Fanny Wiriaatmadja

Openrice : A Memoar of Greatness :D

Posted on: July 4, 2013

 openrice

Beberapa minggu lalu, setelah kira-kira dua tahun, saya diundang gathering lagi oleh Openrice. Jadi membangkitkan sedikit kenangan sih saat saya lagi super rajin nulis review makanan.

Eh pada tau Openrice ga ya? Itu tuh, website tempat kita bisa dapet rekomendasi restoran/makanan di Indonesia. Check deh websitenya http://www.openrice.com. Di sini kita bisa baca review-review dari berbagai restoran, meliputi suasana/atmosfer tempatnya, taste makanan, harga, de-el-el.

Nah, sekitar 2011, waktu Openrice mulai ‘buka’ di Indonesia (kalo’ di negara lain seperti Singapore, HK dll, mereka sudah cukup settle – sudah kayak FB/Twitter dimana web mereka biasanya udah jadi default program di Android dll – gatau sih bener/ga), saya ga sengaja dapat email dari Openrice, yang ngadain program dimana kalo’ kita nulis review 3 restoran dan submit + dimuat di Openrice, kita akan dapet 1 tiket nonton bioskop. Ih siapa yang ga tergoda liat iklan gini? 1. Saya doyan makan 2. Saya doyan nulis 3. Saya doyan nonton, hahaha.. Serasa memancing dan dapat 3 ikan sekaligus. Serasa hattrick. Serasa disodorin emas batangan di depan muka. Serasa.. serasa.. serasa.. Pokoknya serasa keajaiban deh. Kebayang kan waktu itu wajah saya berbinar-binar ceria mendapat peluang ini *kerjap-kerjap haru mengenang moment breakthrough itu.

Openrice Malaysia

Nah trus saya langsung coba nulis tuh. Iseng review pertama cuma review seadanya, ga pake foto apa-apa dan info harga makanannya juga cuma pake perkiraan doang. Eh ga disangka, dimuat! Mungkin karena mereka masih baru kali ya waktu itu, jadi preferencenya lebih ke kuantitas daripada kualitas.

Gara-gara dimuat itu, langsung dong saya ngebut nulis sana-sini, agak ngasal dikit, pokoknya yang penting submit sebanyak mungkin, dan mulailah saya dapet tiket-tiket nonton itu. Ada ga sih kebahagiaan lebih besar lagi dari ini? Huahahaha (ketawa menggelegar). Abis itu saya juga mulai serius submit review lengkap pake foto makanan. Keluarga sampe hafal kebiasaan foto-foto makanan setiap kali kami makan di luar. Pokoknya semua diam dan nurut, ga berani sentuh makanan dulu kalo kamera HP saya belum beraksi. Emang Indonesia banget sih, kerjaannya moto-moto makanan. Tapi waktu itu tujuannya ‘mulia’ loh, demi dapet tiket gratis. Jadi bukan sekedar difoto terus buat dipajang/dipamer-pamerin.

Begitulah, bulan-bulan itu saya bener-bener bergelimpangan tiket bioskop, sampe dapet kalo ga salah 30-an lebih tiket. Kebayang ga sih aktivitas hura-hura saya di bioskop? Seminggu bisa nonton 5x, dan itu GRETONGAN loh, yuhuu (goyang pantat kiri-kanan ikutin irama musik). Trus yang lebih menyenangkan, karena saya superaktif nulis di Openrice waktu itu, saya dinobatkan jadi Best Openricers (secara berkala mereka memilih posisi ini)! Dapet 1 Blackberry deh saya. Seneng kan?

Terus yang menyenangkan lagi dan lagi dan lagi, kadang saya juga diundang ikutan gathering di restoran baru bareng para Openricers lain (biasanya yang diundang itu yang aktif2 nulis), jadi sekalian kenalan juga sama yang lain, dan yang namanya gathering gini tentu aja namanya makan gratis. Waktu itu saya pernah diundang gathering di Hotel Atlet Century Senayan, terus di Kemang, terus dimana lagi ya lupa.. Terakhir diundang di Yumm Thai tuh di Senopati. Asyik kok, ngerasain makanan baru, dengerin owner2nya itu presentasi dan promosi tentang restoran mereka dan menunya, plus abis itu nulis review restorannya juga (ini ‘bayarannya’ dari makan gratis tadi :p). Pokoknya kayak test-food gitu. Serasa jadi kritikus makanan.

Omo%20web%20resolution%20copy

Pernah juga ada yang baca review saya, terus dia suka dan dia ngundang saya dan partner untuk makan di restoran milik dia (+ mereview tentunya). Itu loh, Omo Chicken (waktu itu di Gandaria City – www.omochicken.com). Seneng dan bangga banget rasanya. Keluarga besar juga sampe geleng-geleng campur surprise juga ngeliat karir nulis review makanan saya.

Oh ya pernah juga tau-tau Openrice ngirim permintaan maaf ke saya. Saya pikir ini apaan sih? Baca punya baca, ternyata ada seorang Openricer lain yang plagiat dan copy paste review-review saya dan submit ke website lain! Ga nyangka banget, saya berasa kayak artis gitu dicopycat-copycat orang. Ga lama kemudian orangnya sendiri kirim email minta maaf ke saya plus nawarin tiket gratisan yang pernah dia terima ke saya. Saya sih maaf2in aja, orang yang ada saya malah bangga kok hihhihi.. Cuma ya tawaran tiketnya saya kaga ambil, gengsi ah. Si plagiat ini juga ternyata pernah ketemu sama saya pas gathering Openrice.

Sekali itu saya juga pernah dikontak sama Openrice, disuruh isi beberapa pertanyaan by email, terus ternyata masuk ke suatu rubrik di majalah mereka. Aaaah seleb banget deh saya! Wkwkwk..

logo_detikfood

Saya juga kadang suka kirim artikel ke Detik Food, dan dua kali dimuat loh.. Waktu itu saya dapet hadiah voucher makan di Black Cat di Arcadia Senayan sama voucher makan di Food Hall Restaurant (ini beberapa paragraf isinya ajang pamer semua ya, bikin pingin sentil sepenuh jiwa raga ga si? :D)

Nah setelah itu saya masih aktif nulis tuh di Openrice, dan makin banyak juga Openricer lain yang nulis. Kompetisi juga makin ketat, hadiah tiket udah ga ada. Sekarang lomba banyak-banyakkan nulis. Jujur waktu itu saya agak ‘kecewa’ juga sih, karena demi ngejar hadiah, semua nulisnya ‘ngasal’ banget. Bayangin, ada review Seven Eleven, si reviewer ini cuma moto Seven Elevennya dari seberang jalan, itupun burem dan ketutupan mobil-mobil, dan isi reviewnya kira-kira cuma “Seven Evelen menjual banyak makanan.. Semuanya cukup lengkap, harga cukup bersaing.. Ada juga tempat nongkrongnya.. Pokoknya TOP deh Seven Eleven!” trus kasih score sana-sini sesuai template review scoringnya Openrice. Dan yang lebih parah, review ini diaplikasikan ke semua cabang Seven Eleven!!! Which is dia submit berbelas-belas review dengan isi sama persis, cuma saja untuk Seven Eleven cabang berbeda!! Ih najong biang gengges banget ga sih, hanya demi mencapai kuota jumlah review dan dapat hadiah, dan ‘resenya’ review sampah semacam ini selalu dimuat Openrice!

Lama-lama saya kan keki dan kecewa juga. Kecewanya serasa karyawan yang dijanjiin naik gaji tapi ga naik2 (aaaww). Atau kayak ud nyapu rumah bersih2, eh nyokap dan geng arisan kesayangannya lenggak-lenggok jalan nyusurin ruangan rumah dengan sepatu berlumpur sambil ketawa-ketawa ala emak-emak tanpa rasa bersalah. Intinya, saya aja sengasal-ngasalnya, tetep aja selalu lengkap dan niat kalo nulis review. Ga pernah separah (atau securang) review di atas itu. Demikianlah background kemunduran saya dari Openrice, sampai sekarang dimana saya udah ga pernah aktif nulis lagi di sana walaupun saya masih dong demen makan, nulis dan nonton (eh ada kaga yang mau ngasih saya tiket gratis lagi kayak Openrice? Lalalalalalala.. yuk, yuk, kasih yuk..).

Itulah sejarah saya nulis makanan. Saya sendiri sih pribadi ngerasa saya ga begitu ahli review makanan. Banyak terms dan istilah culinary yang saya ga gitu familiar secara backgroundnya memang ga di situ, sehingga kadang susah untuk mendeskripsikan bentuk dan rasa makanan yang dimakan. Saya juga ga demen masak, apalagi ngendon di dapur bantu Nyokap masak, super boro-boro deh. Jadi banyak bahan makanan yang saya gatau (lebih tepatnya ‘buta’), sehingga kadang kalo nyantap suatu makanan, saya sering bingung deskripsiin isi/bahan makanan tersebut. Rasanya enak, tapi bingung ngejabarin ini terbuat dari apaan aja sih? Tau bahwa rasanya asem manis, tapi ini terbuat dari apa ya (blank)? Gitu deh susahnya.. Wong jahe aja sering saya kira bakso ikan atau isi ayam.

Trus untuk mendeskripsikan ruangan/restorannya sendiri juga saya kurang jago di terms/istilah arsitektur/gaya ruangan. Beda banget kalo baca review professional dimana isinya sangat konstekstual dan kaya akan istilah (baik istilah makanan maupun arsitektur). Jadi kayaknya saya kurang strong untuk ngereview makanan. Lebih jago sapubersih makanan (my pleasure).

Nah kemarin itu sempet baca-baca lagi review saya di Openrice, ih tulisan saya 2 tahun lalu cupu juga ya😀 Gambarnya juga masih pake HP biasa, jelek dan burem banget, ga menarik. Tapi gitu-gitu itu usaha banget tuh, karena harus makan di luar terus (bikin kantong bobol juga), nyobain makanan baru, foto-foto, nulis, upload de-el-el. Kagum juga sama diri sendiri, kok dulu saya jagoan juga ya? (tangan tolak pinggang, natap langit dengan pandangan nanar)

Buat yang punya hobi nulis dan makan, silahkan join di Openrice. Mereka banyak banget program dan hadiahnya, dan semuanya menarik. Modalnya cuma rajin makan dan nulis aja, dan saya yakin setelah 2 tahun ini pasti mereka sudah banyak perubahan dan perbaikan terutama dari sisi kualitas review yang dimuat.

Ini profile saya nih di Openrice : http://id.openrice.com/gourmet/userdetail.htm?userid=7441

Leave a Reply

Fanny Wiriaatmadja

Follow Fanny Wiriaatmadja on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,696 other followers

Memories in Picture - IG @fannywa8

Impatience has its cost 😐

#pablo #pablonyalongsor #cheesetart #japan #matcha #greentea #gandariacity #gancit #gojek #terimakasihabanggojekyangrelaantri #maugamaukasihtipsgede

@pablo_cheese_tart_indonesia Enjoying 30 % discount of Crispy Beef Steak 🐄🍴🍽 #fillbellies #gajahmada #crispybeefsteak #steak #food #dinner #western @fillbellies Anak kepo part 2

#aimee #baby #mainanembercuciankotor #emaknyaudahkehabisanide #udahhabisenergi #parenthood Anak kepo 😂

#aimee #koper #luggage #tatah #jalan #kepo #kiddy -> lg addicted main ini 😎

#designhome #game #playstore #interior #design Yg masak mau kawin tampaknya.. #bintanggading #pik #elanglaut #noodle #bakmi #pork #porknoodle #asinbangetyangdisini 😲😝😖😕 Tryin' this just now.. Agak kecewa.. rasanya flat banget dan ga ada wangi2nya.. istilah gw : rasanya cuma di lidah dan ga nyampe' ke hidung 😅

However teksturnya bener lembut dan agak basah, jadi gak seret kayak kue bolu.

Suggestion : mending rasa matcha-nya ketimbang original cheese cakenya. Rasanya lebih intense.

#fuwafuwa #cheesecake #pik #elanglaut #kue #cake #dessert #japan Kemasannya lutjuuu 😄 #samyang #samyangcheese #instantnoodle #korea #mieinstant #mujigae #pluitvillage #bulgogi #koreanfood #kimchi #chicken #dinner #food #instafood #tiramitsu ala my sister 
#cake #handmade #baileys #dessert Lunch batch 1, diikuti nasi padang #kalimantan #noodle #bakmi #pontianak -> supercool ❤😶😶😶❤ #tyrionlannister #tyrion #gameofthrones #georgerrmartin #series #lannister #biarceboltapikece Happy playin' with the new playmat and fence *for only 10-15' and then yellin' askin' to get out

All is rented via @gigel.id

#playmat #fence #cobyhaus #baby #aimee 🐳🐋🐬🐟🐠🐡 #sulawesi #megakuningan #seafood #parape #ricarica #dinner #squid #crab #soka #makassar 🐷🐖🐽 #babipanggang #pork #pig #food #brunch #asemka #gataunamatempatnya 😶😶😶 #halloween #latepost #gardin #bali  #green #greenery #traveling Coffee? No, please.. #gadoyan #inipunyasuami #coffee #seniman #senimancoffee #bali #ubud #cafehopping #wisatakulinerbali #wisatakuliner #traveling 🌙🌛🌜☁⭐ #selfie
#smile 
#goodnite
#seeyoundari May our path cross again in the future @alicia_tibob 
#farewell #sundari #alfalaval #hrd #teamwork 🐷🐖🐽 #porkbelly #pork #porkneverdies #bali #slipperystone #greek #food #instafood #travelling #dinner #cafehopping

Blog Stats

  • 404,271 hits

FeedJit

Archives

Categories

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool

July 2013
M T W T F S S
« Jun   Aug »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Dream Bender

mari kendalikan mimpi

catatan acturindra

sekelumit cerita penolak lupa

JvTino

semua yang ada di alam ini bersuara, hanya cara mendengarnya saja yang berbeda-beda

Rini bee

Ini adalah kisah perjalanan saya. Kisah yang mungkin juga tentang kamu, dia ataupun mereka. Kisah yang terekam di hati saya. Sebuah karya sederhana untuk cinta yang luar biasa. Sebuah perjalanan hati.. :)

hati dalam tinta

halo, dengarkah kamu saat hatimu bicara?

lukamanis

terlalu manis untuk dilukakan

Agus Noor_files

Dunia Para Penyihir Bahasa

kata dan rasa

hanya kata-kata biasa dari segala rasa yang tak biasa

Iit Sibarani | Akar Pikiran

Serumit akar, menjalar ke setiap sudut pikiran dengan hati sebagai pusat gravitasinya.

cerita daeng harry

cerita fiksi, film, destinasi dan lainnya

Dunia Serba Entah

Tempatku meracau tak jelas

Astrid Tumewu

i am simply Grateful

Mandewi

a home

FIKSI LOTUS

Kumpulan Cerpen Klasik Dunia

Meliya Indri's Notes

ruang untuk hobi menulisnya

anhardanaputra

kepala adalah kelana dan hati titik henti

catatanherma

Apa yang kurasa, kupikirkan...tertuang di sini...

Rido Arbain

Introducing the Monster Inside My Mind

Tempted to Write

Introducing the Monster Inside My Mind

MIZARI'S MIND PALACE

..silent words of a silent learner..

Nins' Travelog

Notes & Photographs from my travels

Gadis Naga Kecil

Aku tidak pandai meramu kata. Tapi aku pemintal rindu yang handal.

lalatdunia's Blog

sailing..exploring..learning..

GADO GADO KATA

Catatan Harian Tak Penting

Catatan Kaki

Kisah ke mana kaki ini melangkah...

Luapan Imajinasi Seorang Mayya

Mari mulai bercerita...

hedia rizki

tuliskan yang tak mampu terucap

Catatannya Sulung

Tiap Kita Punya Rahasia

chocoStorm

The Dark Side of Me

copysual

iwan - Indah - Ikyu

Rindrianie's Blog

Just being me

Nona Senja

hanya sebuah catatan tentang aku, kamu, dan rasa yang tak tersampaikan

He said, I said

Introducing the Monster Inside My Mind

Doodles & Scribles

Introducing the Monster Inside My Mind

All things Europe

Introducing the Monster Inside My Mind

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

miund.com

Introducing the Monster Inside My Mind

Dee Idea

Introducing the Monster Inside My Mind

DATABASE FILM

Introducing the Monster Inside My Mind

www.vabyo.com

Introducing the Monster Inside My Mind

aMrazing

Introducing the Monster Inside My Mind

~13~

Introducing the Monster Inside My Mind

