Fanny Wiriaatmadja

Pacific Rim – Awesome!

Posted on: July 15, 2013

Pacific Rim Film

Pacific Rim is definitely one of the coolest movie in 2013!

Pertama nonton trailernya di bioskop, gw cuma berujar, “Ow, another robot movie..” Kedua kali nonton, mulai rada tertarik ngeliat bahwa si robot dikendalikan oleh manusia, kayak model simulator gitu. Ih keren gila, pikir gw waktu itu. Trus buntut-buntutnya, napsu nonton deh😀

Ternyata beneran ga nyesel nonton film ini. Pokoknya keren, keren, dan keren deh. Sampe pengen nangis ngucapinnya.. Lagi ya : Keren, keren, dan keren!

Karena gw lagi rajin ngetik, gw ceritain aja ya.. Jadi ni film nyeritain tentang masa depan dimana muncul para monster dari kedalaman lempeng Pasifik di dalam laut. Kaga dijelasin detail sih ni alien datengnya darimana dan lain-lain. Pokoknya ga usah banyak bacot deh, telen aja, pokoknya ni film keren. Si monster ini kemudian diberi nama Kaeju. Lupa deh artinya apa, tapi yang pasti namanya keren yahh.. Cocok buat dijadiin nama anak cowok nanti kalo someday lahiran (*abaikan arti kata itu yang kalo ga salah berbau-bau monster, hihihihi..). Kaeju ini ada banyak loh, masing-masing ada level-nya dan ada code namenya sendiri-sendiri. Kayak identity gitu. Makin tinggi levelnya, ganasnya makin sableng dan ukurannya makin big size. Kayak cup bra, kira-kira.

pacificrim

Nah segala daya upaya udah dikerahkan oleh semua negara tapi ga ada yang berhasil, malahan si Kaeju ini tambah menggila. Dikasih ati, minta ampela.. Makin lama frekuensi muncul dan jumlahnya makin sering (ini berdasarkan analisis data dari seorang doktor di tim penyelamat di film itu).

Kemudian berdasarkan konferensi bersama dari semua negara (pasti cuma negara maju dan besar doang.. negara ecek-ecek mana diundang.. terima beres aja pokoknya), dibuatlah sebuah teknologi penanding bernama Jaegers (dari bahasa Jerman, lupa juga artinya apa -> ni orang nonton kaga sih sebenernya?). Jadi Jaegers ini adalah robot super raksasa yang gedenya kira-kira nyaingin Kaeju, dan dikendalikan di dalamnya oleh dua orang Pilot (manusia), kiri dan kanan. Dua orang pilot ini akan ‘disatukan’ secara pikiran, sehingga bisa mengontrol gerak si Jaegers bersamaan, dan biasanya dipilih dua orang yang memang punya ‘koneksi’, misal kakak-adik, supaya menyatukan pikirannya lebih mudah dan lebih sepaham deh gitu. I understand you, you understand I, kira-kira gitu.

Nah singkatnya teknologi Jaegers ini lumayan berhasil untuk ngalahin para Kaeju, sampai kemudian someday ada 1 Jaegers yang dikendalikan sama kakak beradik failed to accomplish the mission gara-gara mau nyelamatin kapal kecil di samudra sehingga mereka terpaksa melanggar perintah atasannya. Gara-gara kesalahan inilah kemudian si kakak mati dicomot dengan brandalannya oleh si Kaeju, dan tinggallah si adik yang shock, yang saat itu dalam keadaan masih terconnect dengan pikiran kakaknya, sehingga merasakan semua putus asa dan rasa yang dialami kakaknya di ujung kematiannya itu. Si Adik pun kemudian berusaha bertahan sendirian dengan Jaegers-nya, sampe akhirnya terdampar bersama Jaegers-nya itu di Alaska dan ditemukan oleh penduduk setempat.

Pacific-Rim-movie-banner

Oh ya sekedar info tak berguna, karena Kaejunya munculnya dari dalam laut, biasanya pertempurannya terjadi di laut, basah-basahan seksi gitu dan biasanya yang pertama diserang Kaeju adalah kota-kota yang memang di pinggir laut kayak Sydney atau Hong Kong (pasti Indonesia kena juga deh cuma aja kaga disorot di film secara penonton di dunia pasti kaga kenal negara kita. “Hah? What is Indonesia? Is it kinda of junk food with exotic name? Owh, it’s a country??? Ow, it must be located in Bali..”).

Balik ke cerita, akhirnya project Jaegers ini setelah itu dianggap gagal dan dibilang ngabis-ngabisin duit dan ga efektif lagi sehingga akhirnya di-shut down. Para pemimpin negara sekarang beralih ke solusi lain yakni Tembok Kehidupan atau apa gitu, intinya mereka bangun tembok kokoh di sekeliling daratan yang katanya tahan serangan Kaeju, untuk melindungi negara-negara itu. Tapi si pemimpin project Jaegers (kita sebut si Captain) tetep bersikukuh ngejalanin project Jaegersnya ini, dan sepertinya dijalaninnya underground alias diam-diam. Intinya dia pede dan pantang menyerah.

Someday terjadi lagi serangan Kaeju dan ternyata tuh tembok yang udah dibangun susah payah dan begitu dibangga-banggain, dihancurin sekali serang sama si Kaeju (*”ini sih gak level..”, gitu kali kata si Kaeju sambil terkekeh-kekeh songong). Ganas bener deh. Orang-orang pun mulai meragukan efektivitas si tembok dan akhirnya Jaegers muncul lagi deh sebagai final solution. Jreng-jreng duktakdukdung..

Nah si adik yang tadi kehilangan kakaknya (*kita sebutnya si Pemeran Utama ya, karena sumpah demi otak cumi kalaupun cumi berotak, gw lupa nama si tokoh utama ini – aduhai deh ni daya inget.. Oh ya, lagi males googling juga) akhirnya dipanggil lagi sama si Captain. Sebabnya kenapa dipanggil lagi, adalah karena si pemeran utama adalah satu-satunya pilot yang pernah berjuang sendiri sampe akhir ngelawan Kaeju dan masih bisa survive. Maksudnya unik dan langka gitu orang kayak gini, dan pasti kan daya tahan dan mentalnya dinilai cukup amazing. Tadinya si adik ga mau ikutan lagi karena masih trauma sama kematian kakaknya, tapi satu statement dari si Captain, “Mungkin lo gatau, ini udah kiamat.. Lo mau mati di sini atau mati dengan mengendarai Jaegers?” berhasil menohok sanubarinya (*ciye) dan akhirnya datenglah dia ke markas Jaegers. Gile ya kalimat standard gitu aja ternyata ampuh, ga pake mohon-mohon ngemis-ngemis, padahal yang butuh siapa.

Di markas, tinggal tersisa kurang lebih 5 Jaegers lagi yang masing-masing dikendalikan 2 pilot. Di sini si pemeran utama diajak kenalan juga dengan para pilot lain dengan karakteristik masing-masing. Ada anak yang arogan dengan partnernya, yakni bapaknya yang baik hati, ada pasangan cowok-cewek dari Rusia-Rusia gitu, dll. Jaegersnya juga macem-macem, ada Jaegers tua, ada Jaegers digital, analog, dll. Kayak jenis-jenis Iron Man atau Transformer gitu deh, masing-masing punya plus minus sendiri, yang pasti semuanya gagah-gagah. Ga kayak cowok-cowok boyband Korea yang letoy gemulai bikin emosi itu.

Si pemeran utama juga dikenalin sama tokoh baru yakni anak angkatnya si Captain, seorang cewek yang keluarganya jadi korban Kaeju juga di Jepang dan ni cewek sendiri diselamatin sama si Captain yang waktu itu masih gagah dan jadi Pilot Jaegers juga. Ni cewek namanya Mako (* yang ini gw inget nih namanya, secara kalo denger namanya jadi inget makanan, alias ngiler kebayang Salmon Maki. Mirip kan..). Nah Mako ini ternyata juga calon Pilot dengan rekor simulasi tanding cukup bagus yakni 51 kali tanding dan ga pernah kalah. Cuma dia belum diangkat jadi pilot sampe sekarang karena si Captain takut emosi Mako ga stabil (karena si Mako kan masih dipenuhin dendam sama Kaeju karena kehilangan keluarganya) sehingga mempengaruhi performancenya saat mengendalikan Jaegers untuk melawan Kaeju.

Nah karena kakak si pemeran utama yang notabene adalah partnernya di Jaegers udah mati, diadakanlah audisi untuk memilih co-pilotnya. Si Mako ini akhirnya ikutan audisi juga dan dia berhasil nandingin si pemeran utama. Sayangnya biarpun si Mako ini jagonya ga ketulungan dan si pemeran utama udah ngebet pengen Mako jadi co-pilotnya (+mungkin jadi pacarnya juga *sirik), si Captain masih belum ngijinin hal ini terkait ketidakstabilan emosi si Mako mengenai masa lalunya yang kepahitan sama Kaeju. Berurai air matalah si Mako, pokoknya pake acara nangis bombay gitu. Halah ud dunia mau kiamat aja masih nyari bombay,

Kemudian karena memang Mako emang jago dan si Captain emang sayang sama anak angkatnya itu dan dia tahu potensinya, akhirnya si Captain kesudut no choice dan akhirnya dia ngasih kesempetan ke si Mako. Terpilihlah Mako menjadi co-pilotnya si pemeran utama. Everybody’s happy!

Terus pas test simulasi Jaegers dan dilakukan pensinkronan pikiran antara Mako dan si pemeran utama, si pemeran utama sempet ‘kebawa’ sama kenangannya tentang kematian si kakak, dan akibatnya partnernya si Mako juga ikut terperangkap dalam kenangannya sendiri pas keluarganya jadi korban serangan Kaeju, dan tanpa sadar Mako mengangkat tangannya (alias tangan Jaegers) untuk mengeluarkan serangan melalui Jaegers yang sedang dikendalikannya itu, berpotensi menghancurkan seluruh markas Jaegers. Untung dalam segala kepanikan yang terjadi, sumber listriknya Jaegers berhasil dimatiin sehingga Jaegersnya ga bisa mengeluarkan tembakan. Dari situ, singkatnya mereka berdua dihukum gitu deh ga boleh naikkin Jaegers walaupun si pemeran utama bersikeras itu semua adalah kesalahannya, yang bikin Mako ikutan terperangkap dalam kenangan masa lalunya. Mako-nya seperti biasa pake acara ngambek-ngambek sedih-sedih gitu lagi, trus ngurung diri di kamar (*eh mending ga usah keluar lagi deh ya dari kamar, please..). Tapi namanya Captain sudah bertitah ya sudah harus dipatuhin biar hati pahit-pahit kesel.

Kemudian mendadak terjadi lagi serangan Kaeju, kali ini lebih dahsyat dari sebelumnya. Jaegers-Jaegers yang ada pun hampir diturunkan, kecuali Jaegers di tokoh utama dan si Mako karena kan mereka lagi dihukum. Terjadilah baku hantam antara Kaeju dan Jaegers. Wuish seru.. Hampir semua Jaegers ga berkutik dan kalah sama si Kaeju. Terakhir entah gimana, fatalnyamesin pengontrol Jaegersnya pun kena imbas serangan Kaeju dan ga bisa connect lagi sama markas, karena Jaegers-Jaegers itu semuanya model digital (* jangan ditanya hubungannya apa ya, emangnya gw yang bikin filmnya). Terpaksalah diturunkan si pemeran utama dan Mako dengan Jaegersnya, satu-satunya Jaegers yang ternyata masih analog mode alias model tua. Seperti dugaan, setelah bag-big-bug sana-sini sama Kaeju, mereka berdua berhasil ngalahin Kaeju dan jadi pahlawan . Pilot Veteran dan Pilot Amatir, dua-duanya dielu-elukan.

Pacific-Rim11

Di akhir ini tersisa hanya 2 Jaegers dan beberapa pilot, yakni si pemeran utama, si Mako, si anak arogan dan bapaknya.

Nextnya, muncul lagi Kaeju lain (*Kaeju sungguh anak aktif). Kali ini selain berencana menyerang, Captain juga menugaskan salah satu Jaegers untuk membawa bom ke celah Lempeng Pasifik, untuk menghancurkan negeri asal si Kaeju. Disusunlah strategi sedemikian rupa sehingga dua Jaegers akan turun : Jaegers utama menyerang sekaligus mengalihkan perhatian si Kaeju, sementara Jaegers kedua membawa bom dan melemparkannya ke dalam celah Lempeng Pasifik itu. Jaegers pertama dipiloti oleh si Captain (jangan lupa bahwa dia kan ex Pilot Jaegers juga) berpartner dengan si anak arogan, karena ayahnya si anak luka saat menyerang Kaeju sebelumnya sehingga ga bisa bertugas. Mudah untuk nyatuin pikiran si anak arogan dan si Captain, karena menurut si Captain, si anak arogan mudah ‘ditebak’ pikirannya : “you’re arrogant but you do have a good heart.” Kira-kira gitu kata si Captain.

Oh ya Captain sendiri ternyata umurnya sudah pendek karena during pembuatan Jaegers di awal-awal, mereka ga aware akan resiko radiasi, dan si Captain sebagai penggagas ide Jaegers pun kena paparan radiasi. Jadi mungkin nothing to lose kali ya dengan mempiloti sekali lagi (may be for the last time) si Jaegers demi misi menyelamatkan dunia. Aih heroiknya engkau wahai Captain..

Nah pada saat saling menyerang ini, dua doktor yang bertugas menyelidiki tentang Kaeju (yang satu adalah Kaeju Freak yang maniak banget dengan everything about Kaeju, dan yang satu adalah ahli matematika yang agak nyentrik juga gitu kira-kira) berhasil menemukan fakta bahwa kita ga bisa sembarangan ngedeketin Lempeng tempat asal si Kaeju, karena Lempeng tsb. bekerja bak barcode scanner alias mereka hanya bisa mengenali si Kaeju saja, tidak bisa mengenali mahkluk lain. Kedua doktor ini menemukan fakta ini lewat mesin buatan mereka yang bisa menyatukan pikiran dua makhluk, mirip dengan skema/konsep Jaegers, dan kedua doktor ini menyatukan pikiran mereka dengan otak sekunder Kaeju yang sudah mati (otaknya ternyata masih bisa hidup selama beberapa waktu).

Berdasarkan temuan fakta itu, jadilah akhirnya para Jaegers ga bisa sembarangan membunuh Kaeju, melainkan harus menunggangi Kaeju untuk masuk ke dalam celah Lempeng Pasifik supaya bisa dapat ‘ijin’ masuk. Bom juga ga bisa sembarangan dilempar, karena pasti mental lagi akibat ditolak sama scanner lempengannya. Brantem bin brantem, serangan demi serangan, akhirnya Jaegers pertama pun (seusai dugaan) tumbang, si Captain dan anak arogan pun tewas, tentunya tewas dengan pengorbanan nan heroik. Tersisa Jaegers-nya si pemeran utama dan Mako, yang harus menunaikan tugas membawa bom itu ke tempat asal Kaeju. Berhasilkah mereka? Selamatkah mereka? Silahkan tonton sendiri J -> halah, pasti udah pada tau juga kan endingnya?? *bersidekap

Yang gw suka dari Pacific Rim :

  • Plot yang superseru, yang bikin kita terus menahan napas karena tegang, sampe pengen filmnya cepat selesai, bukan karena bosen tapi karena ga sanggup menahan pressure tegang se-intense ini
  • Jaegers-Jaegers yang keren dan gagah, plus eike’ demen banget ngeliatin para pilot yang sedang melangkah di simulator, menggerakkan si Jaegers. It’s just soooo keren!
  • Adegan berantem yang ‘jelas’ dan ‘eye-friendly’. Maksudnya jelas siapa yang mukul siapa, siapa yang jatuh, siapa yang mental, dll. Beda sama film action biasanya dimana gw ga pernah berhasil nangkep dengan clear dalam adegan perang/brantem, ini yang jahat yang mana, yang baik yang mana, yang menang mana, yang kalah mana, yang ditonjok mana, yang nembak siapa, dll. Nah si Pacific Rim ini sebagian besar adegannya ‘clear’ banget, jadi biarpun Kaeju dan Jaegersnya sama-sama gede bak raksasa, tetep pergerakannya semua kelihatannya dengan sangat jelas. Jadi tambah ngerti deh sama ceritanya.
  • Cerita yang cukup make sense dan ga cheesy. Tokoh si anak arogan juga ga dibuat antagonis ‘murahan’ tapi masih tetap punya sisi baik yang membuat dia lebih manusiawi. Hubungan ayah-anak si anak arogan tadi pun dibuat ga norak. Saling sayang yang terjalin antar keduanya, yang biasanya ga terekspresikan dengan baik sehari-hari  bisa tetap diperlihatkan di akhir dengan cara yang ga kampungan.
  • Acting si Mako kecil di Jepang saat ketakutan menghadap serangan si Kaeju bener-bener amazing. So natural, bener-bener kerasa ketakutan seorang bocah kecil. Ekspresinya, gemeternya, air matanya, jeritannya, rintihannya, semuanya perfect! Two thumbs up buat si bocah pemeran Mako kecil.
  • Tokoh-tokoh yang menarik dengan acting yang cukup OK, mulai dari dua dokter yang lumayan unik dan kocak, belum lagi materi-materi pembelajaran dan analisis tentang Kaeju yang sangat menarik, tokoh si Captain yang lumayan berkharisma dan terkesan ga berperasaan tapi bikin kita jatuh cinta, tokoh utama yang ga banyak omong tapi masih enak diliat tampang dan aktingnya, dan masih banyak lagi.

Yang agak ga suka :

  • Pas anaknya (si arogan) mati, si bapak ga terlalu keliatan ekspresi kehilangannya.
  • Agak ga suka sama tokoh Mako. Apalagi pas di awal-awal dimana dia agak-agak sok malu-malu dan keganjenan pake ngintip-ngintipin kamarnya si pemeran utama mulu *demo ah, minta ganti pemeran..

Yaaa demikianlah sekilas tentang Pacific Rim. Beneran deh ‘Underwear (translate from Despicable Me 2: I Swear) banget bahwa kalian harus nonton film ini!

Score : 8,5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

<<emosi>> Last nite dinner di Kopitiam, GI

#langsunghilangseleramakan
#kwetiau
#pucatpasi
#polosbanget
#dikitbanget
#4suaphabis
#emosi
#seginiplusteh70ribu 
#enakkankwetiaunyokapgw
#waiternyajelalatanlagi 😑😑😑😑😑😑😑😑😑 1 (foto) lagi dari Mayora.. #aimee #birthday #1yearold #perayaanbatchkedua #celebration #remboelan #plazasenayan #inlawfamily #ayeamakukuyeye Libby and Jamie card for Aimee 😁

#birthdaycard #birthday #aimee #kids #handmadecard #cousin #nephew #niece Libby's card for Aimee 😁

#kids #birthdaycard #cousin #niece #birthday #aimee #handmadecard It's almost Christmas, the most wonderful time of the year!! Last year I didn't enjoy all this season beauty as I'm stucked at thome post-birth. But now?? Yeay!! Mall to mall, get ready!

#christmas #decoration #themostwonderfultimeoftheyear #christmastree One of my favorite place. Tasty food, wide range of variety, reasonable price, beautiful and comfy atmosphere

#remboelan #restaurant #indonesianfood Masih edisi ultah 🎂

Headband by @bearbeecollection 
Dress by @galerieslafayette

#aimee #birthday #1yearold #white #baby #instababy #remboelan #plazasenayan #asyikdengansendokdansegalamacam Family is number one blessing

#aimee #birthday #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #keluargapala #remboelan #plazasenayan #whitebluedresscode ❤👪❤ 3 of us

#aimee #birthday #lunch #1yearold #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan Teeth and tongue 😗

#aimee #baby #laugh #birthday #1yearold #lunch #celebration #perayaanbatchkedua #remboelan #plazasenayan 📷 : @lieta73 😀 Aimee mukanya kok penuh cela gitu si?

#aimee #baby #family #birthday #1yearold Aimee 2nd cake 🍰

A cake 🎂 by @ivenoven, a birthday cake I always want since errr.. forever?? #aimee #birthday #baby #1yearold #cake #ivenoven #winniethepooh #vanillanutella #vanilla #nutella Aimee 1st cake 🎂 🎂 @colettelola

#masihedisiulangtahun #aimee #birthday #1yearold #baby #cake #coletteandlola #chocolate Happy Birthday Aimee 🎂

#masihedisiulangtahun #aimee #birthday #1yearold #baby #changthien #keluargakaret #perayaanbatchpertama #greendresscode Happy birthday sweetheart 😀

Even the power of words (whom I trust the whole of my life) can't describe how I feel for this 1 year journey. 
It's a mixed of rollercoaster jaw-dropping, calming and peaceful feeling from rain and soil smell, soap opera laugh and tears, and so on.. Oh, and one thing for sure I know now what is heavy backpain and sleepless night, lol.. Mommy and Daddy woof you berry berry munch, sweet lil' monster.. Thank you for making me a better person, someone I never knew I could be.. ❤👪 #aimee #birthday #1yearold #baby #perayaanbatchpertama #chsngthien #bihunikanpalingenaksedunia #celebration #dinner #family Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak 🐄🍴🍽 #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo 😂

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design

Blog Stats

  • 405,266 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

July 2013
M T W T F S S
« Jun   Aug »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

%d bloggers like this: