Fanny Wiriaatmadja

Upside Down : Grrrr..

Posted on: July 18, 2013

Upside_Down_Poster

Upside Down..

Is there any love greater than gravity?

Ini film kayaknya ud lama banget wara-wiri di bioskop tapi ga maen-maen, tapi akhirnya minggu ini dia brojol juga di cinema.

Ide filmnya sih unik, tentang cinta terlarang yang terjalin antara manusia di dunia atas dan dunia bawah, cuma asli loh this is one of the most boring movie ever, at least di 2013 ini.

Ceritanya, seperti yang tadi sempet gw mention, ada masa di mana dunia terbagi dua, yakni dunia atas dan dunia bawah. Sama seperti perumpamaan namanya, dunia atas itu penuh kemakmuran, modern, kaya, dll, sementara dunia bawah gersang, kumuh dan miskin. Bukan cuma dunianya yang terpisah secara harafiah, orang-orangnya pun terpisah dengan sendirinya terkait dengan kasta yang terbentuk di dua dunia yang berbeda itu. Orang dunia atas dilarang ke dunia bawah, apalagi sebaliknya. Haram deh hukumnya. Kalo sampe ada yang nekat nyoba-nyoba gitu, mereka bisa terbakar dalam jangka waktu tertentu. Prinsip ini berlaku baik untuk manusia maupun benda mati. Tapi kadang orang dunia bawah yang miskin kalo kepepet bisa nekat bela-belain nyuri barang dari dunia atas supaya barangnya itu terbakar dan bisa dijadikan penghangat untuk rumah mereka. So tragic ya..

Oh ya si dunia atas juga cukup kejam, dan suka mengeksploitasi dunia bawah, misalnya ngambilin minyak dari dunia bawah karena harganya murah, untuk kemudian diolah lagi dan dijadiin pasokan listrik yang dijual dengan harga yang mahal. Typical tiran deh.

Someday Adam kecil yang hidup di dunia bawah bersama bibinya Maggie (orang tuanya sudah meninggal), ga sengaja ketemu sama cewek cantik dari dunia atas yang namanya Eden (*bagus ya namanya. Love it..). Persahabatan mereka terjalin terus sampe akhirnya berlanjut ke tumbuhnya benih-benih tanaman.. eh salah, maksudnya cinta.. Someday pas mereka lagi date di dunia bawah dan asyik masyuk cium-cium sana sini dengan posisi yang pasti ga enak banget (*liat sendiri deh), mereka ketahuan sama sekelompok polisi, dan terjadilah tembak-menembak. Adam berusaha ‘memulangkan’ Eden, tapi sayangnya kena tembak sehingga tali yang dia pegang untuk menurunkan Eden ke dunia atas pun terlepas, Eden berhasil jatuh kembali ke dunianya, tapi pingsan dan ternyata kena amnesia. Adam sendiri kena hukum tahunan dan dipisahkan dari bibinya. Jerit-jeritan ala India dan lomba kucur-kucuran air mata deh pas adegan perpisahan.

upside2

Setelah itu Adam kehilangan kontak sama Eden dan berpikir Eden sudah mati karena peristiwa jatuhnya itu, sampe 10 tahun kemudian Adam tau-tau ngliat Eden di televisi. Bam!! Matanya berbinar-binar kayak abis dipasangin bohlam Philip terang terus terang terus di pupilnya.

Nah ada satu gedung penghubung antara dua dunia itu, namanya xxx (*seperti biasa, gw lupa..). Karena ini bentuknya seperti penghubung, orang dunia atas dan bawah bisa bekerja bersama di sini, walaupun tetep orang dunia atas gengsinya lebih tinggi gitu. Kerja barengnya pun ‘terbalik’, Jadi kayak cermin gitu, cuma aja ini formatnya vertikal (*jadi kadang pusing liatnya kayak abis ditampar kiri kanan). Adam pun melamar kerja di gedung ini, setelah tahu bahwa Eden masih hidup dan ternyata juga kerja di gedung ini.

Upside

Adam ngelamar sebagai researcher, dengan project krim anti-aging yang memanfaatkan serbuk lebah something gitu plus teori gravitasi, yang ceritanya bakal jadi penemuan keren di dunia atas. Adam juga kenalan sama Bob, seorang teman dari dunia atas yang banyak membantu dia. Setelah berhari-hari melakukan riset, selain nanganin project krim-nya itu, Adam juga berhasil ciptain alat ini-itu supaya dia bisa main ke dunia atas menemui Eden, mulai dari sepatu yang sepertinya dipasangi magnet supaya pas posisi badannya kebalik di dunia atas, dia bisa ‘nempel’, plus pelindung badan tersembunyi yang bisa meminimalisir efek terbakarnya saat dia ke dunia atas nanti. At least dia bisa berada di dunia atas selama beberapa waktu tanpa langsung terbakar. Adam mirip Lang Ling Lung yah..

Usaha punya usaha, ketemulah dia dengan Eden yang ternyata sudah ga ingat lagi sama Adam, tapi tetep tertarik sama Adam gara-gara Adam cute (*ganjen ya Eden :D). Heran, tertarik apanya ya, orang Adamnya aja gugup-gugup aneh gitu. Kalo’ gw sih bisa gregetan dan gw usir deh cowok macam gitu pake sapu lidi bekas nyapu kotoran ayam betina di halaman. Eden yang rada o’on gatau Adam datang dari dunia bawah. Sayang mereka ga sempet ketemu lama-lama karena badan Adam mulai terbakar. Kabur deh dia, kembali ke dunia bawah,. Eden yang penasaran (*dan kegatelan) pun nelepon nyariin Adam, dan janjianlah mereka untuk lunch bareng di sebuah kafe di dunia atas (*tepatnya Eden yang nodong Adam untuk ngajak dia lunch barang, Dasar agresip! KLARIFIKASI). Adam pun kembali melakukan triknya lagi untuk bisa having a date with Eden di dunia atas ditambah dengan akses ke dunia atas yang lebih lancar lewat ID card Bob sahabatnya yang sebelumnya dipecat dari perusahaan.

Lagi-lagi pas lunch dan lagi asyik masyuk ketawa-ketawa cekikikan, sepatunya Adam mulai kebakar lagi. Kabur lagi deh dia, untung date-nya udah selesai walaupun Eden sempet ngambek gara-gara Adam ngedesek dia, “Don’t you remember me???”. Adam sampe nyemplung ke laut untuk mematikan api yang menyala di badannya dan kemudian melepaskan sepatu magnetnya sehingga dia pun ‘terbang’ otomatis terbawa gravitasi dari negeri asalnya, dunia bawah.

Suatu hari tanpa sengaja Eden dateng ke test uji coba aging cream-nya Adam di dunia bawah, dan dia kaget banget liat Adam di situ. Baru nyadar dia bahwa Adam ternyata orang dunia bawah, dan di situ Adam-nya pura-pura ga kenal sama Eden karena ketakutan Eden marah (*chicken pisan). Edennya sakit hati deh, terus seperti biasa pake acara kabur-kaburan dan lari. Di rumah sambil nangis-nangis, terus ketiduran, mendadak entah kenapa dan bagaimana, dengan ajaibnya Eden bisa keingetan sama Adam.

Adam ngunjungin Eden lagi di dunia atas setelah itu, dan ketemu sama Eden yang udah ingat sosoknya Adam.. Mereka pun bersatu lagi, CLBK deh.. Sayangnya cinta mereka masih terhalang oleh polisi-polisi dll itu yang memang melarang orang dunia bawah untuk bisa ke dunia atas dan sebaliknya. Terjadilah tembak-tembakan lagi dll, Adam sempet berlindung di rumah Bob dan di situ Adam (*sempet-sempetnya) memperlihatkan temuannya untuk membalance gravitasi antara dua dunia itu, sehingga orang dari kedua dunia itu bisa hidup bersama (kira-kira gitu deh). Setelah peristiwa kejar-kejaran dan lari-larian dan tangkap-tangkapan itu, gantian Eden yang ditangkap dan entah gimana intinya mereka terpisah lagi dan ga bisa ketemu.

Upsde

Sementara itu pas Adam lagi desperate di dunia bawah, si Bob di rumahnya ternyata berhasil menyempurnakan penemuan Adam. Baru tau kalo ternyata Bob otaknya encer juga kayak Adam padahal tampangnya kurang mendukung.

Abis itu, Eden kemudian mendatangi rumah Bob dan tau-tau dengan penemuan Adam yang sudah disempurnakan, Bob bisa dateng ke dunia bawah nemuin Adam sambil bawa pesan dari Eden. Adam kembali deh ke dunia atas dan mereka pun happy ending, ditambah Eden bilang, “Sayangku, aku hamil..” Ya amplop, cheesy banget!!

Selesai deh ceritanya, tanpa ada kejelasan lebih lanjut, apakah akan ada perdamaian antara dunia atas dan dunia bawah, dll. Si pembuat film nampaknya tahu jelas pikiran para penonton sehingga ditutupnya film ini dengan statement, “Entah apakah akan ada bla bla bla, yang pasti saat ini, semua ini cukup untuk kami berdua.. ” Hmmh, licik! Bilang aja udah kehabisan ide, huh-huh-huh!

Nah pasti pada ga ngerti kan ceritanya di atas? Pasti pada bingung kan?? Sama dong kayak gw. Makanya nyeritainnya aja bingung, sepotong-potong gitu.

Asli gw pengen ngambek sama ni film.. Buat gw ini pelem kurang make sense, ga bikin ngerti, kurang bisa diterima di akal, konyol, dan masih banyak lagi, walaupun sebenernya idenya keren dan unik.. (*yee siapa suruh nonton..). Mari lihat sebagai berikut :

* Pas Adam mau date sama Eden, kenapa sih mereka kudu jalan sendiri-sendiri dan ketemuan langsung di cafe, padahal mereka tahu mereka satu kantor dan Eden kan belum tau bahwa Adam dari dunia bawah?? Demikian juga pas pulang, kenapa mereka berpisah lagi, padahal itu kan LUNCH geto loh, yang notabene orang pasti balik ke kantor lagi. Bener-bener cerita yang maksa hanya untuk mengakomodir scene dimana Adam memang hanya punya limited time di dunia atas. Yeah, abaikan saja logika, dasar gunung kidul!

* Pas mereka lagi date itu, Adam kan ga ngerti cara minum gelas dunia atas yang memang kebalik. Masa Eden ga curiga sih?? *Eden, buka matamu! Buka, bukaa!! Buka bajumu! Eh salah, maap..

* Gregetan banget liat Adam yang tergagap-gagap ga jelas gitu. Gatellll banget pengen goncang-goncang dia, “Woy sadar woy, sadar.. ngomong yang lancar woy…” Tau dan ngerti sepenuh jiwa sih bahwa ceritanya dia grogi ketemu Eden, tapi ga usah over gitu ah.. grr..

* Beneran ga ngerti gimana tau-tau Adam bisa dengan mudahnya beradaptasi di dunia atas sementara itu kan sebenernya dia posisinya berbalik 180 derajat gitu. Kepala jadi di kaki, kaki jadi di kepala. Kalo secara logika sih mestinya pusing, pengen muntah, keleyengan, perlu minyak angin dll, tapi dia menjalaninya dengan mulus seperti kulit muka Keanu Reeves.. Yah tapi memang sih sejak kapan film pake logika?

* Terus pas dia pisah dengan tragisnya sama Eden, kenapa dia ga balik lagi, padahal kan dia punya alat-alat andalannya itu? Yah at least setengah jam mah bisa dong ketemuan sama Eden melepas kangen? Kesannya dia malah terpuruk seolah dunia sudah berakhir. Yang pasti dia ga balik lagi ke tempat Eden bukan karena dia dicari sama Polisi, karena buktinya setelah itu di akhir-akhir Adam bisa ketemuin Eden lagi di dunia atas dengan memakai perlengkapan yang sudah disempurnakan Bob walaupun polisi masih nyariin dia dengan getolnya kayak orang nyari jodoh (*peralatan yang bisa membuat dia stay lebih lama tanpa takut terbakar itu loh). Aneh dan ga bisa dimengerti! Sampe pingin deh telepon produsernya, nanyain semua ini.

* Satu yang gw ga bisa ngerti lagi, kadang ‘batas’ dunia atas dan dunia bawahnya rancu banget. Gw kasih contoh ya dengan gambar gw (*sampe bela-belain gambar nih saking curiousnya). Gambar A adalah batas dunia atas dan dunia bawah yang seharusnya/yang common. Nah anehnya bisa kejadian hal seperti Gambar B. Aneh ga si?? Kok orang-orang dunia atas bisa ada di dunia bawah gitu main basket bareng, tanpa alat apapun, di suatu gedung, tanpa ada platform yang jelas?? Kan jadi menggantung gitu si orang dunia atasnya. Bagaimana bisa begitu? Kalo ini kejadian di gedung xxx yang tempat kerja tadi sih wajar karena kan itu memang tempat penghubung yang menjulang dari dunia bawah sampai dunia atas. Ini memang aneh atau visualisasi gw yang acak kadutΒ  kacau ga karuan ya?

IMG_20130718_113707

IMG_20130718_113725

* Tau-tau Eden bisa inget sama Adam mendadak tanpa ada preliminary apa-apa. Hanya bermodalkan tidur abis nangis gitu, dan tau-tau TADAAAA kenangan akan Adam muncul dengan segarnya. Film macam apa ini! (*takjub). Mungkin besok pagi gw akan coba menangis kemudian bangun dari tidur gw dan mendapati diri gw ingat akan proses kelahiran gw dari rahim ibu. Atau mungkin gw juga pernah punya kekasih yang tinggal di dunia serigala? Who knows?

* Adegan kissingnya cukup banyak dan LAMA banget, bisa satu scene 15-20 detik! Gpp sih, secara asyik-asyik aja liatin pasangan monyong-monyong bermesraan, cuma gw lebih suka bayar nonton untuk nyaksiin adegan yang lebih seru dan masuk akal.

* Di luar omelan-omelan gw di atas (*sabar ya bacanya), penampakan-penampakan dunia atas dan dunia bawahnya sih keren banget lohh. So gloomy, kayak dikasih efek-efek Instagram. Asli keren banget. Si Adam juga lumayan cute sih sebenernya (*walaupun bukan tipe gw -> info ga penting). Cuma ya itu tadi, gregetan banget dengerin dia ngomong gitu. Pengen kasih jamu aja bawaannya biar dia kesirep dikit. Si Eden juga biarpun ganjen, tetep enak dilihat dengan keanggunan klasiknya.

Intinya beneran filmnya boring, flat, gitu-gitu mulu, ga jelas, ga masuk akal, dan masih banyak lagi. Sayang ide sekeren itu ga diolah dengan lebih matang. Kalo nggak pasti jadinya keren (*kayak gw).

Score : 6

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,697 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Refreshing morning view
.
#view
#morning
#bandung
#mercure
#nature
#familyholiday I must get it!!
.
#aimee
#minnie
#baby
#mercure
#bandung
#holiday
#family Christmas is everywhere 🌲
.
.
#christmas #christmastree #bandung #bandungtrip #aimee #transluxuryhotel #instatravel #instababy FAMILY πŸ‘¦πŸ‘§πŸ‘¨πŸ‘©πŸ‘΄πŸ‘΅πŸ‘ΆπŸ‘±
.
.
#family #bandung #bandungtrip #transluxuryhotel #familyportrait Tempatnya loetjoe. That's it.
.
.
#dinner #bandung #missbeeprovidore #chicken #instafood #food Aimee and Koko Kael at the kids club

#aimee #baby #kidsclub #transluxuryhotel #bandung #holiday #family #kids Swimming!! 🏊🏊🏊
.
.
#aimee #baby #swimming #bandung #bandungtrip #holiday #family #transluxuryhotel Get ready for Aimee 1st traveling experience. We tried the easy one first, Bandung :) #aimee #baby #traveling #jalan2 #longweekend #bandung #family <<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplustehpajakdll70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘ 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah πŸŽ‚

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❀πŸ‘ͺ❀ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue πŸ˜—

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan πŸ“· : @lieta73 πŸ˜€ Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake πŸŽ‚ by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? πŸ˜€

#aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella

Blog Stats

  • 405,732 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

July 2013
M T W T F S S
« Jun   Aug »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: