex pacar Mariko yang seorang pemanah jitu serta Robot Yashida sendiri yang hendak menyerap kekuatan Logan dengan paksa untuk menjadi imortal? Demikian sekilas tentang cerita sekaligus spoiler dari Wolverine.

Jangan berharap banyak pada film Wolverine ini ya, karena selain agak datar, ceritanya menurut saya cukup ga make sense dan the main problem yang bikin gerah mungkin adalah “Motif”. Lack of motive banget ni film.

1. Seorang Logan yang dingin, yang hanya 1x bertemu seorang Mariko, bisa ikut melibatkan dirinya dalam upaya penyelamatan Mariko dari pihak Yakuza, padahal sebelumnya Logan mati-matian ga pingin ke Jepang (apalagi setelah mengetahui niat jahat Yashida). Motif apa yang membuatnya bisa begitu kepo ikutan menolong Mariko mati-matian sampai mengorbankan dirinya, padahal dia bukan siapa-siapa, tidak punya hubungan apapun dengan Mariko dan keluarganya, tidak berkepentingan apa-apa, dan tidak ada seorangpun yang meminta bantuannya? Bukan hanya sekedar menyelamatkan Mariko, tapi dia juga menginterogasi Mariko tentang background penyerangan, nanya ini-itu dan masih banyak lagi, yang intinya “ikut campur to the max”. Apakah hanya sekedar karena sifat kepahlawanannya? Atau memang ada rasa sejak awal? Bener-bener motif yang ga jelas.. Superhero kok jadi ‘kacangan’ gini sih T_T

2. Rasa yang timbul antara Mariko dan Logan juga ga terlalu terlihat dengan jelas. Tau-tau langsung ‘jadi’ aja.. proses kebentuknya ga terlalu kelihatan menurut gw.

3. Sosok si penjahat, Viper, ga bisa dibuat lebih jelas lagi ya? Maksud gw dari awal aja begitu liat tampang dia, kita penonton langsung tahu bahwa ni cewek pasti jahat. Segala tampang, ekspresi dan gerak-geriknya semuanya udah eksplisit banget nunjukkin itu. Bisa ga sih dibikin sosok penjahatnya yang lebih ‘elegan’ dan berkelas?

THE WOLVERINE

4. Mariko-nya sendiri aktingnya juga standard banget, apalagi pas scene dimana dia lagi disekap sama ex pacarnya dan Mariko teriak-teriak mau melepaskan diri, dimana dia mestinya nunjukkin emosinya. Tapi yang ada cuma kayak baca skenario dengan datar gitu. Anyway biarpun aktingnya ‘kurang’, bahasa Inggrisnya cukup bagus dan dia juga sangat manis deh, ga terlalu cantik tapi enak diliat. Dan badannya ya ampun, tipisnya kayak tissue basah. Sampai kayak 2 dimensi rasanya, saking ‘gepengnya’.

5. Tokoh si ex pacar juga agak ga jelas. Dari tau-tau jahat, eh abis ditipu dan ditusuk Mariko, bisa tau-tau jadi baik dan langsung nolongin mereka berdua. Motif apa yang mendorong dia berubah begitu cepat?

6. Motif Viper sendiri sebagai penjahat juga ga ke-detect dengan jelas. Dia memang dokternya si Yashida, dan dia nolongin Yashida untuk mencapai keinginannya menjadi makhluk imortal. Tapi sebenernya what’s the point? Kalo dia mau bunuh Yashida juga sebenernya bisa-bisa aja.. Kalo dia mau nguasain dunia sendirian, juga bisa-bisa aja.. Kalo dia mau ngeraup banyak duit dengan penemuan dan kesadisannya, itu juga bisa banget. Jadi sebenernya dia itu mau ngapain sih? Saya jadi ga ngerti juga.

7. Tokoh si tunangan yang brengsek dan suka selingkuh juga ‘standard’ ya karakternya. Too common, typical dan ga spesial lagi.

Itulah penilaian saya tentang film ini. Seperti typical karya Marvel lain, jangan lupa stay dan tunggu sampai credit title berakhir karena akan ada scene tambahan yang me-lead kita to the next sekuel.

Score : 7

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak 🐄🍴🍽 #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo 😂

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design Yg masak mau kawin tampaknya.. #bintanggading #pik #elanglaut #noodle #bakmi #pork #porknoodle #asinbangetyangdisini 😲😝😖😕 Tryin' this just now.. Agak kecewa.. rasanya flat banget dan ga ada wangi2nya.. istilah gw : rasanya cuma di lidah dan ga nyampe' ke hidung 😅

However teksturnya bener lembut dan agak basah, jadi gak seret kayak kue bolu.

Suggestion : mending rasa matcha-nya ketimbang original cheese cakenya. Rasanya lebih intense.

#fuwafuwa #cheesecake #pik #elanglaut #kue #cake #dessert #japan Kemasannya lutjuuu 😄 #samyang #samyangcheese #instantnoodle #korea #mieinstant #mujigae #pluitvillage #bulgogi #koreanfood #kimchi #chicken #dinner #food #instafood #tiramitsu ala my sister 
#cake #handmade #baileys #dessert Lunch batch 1, diikuti nasi padang #kalimantan #noodle #bakmi #pontianak -> supercool ❤😶😶😶❤ #tyrionlannister #tyrion #gameofthrones #georgerrmartin #series #lannister #biarceboltapikece Happy playin' with the new playmat and fence *for only 10-15' and then yellin' askin' to get out

All is rented via @gigel.id

#playmat #fence #cobyhaus #baby #aimee 🐳🐋🐬🐟🐠🐡 #sulawesi #megakuningan #seafood #parape #ricarica #dinner #squid #crab #soka #makassar 🐷🐖🐽 #babipanggang #pork #pig #food #brunch #asemka #gataunamatempatnya 😶😶😶 #halloween #latepost #gardin #bali  #green #greenery #traveling Coffee? No, please.. #gadoyan #inipunyasuami #coffee #seniman #senimancoffee #bali #ubud #cafehopping #wisatakulinerbali #wisatakuliner #traveling 🌙🌛🌜☁⭐ #selfie
#smile 
#goodnite
#seeyoundari May our path cross again in the future @alicia_tibob 
#farewell #sundari #alfalaval #hrd #teamwork 🐷🐖🐽 #porkbelly #pork #porkneverdies #bali #slipperystone #greek #food #instafood #travelling #dinner #cafehopping

Blog Stats

  • 404,271 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

July 2013
M T W T F S S
« Jun   Aug »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: