Fanny Wiriaatmadja

Bapak Ibu Guru

Posted on: July 16, 2013

simpsons_finland

Guru itu profesi yang menyenangkan ya.. Iya ga sih? At least buat seorang saya.

Jujur saya sih ga gitu gimana-gimana banget terhadap statement “guru itu pahlawan tanpa tanda jasa” secara menurut saya banyak profesi lain yang lebih cocok dilimpahi statement compliment itu, misal tukang sampah, atau penjaga waduk/gunung berapi, dan masih banyak lagi : orang-orang kecil yang pekerjaan terkesan sepele, tapi tanpa ‘kepahlawanan’ mereka, hidup kita bakalan penuh siksa derita

Balik ke soal guru, waktu kecil saya selalu mau jadi guru. Buat saya nyenengin banget untuk cari metode ngajar yang unik yang bisa bikin murid-murid bisa ngerti. Terus bikin-bikin soal ujian yang ‘susah’ dan maksa murid mikir tujuh keliling juga asyik tuh. Bayangin meriksa/koreksi hasil test mereka pun kayake menyenangkan banget. So banyak task-task dari seorang guru yang buat saya is interesting. Ngajar, coaching, dll. Ih ih ih enak bener kayaknya..

Jaman kuliah, saya jadi guru private.

Pengalaman pertama, saya masih ‘main-main’ dan ga serius. Masih ga punya tanggung jawab dan masih ga bersyukur udah bisa dapet kerjaan sampingan. Akibatnya, saya ‘terlena’. Bayangin, anak les saya (cewek) punya almari gede berisi setumpuk koleksi buku komik dan novel! Mata saya membelalak penuh gairah di hari pertama melihatnya. Akhirnya, kerjaan saya malah baca novel atau komik sambil nungguin tuh anak ngerjain soal. Kurang ajarnya saya, tuh anak saya kasih soal banyak-banyak biar waktu baca saya makin banyak. Pokoknya asli keterlaluan deh. Si anak sih demen-demen aja, karena saya jadi jarang ngomel dan ‘adem’. Satu semester, nilai si anak ga naek-naek banget dan saya ‘dipecat’ deh alias kontraknya ga dilanjutin. Nestapa rasanya saat itu, ngerasa terhina sekaligus kehilangan dengan si komik-komik dan novel-novel itu. Aku merindukan kalian, sungguh..

simp

Kedua kali ngajar setelah bertobat, saya dapet murid deket rumah. Anak orang kaya, tinggal di apartemen. Anak cowok. Kali ini beda dong, dedikasi udah di- full-in sampe maksimal dan mencoba mengajar dengan bertanggungjawab (*uhuyy). Karena saya demen maen, saya suka bikin soal buat tuh anak, trus kita suit dulu 5x. Kalo dia menang, dia boleh coret satu soal, ga usah dikerjain. Main-mainnya bisa berubah, kadang pake suit, kadang pake teka-teki, kadang pake main catur, dll. Kalo dia menang ya dia ga usah kerjain 1 soal. Jadi intinya metodenya dibuat susah-susah dulu, seneng-seneng kemudian. Ampuh juga lho.. Anaknya jadi semangat tiap kali mau les karena yang ada di gambarannya adalah main, main dan main. Kadang kalo’ dia bisa kerjain semua soal dengan benar tanpa salah, saya juga suka kasih hadiah atau saya kasih dia kesempetan untuk ngerjain saya sekali, misalnya saya nyanyi di balkon rumahnya gede-gede di depan umum, dll. Sekali-kali mempermalukan diri demi nyenengin anak kecil rasanya worth it.

Pas anaknya mau pindah rumah ke daerah Permata Hijau yang notabene lumayan jauh dari rumah saya, saya akhirnya ngundurin diri karena kendala transport. Eeeh si anak ngerengek-rengek ke orang tuanya, mau tetep sama ‘Ci Fanny’ (*uhuyy). Akhirnya si bapak demi menuhin keinginan anak semata wayang, ngabulin keinginan si anak, dan imbasnya saya dikasih ongkos transport buat tiap kali naik taxi ke Permata Hijau. Biaya lesnya 300,000, biaya transportnya dikasih 600,000 (2x lebih mahal), jadi total 900,000 (*uhuyyy).. Berkah karena sering-sering ngajak anaknya main games ga jelasπŸ˜€

Udah gitu, ternyata ke Permata Hijau saya seringnya dianter sama Papa, kalo nggak sama adik saya, alias saya ga keluar duit transport (*uhuyy). Duit utuh deh jadinya (palingan sesekali kasih adik duit -> cici yang baik jelita)

Selain itu saya juga ngajar satu anak lagi yang pinter bukan main tapi ampuuun adatnya.. Kalo dateng, dia pasti lagi tidur siang. Kita harus bujuk-bujukkin dengan lembut supaya dia bangun, usap-usap dia, kelitikkin dia dll. Serasa babi-sitter banget. Itu susah loh dan bisa makan waktu setengah jam. Abis itu sialnya dia hobi pup. Jadi sering banget dia minta ijin pup dulu, dan kamar mandi di kamarnya itu cuma tirai, jadi ga ada pintu. Jadi ya udah nasib saya duduk diem ngebacain pelajarin dia sambil hirupin aroma pupnya. Kadang sambil main tebak-tebakan bahan pelajaran buat ujian besokannya. Dia sambil pup, saya di luar, kita gantian teriak-teriakkan antara bertanya dan menjawab. Itu udah rutinitas sehari-hari. Trus karena ni anak pinter, dia suka agak nyolot dan kurang ajar gitu. Pernah sekali saya marah sampe polll dan saya lempar bola yang lagi dia main-mainin sambil ledekkin saya ke tembok sekenceng-kencengnya. Eh dia sampe shock membeku di tempat gitu. Terus kayak dikomando langsung balik ke meja belajar dan jadi super tenang sambil lirik-lirik penuh rasa bersalah ke saya. Aih manisnya. Langsung luluh deh hati saya.

Terakhir ketemu di kondangan, tuh anak udah gede, ud gagah. Pas ketemu saya dia langsung malu-malu gitu. Gemesss..

Nah kalo pengalaman punya guru, SD itu masa kejayaan saya, karena selalu disayang semua guru. Maklum sekolahan kecil, jadi otak saya yang gini-gini aja bisa bikin saya jadi anak terpinter satu sekolahan. Catetan selalu semua patokan pake punya saya. Kalo ambil rapor, saya yang disuruh nulis di papan tulis buat nulisin nama-nama anak yang juara 1, 2 dan 3 (1 selalu buat saya). Selalu dikirim jadi peserta lomba. Pokoknya semua itu sukses bikin saya jadi anak blagu sejagat deh.

Kalo pengalaman pas SMP, saya lumayan ‘kepahitan’ (kayaknya balasan dari kebelaguan saya selama SD) karena entah kenapa saya cukup banyak disentimenin sama guru. Kayaknya muka saya yang jutek ditambah bibir saya yang melengkung kayak merenggut, berhasil mereka jadi benci gitu liat tampang saya. Adaaa aja saya dicari-cari kesalahannya. Mulai dari guru Sejarah yang pas saya geser bangku dikit aja langsung ngamuk-ngamuk karena katanya suara decitan bangkunya bikin kuping sakit, guru Bahasa Inggris yang genit setengah mati sama temen saya yang cantik si Valen, sementara sama saya kayak benci tujuh turunan, kayak saya bawa sial aja gitu ke dia, guru Seni Musik yang natap saya sekalipun kaga mau gitu, hobby ngelengos kalo tatapan mata sama saya. Wah pokoknya penuh tantangan deh melalui jaman SMP dan mulai mempertanyakan kemuliaan sosok seorang guruπŸ˜€

Jaman SMU, ud mulai netral. Palingan ada satu guru galak yang bikin kita semua kebelet kencing semua kalo sesi dia. Sialnya saya duduk paling depan lagi. Jadi selalu kena segala kenyentrikan sang guru, mulai dari dikucel-kucel rambutnya, dikatain kayak orang India dan selama setahun penuh selalu diteriakkin “Heyyy Indiaaa!!!” dengan suara puas menggelegar, dikeplak kepalanya pake buku, digertak sampe kaget kemudian diketawain dan masih banyak lagi. Bawaannya pengen mati aja deh kalo jam pelajaran dia, apalagi ini jam Matematika yang notabene seminggu bisa 5-6 x. Kudu kuat jiwa dan mental, kalo nggak bisa sinting mendadak.

Jaman kuliah sih hampir ga ada masalah secara saya anak paling sering bolos sehingga ga pernah bersua dengan dosen. Pernah satu semester saya cuma 1x ketemu sama dosen, sisanya fully bolos. Muka dosennya aja kaga inget. Bukannya males loh, masalahnya jalan ke Binus itu macet banget dan saya ga tega sama Papa yang kudu nganterin saya. Abis nganterin sih saya enak, tinggal kuliah, nah si Papa kan kudu balik lagi melewati rintangan neraka macet yang sama. Jadi yah terkenal deh sebagai pembolos nomor satu paling sering titip absen. Tapi untung otak saya encer juga loh kayak latte, jadi bawaannya ujian saya bagus terus gitu, bikin temen-temen keki dan mogok dititipin absen sama saya lagi.

Demikianlah sekilas tentang dunia guru-menggurui di hidup saya. Sampe sekarang masih demen kok ngajarin orang, sharing-sharing dll. Menyenangkan aja kalo bisa bikin orang ngerti dengan cara kita. Sama seperti jadi penulis, jadi guru itu mungkin impian yang terpendam, yang syukurnya tetap bisa tersalurkan dalam kehidupan sehari-hari.

Love you teacher.. muahhh!!

Tags: ,

4 Responses to "Bapak Ibu Guru"

Gak pengen nyoba jadi dosen juga? Lebih seru loh . . . πŸ˜›

Ha3 kaga d.. bisa makan ati ngadepin mahasiswa jaman skrg..

Loh kan belum dicoba . . . kata aku sih lebih asyik ngadepin mahasiswa dibanding ngadepin anak SMA atau bahkan yang lebih kecil

Mmmmm aku lebih suka anak kecil.. selalu seneng liat kepolosan mereka biarpun effort ngajarin mreka lebih gede ha3..

Leave a Reply

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,697 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Refreshing morning view
.
#view
#morning
#bandung
#mercure
#nature
#familyholiday I must get it!!
.
#aimee
#minnie
#baby
#mercure
#bandung
#holiday
#family Christmas is everywhere 🌲
.
.
#christmas #christmastree #bandung #bandungtrip #aimee #transluxuryhotel #instatravel #instababy FAMILY πŸ‘¦πŸ‘§πŸ‘¨πŸ‘©πŸ‘΄πŸ‘΅πŸ‘ΆπŸ‘±
.
.
#family #bandung #bandungtrip #transluxuryhotel #familyportrait Tempatnya loetjoe. That's it.
.
.
#dinner #bandung #missbeeprovidore #chicken #instafood #food Aimee and Koko Kael at the kids club

#aimee #baby #kidsclub #transluxuryhotel #bandung #holiday #family #kids Swimming!! 🏊🏊🏊
.
.
#aimee #baby #swimming #bandung #bandungtrip #holiday #family #transluxuryhotel Get ready for Aimee 1st traveling experience. We tried the easy one first, Bandung :) #aimee #baby #traveling #jalan2 #longweekend #bandung #family <<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplustehpajakdll70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘ 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah πŸŽ‚

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❀πŸ‘ͺ❀ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue πŸ˜—

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan πŸ“· : @lieta73 πŸ˜€ Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake πŸŽ‚ by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? πŸ˜€

#aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella

Blog Stats

  • 405,732 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

July 2013
M T W T F S S
« Jun   Aug »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

