Fanny Wiriaatmadja

Turbo – The Speedy Snail

Posted on: July 23, 2013

Turbo_(film)_poster

Turbo, is another film anak-anak yang sedikit telat munculnya dari era libur anak sekolah.

Tampaknya tokoh siput lagi lumayan booming, mulai dari film animasi Epic, Monsters University, sampe Turbo yang baru keluar minggu lalu. Lupakan era jaman Lion King atau binatang mega super lainnya. This is the time for the underdog (*eh keren ga statementnya?).

Turbo bercerita tentang seekor siput bernama Turbo (*sebenernya Turbo hanya nama julukan.. dia punya nama asli nih, tapi udah terduga dong kalo gw pasti lupa) yang terobsesi dengan kecepatan, mulai dari bermimpi ingin menjadi makhluk yang cepat sampai kefanatikan terhadap tokoh pembalap Guy Gagne (manusia); suatu kegilaan yang membuat kakaknya, Chet (atau Ched atau Chad something) speechless dan gatau harus gimana lagi ngadepin khayalan adiknya. ‘Keanehan’ Turbo juga membuatnya jadi bulan-bulanan komunitas siput tempatnya tinggal, sebuah taman cantik di halaman rumah manusia, tempat mereka ‘bercocoktanam’ tomat. Karakter Chet yang selalu highly-compliance terhadap peraturan dan sangat safe dalam segala hal, sangat bertentangan dengan Turbo yang justru ingin belajar mengambil resiko, ingin berpetualang dan meraih mimpinya, apalagi kata-kata motivasi dari idolanya, Guy, selalu mengiang-ngiang di kepalanya.

Someday pas Turbo lagi bermuramdurja, tau-tau dia ketiup angin dan nyasar nyusruk sampe masuk ke kap/mesin mobil balapan. Terkontaminasilah dirinya dengan oli supercepat dan segala macam tetek-bengek yang ada di mesin mobil itu, sehingga kecepatan si mobil balap pun menular ke Turbo. Perlu waktu beberapa saat untuk Turbo menyadari power supernya itu, dan kebayang kan betapa gembiranya dia pas ternyata dia sekarang bisa berfungsi sebagaimana sebuah mobil balap, mulai dari kecepatannya sampe fitur-fitur seperti lampu, radio, dll. Intinya sekarang Turbo is an awesome high-speed car.

turbooo

Suatu ketika gara-gara mau menyelamatkan Chet yang dibawa kabur sama burung gagak, musuh alami bangsa siput (*mungkin utusan Mimi Hitam), Turbo dan Chet akhirnya nyasar dan dikurung oleh seorang remaja Mexican gemuk penjual Tacos yang maniak main balapan siput bareng tetangga-tetangga sekaligus sahabat-sahabatnya yang nyentrik : nenek-nenek tukang nyalon kuku, om-om pemilik toko hobby dan nci-nci jutek model Glodok yang punya bengkel. Gara-gara kecepatan Turbo yang menyalahi hukum alam itu, hebohlah satu komunitas kecil itu. Tito si penjual taco yang punya mimpi tinggi tapi sebenarnya berhati baik, tentu berusaha banget memanfaatkan Turbo untuk melariskan tokonya dan toko sahabat-sahabatnya yang memang terletak di sebuah tempat/lokasi yang agak kumuh di pinggiran kota, walaupun kakak kembarnya, Paulo, sama seperti Chet, selalu menganggap dia gila. Turbo yang ngerti banget rasanya disepelein, jadi underdog dan ga dianggap, pengen banget bisa bantuin Tito untuk mencapai mimpinya.

tito

turbo_trailerg

Dibantu oleh sahabat-sahabat siputnya, Turbo akhirnya sukses membawa beberapa pelanggan tambahan ke kompleks toko Tito dan gank-nya, dan bikin usaha mereka mulai ramai. Sayangnya buat Tito itu ga cukup. Ada yang lebih dia inginkan dari sekedar tambahan pelanggan, yakni impiannya untuk membuat tempat mereka jadi terkenal dan ‘tercantum di peta’. Someday muncullah ide untuk mengikutsertakan Turbo dalam Indy 5000, kompetisi balap yang juga diikuti idola Turbo, Guy Gagne. Tito pun berusaha mengumpulkan duit untuk biaya pendaftaran, termasuk nyuri duit simpanan Paulo. Sahabat-sahabat Tito yang tadinya agak ga yakin juga akhirnya luluh ngeliat usaha Tito dan mereka mau nyumbang duit juga. Berangkatlah mereka semua ke lomba balap itu, walaupun para kakak yakni Paulo dan Chet dua-duanya totally ga setuju.

Satu masalah sudah terpecahkan, muncul lagi masalah berikut yakni gimana seekor siput bisa ikut dalam perlombaan manusia tersebut. Again berkat usaha bersama mereka, Turbo berhasil memperlihatkan kecepatannya di arena balap, membuat semua orang di sana tercengang, dan akhirnya pemilik Indy Corp. terpaksa angkat bicara untuk mengijinkan Turbo ikutan lomba, itupun setelah dipersuasi oleh Guy yang sebenarnya merupakan seseorang yang super narsis dan sedikit berhati jahat, yang membantu Turbo untuk ikutan lomba tsb. karena punya tujuan tersendiri. Saat tahu hal itu, Turbo pun drop cukup parah karena idola yang selama ini dipuja ternyata ga sesuai dengan bayangannya.

Film Review Turbo

Lomba kemudian dimulai, bagaimanakah perjuangan Turbo dan teman-temannya untuk memenangkan lomba itu sekaligus mendapatkan hadiah uang serta membuat toko-toko mereka semua terkenal? Apakah kekuatan ajaib Turbo dapat bertahan lama? Bagaimana hubungan kakak adik antara Turbo dan Chet serta Tito dan Paulo? Saksikan sendiri dih..

turbo-movie-poster-8

Sebenernya film ini ga jelek sih, cuma masalahnya udah terlalu banyak cerita semacam ini, sehingga akhirnya yang ada Turbo pun keluar dengan formula yang mirip-mirip alias super pasaran. Message-nya juga sebenernya bagus, apalagi buat anak-anak, yakni gimana kita believing our dream walaupun dicemooh orang dan berusaha untuk mencapainya. Cuma yang gw agak ‘bingung’ adalah Turbo ini kan punya impian yang memang agak aneh alias menyalahi naturenya sebagai siput alias pingin jadi makhluk yang cepat dll. Kalo diterapkan dalam dunia nyata, kebayang ga sih, gimana kita sebagai orang tua ngadepin anak kita yang misalnya mimpinya emang agak nyleneh seperti mau jadi superman, mau jadi penjahat atau apa deh, yang memang beneran ga masuk akal di benak kita sebagai manusia biasa. Maksud gw, kita semua kan pasti akan bereaksi sama seperti Chet yang akan berusaha mengembalikan kewarasan adiknya ke jalan yang normal, dimana dia mengharapkan adiknya ‘kerja’ aja baik-baik di perkebunan tomat sebagaimana nature dari semua siput lain. Message dari film ini akhirnya (menurut gw) jadi agak rancu dan menyesatkan ya. Gimana kita sebagai orang tua bisa ngedukung suatu impian yang sebenernya bener-bener ga make sense, gitu. Ga mungkin kan terjadi miracle seperti Turbo di film ini yang tau-tau bisa punya kecepatan magis.

Kemudian akting siput di laga balapan siputnya Tito yang sedang mulai berlomba, yang seolah dibuat sangat magnificent scene-nya dimana semua melesat dengan kecepatan luar biasa tapi ternyata tau-tau ‘dibanting’ dengan memperlihatkan kecepetan siputnya yang ternyata segitu-gitu aja, sebenernya sudah pernah ditampilin di Monsters University, jadinya scene yang mestinya lumayan kocak udah kehilangan kelucuannya.

Di luar semua itu, cukup menyenangkan melihat ekspresi-ekspresi yang ‘kaya’ dari para siput ini. Aksen mexican/spanish dari Tito dan Paulo juga buat gw sangat menyenangkan untuk didengar. Anyway juga baru tau bahwa ternyata pengisi suara si nenek sahabatnya Tito adalah si Ken Jeung yang main film Hangover.. Hahaha kocak juga.. Dan terakhir, beneran napsu liatin taco buatan Paulo di film ini, sukses untuk langsung bikin gw pengen beli Kebab saat itu juga plus nikmatin Nachosnya Kitchenette yang super sedap (*mulut becek blebebleblebleb…).

Score : 7

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak 🐄🍴🍽 #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo 😂

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design Yg masak mau kawin tampaknya.. #bintanggading #pik #elanglaut #noodle #bakmi #pork #porknoodle #asinbangetyangdisini 😲😝😖😕 Tryin' this just now.. Agak kecewa.. rasanya flat banget dan ga ada wangi2nya.. istilah gw : rasanya cuma di lidah dan ga nyampe' ke hidung 😅

However teksturnya bener lembut dan agak basah, jadi gak seret kayak kue bolu.

Suggestion : mending rasa matcha-nya ketimbang original cheese cakenya. Rasanya lebih intense.

#fuwafuwa #cheesecake #pik #elanglaut #kue #cake #dessert #japan Kemasannya lutjuuu 😄 #samyang #samyangcheese #instantnoodle #korea #mieinstant #mujigae #pluitvillage #bulgogi #koreanfood #kimchi #chicken #dinner #food #instafood #tiramitsu ala my sister 
#cake #handmade #baileys #dessert Lunch batch 1, diikuti nasi padang #kalimantan #noodle #bakmi #pontianak -> supercool ❤😶😶😶❤ #tyrionlannister #tyrion #gameofthrones #georgerrmartin #series #lannister #biarceboltapikece Happy playin' with the new playmat and fence *for only 10-15' and then yellin' askin' to get out

All is rented via @gigel.id

#playmat #fence #cobyhaus #baby #aimee 🐳🐋🐬🐟🐠🐡 #sulawesi #megakuningan #seafood #parape #ricarica #dinner #squid #crab #soka #makassar 🐷🐖🐽 #babipanggang #pork #pig #food #brunch #asemka #gataunamatempatnya 😶😶😶 #halloween #latepost #gardin #bali  #green #greenery #traveling Coffee? No, please.. #gadoyan #inipunyasuami #coffee #seniman #senimancoffee #bali #ubud #cafehopping #wisatakulinerbali #wisatakuliner #traveling 🌙🌛🌜☁⭐ #selfie
#smile 
#goodnite
#seeyoundari May our path cross again in the future @alicia_tibob 
#farewell #sundari #alfalaval #hrd #teamwork 🐷🐖🐽 #porkbelly #pork #porkneverdies #bali #slipperystone #greek #food #instafood #travelling #dinner #cafehopping

Blog Stats

  • 404,271 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

July 2013
M T W T F S S
« Jun   Aug »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: